Explore the blog
Kamis, 19 Desember 2019

Review Drama Korea Leverage

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu pernah ditipu? Atau malah suka menipu? Hayoloh nanti dikejar penegak keadilan!

Annyeong hasimnikka! Kena tipu, prank itu memang ngeselin ya! Apalagi sampai merugikan harta benda. Bapak saya tuh pernah nyaris ketipu soal mobil dan katanya Adik saya ditangkap Polisi karena narkoba. Sarap memang! Lalu apa jadinya kalau Penipu ngumpul?


Lee Tae Joon merupakan penyelidik penipuan asuransi yang sangat baik. Pada suatu ketika, Putranya menderita Leukimia yang cukup langka. Oleh Dokter, Tae Joon diberi tahu bahwa ada obat yang sedang dikembangkan. Tapi untuk mendapatkan obat tersebut tidaklah mudah. Maka Tae Joon pun meminta bantuan Penjahat berbakat yang pernah ia tangkap untuk mencuri obat. Sayangnya saat obat bisa dicuri, Putranya tidak bisa diselamatkan dan dia masuk penjara.


Setelah keluar dari penjara, Tae Joon mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kenyataannya, ada orang-orang kaya yang mendalanginya. Dia pun merekrut penjahat berbakat yang terdiri dari Hwang Soo Kyung, Ko Na Beyol, Roy Ryu dan Jung Ui Sung untuk menipu orang-orang kaya dan mengembalikan uang yang dicuri untuk para korban. Apakah mereka berhasil menemukan dalangnya? Bagaimana sepak terjang mereka dalam aksi penipuan ini?


Drama: Leverage
Revised romanization: Rebeoriji: Sagijojakdan
Hangul: 레버리지:사기조작단
Director: Nam Ki-Hoon
Writer: Min Ji-Hyung
Network: TV Chosun
Episodes: 16
Release Date: October 13 - December 8, 2019
Runtime: Sunday 21:30
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Lee Dong-Gun as Lee Tae-Joon
Jeon Hye-Bin as Hwang Soo-Kyung
Kim Sae-Ron as Ko Na-Beyol
Kim Kwon Yeo as Roy Ryu
Hoi-Hyeon as Jung Ui-Sung
Choi Ja-Hye as Shin Yoo-Ri
Kim Kwang-Sik as Park Ki-Ho
Choi Hong-Il as Yang Chul-Soo
Park Eun-Seok as Min Young-Min
Jang Gwang as Baek Jong-Koo
Shin Seung-Hwan as Baek In-Ho
Lee Yong-Nyeo as Kim In-Sook
Yoo Ha-Bok as Chief of National Police Agency
Lee Yong-Woo as Ghost
Kim Joong-Ki as Jo Joon-Hyung
Jeong Gi-Seop as So-Ma
Yong Jin as Prisoner
Song Boo Geon as Se Ri's Bodyguard
Sean Richard
Moon Ji In as Hong Se Young
Choi Dae Chul as Jeong Han Gu
Kim Ki Nam as George Big

Leverage: Fraud Control Operation


Drama Kuda Hitam, begitu menurut saya. Aslinya Leverage ini tidak masuk dalam List Drama Bulan Oktober 2019 bahkan ketika nonton pun saya diam-diam, enggak ribut pakai distatusin. Alasannya sih karena ketemu Lee Dong Gun di mana di dua drama sebelumnya, Fox Bride Star dan Angel's Last Mission: Love, perannya setengah bikin saya jengkel. Tapi di drama ini, saya melihat sisi lainnya yang ke-bapak-an.


Drama Leverage: Operasi Penipuan sendiri adalah remake dari serial televisi AS "Leverage" yang ditayangkan di saluran kabel TNT dari 2008-2012. Kata saya, ini sama kerennya dengan drama Designated Survivor: 60 Days. Leverage sendiri adalah penggunaan aset dan sumber dana (source of funds) oleh perusahaan yang memiliki biaya tetap (beban tetap) dengan maksud agar meningkatkan keuntungan potensial pemegang saham (Sartono, 2008:257). Bisa dibilang ini berhubungan dengan investasi begitu juga dramanya.


Jadi setelah Lee Tae Joon keluar penjara, dia agak depresi sampai mengurung diri. Bisa dibilang, misi pertamanya gagal. Lalu sama Hwang Soo Kyung disadarin bahwa sikapnya yang seperti itu akan mengecewakan Putranya. Akhirnya Tae Joon menghubungi lagi orang-orang yang bisa diajak buat menipu. Ada Hwang Soo Kyung, penipu dengan akting yang luar biasa. Ko Na Beyol, spesialis dalam mencuri dan membobol brankas. Jung Ui Sung, hacker berbakat. Dan terakhir Roy Ryu, si jago bela diri. Sementara Tae Joon sendiri berperan sebagai perencana.


Merasa tidak asing dengan jalan cerita seperti ini? Yes, drama The Player juga punya plot yang kurang lebih sama. Bedanya, The Player itu melawan Pegawai Pemerintahan, sementara Leverage melawan Pebisnis dan Swasta. Tapi menurut saya, keduanya oke buat ditonton apalagi yang kurang terlalu suka drama pure action seperti Vagabond.


Pertama yang dilawan ini Penipu dengan kedok Investasi. Orang yang jadi Investor tuh seperti mahasiswa, yang duitnya tidak seberapa. Mereka sampai dikejar rentenir gara-gara pinjam uang buat investasi, tapi ternyata bodong!


Setelah kasus investasi selesai, ada kasus polisi dan serikat pekerja. Lalu ternyata ada kasus penipuan berkedok medis yang berbuntut pada penipuan asuransi kesehatan. Korbannya sendiri adalah orang tua yang menderita demensia. Mereka ini mau dibakar hidup-hidup coba. Kan kasihan!


Kenyataan lain muncul. Ada kasus kematian anak seperti yang dialami Putra Tae Joon. Apakah itu ada hubungannya dengan kasus di masa lalu dan kasus-kasus yang lainnya?

Nonton Leverage meski temanya kejahatan, tapi ini itu action komedi. Jadi ada tegang tapi juga lucu-lucuan. Mereka saat menyamar juga gayanya dari orang kaya, orang biasa, perawat, sampai Ibu-ibu hamil. Walaupun cuma tayang seminggu sekali, tapi langsung dikasih 4 episode gitu. Jadi enggak terlalu frustasi nunggu seperti Pegasus Market.



Seingat saya, ini pertama kali saya nonton drama di TV Chosun. Dari drama Leverage ini ternyata enggak kalah keren dari TV lain. Walaupun saya hanya tahu beberapa pemain seperti Lee Dong Gun, dan Jeon Hye Bin yang terakhir main di Liver or Die. Si Mbak Another Oh Hae Young makin cantik dan seksi saja, hahaha. Kim Sae Ron dulu artis cilik dan saya baru benar-benar melihatnya di sini seperti Hoi Hyeon sebagi Jung Ui Sung yang imut dan Kim Kwon Yeo sebagai Roy Ryu yang entah kenapa dingin-dingin tapi gemesin banget. Poker Facenya Roy itu lho!


Sebenarnya saya sudah ada feeling siapa villainnya. Cuma ya plot twist banget. Dikiranya begini, eh ternyata begitu. Apalagi bagian endingnya yang seperti salah satu kasus di Terius Behind Me. Mbak Moon Ji In kayanya nih dipecat jadi Manager Han Se Gye The Beauty Inside, makanya sampai kerjasama dengan penjahat, hahaha. Rambut panjang gitu kelihatan imut.



Tidak ada kejahatan yang sempurna. Dan namanya kejahatan tetap kejahatan. Saya enggak dukung Lee Tae Joon and The Gang ya karena mereka juga menipu. Tapi saya yakin akan ada orang-orang yang melawan kejahatan. Zaman jigeum, ide kejahatan memang banyak banget sampai memanfaatkan klaim asuransi, kesehatan dan investasi juga. Keselnya, mereka melakukan itu karena iri dan memperkaya diri sendiri dengan mengorbankan orang yang tidak bersalah bahkan anak-anak dan orang tua.


Meski tidak ada romancenya, Leverage tetep layak dan aman buat ditonton. Kerja sama dan hubungan persahabatan mereka itu gemesin. Saling peduli dan mendukung satu sama lain. Saya sih yes buat drama ini. Atau kalian ada yang sudah nonton juga? Paling suka kasus yang mana? Saya sih suka semuanya, hahaha. Tapi memang bagian pertama yang memperlihatkan hubungan Lee Tae Joon dan Putranya itu yang bikin saya ingin nonton. Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Hancinema

Whould you like to comment?

  1. plot twistnya drakok emang ngegemesin ya, villain-nya justru yang mukanya imut imut

    tapi seru ini kayaknya, dan kalau aku sedang mantengin Pegasus market gara gara kena virusnya Inna Riana tuh, salahkan saja Inna!

    BalasHapus
  2. Aku udah lama ga nonton dramanya Lee Dong Gun, kangen juga sama actingnya. Cerita drama ini kayaknya menarik juga untuk diikutin. Ntar kucoba donlot ah.

    BalasHapus
  3. Lee Dong Gun cethar banget mainnya ya.
    Cerita drakor selalu menarik dan full of surprises bangettt

    BalasHapus
  4. stl baca spoiler n reviewnya ini... aku makin pengen nonton laverage. lagi bingung atur waktunya. cuman bisa 2 drama ongoing per minggu. jadi ini laverage dicuekin muluk wkwkwk.

    moga dia bisa nyempil di sela2 aku nonton chocolate n crash landing on you :D

    BalasHapus
  5. Hai mba Jiah, aku belum nonton drama ini mba. Aisk kalau tema persahabatan. Libur akhir tahun ini kayaknya bsia djadi rekomendasi deh

    BalasHapus
  6. Woow drakor maning nih, ku tadi abis nonton di blognya Mak Inna Pegassus Market, sekarang disini, makin komplit ceritanya.
    Manggut2 ku bacanya, nyemaaak.

    BalasHapus
  7. Kirain drama action gini berat banget, tapi ternyata masih ada komedinya juga ya, seru...

    BalasHapus
  8. Aku nonton drama ini, cuma sampai 8 episode ajah. Setelahnya, lewat.. bagus emangggg cuma waktunya yg ngga ada.. huhu..

    BalasHapus
  9. Drakor ini kayak mengangkat tema kisah nyata yang terjadi saat ini. Memang banyak penipuan meskipun kadang2 ada yang bertujuan baik, tapi tetep kan menipu itu tindak kejahatan.

    Drakor ini kayaknya bisa aku tonton di libur akhir tahun besok. Mudah-mudahan bisa namatin drakor mumpung libur 5 hari. Hihihi

    BalasHapus
  10. Hahaha aku termasuk yang frustasi nungguin Pegasus Market. Btw aku nggak terlalu suka sih sama drakor action komedi kayak gini. Tapi kok keliatan seru ya mba. Tandain dulu deh hehe..

    BalasHapus
  11. Ini kyknya sejenis drama yang membuat kta kyknya mengakui ooo si "penipu baik" ini bertindak krn ada latar belakangnya ya, trus kdng secara gak langsung membenarkan haha :P
    Wah penasaran drma akalau gak ada romansanya garinggak yaaa :D

    BalasHapus
  12. Jadi ini cem gangster koreaan ya mak. Aku suka baca sinopsise gini tapi nontonnya belum sempet2 pasti terusssss sampe selesai wkwk

    BalasHapus
  13. Wah, jd punya refensi film baru, saya tu kalaub lihat film suka baca referensi dulu..ben ga zonk...hihi ..

    BalasHapus
  14. Wuih drama ini. Aku Nonton dari awal sampai akhir. Walopun gak populer, fim ini seru. Aku suka. Lee Dong Gun kereeen. Suka juga dengan tokoh Roy :D

    BalasHapus
  15. Aku justru suka genre drama Leverage meski temanya kejahatan, tapi action komedibjd gk bikin boring nonton ini pernah bbrp Kali

    BalasHapus
  16. Suka banget sama sinopsisnya, jadi pingin lihat Jiii.. Meskipun nggak ada bumbu humbu tomancenya, kayaknya aku tetep lihat. Semoga....

    BalasHapus
  17. Boleh juga nih buat tontonan mengisi liburan akhir tahun. Libur seminggu malah bingung mau ngapain hehehe....

    BalasHapus
  18. Kejahatan tapi action komedi, ini yg bikin tertarik. Sebab kalau action romantis saya sering skip actionnya, kalau ada komedi lebih dinikmati alurnya

    BalasHapus
  19. Meskipun berkisah tentang kejahatan, kok kemasannya kayak mengharu biru di bagian awalnya gitu ya, tentang latar belakang terjadinya pencurian itu.

    BalasHapus
  20. Aku ga suka nonton drakor mba, tapi kayaknya ffilm satuu ini menarik deh. Mau coba aku tonton kali ya buat mengisi waktu luang hehe

    BalasHapus
  21. Aku noted dulu, soalnya lagi nyelesein Vagabond sama VIP

    BalasHapus
  22. Drama action versi korea ini berasa manis ya, karena pemain filmnya manis semua mukanya hehe. Btw jalan ceritanya bikin deg2an juga nih.

    BalasHapus
  23. kejahatan suatu saat nanti pasti dapat hukuman dan keadilan. hehe.. aku ga pernah nonton korea yaa tak moco reviewne wae.. apalagi belum pernah aku download satupun di situs korea itu hehe

    BalasHapus
  24. Saya kok ngebayangin lee dong gun jadi lee dong wook ya. Makanya sempet heran pas Mba Jiah bilang agak kebapakaan. Pas cek ulang ternyata salah orang.. xixixi.. saya ga pernah ikutin dramanya lee dong gun. Cuma ngehnya pas dia main di lover in paris tuh. Perannya jadi antagonis disitu. Makanya jadi ga suka.. hahaha

    BalasHapus