Explore the blog
Selasa, 17 November 2020

Review Perfect and Casual Chinese Drama

Apa yang kamu pikirkan tentang Guru Matematika? Killer? Jadul? Membosankan? Bagaimana kalau dia jadi pasanganmu?

 

Nǐ hǎo! Kalau ditanya tentang Guru Matematika, siapa pun dia, mungkin saya akan jatuh cinta. Sejak sekolah, saya suka Matematika. Jadi bisa selalu jatuh hati pada siapa saja yang mengajar, hehehe. Pas banget lah kali ini saya mau mereview Perfect and Casual Chinese Drama, Pria Sempurna dan Gadis Biasa di mana profesi pemeran utamanya adalah seorang profesor Matematika.

perfect and casual

Yun Shu adalah gadis biasa dengan kepribadian yang cerah. Suatu ketika dia bertemu dengan Zhang Sinian, seorang pria yang di awal pertemuan menunjukkan sikap kurang menyenangkan. Siapa sangka ternyata Zhang Sinian merupakan dosen di Universitas tempat Yun Shu kuliah. 

Setelahnya, satu persatu masalah datang pada Yun Shu yang juga melibatkan Zhang Sinian. Karena alasan mendesak, mereka akhirnya terlibat pernikahan kontrak. Apa jadinya saat pria logis dengan segala rencana hidup, tinggal bersama dengan gadis biasa yang mengikuti arus? Akankah ada cinta di antara mereka?


Native Title: 完美先生和差不多小姐
Also Known As: Wan Mei Xian Sheng He Cha Bu Duo Xiao Jie, Mr. Perfect and Miss Almost, Mr Perfect and Miss Average
Director: Li Shuang
Genres: Romance, School, Drama
Tags: Student/Teacher Relationship, Innocent Female Lead, Contract Relationship, Multiple Couples, Marriage, Cold Man/Warm Woman, Professor, Contract Marriage, Age Gap, Calm Male Lead
Country: China
Type: Drama
Episodes: 24
Aired: Sep 28, 2020 - Oct 20, 2020
Aired On: Monday, Tuesday, Saturday, Sunday
Original Network: Mango TV, Mango Excellent Media
Duration: 45 min
Cast:
Miles Wei Zheming as Zhang Sinian
Xu Ruohan as Yun Shu
Dai Yunfan as Lu Yu
Zhao Luoran as Gao Zhiyi
Marguax Ma Ge as Yun Lan
Sheng Gangshuai as Lin Nuo
Hank Qi as Meng Ran
Arthur Ma Ziming as Gu Xiao
Joy Sheng Langxi as Lin Chuchu
Cui Kefa as Zhang Yeye
Ran Qian as Gao Mei
Chen Shuang as Shen Lan
Zhou Jing as Xia Lin
Cao Junhao as Feng Qi
Miao Yilun as Han Rong
Deng Anqi as Lu Lushi
Zhu Bailong as Wu Jiaoshou
Li Jinfeng as Doctor Zhang
Shen Wen Jun as Yun Shu Ba Ba
Bao Ma as Zhu Ren
Li Changjiang as Huo Qi
Wang Bin as Tu Ge
Gill Zhou as Lu Yu Jing Ji Ren 

Review Chinese Drama Wan Mei Xian Sheng He Cha Bu Duo Xiao Jie


perfect and casual

Menemukan Wan Mei Xian Sheng He Cha Bu Duo Xiao Jie itu seperti bonus besar. Jujur saya sempat tidak ingin nonton karena berpikir ini drama fantasi. Kok bisa? Itu, saya tanpa sengaja lihat potongan adegan saat Yun Shu memakai baju mermaid. Saya agak susah dan harus mantapin diri jika nonton genre fantasi kaya Fairyland Lovers atau The Romance of Tiger and Rose. Lalu Mami Ruffie Lucretia ngeracun dong soal Drama China. Akhirnya saya baca-baca sinopsisnya dan coba nonton tanpa nunggu Perfect and Casual Eng Sub atau Subtitle Indonesia lengkap. Lha, ternyata bahaya banget drama Mr. Perfect and Miss Almost ini!

