Explore the blog
Jumat, 24 Juni 2022

Review Shooting Stars Korean Drama

Kamu punya idola? Pernah terpikir untuk jadi kekasih mereka? Yakin bakal tahan dengan semua tekanannya? 

Annyeong! Bicara idola, pasti setiap orang punya itu, termasuk saya. Hari ini nonton drama apa, ya aktor itu yang disukai. Besok nonton lain, tentu bakal ganti pujaan hati, hehehe. Enggak sampai kepikiran buat jadi pacar karena, hanya tak mudah bagi diriku untuk ikuti gaya hidupnya. Semua orang suka padanya, berat rasanya! Ini juga yang dialami oleh Oh Han-Byeol yang menyukai Gong Tae-Sung dalam Bintang Jatuh, Shooting Stars Korean Drama.

shooting stars korean drama

Sejak awal, hubungan Oh Han-Byeol dan Gong Tae-Sung tidak terlalu akur. Keduanya sering terlibat dalam pertengkaran entah kecil maupun besar. Han-Byeol merupakan ketua tim PR Starforce Entertainment dengan ketrampilan yang sangat baik. Sementara itu, Tae-Sung merupakan aktor papan atas di bawah naungan perusahaan tempat Han-Byeol bekerja.

Apakah mungkin pertengkaran-pertengkaran tersebut menimbulkan cinta di antara keduanya?

Drama: Shooting Stars / Sh**ting Stars
Revised romanization: Byeolddongbyeol
Hangul: 별똥별
Director: Lee Soo-Hyun
Writer: Choi Young-Woo
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: April 22 - June 11, 2022
Runtime: Friday & Saturday 22:40
Genre: Romantic-Comedy
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Lee Sung-Kyung - Oh Han-Byeol
Kim Young-Dae - Gong Tae-Sung
Yoon Jong-Hoon - Kang Yoo-Sung
Kim Yoon-Hye - Park Ho-Young
Sojin - Jo Ki-Bbeum
Lee Jung-Shin - Do Soo-Hyeok
Ha Do-Kwon - Choi Ji-Hoon
Jin Ho-Eun - Byeon Jung-Yeol
Jung Ji-Ahn - Kim Mi-Nyeo
Yun Sang-Jeong - Chae Eun-Soo
Kwon Han-Sol - Hong Bo-In
Jang Hee-Ryung - Baek Da-Hye
Lee Seung-Hyub - Kang Si-Duk
Shin Hyun-Seung - Yoon Jae-Hyun
Kim Dae-Gon - Han Dae-Soo
Lee Si-Woo - Jin Yoo-Na
Choi Ji-Woo - Eun Si-Woo
Kim Jung-Ho - Yang Young-Ki
Heo Soon-Mi - Reporter Jung
Do Ye-Chan - Reporter Kim
Hur Gyu - Yoo Kwi-Nong
Lim Sung-Kyun - Lee Yoon-Woo
Mun Ga-Young - Yeo Ha-Jin
Kim Dong-Wook - Lee Jung-Hoon
Jin Ki-Joo - Kim Jin-Kyung
Oh Eui-Sik - Cha Min-Ho
Lee Sang-Yeob - Do Ji-Hyuk

Review Sh**ting Stars KDrama


review sh**ting stars kdrama

Memutuskan untuk nonton Sh**ting Stars K-Drama tak lain karena Lee Sung-Kyung setelah drama About Time. Jika orang-orang memutuskan nonton drama Tomorrow, My Liberation Notes atau Our Blues saat weekend, maka saya memilih komedi romantis berjudul Bintang Jatuh ini. Anaknya lagi malas mikir berat, hehehe.

Well karena sudah yakin, seperti biasa saya tak perlu membaca Sinopsis dan Review Shooting Stars. Gas nonton on going saja selama dua bulan. Drama ini tayang di hari Jumat dan Sabtu, mulai 22 April sampai 11 Juni 2022 pukul 22:40 KST atau pukul 20.40 WIB.

Hal yang paling tidak berguna di dunia ini adalah mengkhawatirkan artis

 


Sh**ting Stars Drama kata saya itu merupakan Kisah Berbagai Macam Orang Yang Mengurus Kekacauan Para Bintang. Jadi review Shooting Stars kali ini akan sedikit berbeda dari ulasan drama atau film pada umumnya. Saya buat berdasarkan tugas para tokohnya yang antara lain:

  • Manager


Tahu kan apa itu Manajer Artis? Ya tentu saja mengurus aktor aktrisnya. Mereka bertugas mengurus jadwal, mengatur kontrak, dan lainnya. Manajer di drama ini ada timnya juga, tidak bekerja sendiri.

Seorang Manager tidak ujug-ujug dapat aktor atau aktris. Mereka melakukan pencarian Bintang baik dari sekolah seni atau dari berbagai tempat dan bermacam profesi. Contohnya Baek Da-Hye yang awalnya hanya fangirl Tae-Sung dan ditemukan bakatnya oleh Kang Yoo-Sung. Lalu Kang Si-Duk yang adalah pengelola kedai sampai akhirnya dijadikan artis oleh Park Ho-Young. 

Saat sudah debut, kadang ada artis yang tidak patuh dengan Manajernya. Contoh Jin Yoo-Na yang adalah anak orang kaya. Namun yang pasti mereka Manager melakukan banyak cara agar aktor aktrisnya mendapatkan peran dalam drama atau film.

  • Public Relations (PR) atau Humas


Public Relations secara umum punya tugas untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan dan tentunya menjaga citra publik yang baik. Dalam drama Shooting Stars, Oh Han-Byeol adalah kepala Tim Humas. Membuat Press Release, konten sosial media, komunikasi antara manajer, artis dan reporter, mempromosikan artis, mengatasi masalah dan lain-lain adalah job desk mereka.


Dalam kondisi apa pun, Humas akan mengutamakan artis mereka meskipun sedang kencan buta. Ponsel harus on. Memang seperti tugas yang tak berguna, tapi kata Han-Byeol itu menyenangkan. Mereka para Bintang akan mengucapkan banyak terima kasih dan itu membuatnya bahagia.

  • Penasihat Hukum


Di sini Starforce Entertainment sebagai agensi yang cukup besar maka mempekerjakan seorang Penasihat Hukum yaitu Do Soo-Hyeok. Apa tugasnya? Ya jelas ngecek masalah hukum artisnya. Misalnya aktor terkena skandal. Di dalam kontrak pasti ada pinalti dan lainnya. Jadi dilihat tuh apa kena pasal atau tidak. Kalau ada berita yang keliru, bisa juga dibawa ke jalur hukum. Karena gosip dan skandal bisa muncul kapan saja, maka Humas dan Penasihat Hukum selalu berkonsultasi.

  • Reporter Hiburan


Reporter bertugas untuk meliput, menulis naskah, atau kadang merangkap jadi penyiar berita. Di sini ada Jo Ki-Bbeum dari On Star Daily yang selalu dituntut atasannya untuk membuat berita eksklusif. Jadi ingat Woo Ri dalam Nothing Serious.

Reporter yang betulan Reporter itu sibuk dan tidak kenal waktu dalam membuat berita bahkan ketika mereka sakit atau bertemu mantan pacar. Reporter dan Artis harus menjaga hubungan baik agar berita yang ditulis juga baik. Semacam simbiosis mutualisme gitu. Tak menutup kemungkinan Reporter akan terkena gugatan hukum saat salah menulis berita. Makanya harus mematuhi aturan dasar menulis artikel yaitu memeriksa fakta.

  • Artis

별똥별

Saya sudah menulis orang-orang yang bekerja untuk seorang bintang dan cara mereka membuat orang itu bersinar, maka sekarang saatnya Artis sebagai Bintang Utama. Aktor aktris adalah orang-orang bermain peran yang tampil di depan layar. Untuk menjadi artis, ada yang memang sudah bercita-cita, ada yang baru menemukan passionnya setelah bersama Manajer.

Contohnya Tae-Sung yang ingin jadi aktor terkenal demi membalas Ibunya yang artis. Lalu Kang Si-Duk yang jadi artis demi menghasilkan uang banyak. Ada juga Jin Yoo-Na dari DS, anak orang kaya yang gabut.

Aktor Aktris di Shooting Stars Korean Drama ini seperti realnya artis di mana mereka juga harus melakukan training, latihan akting dan lain sebagainya. Pun dengan nama panggung. Artis dan Manajer mencari nama yang cocok dan tak segan bertemu dengan Dukun. Artis juga bisa sangat terlarut dengan peran yang mereka mainkan.

Nah itu dia orang-orang yang mengurus kekacauan Para Bintang. Dari semua skandal, gosip paling mengesalkan adalah soal Dating. Semua orang akan susah mulai dari Manajer, Humas, bahkan Reporter. Kadang, berita juga berlebihan dan palsu. Orang tidak tertarik dengan kebenaran karena bergosip itu menyenangkan, untuk menghibur diri. Lalu apakah menjadi Bintang itu pekerjaan impian?

Artis Juga Manusia. Mereka Jatuh Cinta dan Menikah

 

nonton shooting stars sub indo

Saya tidak tahu apakah jadi artis itu menyenangkan atau tidak. Namun jika dilihat dari drama Sh**ting Stars, mereka sama saja seperti kita, manusia biasa. Artis saat berada di depan kamera atau tidak, bisa sangat berbeda. Mungkin ada yang menyebut bermuka dua. Tingkat Keparahan Stres mereka juga tinggi. Banyak hal yang harus dijaga baik badan juga mental. Makanya sebisa mungkin jauh dari skandal. Ya kecuali di negara kita ini di mana banyak kasus malah makin terkenal. Enggak habis thinking.

Tidak semua orang akan suka dengan artis bahkan jadi haters. Ya mau bagaimana karena kita juga tidak bisa memaksa orang lain untuk mencintai kita. Tae-Sung yang Bintang Besar saja kena ancaman Pembenci gara-gara agensinya menolak hadiah dari fans. Seram sih ini karena mereka sampai bisa masuk ke rumah bahkan jadi orang terdekat.

Shooting Stars, Cinta Bersemi dan Segala Kekacauan di Agensi Hiburan


shooting stars drama komedi romantis

Karena Shooting Stars KDrama ini bergenre komedi romantis, tentu wajib ada kisah cinta di dalamnya. Di drama Bintang Jatuh ini ada 5 pasangan. Saya tidak akan menulis semua dan memilih 3 yang jadi favorit. Penasaran siapa saja mereka? Ini dia:

  • Oh Han-Byeol dan Gong Tae-Sung


Mereka adalah pasangan utama di drama Shooting Stars ini. Han-Byeol dan Tae-Sung pertama kali bertemu saat mereka nonton film di bioskop. Setelah itu, mereka jadi teman satu kampus di Universitas Haesung hingga bekerja di agensi hiburan yang sama yaitu Starforce Entertainment. Dari awal saya bilang bahwa mereka ini kurang akur seperti Tom and Jerry. Meski begitu, Han-Byeol adalah orang yang paling mengerti dan selalu ada untuk Tae-Sung.

Awalnya tak sadar bahwa mereka saling suka sampai ada skandal dating antara Tae-Sung dan Yeo Ha-Jin di mana Han-Byeol yang meresmikan berita tersebut. Jadilah Han-Byeol menjaga jarak karena patah hati sama Tae-Sung. Saat mulai sadar, baru deh si Gong ngejar Han-Byeol yang saat itu didekati sama Do Soo-Hyeok.


Setelah drama ini itu, waktu jadian mereka lucu banget. Han-Byeol ditembak, tapi responnya ketakutan. Meski bahagia memiliki kekasih seorang Bintang, tetap saja mereka tidak mudah untuk berkencan atau pamer ke mana-mana.

