Explore the blog
Selasa, 10 November 2020

Review Lonely Enough To Love Korean Drama

Kamu pernah tinggal serumah dengan orang lain? Bagaimana rasanya? 

Annyeong hasimnikka! Saat pertama kali saya tinggal dengan orang lain yang tidak ada hubungan darah itu jelas agak aneh. Banyak mikir sih misalnya bagaimana saya bersikap. Lalu kalau tidur apakah ngorok atau pelor? Ya macam-macam karakterlah. Well, kali ini saya mau mengulas drama tentang tinggal bersama berjudul Lonely Enough To Love.

lonely enough to love

Sendirian itu sering kali tidak menyenangkan. Makanya banyak orang yang akhirnya memilih tinggal di rumah tinggal bersama. Ada tempat bernama Happy Together co-living house yang dikelola oleh Kim Dong Seok. Di sana tinggal beberapa orang dengan berbagai profesi. Ada Cha Kang Woo, Kang Hyun Jin, Choi Kyeong Won, Jeon Bo Ra, dan Jung Hoon. 


Lee Na Eun adalah editor lepas yang ingin membuat novel tapi selalu mendapatkan penolakan dari penerbit. Suatu ketika, rumah tempatnya tinggal hampir roboh. Karena miskin, dia akhirnya meminta bantuan Kang Hyun Jin untuk tinggal di rumahnya yang jadi bagian dari Happy Together co-living house

Apa jadinya saat Na Eun bergabung di Happy Together co-living house

Native Title: 연애는 귀찮지만 외로운 건 싫어!
Also Known As: yeonaeneun gwichanhjiman oeloun geon silheo, Dating is Annoying, but I Don’t Wanna be Lonely, Love is Annoying, but I Hate Being Lonely, yeonaeneun gwichanhjiman wiroun geon simlheo!, Can't Bother Dating, Hate Being Lonely!, Lonely Enough To Love
Screenwriter: Jo Jin Kook
Director: Lee Hyun Joo
Genres: Psychological, Romance, Youth, Drama
Tags: Trauma, Cohabitation, Housemates, Love Triangle, B14a, Peculiar Personality, Mischievous Male Lead, Coliving, Generous Female Lead, Difficulties
Country: South Korea
Type: Drama
Episodes: 10
Aired: Aug 11, 2020 - Oct 13, 2020
Aired On: Tuesday
Original Network: MBC every1
Duration: 60 min
Cast:
Ji Hyun Woo - Cha Kang Woo
Kim So Eun - Lee Na Eun
Park Geon Il - Kang Hyun Jin
Han Ji Wan - Choi Kyung Won [Plastic surgery consultant]
Shin Ha Young - Jeon Bo Ra
Gongchan - Jung Hoon [Bodyguard]
Kim San Ho - Kim Dong Seok
Son Ji Hyun - Han Ah Reum [Na Eun's friend]
Cha Soo Yeon - Jo Ji Ah
Noh Ji Hoon - Ji Hoon [Flight attendant]
Chae Song Ah - Ha Mi Ran
Jo Hyun Young - Bae Hyo Jeong [Hyun Jin's girlfriend]
Andreas Varsakopoulos - David
Narsha
Dong Hyun
Binnie
Sandeul - [Kang Woo's patient]
Shin So Yool - [Kang Woo's patient]
Seo Woo Jin - Kim Min
Song Jae Hee - [Head of publishing company]
Kim Min Kyu 

Review Korean Drama Love is Annoying, But I Hate Being Lonely 


love is annoying but i hate being lonely

Memilih nonton Love is Annoying, But I Hate Being Lonely itu, kenapa ya? Karena teaser kayanya. Agak menggoda apalagi saya sudah cukup lama tidak nonton akting Kim So Eun. Saya pikir drama ini adalah pengganti Dinner Mate. Ternyata bukan. Mana tayang cuma seminggu sekali. Ya sudah. Pegasus Market sama Dae Jang Geum is Watching saja bisa kelar kok.

lonely enough to love

Jika kalian pikir bahwa drama Lonely Enough to Love itu tinggal bersama seperti I Wanna Be Sup'Tar, Full House atau Because this is My First Life yang menggunakan hubungan kontrak, maka kalian salah. Happy Together co-living house itu rumah tinggal bersama. Bisa dibilang kos-kosan, tapi lebih elit. Pertama karena lokasinya yang bagus. Kedua, profesi orang-orang yang tinggal di sana itu lumayan oke. 

Orang yang lebih sering merasa kesepian cenderung punya lebih banyak orang di sekitarnya. Bukankah itu ironis? Mungkin terlihat dikelilingi orang-orang, tapi tak ada yang benar-benar peduli pada orang itu. Jadi untuk bertemu seseorang yang peduli pada mereka, mereka harus bertemu orang baru dan akhirnya tersesat

 


Cerita awal berpusat pada Lee Na Eun, editor lepas yang ingin menjadi novelis. Mengoreksi banyak tulisan, Na Eun pikir dia juga bisa menerbitkan karyanya. Sayangnya penolakan terjadi. Yang lebih buruk, hubungan dengan Ibunya kurang baik, keuangannya belum stabil bahkan rumahnya nyaris rubuh sehingga dia harus keluar. Meminta bantuan Kang Hyun Jin sahabatnya, Na Eun akhirnya tinggal di Happy Together.




Kang Hyun Jin berprofesi sebagai pramugara. Dia bersahabat dengan Na Eun sejak lama. Yang tidak Hyun Jin sadari, dia menyukai Na Eun. Dia diam karena tidak ingin persahabatannya rusak. Oh iya, Na Eun dan Hyun Jin juga punya sahabat lain. Ada Han Ah Reum dan Jo Ji Ah. 


Kim Dong Seok adalah pemilik Happy Together. Dia dulu bekerja di restoran dan pandai memasak. Setiap pagi dia juga membuatkan sarapan untuk penghuni Happy Together. Dong Seok juga seorang duda beranak satu.


Cha Kang Woo, psikiater yang baik hati. Dia suka memperbaiki elektronik saat sedang tidak sibuk. Ketika tanpa sengaja bertemu Na Eun di jalan, gadis itu berpikir bahwa Kang Woo adalah psikopat. 



Choi Kyeong Won, gadis cantik yang berprofesi sebagai konsultan operasi plastik. Dia lembut, tapi menyimpan rahasia tentang Ibunya. Lalu Jeon Bo Ra, pelatih Bahasa Inggris untuk artis dan model. Dia cantik dan penuh semangat. Dan terakhir ada Jung Hoon, pria yang sedikit misterius yang berprofesi sebagai bodyguard


Orang lain adalah sumber dari rasa sakit, perjuangan, dan kelelahan. Usaha kita untuk saling menghibur dan keheningan yang membuat kita canggung, pada akhirnya orang-orang saling mengandalkan satu sama lain 

Karena sudah kenalan sama karakternya, kita beralih ke masalah yang diangkat di drama ini. Karena pusatnya Na Eun, ya kita bahas dia dulu, oke?!



Setelah tinggal di Happy Together dan sempat salah paham pada Cha Kang Woo, ternyata orang-orang di sana menyambut Na Eun dengan sangat baik. Dia sudah lama enggak berkencan. Ketika para pria di Happy Together seperti mendekat, dia jadi agak bingung. Namun itu hanya kebingungan sesaat karena akhirnya hanya tersisa dua orang yang menaruh perhatian lebih pada Na Eun. Ada Kang Woo dan sahabatnya Hyun Jin. 

Di Happy Together, Na Eun membuat diary. Semacam blog gitu. Dia semangat karena mendapat sambutan yang baik. Dia juga masih berusaha menulis novelnya sampai sebuah penerbit menghubungi. Orang-orang di kos-kosan juga antusias dengan kabar bahagia tersebut. Akhirnya bakal debut, begitu pikirnya. Sayang, ternyata Na Eun kena tipu. Penerbit itu palsu. Dia juga menyerahkan uang dengan jumlah banyak. Parahnya karena hal itu, Na Eun putus asa dan memutuskan untuk berhenti menulis.


Hal itu tentu saja membuat khawatir banyak orang. Setelahnya kabar baik muncul. Ada editor yang membaca tulisan harian Na Eun tentang kehidupan dan orang-orang di Happy Together dan menawarkan untuk membuat buku. Akankah Na Eun akhirnya kembali lagi untuk menulis? 

Tak ada orang yang hidup tanpa luka di hatinya. Tanpa disadari atau disadari, hidup saling memberi dan menerima luka kecil atau besar. Tak ada cara untuk menghindari luka. Kau hanya bisa menunggu sampai lukamu sembuh. Jika lukamu membusuk dan tidak tidak bisa sembuh, ini bukan karena lukanya terlalu dalam. Itu karena tidak ada yang merawat lukamu

 

Dating is Annoying, But I Don’t Wanna be Lonely


love is annoying but i hate being lonely

Nonton drama Dating is Annoying, But I Don’t Wanna be Lonely ini sebenarnya hanya untuk selingan. Saya juga tidak berharap sesuatu yang wah apalagi karakter Na Eun yang dimainkan Kim So Eun ini agak mirip dengan karakternya di drama Evergreen. Gadis miskin yang mencoba kuat. Dia akhirnya bertemu pria yang bisa dibilang mendukung penuh apa yang dia lakukan.


Kisah cinta Na Eun berputar pada Hyun Jin yang terjebak Friend Zone. Lalu memilih berlabuh pada Cha Kang Woo, pria yang sebenarnya penasaran dengan hubungan manusia, tapi takut menjalin cinta karena trauma masa lalu. Yang lucu, Hyun Jin dan Kang Woo ini bersaing, tapi mereka tetap akur dalam arti yang sebenarnya. Mereka bahkan tidur sekamar karena Ah Reum kabur dari rumah hingga akhirnya tidur bersama Na Eun di rumah Hyun Jin.


Karena terakhir saya menonton drama Ji Hyun Woo di Risky Romance dengan karakter pria dingin, di drama Love is Annoying, But I Hate Being Lonely ini dia sangat murah senyum. Terasa aneh, hahaha. Dia jadi psikiater yang hangat dan membantu banyak orang. Bahkan Choi Kyeong Won juga sampai jatuh hati dan nembak Kang Woo. Namun Kang Woo jelas nolak karena sudah suka sama Na Eun. 

Perasaan cinta itu hanya sementara, tapi momen bahagia yang kamu bagi dengan seseorang akan bertahan selamanya

 


Dari Dating is Annoying, But I Don’t Wanna be Lonely, sebenarnya karakter Na Eun agak mengingatkan saya pada diri sendiri. Bagaimanapun sebagai Blogger, saya juga penulis. Saya pernah merasa down dan akhirnya kembali menulis. Namun kasusnya tidak sama dengan Na Eun. Komentar nyinyir juga kadang muncul mewarnai hasil tulisan kita. Pada dasarnya sih, ketika tulisan sudah sampai di publik, itu bukan lagi milik kita.


Meski menurut saya kisah cinta Na Eun itu standar, tapi saya suka konsep dari drama Lonely Enough To Love. Mereka membuat rumah bersama dan saling berbagi banyak hal meski mereka sibuk. Seperti saat pagi-pagi dengan sarapan bersama. Lalu ada waktu juga untuk membuat kelas dari salah satu penghuni. Misalnya Jeon Bo Ra yang pandai membuat Arak Beras dan mengajarkan cara membuatnya pada semua penghuni. 

Makan bersama bukanlah tentang memuaskan rasa lapar. Ini tentang berbagi kehangatan dan saling mengisi kekosongan satu sama lain

 


Dari pasien-pasien Cha Kang Woo, saya juga belajar untuk berusaha mencintai diri sendiri bahkan jika kita sendirian. Di dunia ini kita yang paling penting. Jadi kebahagiaan kita yang paling utama. Kita tak perlu menunggu kebahagiaan datang. Karena kebahagiaan sudah ada dalam hidup kita. Ada juga yang namanya Teknik cermin yaitu orang tidak menyadarinya kecuali diberi tahu. Bahkan ketika mereka diberi tahu, banyak orang tidak mengerti. Lihat, seperti inilah penampilanmu sekarang. Kamu harus meletakkan cermin di depan mereka agar mereka menyadarinya. Di drama Lonely Enough to Love, Kang Woo juga menggunakan terapi panggung seperti drama Soul Mechanic.


Bisa dibilang drama Love is Annoying, But I Hate Being Lonely ini kumpulan orang-orang yang kesepian tapi tak ingin sendiri. Akhirnya mereka bersama deh. Masalah orang-orang di Happy Together enggak serumit penghuni Paradise Inn Never Twice. Jadi masih oke lah buat ditonton. 

Orang membuat kesalahan ketika mereka membangun hubungan dengan orang lain. Namun, kamu tidak akan bisa menyebutnya sebagai kegagalan

 


Jujur saat nonton Love is Annoying, But I Hate Being Lonely ini sebenarnya saya sempat bosan dan ingin berhenti. Bukan tidak bagus. Cuma menurut saya, ceritanya agak lambat. Mana seminggu sekali kan. Untungnya cuma 10 episode. Saya kurang paham apakah ini dipotong atau bagaimana karena di awal saya tahunya 16 episode.


Meski kisah akhirnya sedikit bisa ditebak, tapi tidak terlalu buruk. Hyun Jin tuh yang lebih legowo. Jujur saya agak penasaran sama hasil dia traveling. Kenapa modelnya kaya gembel coba? Hahaha. Yang penasaran, silakan tonton sendiri Dating is Annoying, But I Don’t Wanna be Lonely apalagi jika kamu suka drama dengan plot yang tidak terlalu ribet. 

lonely enough to love

Lonely Enough to Love juga mengajarkan kita untuk mengejar mimpi dan melakukan usaha yang terbaik. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Kita harus jatuh bangun dulu karena tidak ada yang instan. Kebahagiaan hanya datang kepada mereka yang siap menerimanya. Sudahkah kamu bersiap juga? 

Sekian dulu review Lonely Enough to Love dari saya. Ada yang sudah nonton juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber info dan gambar: Mydramalist & mbcplus.com

Would you like to comment?

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman