Explore the blog
Sabtu, 12 Februari 2022

Makanan Khas Korea Yang Sering Muncul Di Drama

Siapa sih yang kalau habis nonton drama Korea auto lapar? Hayo ngaku!

Annyeong! Sebagai Tukang Review Drama dan Film apalagi Korea, saat nonton saya tidak hanya memerhatikan pemerannya, tapi juga kebudayaan, makanan dan lainnya. Setiap kali selesai ngedrakor, entah mengapa saya selalu merasa lapar. Saya pun yakin Kalian begitu juga. Lalu apa yang saya lakukan?

makanan khas korea yang sering muncul di drama

Yang pasti sih enggak gelap mata dan langsung makan. Ya gimana wong biasanya nonton malam sampai jam 12 lebih. Jadi saya bawa tidur meski agak ngiler dan sedikit kepikiran, hehehe.

Nah, Ini Dia Makanan Khas Korea Yang Sering Muncul Di Drama


makanan khas korea di drama

  • Kimchi
Kata saya, Kimchi itu kaya acar. Biasanya terbuat dari Sawi Putih, Lobak, Mentimun, Daun Bawang dan lainnya yang memakai bumbu khusus lalu difermentasikan. Katanya sih makin lama akan makin lezat. Saat membuat biasanya dalam porsi besar dan bersama-sama. Lalu teringat Nam Se Hee Because this is My First Life yang pergi ke kampung halaman Ji Ho buat bikin itu.

Apakah saya penasaran bagaimana rasanya?

Tentu saja, tapi mungkin Kimchi yang versi segar bukan fermentasi. Kenapa? Soalnya bau banget, sumpah! Saya tidak bisa makan makanan yang terlalu bau. Dulu Bos saya yang orang Korea pernah bawa dan ditaruh di kulkas kantor. Duh, itu menyengat sekali!

  • Ramyeon
Meninggalkan Kimchi, kita bahas Ramyeon. Ini adalah mie instan khas Korea dengan berbagai rasa. Biasanya Ramyeon dimasak di panci dan langsung dinikmati di wadah tersebut. Mana panas-panas lagi.

Namun perlu diingat saat ada ajakan, Ramyeon meokgo gallae? Kudu waspada. Ini bukan hanya ajakan makan, tapi bisa lebih ke sisi romantis. Pikir sendiri ya!

  • Jjajangmyeon
Makanan khas Korea yang sering muncul di drama selanjutnya adalah Jjajangmyeon. Ini adalah mi saus pasta kacang kedelai hitam. Saat nonton video masakan Korea, biasanya ada bagian saat membuat saus ini. Bahannya pun mudah yaitu daging, bawang putih, bawang bombai, pasta kacang kedelai hitam, dan bumbu lain. Biasanya ditambahkan cornstarch, pati tepung jagung untuk mengentalkan.


  • Tteokbokki
Kalau ini pasti tidak asing juga kan? Tteokbokki itu jajan ringan, kue beras khas Korea dengan saus gochujang pedas manis. Bentuk Tteokbokki bulat batang yang memanjang. Bisa dicampur eomuk atau kue ikan dan sosis.

  • Korean Fried Chicken
Kalau saya, kita makan ayam itu buat lauk. Orang Korea mah buat camilan. Korean Fried Chicken-nya pun terkenal banget dan banyak jenisnya. Ada lho drama yang bahas bisnis ini di Feel Good to Die dan Best Chicken bahkan Polisi ikut menyamar buat jualan ayam di Extreme Job

  • Bibimbap
Setelah mie Ramyeon dan Jjajangmyeon, pasti pada mikir, ini orang Korea suka banget makan mie? Benar. Bukan hanya Korea, tapi Jepang dan China juga. Sebenarnya mereka juga makan nasi salah satunya adalah Bibimbap. Kata saya, ini adalah nasi campur yang terdiri dari nasi, sayuran, telur, daging dan gochujang. Semua diaduk dan dimakan. Saya kurang suka bubur aduk. Mungkin nanti pas berkesempatan makan Bibimbap, saya tidak akan mengaduknya, hehehe.


  • Gimbap
Selanjutnya ada Gimbap atau kimbap. Ini merupakan nasi gulung rumput laut yang diisi sayur, daging dan lainnya. Mirip Sushi-nya Jepang, tapi beda. Dari segi isian itu tidak sama. Lalu, Sushi dibumbui dengan cuka beras sementara Kimbap dengan minyak wijen. Di Once Again, ada nih yang jual Gimbap.

  • Mandu
Mandu adalah pangsit dengan adonan tepung berisi daging yang dibumbui. Bisa dimasak dengan cara digoreng, dikukus, atau dipanggang dalam oven. Sekarang isian Mandu sudah bermacam-macam. Tinggal diisi sesukanya saja.

  • Miyeokguk
Ini adalah Sup rumput laut dengan kuah dari kaldu tulang sapi. Biasanya dihidangkan saat ulang tahun dan untuk Ibu yang baru saja melahirkan agar cepat pulih dan memperbanyak ASI. Oh iya, rumput laut yang dipakai tidak seperti di Indonesia, tapi menggunakan Undaria pinnatifida atau Wakame.

Sebenarnya masih banyak Makanan Khas Korea Yang Sering Muncul Di Drama seperti Samgyeopsal (Daging Perut Babi), Bungeoppang (Roti Ikan Kacang Merah), Gyeran-mari (Telur Dadar Gulung), Japchae (Bihun Tumis), Maeun dakbal (Ceker Pedas) kesukaan Putri My Sassy Girl Joseon dan lainnya. Namun rasanya yang saya sebutkan saya sudah bikin ngiler. Apalagi ditambah nonton Let's Eat dan Dae Jang Geum is Watching. Auto ngeces!

Mencoba Topokki MamaSuka


topokki original sweet and spicy mamasuka

Meski saya ngiler banget sama makanan khas Korea, tapi entah mengapa saya mikir seribu kali untuk sengaja membelinya. Kalau dibayarin sih mau, hehehe. Di Jepara sendiri ada beberapa tempat salah satunya Ihwa BBQ Korean Resto. Kalau ke kota, saya sering lewat, tapi tidak mampir. Lihat harga menunya, nangis. Emang dasar ndeso!

Karena ke resto ternyata dompet saya tidak mampu, akhirnya saya pilih jalur makanan instan. Kebetulan saat belanja di Saudara Pasar Swalayan Jepara, saya lihat ada Topokki Original Sweet and Spicy dan Topokki Spicy Hot. Penasaran, saya pun membeli yang original karena rencananya akan dimakan sama Keponakan.

Topokki Original Sweet and Spicy beratnya 134g dengan harga kurang dari 20 ribu rupiah. Di dalamnya terdiri dari Tteok, saus dan wijen. Cara masaknya tinggal ikutin resep di balik kemasan dengan memanaskan air, masukkan saus, lalu kue beras, dan selesai dalam 5 menit. Dihidangkan serta ditaburi biji wijen. Ya segampang itu!

Lalu bagaimana rasa Topokki Original Sweet and Spicy ini?

Menurut saya, rasanya enak. Pedas manis juga. Karena produsennya dari Indonesia, kemungkinan soal rasa itu disesuaikan dengan lidah kita. Topokki ini juga halal. Jadi makannya santai saja. Dan ngomong-ngomong, kata Keponakan Cowok, rasanya kaya Cilok. Namanya juga kue beras. 11-12 pastinya sama makanan khas Indonesia ini.

Setelah nyobain sendiri Topokki Original Sweet and Spicy MamaSuka ini, minimal saya bisa membayangkan bagaimana rasa Tteokbokki asli Korea. Nanti jika saya berkesempatan makan di restoran Korea, atau malah main ke Negeri Gingseng untuk hadir di pernikahan Hyun Bin dan Son Ye Jin, saya kabari deh, wahahaha #Ngayal.

Itu dia Makanan Khas Korea Yang Sering Muncul Di Drama dan cerita saya yang nyobain Topokki MamaSuka. Bagaimana dengan Kalian? Ada yang ikut ngiler juga? Coba share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Anisa AE mengatakan...

Ehem yang suka nonton drakor sambil ngemil makanan khasnya, aku dong. Paling suka tteokbokki hemm mantep banget rasanya apalagi mudah didapatkannya.

KAAMIL mengatakan...

Kalau aku suka nyobain mi korea yg banyak dijual di swalayan

Dennise Sihombing mengatakan...

Dapet pengetahuan baru nih,pernah menikmati makanan khas Korea tetapi tidak tahu namanya. Oh yang ini namanya Mandu pangsit dengan adonan tepung berisi daging, aku suka ini.Enak banget

Dapur Ngebut mengatakan...

alhamdulillah udah nyoba semua kecuali yang terakhir. bahkan pernah masak sendiri di dapur :D
naa kalo topokki mamasuka akutu sukaa banget. rasanya paling enak dari semua topokki instan dan pinggir jalan yg udah dicobain. sayang isinya kurang banyak. biasanya tiap masak topokki mamasuka kutambahin lagi irisan chiluwa or bakso juga irisan daun bawang... mantapp!

Eviindrawanto.Com mengatakan...

Aku pertama kali mengenal Miyeokguk dalam Drama You're Beautiful yang dibintangi Jeng Geun Suk dan Park Shinye itu. Baru tahu kalau orang Korea ultah biasanya akan memakan Miyeokguk ini.

Nah yang paling aku suka kalau lihat orang makan di drakor adalah makan mie yang pakai tutup panci itu. Entah dari jenis mie yang mana. Ramyon atau Jjajangmyeon, kurang jelas. Pokoknya kalau mereka makan itu aku auto ngeces :)

Ade UFi mengatakan...

Ramyeon meokgo gallae? ... hahahaha... saya pun pas tau ini dr yutuber korea jadi ngikik.. ngajakin bobo yaa.. xixixi.. diperjelas deee org mba Jiah dah halus bahasanya "sisi romantis" wkwkwkwk... Dari semua makanan korea saya cuma cocok dumpling (mandu) sama kimbab. Yang lain bahkan kimchi asemnya aneh dilidah saya. Padahal saya suka makanan asem kek gitu.

gustiyeni mengatakan...

Sepakat produk makanan instan luar yang masuk ke Indonesia tapi berganti label InsyaAllah sudah pada Halal ya.
Secara rasa juga menyesuaikan lidah masyarakat Indonesia yang suka berasaa alias micinnya banyak 😀👌

LISDHA www.daily-wife.com mengatakan...

Kapan hari anakku pengen banget nyobain toppokki instan dan aku iyain. Tapi aku ga perhatikan merknya karena dia sendiri yg ambil dia juga yg masak (huft mamak macam apa ini wkwkwk).

Btw aku penasaran sama huruf Jj (dobel) itu. Kenapa mesti dobel? Apa pengucapannya jd beda?

Hihi..aku mmg belum banyak nonton drakor. Masih suka ga sabar karena berseri (ih padahal apalah jumlah episode drakor dibandingkan sinetron yak). So far masih prefer nonton film korea yg sekali habis gitu. Jd baca tulisan ini tetap aja terasa tambahan pengetahuan baru. TfS Jiah..

emak2blogger mengatakan...

Wah iya benar, Toppoki MamaSuka ini serasa makan cilok, lumayan banget buat camilan yang murah meriah :)
Saya juga nggak begitu suka kimchi karena aromanya.

Helenamantra mengatakan...

Aku ga nonton drakor tapi suka baca komik tentang Korea. Ngiler juga lihat banyak makanan khas sana. Pernah sekali coba tteokbokki tapiii kurang cocok. Heheh.

Dee_Arif mengatakan...

Iya, nonton Drakor suka bikin lapar
Apalagi KLO banyak scene makan makannya
Auto pengen ramen,ttoboki juga
Hehe

Dewi Rieka mengatakan...

Sempat lihat nih ttopokki instan di minimarket hanya belum beli hehe, di Ungaran sih sudah mulai banyak jajanan khas Korea dan harganya nggak terlalu mahal, penasaran dengan rasanya yang otentik, kudu ke Korea niiih...

lendyagassi mengatakan...

Aku suka gak yakin sama kemampuan dan "feel" memasakku.
Jadi meski Tteokbokki Mamasuka ini instan, apakah memasaknya semudah memasak mie instan?
Kapan-kapan ingin cobaa...

Nanik nara mengatakan...

hihi... walau tengah malam, aku mending makan mbak, 2 sendok aja cukup. Daripada kepikiran terus malah susah tidur.

Mamasuka kini punya produk baru ya, topokki, saya belum pernah cobain. Ntar deh aku bilangin anakku, dia tuh suka nonton drakor, kali aja tertarik juga buat nyicip menu ala Korea. Yang instan dulu gpp, ntar kalau dia udah pintar cari duit, baru deh makan di resto ala Korea.

Witri Prasetyo Aji mengatakan...

Wah, bisa nyobain tteokbokki mamasuka nih. Aku makanan Korea mentok di Ramyeon, rata2 makanan Korea itu pedas dan jujurly akutuh enggak kuat makan pedas.

Lidya Fitrian mengatakan...

Gara-gara drakor aku jadi suka juga makanan Korea, cocok di lidah aku kebanyakan rasanya apalagi yg pedas-pedas, kecuali Jjajangmyeon aku ga terlalu suka soalnya agak manis.List yg dibuat JIah semua suka kecuali 1 aja yg gak aku suka :)
Pascal doyan banget Kimchi, kalau aku sama Alvin suka teok. Aku kl udah cobain yg mama suka

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Hahaha bener loh aku juga mbatin kok korean fried chicken beneran kayak c amilan trus seorang bisa makan lebih dari dua potong. Padahal di kita satu aja udah kenceng

aurabiru mengatakan...

Walau nonton drakornya jarang, tapi soal makanan korea saya termasuk yang candu wkwkw. dari sekian yang ada di artikel cuma mandu yang belum nyobain deh.

Nia K. Haryanto mengatakan...

Dari yang ditulis di atas, yang belom aku coba cuma sup rumpout laut. Penasaran juga dengan rasanya. Btw, aku juga nyoba Topoki Mama Suka. Lumayan deh. Pas buat aku yang tinggal di kampoung, yang kalo kepengen tinggal masak. Heheheh.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak mengatakan...

Mupeng kalau liat dormnya BTS, lemari makanan berisi ramyeon berbagai varian. Huhuhu. Pengen ke sana cuma suka liat dapurnya hahaha

Wiwied Widya mengatakan...

Hahaa setuju banget di bagian tteokbokki tuh rasanya kayak cilok. Makanya aku lebih penasaran pengen icip Samgyeopsal ama jokbal sih. Kayaknya lebih mengugah seleraku...

Naqiyyah Syam mengatakan...

Kalau nonton drakor lihat makanan pemainnya jadi kepengen banget dan sekarang nemu ya di minimarket juga ada bisa bikin sendiri.

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Eh toppoki mamasuka tu aku suka bangeeettt :D
Apalagi yang sipcy, aku sampai nambah2 haha
Awalnya aku kira gak bakal cocok sama rasanya soalnya seringnya beli toppoki di seseresto makanan Korea gtu ternyata gak cocok, eh ternyata yang mamasuka ini beneran enak :D

Milda Ini mengatakan...

alhamdulillah makanan korea ini sudah banyak bisa kita temui di kafe di sekitar kita yah, meski gak mirip bnaget, hahaha. kalo pun mau mirip banget, harganya mahal , hahaha

Damar Aisyah mengatakan...

Kalau favorit saya tetep kimchi, udah kadung cocok sama lidah saya, apalagi kalau bikinan sendiri. Semua jenis kimchi saya doyan dan selalu lahap. One day kalau ke Korea saya harus cobain kimchi asli sana.
Btw, Topokki Mama Suka saya udah pernah nyobain dong. Makannya sama kimchi sawi putih. Enak banget kombinasi rasanya.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Menu drakor itu unik dan bikin ngiler ya aku pun jadi ikutan nyobaiun kimchi dll tapi lidah gak bisa bohong, enakkan makan rendang hehehe

nitalanaf mengatakan...

Wow saya suka banget topoki. Kalau ada yg instant gini malah makin asyik, karena gak selalu saya sempat ke restoran korea kan, untuk menikmati topoki yang enak :D

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Aku sih ga auto lapar
Tapiii auto pengen ke sana
Apartemennya mewakili banget sama seleraku
Makanannya paling sering aku suka yang Ramyeon dan Tteokbokki

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!