Selasa, 02 Oktober 2018

# Asian Games 2018 # Olahraga

Serba Serbi Asian Games 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sudah sebulan ini Asian Games 2018, Energy of Asia usai. Ada yang kangen dengan gegap gempitanya?


Indonesia terpilih kembali setelah Hanoi Vietnam mengundurkan diri sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018. Pertama kali jadi tuan rumah itu tahun 1962. Nunggu 56 tahun lho dan akhirnya terwujud dengan diadakan di dua kota, Jakarta dan Palembang.



Sebelumnya, Obor Asian Games telah diarak ke berbagai kota mengelilingi Indonesia baik udara, darat maupun laut. Semua orang bersuka cita termasuk para maskot Asian Games 2018 Bhin-Bhin (cenderawasih), Atung (rusa Bawean), dan Kaka (badak bercula satu).



Dimulai dengan Opening Ceremony pada tanggal 18 Agustus 2018 yang menurut saya luar biasa. Bagaimana tata panggung yang begitu menarik mata dan perhatian dunia. Pengenalan budaya Indonesia dari berbagai daerah. Tarian lebih dari 1000 orang modifikasi Ratoh Jaroe. Dan yang paling jadi sorotan hingga banyak meme bertebaran adalah aksi hiburan dari Pak Presiden dengan motornya. Siapa pun tak akan melupakan ini.

Ada 45 negara dan 11.720 atlet yang berpartisipasi. Lalu 465 nomor pertandingan dalam 40 cabang olahraga dimulai tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018.


Olahraga Menyatukan Kita Semua


Memasuki perlobaan dan pertandingan, atlet Indonesia telah memberikan yang terbaik. Jujur saya bukan pecinta olahraga. Tapi berkat adanya Asian Games 2018, dunia terasa adem. Tak ada kelompok A atau B. Yang ada mereka bicara olahraga.


Keluarga saya pun demikian. Kami yang jarang kumpul jadi duduk manis melihat banyak pertandingan. Kami bersorak jika ada kontingen yang berhasil maju final. Kami turut sedih tapi berbangga walau atlet tak dapat juara. Dan sampai semua berakhir, Indonesia ada diurutan nomor 4 dengan jumlah 98 dari 31 Medali Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu.



Ada banyak moment yang tak terlupakan. Seperti saat Anthony Sinisuka Ginting yang akhirnya kalah karena cidera. Dia berjuang sampai akhir. Lalu ada atlet panjat tebing tercepat yang bikin kita tak bernapas dalam beberapa detik. Ada juga atlet termuda Bunga Nyimas dan tertua Indonesia Bapak Bambang Hartono yang merupakan pemilik Djarum dan BCA. Dan momen paling epik saat atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusumah yang memeluk Pak Joko Widodo dan Pak Prabowo secara bersamaan. Asli saya sangat merinding dibuatnya. Siapa pun kita, apa pun agama kita, jika bicara olahraga tak ada yang beda. Siapa kita? Indonesia!


Sebulan lalu, 2 September Closing Ceremony Asian Games 2018 berlangsung cukup meriah. Tak lupa doa untuk saudara kita di Lombok dan Bali sana. Ini pesta kita bersama. Kita bangga dan semoga prestasi kita terus bertambah.


Acara sesukses ini tertunya banyak orang yang sudah bekerja keras di dalamnya. Para petugas, relawan, semua pihak telah memberikan yang terbaik. Terima kasih semua!

Tentunya dari Indonesia telah mengusahakan banyak hal dari wisma atlet sampai arena berlangsungnya pertandingan dan perlombaan juga infrastrukturnya juga. Keamanan pasti adanya termasuk pemilihan air tumble track. Bagaimana pun semua hal harus disesuaikan menurut standar.


Penting bagi pelaksana untuk memilih best airtrack brand. Untuk olahraga seperti lompat galah, pencak silat, karate, wushu, dan taekwondo memerlukan matras yang bagus untuk menghindari cidera dan demi kenyamanan selama pertandingan.


Serba Serbi Asian Games 2018 telah berlalu. Kini saatnya kita dukung para atlet lain di Asian Para Games 2018, The Inspiring Spirit and Energy of Asia yang akan dimulai tanggal 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018 dengan Jakarta sebagai tuan rumah. Kalau bukan kita yang dukung, siapa lagi coba?

