Explore the blog
Sabtu, 14 Desember 2019

Review Drama Korea Vagabond

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu rasakan jika ada berita pesawat hilang kontak? Bagaimana kalau ada orang yang kamu kenal di dalamnya?

Annyeong hasimnikka! Sudah masuk musim hujan dan musim liburan. Save flight semua! Meski bisa dibilang jarang, tiap kali ada berita pesawat hilang, jatuh dan lainnya, saya selalu ikut deg-degan dan kepo di setiap perkembangannya. Enggak bisa bayangin bagaimana perasaan keluarga korban macam Cha Dal Geon.


Cha Dal Geon ingin jadi aktor laga, tapi berakhir sebagai stuntman. Dia berusaha bekerja keras demi keponakannya Cha Hoon. Suatu ketika, Hoon dan lainnya ikut penerbangan dari Incheon ke Maroko untuk pameran taekwondo. Sayanya kabar buruk datang. Pesawat tersebut kemungkinan meledak di udara dan menewaskan penumpang di dalamnya. Bersama anggota keluarga lain, Cha Dal Geon pergi ke Maroko untuk melakukan tabur bunga dan perpisahan lainnya.


Saat di Maroko, Dal Geon melihat seseorang yang mirip salah satu penumpang pesawat yang dilihatnya di video kiriman Hoon. Dia kemudian menyampaikan pada semua orang tentang kemungkinan adanya sabotase pada penerbangan. Dal Geon juga mengejar pria itu tapi belum berhasil dan malah membuatnya dalam masalah.


Go Hae Ri yang adalah agen NIS dan bekerja secara sembunyi-sembunyi di kedutaan Korea di Maroko akhirnya membantu Dal Geon untuk mencari tahu penyebab pesawat jatuh. Ternyata dugaan itu benar, dan kemungkinan ada konspirasi besar yang melibatkannya. Apakah akhirnya mereka mampu membuktikan kebenaran dugaan mereka?

Drama: Vagabond
Revised romanization: Baegabondeu
Hangul: 배가본드
Director: Yu In-Sik
Writer: Jang Young-Cheol, Jung Kyung-Soon
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: September 20-November 23, 2019
Runtime: Friday & Saturdays 22:00-23:10
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Lee Seung-Gi
Bae Suzy
Shin Sung-Rok
Baek Yoon-Sik
Moon Sung-Geun
Kim Min-Jong
Choi Kwang-Il
Lee See-Yoo
Ham Tae-In
Lee Ki-Young
Jeong Man-Sik
Hwang Bo-Ra
Kim Jong-Soo
Shin Seung-Hwan
Kim Min-Seo
Lee Kyoung-Young
Moon Jeong-Hee
Ryu Won
Kim Jung-Hyun
Park Ah-In
Ko Kyu-Pil
Choi Yoo-Jin
Kim Dae-Gon
Choi Moon-Soo
Yoo Teo
Jang Hyuk-Jin
Seo Sang-Won
Kang Kyung-Hun
Choi Dae-Chul
Moon Woo-Jin
Antonio Pedro Cerdeira
Ahn Soo-Bin
Yoon Na-Moo
Yoo Hyung-Gwan
Lee Hwang-Eui
Hong Seo-Jun
Lee Yoon-Sang
Bae Ki-Bum
Bae Ho-Geun
Yu Tae-Woong
Kim Sun-Young
Yang Hyung-Wook
Yun Da-Hun
Jeon Se-Hyun
Jang Sung-Bum
Jeong Hyun-Jun
Kim O-Bok
Park Ok-Chool
Han Ye-Joo


Review Korean Drama Vagabond


Ketika judul drama Vagabond muncul tahun lalu, terus terang saya belum ada pikiran untuk mengikuti drama ini. Alasannya karena action dan kelihatannya serius. Bukan saya banget ini. Terakhir nonton Lee Seung Gi itu di King 2 Hearts dan Bae Suzy di drama Dream High. Lama banget kan?! Terakhir nonton slot drama Jumat Sabtu SBS itu The Fiery Priest, action komedi. Karena godaan lini masa, akhirnya saya masukkan Vagabond di list tontonan bulan Oktober.


Seperti dugaan saya di awal, Vagabond ini drama action yang serius. Diceritakan bahwa Cha Dal Geon dan Go Hae Ri ini bekerja sama untuk memecahkan kasus pesawat jatuh yang diduga karena disabotase. Mereka ini sampai ke Maroko demi mencari siapa terorisnya. Ada dugaan bahwa Kim Woo Gi yang saat itu sebagai pilot juga ikut terlibat dan pura-pura meninggal demi mendapat asuransi.


Akhirnya mereka menemukan Kim Woo Gi di Maroko dan berusaha membawa pulang ke Korea. Sayangnya, usaha Dal Geon dan Hae Ri mendapat banyak rintangan bahkan mengancam nyawa mereka juga. Di sisi lain, banyak orang yang berusaha menghilangkan bukti-bukti yang ada. Lalu siapa dalang sebenarnya?


Karena ini bukan drama genre favorit, terus terang saya agak berusaha keras untuk menyelesaikan drama ini. Di seperempat drama, rasanya saya ingin berhenti, tapi tidak bisa. Entah apa yang bikin saya betah. Padahal nonton Vagabond tuh bikin badan pegel dan berperasangka buruk pada setiap orang. Perasaan di Designated Survivor: 60 Days juga berbau politik dan teroris. Tapi Vagabond ini parah karena actionnya.



Saya pikir, Vagabond ini code name dari Cha Dal Geon setelah dia jadi agen khusus untuk mengungkap misteri pesawat jatuh. Eh ternyata sepanjang drama, dia hanya jadi wakil dari keluarga korban yang membantu NIS. Vagabond adalah kode rahasia yang akhirnya digunakan Go Hae Ri, Gi Tae Ung, Gang Joo Cheol dan Pegawai Ayam Peluru. Jualan ayam buat menyembunyikan identitas seperti Extreme Job. Kasian Park Sajang Best Chicken punya saingan polisi dan agen.

Kenapa nonton Vagabond bikin badan ngilu?


Actionnya, Kakak! Sungguh melelahkan. Mereka terutama Cha Dal Geon ini seperti punya banyak nyawa. Contohnya nih waktu mereka baru pulang dari Maroko sebelum mencari Kim Woo Gi. Malam hari Cha Dal Geon minum gara-gara 'bertengkar' dengan Go Hae Ri. Paginya belum terlalu sadar, Hae Ri ingin menjemputnya. Sedang siap-siap keluar, eh Dal Geon diculik. Di mobil Ambulance palsu, dia mau dibunuh dengan suntikan. Dianya sadar dan berantem di mobil sampai terbalik dan kecelakaan. Dia kemudian naik mobil bersama Go Hae Ri menuju Istana Kepresidenan. Di gerbang, dia dilarang masuk dan akhirnya menyusup. Dikejar-kejar deh sama penjaga hingga akhirnya bertemu Presiden. Dari sana, dia diminta tinggal di Rumah Aman yang ternyata tidak aman sama sekali. Dia mau dibunuh dong tapi akhirnya bisa selamat. Itu adegan dari bangun tidur sampai dia mau tidur cuma sehari dan sudah sampai kaya gitu. Yang enggak cape siapa coba?


Saya sebenarnya mau protes buat ngurangi adegan berantemnya. Mbok yang wajar gitu lho, banyakin hahahihinya sama lead male female biar yang nonton enggak stres. Tapi ya enggak bisa karena ini drama praproduksi. Pokoknya kalau kalian kurang suka action, mending nonton drama lain saja daripada habis nonton minta dicariin tukang pijat, hahaha.


Action terlalu banyak. Komedi seuprit. Romance, jangan harap! Karam Kakak! Saya sampai bingung ini hikmah dan manfaatnya nonton Vagabond itu apa. Yang jelas, kalau kita menuduh sesuatu, kita jugalah yang harus membuktikan. Percayalah, memperjuangkan kebenaran itu enggak akan sia-sia. Dan hampir semua orang di drama ini tuh kaya tidak ada yang waras. Dari awal entah kenapa lihat muka Jessica Lee itu bikin sebel. Satu doang yang saya suka, Lilly. Park Ah In kalau peran model gitu kok pantes. Jadi ingat dia waktu di My Strange Hero.



Jadi baiknya nonton Vagabond, jangan?! Terserah kalian deh! Saya sudah cukup sekali nonton saja, pusing! Lalu siapa dalang sebenarnya? Tonton sendiri ya! Yang jelas, adegan terakhir itu seperti adegan awal yang membuat kita bertanya, akan kah ada season kedua? Mari tunggu saja!


Ada yang sudah nonton Vagabond? Kalian merasakan juga apa yang saya rasa atau malah menikmati setiap adegannya? Share pendapat kalian ya! Saya paling suka adegan waktu Dal Geon bawa Kim Woo Gi ke pengadilan sampai dibantu keluarga korban buat nutupi agar tidak tertembak. Pak Hakimnya juga love banget tuh! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Hancinema

Whould you like to comment?

  1. Wah ini memang drama korea action nih ya Mbak, sepertinya bagus banget nih

    BalasHapus
  2. Keren banget nih Mbak kelihatannya drama korea yang satu ini. Jadi, pingin nonton

    BalasHapus
  3. Wah bisa ih masuk list nonton film di bulan ini hihi. Soalnya saya suka nih film action

    BalasHapus
  4. Drama korea vagabond ini memang menantang banget dan menarik untuk ditonton ya Mbak

    BalasHapus
  5. Suka banget nih kak sama para pemainnya hihi. Ganteng dan cantik :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman