Explore the blog
Sabtu, 14 Maret 2020

Punya Kulit Sawo Matang, So What?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Menurut kalian, cantik itu apa? Apakah harus berkulit putih? Bagaimana kalau punya kulit sawo matang? 

Sebagai gadis berkulit coklat lebih ke sawo matang, jujur saya pernah ada perasaan minder. Duh, kenapa teman-teman bisa putih ya? Sampai ada tuh teman cowok yang kulitnya putih, wajahnya bersih banget sementara saya pakai produk kecantikan apa pun, tetap saja berkulit coklat.



Kemarin bahkan ada yang ngomongin badan yang sudah putih, eh masih mau diputihin lagi. Padahal kulitnya sudah terlihat tipis. Saya lihatnya sampai gimana gitu. Dia bilang ke Dokter A atau pakai produk B bisa memutihkan. Sekarang mah saya jauh lebih santai. Punya Kulit Sawo Matang, So What? 

Enggak ada yang salah saat kita punya kulit gelap khas orang Asia. Saya juga tidak masalah kalau ada yang ke dokter buat perawatan. Namanya juga menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau melakukan hal-hal ekstrem sampai menyakiti kulit atau tubuh, saya akan menolaknya. Saya bahagia dengan hidup dan tubuh saya. 

Kamu tahu tidak? Ternyata punya kulit sawo matang itu banyak banget kelebihannya. Apa hayo?



  1. Risiko kanker kulit lebih kecil karena punya banyak pigmen melanin yang menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya untuk DNA. Jadi selnya aman deh dari risiko kanker 
  2. Lebih awet muda karena melanin bisa jaga kulit dari kerusakan jangka panjang kaya bintik hitam atau tekstur kulit kasar. Duh jadi ingat diri sendiri yang selalu dikatain anak SMA, wahahaha 
  3. Bisa menangkal radikal bebas sebab melanin yang ada pada lapisan epidermis kulit bisa bantu lemak mempertahankan kelembapan kulit 
  4. Reproduksi kita jauh lebih baik lho. Hal ini dikarenakan melanin yang ada itu menyaring sinar ultraviolet buat mencegah kerusakan pada DNA. Jadinya, perempuan berkulit gelap punya tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat atau tidak sempurna. Tapi tetap, nutrisi dan lainnya selama kehamilan kudu terpenuhi 
  5. Punya kulit gelap itu menjadikan Otak, saraf, dan alat indera berfungsi lebih baik. Melanin yang ada pada lapisan epidermis kulit dibutuhkan oleh tubuh buat bertahan hidup. Kalau jumlahnya banyak, maka organ-organ yang ada pada tubuh kita akan berfungsi lebih baik. Terus, sinar UV yang terserap juga diolah lagi jadi energi 
  6. Terakhir nih, orang berkulit gelap tuh disukai orang asing. Enggak percaya? Tadinya sih saya juga seperti itu. Tapi karena dulu pernah bekerja di showroom furniture di mana tamu-tamunya Bule dan mereka banyak yang punya pasangan berkulit gelap, saya pun percaya. Bahkan pernah tuh ada tamu dari Italia yang sampai minta foto sama saya yang berkulit sawo matang dan mungil ini. Terlihat eksotis mungkin. Katanya sih kaya boneka, hahaha. Boneka Chucky #Eh. 

Nah, banyak banget kan kelebihannya? Jadi tak perlu khawatir kalau punya kulit gelap. Kita ini tetap bisa cantik dan menawan kok. Kalau pakai make up, jangan lupa pilih foundation untuk kulit sawo matang biar jatuhnya enggak belang. 

Mari lebih bersyukur dengan apa yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Mari kita mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain 

Kalian sendiri punya kulit gelap juga? Pernah punya pengalaman seru seputar kulit sawo matangmu? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?