Kalian waktu perhelatan Asian Games 2018, apa sih yang paling tak terlupakan? Share cerita kalian ya!

Perak Rasa Emas, Estafet 4x100 Meter Putra

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar:
https://asiangames2018.id/

39 komentar:

  1. Turut bangga menyaksikan atlet2 Indonesia yang bertanding di Asian Games. Asian Games sudah usai, lancar dan sukses.
    Semoga Asian Para Games 2018 juga sama suksesnya.

    BalasHapus
  2. Sampai detik ini saya tidak bisa lupa, bagaimana serunya pelaksanaan Asian Games di Indonesia, dari pembukaanya, pawai obor dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  3. Asian Games the best moment bagi Indonesia utk tahun 2018 ini.
    Gimana nggak, kalau semua bisa bersatu karena event akbar ini :)

    BalasHapus
  4. Kalau matras gini bisa dipakai untuk olahraga di rumah nggak ya? Semacam yoga gitu

    BalasHapus
  5. sayapun seneng sekali mengikuti ajang Asian Games ini, Jiah. Semamgat para atlet, offial dan para supporternya nular. Soal keamanan pasti sudah dibuat yang nyaman sekali dan aman ya,

    BalasHapus
  6. Asian games pemersatu kita semua, di keluargaku juga biasa rebutan acara tv, pas asian games cuma ini aja, dan ngikutin indinesia emasnya udah berapa

    BalasHapus
  7. Mantap Jiaa...
    Ku mendukungmu.

    Eh, mendukung perhelatan Indonesia selanjutnya yaitu Asian Para Games.
    Semoga sukses kembali diraih.

    BalasHapus
  8. Keren Indonesia dalam satu tahun jad tuan rumah ASian games & Sian Para Games. Ikut bangga & mendukung

    BalasHapus
  9. Seneng banget pokoknya lihat dan baca berita-berita baik tentang Asian Games 2018. Semoga Asian Para Games 2018 juga sukses kembali ��

    BalasHapus
  10. Selalu terharu dgn orang2 yg berprestasi. Btw, makasih banyak infonya ya jadi lebih tau seputar ASEAN para games

    BalasHapus
  11. wuah asian games emang seru banget
    aku merasa sepi gak ada tontonan asean games
    ada yang seru lagi kak, yang sepak takraw. Suuuangar ituuu

    Hahaha, iya bener itu. Perak rasa emas. sempat heran, ini Zohri dkk apa gak salah dengar kah kalau dia dapat perak, bukan emas?
    ternyata itu memang target mereka. Target dari pelatihnya pokoknya dapat medali, soalnya lama banget gak dapat medali. dan ternyata mereka melebih target mereka sendiiriii
    keceeeeeeeh

    BalasHapus
  12. Waduh, diingetin sama Asian games lagi nih. Huhuhu... aku jadi inget Jojo. Wkwkwkwkw...
    Kapan ya Indonesia jadi tuan rumah lagi?

    BalasHapus
  13. ASIAN GAMES 2018 memberikan banyak kenangan untuk seluruh rakyat Indonesia. Semoga ini menjadi kenangan yang terus bisa dijadikan semangat untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang

    BalasHapus
  14. Yup, olahraga menyatukan semua, setuju. Jadi ingat kemarin sewaktu Asian Games berlangsung semuanya pada heboh karena bangga, keren deh Asian Games 2018

    BalasHapus
  15. Bener, Olahraga menyatukan kita. Nggak peduli suku, agama, atau ras, semua bersatu demi mendukung Indonesia tercinta. Jujur, kangen momen itu. Ini belum ada sebulan, timeline udah panas lagi kan?

    BalasHapus
  16. AG kemarin jadi momentum bwt kebangkitan cabor di indonesia ya aku terharu sama oerjuangan atletnya

    BalasHapus
  17. Asian Games terbaper buat Indonesia nih, sampai sekarang banyak belum move on, terlalu banyak cerita serunya yaa :)

    BalasHapus
  18. semenjak asian games banyak orang lebih aware sama dunia olahraga, persatuan lebih kokoh dan warga indonesia jadi lebih kompak

    BalasHapus
  19. Ya itu pas final pencak silat. Aku lihat langsung tuh hanifan mempersatukan Dua kandidat capres 2019.

    Dan Satu yg aku sadari pas final Malaysia vs vietnam.. itu pads Dukung Vietnam..

    Trus pas Vietnam vs indonesia.. Vietnam sering banget protes.. jadi nyesel tadi dukung vietnam

    BalasHapus
  20. Aaah ini event of the year, bahkan of the decade! Soalnya keren bangeeet.. pembukaan dan penutupannya juaraaaa

    BalasHapus
  21. Masih terasa sih momen momen Asian Games kemarin, apalagi sekarang kita mulai menyambut ajang Asian Para Games kan ya :)

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah aku bisa nonton pembukaan Asian Games 2018..bangga banget dan puas bisa nonton langsung.

    BalasHapus
  23. banggga banget asian games kemaren sukses banget dan keren bahkan dipuji banyak negara sampai jadi standar asian games selanjutnya

    BalasHapus
  24. Aku jadi kepo sama airtrack atau matras ya? Ternyata ada kelas kualitasnya juga ya

    BalasHapus
  25. Aku jadi kepo sama airtrack atau matras ya? Ternyata ada kelas kualitasnya juga ya

    BalasHapus
  26. Sedih loh pas clossing ceremony, kerasa sakitnya deh lagi sayang-sayangnya ehhh ditinggalin gitu aj.. dan jujur TV ku sering nyala pas ada asian games.

    BalasHapus
  27. Keren euy Indonesia berani mengajukan diri jadi tuan rumah. Saya juga salut sama para atlet yang berusaha terbaik. Good job Indonesia!

    BalasHapus
  28. Ngomongin ASEAN GAMES yang kuingat adalah helikopter Bu Puan yang mendarat di lapangan sono noh pas pengambilan Api Abadi di Mrapen. Dekat rumahku sih tapi aku pas nggak di rumah. Alhasil hanya bisa lihat di video yang direkam suami.

    BalasHapus
  29. Sama Mbaaa.... saya juga merinding pas lihat foto-foto saat atlet Pencak Silat Hanifan Yudani Kusumah yang memeluk Pak Joko Widodo dan Pak Prabowo secara bersamaan.... Nyeeessss.... adeeemmmm....

    BalasHapus
  30. Open ceremonialnya mbak, keren banget deh.

    BalasHapus
  31. Semoga Asian Games menjadi pemicu semangat para atlet muda

    BalasHapus
  32. Nggak ada habisnya bangga Asian Games 2018 ya mba,Indonesia berhasil membuktikan kapabilitasnya sebagai tuan rumah.

    BalasHapus
  33. Momen saat ribuan penari Saman unjuk kebolehan.
    Terharu dan bangga banget!
    Terbukti kreasi tradisional jika digarap profesional bisa jadi pertunjukan fenomenal!

    BalasHapus
  34. Momen acara pembukaannya yg ajib banget...suka dengan penari Ratoe Jaloe (bukan Saman ya..karen aklo Saman khusus penari laki2) yg memakai ribuan siswa tuk menari kerenn banget.

    BalasHapus
  35. Seneng ya ada ajang Asian Games kmrn, temlen agak ademan dikit :D
    Hal yang kuingat mungkin lbh ke kebanggaan bahwa Indonesia berhasil jd rumah tuan rumah yang baik :D

    BalasHapus
  36. Asian Games 2018 ini emang fenomenal ya banyak banget cerita yang membanggakan kita Indonesia sebagai tuan rumah

    BalasHapus
  37. Meski sudah berlalu Asian Games 2018 memang jadi momentum sejarah tersendiri. Alhamdullilah ikut merasakan eforianya

    BalasHapus
  38. Eh, bener juga ya Jiah kalau dipikir2, olah raga memang menyatukan kita semua. Jadi bener dong kata orang kalau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga. Asian Games 2018 kemarin merupakan perhelatan besar yang disajikan Indonesia dengan super sukses.

    BalasHapus
  39. Siapa kita? INDONESIA! Bangga banget ya mbak Jiiiiiaaaaahhh. Olahraga memang bisa jadi pemersatu. Semoga semangat ASIAN Games ngga pudar. :)

    BalasHapus