perfect and casual

Move on dari Poisoned Love dan menunda Love is Sweet, saya memilih mengulas drama Mr Perfect and Miss Average. FYI, Perfect and Casual diadaptasi dari novel Wan Mei Xian Sheng He Cha Bu Duo Xiao Jie (完美先生和差不多小姐 - Mr. Perfect and Miss Almost) karya Wan Zhi (婉之). Bercerita tentang Yun Shu, mahasiswi tingkat akhir dengan kepribadian yang cerah dan suka menggambar manga. Dia hidup mengikuti arus. Menunggu sidang, mendapatkan pekerjaan dan berniat membeli rumah.


Zhang Sinian merupakan Wakil Profesor di bidang Matematika Universitas Orisinal tempat Yun Shu kuliah. Mereka bertemu tanpa sengaja dan membuat kesan kurang baik. Karena terlambat, Zhang Sinian memutuskan Yun Shu gagal sidang dan harus mengulang tahun depan. Gagalnya sidang menyebabkan banyak hal pada Yun Shu. Dia belum mendapatkan ijazah sehingga tidak bisa bekerja di perusahaan. Dan rumah yang dibelinya ternyata milik Zhang Sinian. Dia kena tipu. Betapa malangnya! 

Menghadapi masalah dengan emosi tidak akan membantu masalah itu sama sekali

 


Di saat luntang-lantung karena tidak punya tempat tinggal, Zhang Sinian datang meminta bantuan Yun Shu untuk menjadi pacar pura-pura demi Kakeknya yang sedang sakit parah. Bersyukur karena kesehatan Kakeknya bisa lebih baik, tapi juga jadi dilema saat Zhang Sinian diminta untuk menikah dengan Yun Shu. Dengan segala kelogisan, Zhang Sinian menolak menikahi Yun Shu. Namun setelah berpikir panjang, akhirnya mereka sepakat menikah kontrak. 

Zhang Sinian pria yang logis dengan Obsessive Compulsive Disorder dan Yun Shu gadis yang penuh perasaan. Perlahan benih-benih cinta muncul di antara mereka. Akankah mereka berakhir bersama? 

Mr. Perfect and Miss Almost


perfect and casual

Nonton Drama Mr. Perfect and Miss Almost ini, ya ampun! Gemas sekali! Kisah cinta kontrak memang jadi plot sejuta drama. Namun tetap saja cerita seperti ini tuh seru untuk ditonton. Jika sudah nonton Full HouseBecause this is My First Life atau I Wanna Be Sup'Tar, alasan mereka melakukan kontrak adalah perihal rumah. Untuk drama Perfect and Casual ini, awalnya Yun Shu memang 'kehilangan' rumah, dan Zhang Sinian berniat memberikan rumahnya untuk kompensasi. Namun Yun Shu menolak itu.


Menjalani kontrak pernikahan seperti drama Well Intended Love kadang tidak masuk akal. Nah di drama Perfect and Casual karena tokoh utamanya penuh dengan logika (Secara profesor Matematika), dia nolak dong pakai data-data. Yun Shu pun begitu. Dia bisa menjadi pacar pura-pura, tapi tidak dengan menikah. Dan lucunya, Zhang Sinian mantap ngajakin nikah setelah mereka belanja bersama.


Sudah sepakat menikah bahkan menyiapkan banyak hal untuk upacara, eh tanpa sengaja Yun Lan Kakak Yun Shu tahu kontrak antara adiknya dan Zhang Sinian. Lagi-lagi dengan dasar logika, Pak Profesor biarin Yun Shu ambil keputusan dan siap jika kontrak itu batal. Akhirnya Yun Shu tanya sama Yun Lan tentang kriteria suami dan dijawab:
  • Dia tidak merepotkanmu
  • Harus membuat kagum. Setidaknya ada sesuatu yang kamu pelajari darinya
  • Finansial, setidaknya dia bisa memberimu makan


Menurut Yun Shu, semua itu ada di Zhang Sinian dong. Pria itu membantu Yun Shu dalam banyak hal. Well, saya juga setuju dengan kriteria yang dikasih Yun Lan. Itu dasar banget sih buat pemilihan Calon Suami. Tidak sempurna, tapi dengan 3 hal itu kita bisa bersama. Kembali ke Perfect and Casual Chinese Drama ya. Intinya sih mereka akhirnya menikah dan kehidupan sebenarnya baru dimulai.


Hidup bukan Matematika untuk dianalisis. Matematika memang bisa menyelesaikan semua masalah di dunia. Matematika sangat rasional, tapi hidup butuh kepekaan. Tujuan sains menciptakan hidup jadi lebih baik, lebih nyata. Hanya orang yang mencintai hidup yang bisa sukses dalam sains

 

Pria Sempurna dan Gadis Biasa


perfect and casual

Kata saya, Drama Perfect and Casual ini Ta'aruf versi China. Mereka menikah lalu jatuh cinta kemudian. Untuk Yun Shu, sejak resmi menikah dia memang sudah suka dengan Zhang Sinian. Bersama sahabatnya, dia juga dikasih tahu untuk memberikan kode pada suaminya. Yun Shu diam-diam suka sama suami, kaya Muey My Husband in Law. Dasar Sinian memang cowok yang kurang peka, dia enggak ngeh dan bilang mau merahasiakan hubungan mereka dari orang lain sampai Yun Shu memutuskan keluar rumah untuk menjaga jarak.


Setelahnya Zhang Sinian minta bantuan temannya, Pengacara Meng Ran agar Yun Shu bisa bekerja di kantornya. Dari sana akhirnya Sinian tergerak untuk mengecap kepemilikan atas Yun Shu. Ini istri saya. Meski kontrak, tetap saja kami resmi menikah. Lucunya, untuk membuktikan dia jatuh cinta itu harus pakai data yang akurat.


Kelakuan Zhang Sinian yang baru pertama kali jatuh cinta sungguh absurd. Malam pertama diisi dengan belajar. Yun Shu ulang tahun, eh rencana bikin kejutan kaya orang kuliah. Sudah saling menyatakan, tetap saja kaku kaya kanebo. Untungnya Yun Shu lebih berinisiatif dan gerak cepat. Daripada ngode terus berujung gagal dan salah paham. 

Matematika adalah landasan rasional bagi manusia untuk memahami dunia. Meski masih ada banyak perilaku irasional di dunia ini, tapi orang selalu ingin menggunakan cara rasional untuk menggambarkan fenomena ini

 


Sebenarnya saya termasuk seseorang yang logis karena dominan otak kiri kaya Zhang Sinian. Namun karakternya memang dibuat parah banget. Ditaksir temannya saja enggak ngeh. Akhirnya masih dikejar dong meski sudah menikah. Saya yang dulu juga berpikir bahwa apa yang saya beri, itu yang akan saya terima. Saya lupa bahwa perasaan tidak seperti itu. Ada yang membolak-balikkan hati manusia.


Namun yang saya suka dari Perfect and Casual ini adalah sifat pemeran utamanya yang konsisten. Yun Shu yang suka sama Zhang Sinian dan nolak Pengacara Meng. Sementara Sinian yang tetap menjaga hati bahkan tubuhnya juga. Ada Teman minta peluk, dia enggak mau. Sudah terlanjur bucin sama istri, mau gimana lagi? Sinian tuh ngingetin saya akan sikap Gu Wei Yi Put Your Head On My Shoulder.


Sinian itu bisa jadi suami idaman. Bagaimana dia benar-benar berusaha belajar untuk mencintai Yun Shu sampai konsultasi dulu sebelum berkencan dan baca berbagai macam novel romance. Bersyukur akhirnya lulus TK meski tetap saja kelakuannya bikin ngelus dada. Yun Shu sendiri juga berusaha mengimbangi Sinian dengan kesederhanaannya dan sayang sama Kakek Zhang. Suka banget waktu dia mempertahankan Zhang Laoshi dan bilang bahwa dia adalah perempuan yang sudah menikah. Pokoknya kisah mereka ini manis, tapi enggak bikin eneg. Jika kamu penasaran, tonton sendiri deh! 

perfect and casual

Kisah cinta lain yang mewarnai drama Mr. Perfect and Miss Almost ini ada Yun Lan yang sibuk berkarir dan Lu Yu si artis populer. Kisah mereka enggak jauh dari namanya fans yang tak ingin idolanya berbagi kasih. Lucu sih, tapi standar. Saya lebih suka tarik ulur Gao Zhiyi dan Lin Nuo, dua sahabat Yun Shu yang terkena Friend Zone. Mereka juga paling heboh saat tahu Yun Shu jatuh hati sama Sinian. 

Mengambil risiko tak boleh salah, tapi jangan membuat langkah putus asa (Soros)

 


Sebenarnya saya sudah tertarik sama Miles Wei sejak di My Amazing Boyfriend 2. Karakternya kalem gitu kan. Namun di drama Wan Mei Xian Sheng He Cha Bu Duo Xiao Jie ini entah kenapa tambah gemesin. Apa cuma saya yang merasa gitu karena suka sama Matematika atau kalian juga? Entah. Untuk Perfect and Casual cast lainnya, saya tidak ada komentar karena baru pertama kali melihat aktingnya.


Biasanya saya suka ribut soal fashion dalam drama, tapi kali ini Perfect and Casual outfit saya tidak akan membahas detailnya. Sederhana, tapi tetap menarik. Untuk drama ini tidak masalah karena ceritanya bagus dan akting pemeran dan chemistry mereka sangat oke. Kisah cinta simpel tapi sangat menghibur. Saya bisa tersenyum, tertawa dan sampai gemas dengan kelakuan polos Yun Shu dan Zhang Laoshi. Cerita persahabatan dan persaudaraannya juga saya suka. Bagi penggemar komedi romantis, saya sangat merekomendasikan untuk nonton drama Perfect and Casual.

perfect and casual

Bertemu dengan orang yang mirip dengan kita baik hobi atau pemikiran memang menyenangkan. Namun itu seperti dua garis sejajar yang tak bisa bertemu. Cocoknya jadi Teman atau Sahabat. Saat bertemu dengan seseorang yang berkebalikan dengan kita, mungkin akan seperti lawan perang. Namun itulah tantangannya karena bisa jadi pada satu titik kita akan bertemu, saling melengkapi kekurangan. Jadi tak masalah jika dia sempurna dan kita biasa. Jodoh tak akan ke mana. 

Sampai di sini dulu review Perfect and Casual dari saya. Ada yang sudah nonton drama ini? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 

Sumber info dan gambar:
https://m.douban.com/movie/subject/34868295/
https://mydramalist.com/54889-mr-perfect-and-miss-almost

Whould you like to comment?

  1. Waaaah Mba, aku juga udah nandain nih drama china ini wkwkwk soalnya liat cuplikannya di instagram kok lucu banget, trus liat sinopsis dari Mba jadi keinget drama Korea yang 'Because This is My First Life' kan si tokoh cowoknya juga kaku bangett tapi malah jadi sweet bangetttt
    Makasih banyak reviewnya Mba jadi makin yakin deh buat nonton hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang selucu itu sih yaaa. Selamat nonton deh!

      Hapus
  2. duhhhhhhh Jiah, Lendy, Mbak Susi pada rajin banget bikin aku mupeng pengen nonton drama-drama yang bukan drama barat. huhuhu aku tuh suka banget sama drama kaya gini. tolong kasih aku tips gimana caranya biar aku bisa betah baca subtitle lagi?

    BalasHapus
  3. Drama modern china sekarang jauh lebih terasa kualitas aktingnya, dan konsepnya sudah jauh membaik, jadi lebih nyaman kita ngikutin jalur ceritanya. Untuk urusan fisik aktor-aktris ya no comment lah ya, yang jelas kualitas story dan komposisi drama sudah bagus banget.

    BalasHapus
  4. Drama ini makin menguatkan stereotipe bahwa pria lebih banyak menggunakan logika dan wanita lebih banyak menggunakan perasaan dalam menjalani sebuah hubungan.
    Btw dari review ini saya jadi tahu kalo China punya drama cinta romantis juga, sebab selama ini China identiknya dengan serial laga hehehe

    BalasHapus
  5. Waduh, entah kenapa kok banyak banget drama yang ada unsur pernikahan kontraknya ya, mesti dijadikan pembelajaran nih, pernikahan bukan untuk di kontrak :D.

    BalasHapus
  6. iya, aku juga sepakat dengan 3 kriteria memilih pasangan di film ini
    itu dasar banget sih
    harus ada, supaya hubungan antar pasangan itu logis dan awet

    BalasHapus
  7. dan satu lagi staring drama china sekarng banyak yang kece kece baday , kalau cewe aku suka dilbara sebetulnya , nah ini masuk list ah ka , kayaknya aku mau langganan deh wetv lagi hahah

    BalasHapus
  8. Mimpi apa jadi pasangan guru matematika, pasti gokil banget lah. Kehidupan nyata yang tidak seperti di kelas tentu berbeda. Setuju sih sama orang yang suka Matematika, biasanya rasional.

    BalasHapus
  9. Cowok ceweknya cakep2 banget ya, aku tau selera mbak jiah emang cowok2 ganteng macam ini, hahaha *tertawaSinis
    Ceritanya awalnya sederhana jd rumit ya

    BalasHapus
  10. Pribadi yang logis dan perfest bertemu dengan pribadi yang sederhana dan ngalir gitu aja, kalau dipikir pasti akan banyak pertentangan ya. Tapi dalam dunia nyata pun ada yang seperti itu. Bisa nyatu juga. Ya namanya jodoh sih. Hehe.
    Kayanya drama ini asyik ditonton buat refresh pikiran ya :)

    BalasHapus
  11. Karakter yg bertolak belakang emang super unyuuuu kalo jadi pasangan yaaa :D
    DraChin nih kece2 juga alur cerita dan pemainnya juga punya visual menawan.
    Sip, sip, bisa jadi menu tontonan nih

    BalasHapus
  12. Pantas saja ada yang pernah tanya hal ini. Ternyata karena drama Korea.
    Kalau guru matematikanya seganteng itu...uhuk. bisa minta kursus privat.
    Pasti happy ending ya?

    BalasHapus
  13. Aku selalu suka kisah kawin kontrak.
    Pasti awal-awalnya denial...tapi untuk bener-bener ngaku udah suka tuuh...bikin gemuyysh...

    Suka..Jiaa.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah nonton drakor kak, dan salut aja sama teman teman yang bisa mereview dengan lengkapnya , dua jempol deh buat drakor lovers :)

    BalasHapus
  15. mmhh jadi pacar pura pura untuk kebahagiaan orang tua, apalagi sampai nikah kontrak ,, mmhhh sesuatu yang menurut aku membuang waktu seseorang, alangkah baiknya cari yang asli untuk kebahagian. detail banget kak review nya, keren

    BalasHapus
  16. Daku udah lama nggak nonton drama China, terakhir SMA. Jadi merindukan tayangan tersebut, apalagi makin banyak ya drama pilihannya, salah satunya perfect and casual ini

    BalasHapus
  17. Belum nonton yg ini nih, sepertinya bagus banget ya kalau baca ceritanya disini. Kalau sudah nonton beginian kadang saya lupa waktu...hehehe

    BalasHapus
  18. Drama Cina yg seru bgt inih... Apalagi tokohnya cantik dan tampan. Sifat kaku dan ceweknya yg casual biasanya akan membuat cerita makin menarik. Penasaran ingin nonton juga...

    BalasHapus
  19. Suka banget nih sama quote-quotenya. Sangat filosofis dan juga bijaksana. Bisa jadi nasehat saat menghadapi permasalahan. Baca review film ini saya jadi penasaran ingin nonton, kayaknya seru nih lihat orang yang jago matematika ketika sedang jatuh cinta

    BalasHapus
  20. Ingat Guru matematika, saya langsung teringat guru matematika pas SMP, Mbak. Namanya Bu Lilis dan cantik. Semua murid cowok hampir semua sembagat walau beliau galak juga hahaha.

    Tapi membaca ulasan drama ini seru juga ya. Jadi penasaran ingin nonton buat belajar menulis juga. Soalnya hidup ini bukan Matematika, termasuk soal asmara.

    BalasHapus
  21. Aku belum nonton drama ini tapi baca reviewnya saja seolah dibawa dalam kehidupan nyata kisah mereka. Kocak, gokil bahkan penuh drama ceritanya bikin mengharu biru. Kalau aku membayangkan guru matematika itu perfectnya minta ampun kadang mikir apa bisa ya orang yang hari2nya serius diajak bercanda. Eits jangan salah...guru matematika itu profesinya tapi kan kehidupan percintaan tidak sekiller rumus matematika bukan? hahaha.....keren nih reviewnya

    BalasHapus
  22. Racun banget sih Jiah, hahaha aku emang lagi agak bosen sama drakor, mau belok ke dracin dulu, eh ada drama perpect and casual

    BalasHapus
  23. Masuk list :)

    Lumayan dapet rekomendasi film lagi, nih!
    Akhir-akhir ini kerjaan lagi numpuk. Kalau bener-bener capek, biasanya nyempatin buat nonton film biar agak fresh :D

    BalasHapus
  24. Eh, meski guru matematika itu identik dengan kedisiplinan, tapi i love math.

    Apalagi kalo gurunya kayak di drama-drama itu. Ngitung aljabar sampe blenger pasti gak bakal bosen 😂

    BalasHapus
  25. Seru banget ya apalagi mereka punya 2 pribadi yang bertolak belakang, aku kena racun ini mah jadi pingin Kepoin dramanya.

    BalasHapus
  26. Wah seru ini kalau baa kalimat pengantarnya pasangan dengan guru matematika, jadi bisa diajarin trus hihihi. Pantesan gak pernah lihat dramanya ini ternyata mandarin ya. Pingin nonton ah

    BalasHapus
  27. Wah ceritanya menarik nih kawin kontrak..makin marak ga di dunia drama nggak di dunia nyata...

    BalasHapus
  28. wah aku belum pernah geser ke drama china nih, sementara ini masih korean drama dulu.
    kayanya reviewnya bagus nih, kapan2 mau nonton.

    BalasHapus
  29. profesor matematika ganteng banget, kata suami waktu dia baca tulisan ini. maklum suami orang MIPA jadi udah pasti kenal sama lingkungan matematika kimia dan fisika.

    BalasHapus
  30. Drama China. Lama tak menontonnya. Padahal bagus-bagus.

    Pernikahan kontrak itu memang bisa menjadi perosalaan tersendiri dan drama jadi makin seru.

    Btw, saya suka kata-kata Yun Lan yang tentang menikah itu harus gimana. Ya seperti itu, menikah ya perut kita mesti kenyang. Hahaha

    BalasHapus
  31. sejujurnya aku tertarik sama drama karena pemainnya wkwkwwkk
    dasar mata ku suka yang bening2 kak hahahaha
    aduh aku pengen nonton nih dramanya, tanggung jawab dong kak

    BalasHapus
  32. aaakk, Jiah, jadi penasaran dehh..
    belakangan emang lagi suka nonton juga, tapi random sih nontonnya.
    ini ada di VIU gak ya? Mau doong nonton juga biar tau endingnya :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman