Explore the blog
Sabtu, 29 Februari 2020

Mencuci Sambil Bermain Rainbow Foam

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Lihat cucian numpuk, rasanya kok sebel ya! Hayo ngaku siapa yang merasakan itu juga? Yuk bikin Rainbow Foam saja!

Saya, kadang merasakan itu. Meski biasa mencuci pakai tangan atau secara manual, tetap saja kalau melihat tumpukan baju kotor tuh bawaannya malas. Makanya sebisa mungkin kalau nyuci ya enggak sampai menumpuk banyak. Bisa sakit punggung nanti, hahaha. Apalagi kalau airnya enggak lancar dan musim hujan. Bisa kehabisan baju! Kecuali saat nanti sudah punya mesin cuci.



Sejak kecil, saya memang mencuci pakaian sendiri. Kalau sudah lelah, biasanya saya tinggal makan atau main-main dulu. Paling sering ya buat gelembung dengan sabun. Biasanya saya pakai sabun colek. Ambil sedikit, taruh tangan, beri sedikit air, gosok-gosok dan buat lingkaran pada tangan. Tiup dan muncullah gelembung. Seru apalagi ada pelangi yang terlihat.

Kebiasaan seperti itu masih terbawa sampai saya sebesar ini, hahaha. Tapi sangat tidak disarankan untuk orang yang bertangan sensitif ya. Kalau ajak Keponakan biasanya tuh saya ganti pakai alat dari besi atau apa pun dan dibuat lingkaran kecil. Jadi bisa mencuci sambil bermain. Duh jadi ingat Om Ryan Gold Her Private Life yang suka sama gelembung.

Bermain Rainbow Foam Disela Kegiatan Mencuci


Sekarang ini banyak orangtua yang melarang anaknya mencuci karena dianggap kurang bersih dan hanya main-main saja. Kalau orangtua saya dulu malah biasaain nyuci dan sampai saya terbiasa dan bersih tentunya. Makanya sama Keponakan, sesekali saya ajak dia mencuci. Biasanya dia nyuci sandal, kaos kaki atau pakaian dalamnya. Yang simpel saja. Dalam kegiatan tersebut, biar tidak bosan, tentu saja harus dengan main seperti membuat gelembung. Tapi jika Keponakan atau punya anak balita, enggak ada salahnya kita bermain dengan Rainbow Foam.

Rainbow Foam itu bagus buat Sensory Play. Selain warna-warni, anak jadi bisa belajar tekstur. Membuatnya juga mudah. Kita hanya perlu menyiapkan:

  • Sabun Cair atau Bubble Bath
  • Pewarna Makanan
  • Air

Cara Membuat Rainbow Foam:
  • Campurkan sabun cair dan air dengan perbandingan 2:1
  • Masukkan campuran air sabun tersebut ke dalam blender
  • Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, satu-satu ya
  • Blender dengan kecepatan tinggi sampai busanya menjadi kental dan melimpah
  • Tuang busa dalam wadah
  • Lalu ulangi langkah tersebut dengan pewarna yang berbeda
  • Jika ingin lebih bikin tenang karena keharuman, kita bisa menambahkan essential oil

Saat main Rainbow Foam, baiknya selama 20 menit dari pembuatan busa. Kalau terlalu lama, busanya jadi mengempis. Dan kita harus tetap mengawasi, jangan ditinggal sendiri. Dulu saya juga sering masukin Keponakan ke dalam ember. Jika kulitnya mulai keriput, segera saya sudahi agar dia tidak kedinginan.

Sekarang ini sudah tidak lagi alasan mencuci bikin depresi. Bawa happy saja. Jika terlalu lama, tinggal main-main sebentar, enggak ada salahnya. Jangan lupa pilih sabun cuci yang wangi biar kita makin relax. Tambah asyik lagi kalau nyuci dan mendengar suara gemericik air sungai. Tapi ya enggak semua orang tinggal di dekat sungai yang bersih ya. Apalagi sekarang musim hujan. Hati-hati banjir!

Kalian sendiri punya ritual apa selama mencuci? Ada yang suka bikin rainbow foam juga? Atau nyucinya sambil ngedrama? Duh andai saya bisa, hahaha. Jangan-jangan malah nyuci sama pasangan sambil mesra-mesraan kaya di webdrama Wednesday 3.30 PM? Mari mencuci dengan bahagia ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. wah boleh nih dicoba bikin rainbow foam, biar nyucinya nggak terasa capek ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin aja. Buat main-main sambil nyuci

      Hapus