Explore the blog
Selasa, 10 Desember 2019

Review Drama Thailand My Ambulance

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu pernah telepon ambulance? Pernah naik juga? Bagaimana rasanya?



Sawadikha! Saya kembali setelah berdiam diri sekian lama. Kalau ditanya apa saya pernah telepon atau naik ambulance, belum dan semoga jangan pernah. Kalau naik ini, berarti kita benar-benar dalam keadaan darurat. Seperti drama Thailand yang saya tonton beberapa bulan lalu.

Selama 15 tahun, Peng dan Tantawan telah pacaran. Tantawan mendedikasikan hidupnya untuk merawat Peng yang adalah dokter di unit gawat darurat. Tantawan juga punya kekuatan magis yang bisa menghubungkan dirinya dan Peng.


Suatu hari di perayaan hubungan mereka ke-15 tahun, Tantawan mulai ragu dengan perasaan Peng. Mereka bertengkar dan menyebabkan Tantawan kecelakaan lalu lintas dan kehilangan ingatan tentang kejadian tersebut.


Masalahnya, entah kenapa kekuatan magis Tantawan mulai melemah pada Peng dan malah menuju Chalarm, dokter magang berhati hangat yang merupakan junior Peng. Chalarm mengingatkan Tantawan pada sosok Peng saat muda. Tantawan kini mulai ragu, pada siapa hatinya akan berlabuh?

Title: My Ambulance
Native Title: รักฉุดใจนายฉุกเฉิน
Also Known As: Ruk Chut Jai Nai Chukchern
Genres: Comedy, Romance, Drama, Medical, Fantasy
Tags: Emergency Center, Older Woman/Younger Man, Teleportation, Love/Hate Relationship, First Love
Country: Thailand
Type: Drama
Episodes: 16
Aired: Sep 6, 2019 - Oct 26, 2019
Aired On: Friday, Saturday
Network: GMM One
Duration: 60 min
Cast:
Mai Davika Hoorne as Tantawan
Sunny Suwanmethanont as Dr. Peng
Sky Wongravee Nateetorn as Chalarm
Thanaerng Kanyawee Songmuang as Bamee
Pond Ponlawit Ketprapakorn as Wan
Billkin Putthipong Assaratanakul as Tao
PP Krit Amnuaydechkorn as Thiwkao (Tew) [brother of Tantawan]
Paweenut Pangnakorn as Takk
Top Napat Chokejindachai as Lek
Bank Thiti Mahayotaruk as Thai
Goy Arachaporn Pokinpakorn
Sawanya Paisarnpayak as Tantawan [Young]
Bright Vachirawit Chivaaree as Paeng [Young]

Review Thailand Drama Ruk Chut Jai Nai Chukchern


Musik memang universal ya. Kadang enggak paham bahasanya, tapi karena terdengar enak, jadi suka. Begitu yang saya rasakan saat mendengar lagu Love Siren di Youtube yang rilis pada 14 Agustus 2019. Saya tidak hobi nonton Youtube karena lumayan menguras kuota, tapi kadang iseng deh buat nonton dan ketemu itu lagu Love Sirene. Ini kali kedua saya suka lagu Thailand setelah sebelumnya keenakan dengar lagu Only You Ost Waen Dok Mai. Mulai dari lagu itu, akhirnya saya baca komentar dan tahu bahwa Love On Siren jadi ost drama My Ambulance.


Melihat cast My Ambulance ada Mai Davika Hoorne dan Sunny Suwanmethanont yang sebelumnya pernah beradu akting di Film Thailand Heart Attack. Lalu pemeran dokter magang yang kelihatan muda-muda dan mereka ikut nari di video Love Siren. Saya jadi terbayang betapa serunya Lakorn ini. Bisa cuci mata juga, hahaha.


Tertanggal 6 September drama ini dimulai. Waktu baru tayang, asli ini belum ada yang ngesub dan sampai nunggu beberapa hari. Ketemulah di FP tentang Lakorn. Dua minggu kemudian, baru muncul di KissAsian. Kalau sekarang sudah ada juga di Dramacool. Tapi kesemuanya bersubtitle Bahasa Inggris. Untuk My Ambulance subtitle Indonesia, ada di Dailymotion dan Videodotcom.

Cinta Menginspirasi Keadaan Darurat


Kisah dimulai dari Tantawan yang putus asa setelah kematian orangtuanya. Di saat seperti itu, dia memikirkan Peng. Keajaiban muncul dan Peng datang pada Tantawan. Sejak saat itu mereka jadi sepasang kekasih.

Meski yatim piatu, Tantawan ini kaya dan juga punya seorang adik laki-laki. Hidupnya hanya untuk Peng. Sementara laki-laki itu terlalu sibuk dengan pasiennya. Sampai pada perayaan hubungan mereka yang ke-15, mereka bertengkar dan Tantawan ingin putus. Siapa sangka akhirnya kecelakaan terjadi dan Tantawan lupa pada kejadian tersebut. Yang lebih gila, kekuatan magisnya juga menghubungkan dirinya dan Chalarm, seorang dokter magang.


Masalah berkembang karena kekuatan itu tidak berfungsi dengan baik pada Peng. Tantawan malah semakin dekat dengan Chalarm. Muncul juga Bamee, pembalap yang akhirnya bergabung untuk jadi supir ambulance karena naksir Peng. Lalu apa sebenarnya yang terjadi pada malam itu?


Tadinya saya pikir nonton My Ambulance akan hahahihi dan bukan drama fantasi. Ternyata di awal episode sudah banyak irisan bawang. Mulai dari Tantawan juga kisah Peng yang akhirnya bikin saya tahu alasan kenapa dia peduli banget sama Pasiennya.

Saya mau bahas kisah cintanya dulu ya!


Pertama, Tantawan ini pacaran sama Peng. Ketika kekuatan magisnya menuju Chalarm, Tantawan masih berusaha mempertahankan cintanya pada Peng. Ya sudah 15 tahun gitu. Sayang kalau putus. Lalu Chalarm ini naksir Bamee. Lucunya, kriteria gadis Chalarm ini adalah yang bisa diajak makan pisang goreng. Lalu si Bamee ini naksir Peng. Gara-gara terlalu mbulet, saya sampai oleng, bingung mau pilih pasangan mana. Tantawan sama Peng, oke. Chalarm sama Bamee juga oke. Lalu Tantawan dan Chalarm ya lucu. Peng dan Bamee juga enggak bisa nolak. Cuma di drama ini saya oke-oke saja mereka berakhir dengan siapa.


Tapi dari dasar hati saya yang paling dalam, saya dukung Tantawan sama Peng. Gara-gara ini juga mungkin saya lama banget move onnya. Chalarm itu lucu tapi menurut saya, dia itu cengeng. Sementara Peng memang sudah dewasa. Dia berusa melindungi Tantawan dengan caranya sendiri. Waktu dia mau ngasih cincin tapi akhirnya putus, aduh itu nyesek banget termasuk di akhir episode. Banyak yang marah soal endingnya. Tapi menurut saya, itu lebih realistis. Tak ada yang bisa menjamin lamanya hubungan akan berakhir bahagia. Meski sedih, saya adalah team yang tabah.


Kalau kisah cinta 4 orang itu bikin bingung, ada kisah cinta lain yang lucu-lucuan sih. Tapi saya salut sama sosok Bamee yang lebih legowo sebagai seorang perempuan yang tertolak cintanya.

Untuk percintaannya, saya cukupkan dulu ya karena sebenarnya saya paling menikmati kisah perjuangan mereka sebagai dokter di Unit Gawat Darurat. Kalau di drama Korea, saya pernah nonton genre medis. Ada Yong Pal si dokter yang mengobati gangster. Doctor Prisoner, dokter yang bikin penyakit agar keluar dari penjara. Heart Surgeons, dokter bedah jantung. Risky Romance, dokter syaraf. Lalu ada Good Doctor yang merupakan dokter anak. My Ambulance sendiri dokter-dokter yang menangani masalah darurat.


Kita tentu tahu bahwa pertolongan pertama itu sangat penting. Dan adalah tugas besar bagi dokter unit gawat darurat untuk menolong pasien. Jika dokter salah mendiagnosis saat awal pemeriksaan dan melakukan tindakan, akibatnya bisa sangat fatal. Itu juga yang terjadi pada Chalarm. Akibatnya dia malah ketakutan dan kabur setiap ada pasien gawat darurat. Dokter macam apa itu?! Tapi untungnya, dokter-dokter di My Ambulance ini saling membantu saat temannya ada masalah. Kekeluargaan banget lah mereka sampai bikin haru. Dibanding Love at First Hate, lakorn yang juga ada dokternya, My Ambulance jauh lebih kompleks dalam urusan menangani pasien.


Meski dokter, kadang juga kurang paham tentang kelahiran dan usia tua, penyakit dan kematian. Penyakit jantung iskemik, hipoksia otak, atau syok hemoragik. Ada banyak penyebab kematian. Saat tubuh atau organ rusak, adalah tugas dokter buat memperbaikinya untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Karena dokter tahu bahwa tidak ada yang ingin melihat orang yang mereka cintai pergi.


Itu sebabnya mereka melakukan yang terbaik untuk mencegah orang meninggal dunia. Dokter ingin memberi lebih banyak bantuan. Mereka ingin memperpanjang umur pasien, melakukan semua yang mereka bisa sebagai dokter. Kadang-kadang mereka bahkan lupa bahwa seorang dokter tak akan bisa menghentikan semua kematian. Tidak peduli berapa banyak orang akan mati di tangan dokter.

Jadi Dokter memang kudu kuat begitu juga dengan pasangannya. Mereka tidak bisa jadi nomor satu. Karena yang pertama adalah pasiennya. Tapi jadi dokter juga kudu waras dan harus percaya dengan kemampuan dokter lain juga. Dokter juga manusia, kudu libur dan bahagia juga.


Tadinya saya pikir Bank Thiti Mahayotaruk sebagai Thai akan jadi dokter juga. Eh ternyata enggak. Padahal saya sudah nunggu dia di tiap episode. Eh dia saking sayang sama adiknya malah bikin masalah buat diri sendiri. Saya jadi agak sebel dan mikir, Hotel Del Luna enggak lebarin sayap sampai Thailand apa ya? Itu setan cilik ingin saya daftarin jadi pelanggan di sana, hahaha.

Secara keseluruhan, My Ambulance boleh lah buat ditonton terutama dari segi peran dokterannya. Kalau kisah cintanya ya, enggak ada komentar. Oh iya, selain Love Sirine, saya suka lagu You Are My Everything - Billkin. Enggak nyangka suaranya bagus dan ngena banget di hati.


Kau adalah segalanya. Hari ini saya hanya memahami, bahwa kamu sangat berharga lebih dari apa pun

Ada yang mau nonton lakorn juga? Mungkin My Ambulance bisa jadi list tontonanmu lho! Share juga pendapat kalian saat naik ambulance!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
https://instagram.com/nadaobangkok & Mydralist

Whould you like to comment?

  1. Drama Thai itu relatable dan baguuss bgt ya. Baik akting maupun jalan ceritanya

    BalasHapus
  2. Wah mba udah lama nih aku nggak nonton film thailand. Padahal dulu mah ya sebelum drama korea merajai, film thailand ini slalu jadi favorit hihihi. Baca ini aki hrus cerna pelan-pelan jenis kelamin mereka. Soalnya nama orang thailad itu bkin bingung ini yg jdi tokoh ini laki-laki atau perempuan ya. Loadingnya lama aku hihihi

    BalasHapus
  3. Btw temen kantorku ada yg phobia ambulance
    Kayaknya seruuuu deh kalo doi nonton nih pilem

    BalasHapus
  4. Hahaha, sama Mak Yeni.
    Aku juga kudu mencerna pelan-pelan. Mana tokoh laki, mana perempuan.

    BalasHapus
  5. Aku kok bingung bacanya, asing sama nama-namanya. Jadi Peng ini lelaki? Atau gimana sih? Kudu nonton dhewe nih aku! hahaha

    BalasHapus
  6. Eh ada juga ya drama Thailand. Taunya drama Korea aja. Drakor aja gak pernah nonton apalagi drama Thailand. Malah baru tau mbak. Hihihi. Emak emak kudet aku.

    BalasHapus
  7. Saya pernah sekali naik ambulance, tapi nggak pakai nguing-nguing. Yaitu saat membawa pulang jenazah bapak dari rumah sakit.

    BalasHapus
  8. Banyak irisan bawang maksudnya ceritanya sedih banget, ya? Berarti, saya harus siapin tissue kalau mau nonton ini. Saya gampang banget nangis hahaha

    BalasHapus
  9. Menarik banget nih filmnya. Receh banget ya kriterianya, bisa diajak makan pisang goreng wkwkwk

    BalasHapus
  10. Kalau baca review film yang bukan film Indonesia, bacanya harus pelan-pelan dan dibaca berkali-kali karena nama-nama pemainnya suka lupa, yang cewek yang mana yang cowok yang mana hahaha *tepok jidat :D
    Film ini sad ending ya, suka melow kalo liat film drama yang sad ending huhuhu.

    BalasHapus
  11. berhubung aku suka heart attack n pemainnya, kayaknya aku bakal suka my ambulance.
    bentar dulu deh nontonnya. masih nguber satu ongoing drakor aja kewalahan atur waktunya ahahah. palagi ada yg rame2 mau nongol, jadi 2 ongoing dah :D

    BalasHapus
  12. Owalah ini secara garis besar ttg dokter2an tapi dibumbuin kisah cinta yang agak mbulet ya mbak :D
    Kyknya ini tontonan ringan ya meski temanya medis gtu :D Penasaran jdnya aku blm pernah nonton drama Thaliand full hehe

    BalasHapus
  13. Aku sekali nonton thailanddd baru aja kemaren. Judulnya full house bagusss banget sampe 20 episode. Dah nonton belumm

    BalasHapus
  14. Wah. Film thailand ya. Keknya rame juga nih. Aku ada beberapa kali nonton film thailand tp lupa judulnya. Keknya OEM msalah satu pemainnya sama nih

    BalasHapus
  15. Aku baru satu kali mba nonton pilem Thailand
    Yang Bad Genius kalo ga salah judulnya. Tapi kayaknya aku mau nonton ini deh

    BalasHapus
  16. Jaman dulu aku pernah nonton drama Thailand. Dokter memang nggak semua bisa membantu kelahiran ya Ji, aku penasaran nih jalan ceritanya kompleks juga

    BalasHapus
  17. Seru ya... Saya engga ada (semoga engga) ada pengalaman naik ambulance, cuma seneng nonton 911 aja di fox hihihi...

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah nonton drama Thailand nih, Mbak. Jadi penasaran pengen nonton. Aku penasaran sama kisah Tentawan dan Peng. Masak putus sih? gara-gara hilang ingatan dan daya magic yang salah sasaran huhuhu. 15 tahun pacaran padahal. Hiks.

    BalasHapus
  19. Saya juga belum.pernah naik ambulance. Jangan juga deh hehe takut euy

    BalasHapus
  20. wah film thailand, bintangnya seger-seger banget :D
    btw aku juga suka liat film yang nyeritain perjuangan para dokter

    BalasHapus
  21. drama thailand di benak saya identik dengan humornya. tapi di my ambulance ini malah sedikit ya. yg ada cinta yg mbulet, karena segi 4 .. akhirnya siapa yaaa yg goals? penasaran

    BalasHapus
  22. Serial Thailand juga mulai booming ya, gak kalah sama drakor. Sayangnya aku belum pernah nonton keduanya, hehe, kudet banget. Tapi kalau baca ringkasannya sih menarik.

    BalasHapus
  23. Sudah lama gak nonton drama Thailand. Wah, kalau pemeran cowoknya ganteng2 memang sama siapa saja oke ya mba. Hehe

    BalasHapus
  24. Aku suka film2 Thailand, ceritanya seru & akhirnya suka ngga terduga, apalagi film2 horornya hahhaha pengen nonton tapi seremnya ampuuun 😅

    BalasHapus
  25. aku ya kalau liat film Thailand, inget nya tuh hororr nya aja. tp ternyata drama nya juga bagus yaa

    BalasHapus