Memiliki pacar Bintang Papan Atas tidaklah mudah. Kamu bahkan tidak bisa bepergian dengannya

 


Selain adegan soal menunggu tali sepatu sebelum nembak, hal lain yang saya juga suka saat Han-Byeol dan Tae-Sung bersama adalah ketika haters memengaruhi pikiran Han-Byeol. Alih-alih nyalahin orang lain, Tae-Sung malah nunjukin bahwa dia benar-benar menyukai Han-Byeol dan gadis itu tak perlu meragukannya. Btw, Han Byeol itu artinya Big Star sementara Tae Sung berarti pencapaian dan kesuksesan besar. Kim Young-Dae di sini lebih bersinar daripada saat bermain di Extraordinary You. Yaiyalah, pemeran utama. 

  • Jin Yoo-Na dan Yoon Jae-Hyun

byeolddongbyeol

Pasangan favorit kedua jatuh pada Jin Yoo-Na dan Yoon Jae-Hyun. Mereka bertemu saat audisi sampai menjadi couple di drama The World of Stars. Pasangan muda ini berawal dari benci jadi cinta. Lucu dan gemesin asli. Mulai dari dating diam-diam, putus, jadian lagi, dan boom! Ngasih pengumuman buat nikah gara-gara efek Ramyeon meokgo gallae. 

Kedua Manager pusing dong. Orang tadinya pada berantem, jambak-jambakan, eh malah ngasih berita kaya gitu. Yang paling saya suka, foto prewedding mereka cakep dan niat banget. Ala-ala prewed Park Shin-hye Choi Tae-joon dan Hyun Bin Son Ye Jin. Btw, sebelum di Sh**ting Stars pemeran Jin Yoo-Na dan Yoon Jae-Hyun pernah bertemu di webdrama Be My Boyfriend. Di sana, mereka jadi pasangan juga.

  • Jo Ki-Bbeum dan Do Soo-Hyeok


Pasangan ketiga menurut saya adalah surprise couple dari Jo Ki-Bbeum dan Do Soo-Hyeok. Jujur saya tidak menyangka akan di-plot ke sana atau mungkin saya yang kurang memerhatikan detail posternya. Mereka bertemu saat Do Soo-Hyeok terkena skandal kasus berpacaran dengan Tae-Sung. Padahal yang terjadi, mereka sedang memperebutkan Han-Byeol. Jo Ki-Bbeum jadi Reporter yang membereskan masalah tersebut.

Mereka bertemu lagi dan lagi termasuk saat Ki-Bbeum salah menulis berita dan dikasih gugatan hukum yang ternyata adalah Do Ji-Hyuk, Kakak Do Soo-Hyeok. Mereka mulai dekat, ngobrol, minum bareng dan ya jadian. Menurut saya, mereka adalah Pasangan Dewasa. Alhamdulillah Lee Jung-Shin enggak sad boy kaya di My Sassy Girl Joseon.

Shooting Stars, Bintang Jatuh


shooting stars bintang jatuh

Ngomongin tugas yang membuat Bintang bersinar sudah. Kisah cinta mereka juga sudah. Apa lagi? Ya seperti judulnya, drama Shooting Stars Bintang Jatuh ini bertabur dengan Bintang sebagai cameo. Kebanyakan mereka jadi artis, tapi ada beberapa yang berperan lain.

cameo drama shooting stars

Choi Ji-Woo sebagai Eun Si-Woo atau Ibunya Tae-Sung. Harusnya ini tidak jadi deretan kameo karena perannya cukup banyak bahkan terlibat skandal juga. Saya sih cukup tertarik dengan Mun Ga-Young dan Kim Dong-Wook. Mereka memerankan pasangan anchornim dan Yeo Ha Jin dari Find Me in Your Memory.


Ada juga karakter Cha Min-Ho sebagai reporter mantan Ki-Bbeum. Oh Eui-Sik lucu juga seperti biasa. Lalu Jin Ki-Joo dan Lee Sang-Yeob juga hadir waktu kasus Ki-Bbeum salah tulis. Mereka ini cukup menarik perhatian saya apalagi karakternya bukan artis.

Sudah selesai nih cerita Drama Shooting Stars? Oh tentu saja belum!

 


Selain soal kisah cinta, yang bikin menarik dari Drama Sh**ting Stars adalah hubungan persahabatan mereka. Yang perempuan ada Oh Han-Byeol, Park Ho-Young dan Jo Ki-Bbeum. Pekerjaan mereka berbeda, tapi suka nyambung dan kompak gitu.


Lalu bromance-nya saya pilih Gong Tae-Sung dan Do Soo-Hyeok yang awalnya memperebutkan Han-Byeol dan malah jadi Tetangga yang akur. Satu lagi, Gong Tae-Sung dan Manager-nya Byeon Jung-Yeol ini juga lucu dan gemas. Ngakak banget saat Jung-Yeol jemur celana dalam Tae-Sung.


Lalu bagian karyawan yang heboh adalah anggota Tim Humas. Bawahan Han-Byeol dan Manajer Gong Tae-Sung asli moodbooster dengan tingkah kocak mereka. Oh iya, ada satu lagi karakter yang awalnya saya pikir akan membencinya. Dia itu Baek Da-Hye, aktris dan juga fangirl Tae-Sung.

pemeran sh**ting stars

Saya kira bakal nyaingin keberadaan Han-Byeol, tapi ternyata tidak. Maklumlah, di drama seperti Devilish JoyTouch Your HeartThe Beauty Inside dengan tokoh artis, akan ada peran yang nyebelin dan jahat. Peran Da-Hye cukup menyenangkan dan dia hanya penggemar perempuan yang excited dengan idolanya. Miriplah kaya Sung Deok-Mi Her Private Life yang ngefans Shi-An.

Shooting Stars memang penggambaran cerita tentang agensi hiburan di Korea. Jika sebelumnya saya cerita soal keribetan, hahahihi kisah percintaan, maka ada bagian yang tidak boleh kita lupa. Ada sisi gelap Gelap Dunia Entertainment yaitu depresi dan bunuh diri.


Di sini dikisahkan Lee Yoon-Woo, aktor yang jadi sahabat Oh Han-Byeol dan Gong Tae-Sung. Kematian Yoon-Woo menjadi duka yang sangat besar untuk semua orang. Bukan hanya sahabat, tapi Manajer, Humas, bahkan Reporter juga merasa bersalah. Mereka banyak mengandai jika hal itu tidak terjadi atau bagaimana jika mereka lebih sadar atas perubahan sikap Yoon-Woo dan menolongnya. Di bagian ini jujur saya ikut menangis. Saya jadi teringat Sulli yang kabar meninggalnya terjadi setelah dia jadi cameo di Hotel Del Luna.

Dalam hidup ini, segalanya tak pernah berjalan sesuai rencana. Tak ada jawaban yang benar. Kamu bisa saja berpikir sudah memiliki segalanya, tapi semua mungkin hancur dan berakhir sia-sia. Kamu bisa menyerah dan membiarkan semua berjalan apa adanya. Namun mungkin saja dunia baru akan terbuka di depannya secara tidak terduga

 


Waw, sudah panjang banget ternyata saya ngomongin drama ini. Buat Kalian yang mau nonton Shooting Stars Sub Indo, legalnya ada di TVING, Viki, WeTV, Vidio, VIU, dan iQIYI. Kalian tinggal pilih di mana nonton drama komedi romantis ini.

Untuk Kalian yang kurang suka drama dengan cerita ribet, cocok banget nonton Shooting Stars. Aktor aktris bermain dengan sangat baik dan sinematografi juga lumayan oke. Di sini tidak ada peran yang benar-benar jahat. Dan satu yang pasti, kita bisa melihat gambaran dunia hiburan di Korea Selatan. Ternyata membuat orang lain bersinar itu tidak pernah mudah. Sudah paling betul kita menikmati dan menghargai karya mereka saja.

review shooting stars drama
Pemeran Extra, tapi saya suka adegannya

Kurang lebih itu dia Review Shooting Stars Korean Drama dari saya. Ada yang sudah nonton? Jika iya, coba share pendapat Kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema

Would you like to comment?

Siti Faridah mengatakan...

Aku udah nonton Shooting Stars dari episode awal sampai akhir. Suka dong karena hepi ending. Awalnya aku nonton Shooting Stars karena Lee Sung-Kyung jadi tokoh utama.

Mugniar mengatakan...

Seru ya .. jadi tahu problematika belakang layar para aktor dan aktris. Kira2 di Indonesia macam ini juga yaa.

Dee_Arif mengatakan...

Wah ini drama romcom favorit aku
Suka banget sama semua couple di drama ini
Selain main copule, aku suka sama pak pengcara dan mbak reporter

HM Zwan mengatakan...

Jujur, aku belum nonton. Udah nonton episode 1 cuma nggak lanjut, entah karena aku lupa. Jadi seringnya lihat spoilernya di ig gitu mbak xixixi.

Dian farida ismyama mengatakan...

Wah ada banyak pasangan ya di sini. Pacaran sama artis memang susah2 gampang ya ternyata. Ada kalanya haters jadi bikin bimbang. Kayaknya bagus nih critanya. Mau nonton ah

Rina s mengatakan...

Punya idola public figure dan ngayal jadi pacarnya, pernah donk waktu remaja enak aja ngebayanginnya hahaha . Kebayang sih tekananya kayak gimana dapetin suami orng biasa aja adalah tekanan/perdebatan/perbedaan dr saudara/keluarganya apalagi orng terkenal

Husnul Khotimah mengatakan...

Kubelum nontoonnn... Dari genrenya kusukaaa sekalii... Meski aku tim drama mumet, cuma drama komedi jauh lebih kusukai, apalagi ada termehek meheknya haha... Fix, nonton ini nanti..

Ria Rochma mengatakan...

Nonton Shooting Star tuh, kaya.. mikir gitu lho, aduh, jangan2 idolku kaya gini? Jangan2 aktor kesayanganku udah punya pacar? Dan jangan-jangan yang lainnya.

Eri Udiyawati mengatakan...

Merasa gimana tapi ya gitu.
Pekerjaan yang paling gak berguna ya memikirkan artis. Tapi mau gimana lagi, itu pekerjaannya.

Utie Adnu mengatakan...

Sama Juga aku Suka aktingnya Lee Sung-Kyung pas Ada di drama About Time. ..

Jadi mau Juga nonton shooting Stars seru Juga y ceritanya sebenarnya ringan tapi alurnya oke

lendyagassi mengatakan...

AKu agak gimanaaa sama pasangan Jo Ki-Bbeum dan Pak Pengacara.
Ini seperti dipaksakan sih, daripada hidup dalam kesepian.
Kan ceritanya Pak Pengacara gak gampang deket sama orang, gak gampang percaya juga. Kenapa baru ketemu beberapa kali ((memang kebetulan terjadi simbiosis mutualisme)), tapi langsung makan bareng, dll.

Huhuu...aku gak setuju soalnya Jo Ki-Bbeum kliatan jauh lebih mature dari Uri Lee Jung-Shin oppa.
((oppa kesahayang akuuh))

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Berat memang dunia artis yaa... kita yang nonton cuma lihat keglamorannya aja. Padahal apa yang mereka alami kita tak pernah tau.

Kebayang ya kalau punya pasangan artis hits... waaahh mau jalan2 aja pasti makan hati, dihadang sama fans melulu ga ada privasi.

Latifika Sumanti mengatakan...

Salah satu hal gak penting di dunia adalah mengkhawatirkan artis?

Mau ketawa tapi takut rossa 🤭 Ini anak K-POP hardcore kena mental kayaknya.

Tapi aku baca rate nya kurang bagus ya Mba? Seperti kurang chemistry lead actornya. Padahal pelajaran moralnya dapet banget

Zilqiah Angraini mengatakan...

keren ini profesi2nya, aku juga pernah nonton drakor yang ngurusin skandal2 para bintang gitu, kerjanya berat dan setengah mati banget tapi bener2 setia sama aktor yang dia pegang . atas nama profesi ya

Afifah Haq mengatakan...

Baru tau kalau agensi hiburan di Korea itu banyak juga personilnya dgn jobdesk yang berbeda. Hmm penasaran nih sama kelanjutan kisah cintanya sang artis. Seru banget kayaknya ya drama ini, cus nonton ah.

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!