Explore the blog
Sabtu, 09 Oktober 2021

Review The Last Ride Korean Movie

Jika ada yang bertanya tentang apa yang ingin kau lakukan sebelum mati, apa jawabanmu?

Annyeong hasimnikka! Mohon maaf nih ya karena pertanyaan saya sedikit sulit. Jujur saya sendiri bingung mau menjawab apa karena belum kepikiran untuk mati. Mau hidup lebih baik saja sih dan tanpa utang. Well kali ini saya mau mengulas The Last Ride Movie, Perjalanan Terakhir.

the last ride movie korea

Ketika mengetahui bahwa Go-Hwan sedang sekarat dan hidupnya mungkin tidak akan lama lagi, Nam-Joon dan Gab-Duk berusaha mencari tahu apa keinginan terakhir sahabatnya itu. Ternyata, apa yang Go-Hwan inginkan bukalah sesuatu yang mudah diwujudkan. Apa sih keinginan itu dan alasan di baliknya?

Movie: The Last Ride / The Great Wish
Revised romanization: Widaehan Sowon
Hangul: 위대한 소원
Screenwriter & Director: Nam Dae Joong
Genres: Friendship, Comedy, Youth, Drama
Producer: Kim Yong-Sun
Cinematographer: Na Seung-Yong
Release Date: April 20, 2016
Runtime: 93 min.
Distributor: Next Entertainment World
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Ryu Deok-Hwan - Go-Hwan
Kim Dong-Young - Nam-Joon
Ahn Jae-Hong - Gab-Duk
Jeon No-Min - Go-Hwan's dad
Jeon Mi-Sun - Go-Hwan's mom
Lee Han-Wi - Gab-Duk's dad
Lee Byeong-Hun - good-for-nothing's senior
Han Kuk-Jin - homeroom teacher
Bae Jung-Hwa - goddess
Yoo Jung-Rae - reporter
Yoo Ji-Won - crown prince of basketball court
Lee Rang-Seo - female student at bus stop
Lee Hong-Nae - jogging man

Review Film Korea The Last Ride


the last ride korean movie

Tahu film Widaehan Sowon ini sebenarnya tidak sengaja. Waktu itu di grup FB ada yang mengunggah cuplikan Film China The Last Wish 2019. Setelah saya cari informasinya, ternyata ini remake dari The Last Ride 2016. Berhubung saya tahu pemainnya, jadi saya putuskan untuk nonton versi originalnya dulu.

The Last Ride Movie bercerita tentang 3 orang remaja laki-laki yang bersahabat sejak SD. Mereka menamai diri dengan sebutan The Three Musketeers. Mereka sama-sama konyol dan suka bermain basket. Ada Go-Hwan, Nam-Joon dan Gab-Duk.


Dua tahun terakhir, Go-Hwan yang terkenal paling pandai di antara mereka mengalami sakit parah sehingga harus dirawat di Rumah Sakit. Sebagai Teman yang baik, mereka berusaha untuk menghibur sahabatnya itu. Kenyataannya, hidup Go-Hwan tidak lama lagi.

Mulai dari Ayah, Ibu dan Teman-temannya bertanya tentang apa yang Go-Hwan ingin lakukan. Masalahnya, ternyata keinginan terakhir Go-Hwan itu tidak biasa. Lalu, apakah itu akan terwujud sebelum ia meninggal?

The Great Wish


the great wish

Bicara keinginan terakhir itu ngeri-ngeri sedap. Saya belum terpikir, tapi melihat beberapa berita misalnya napi yang mau dieksekusi mati, mereka bisa mewujudkan keinginan terakhir. Macam-macam, ada yang mau makan, ngaji, menikah, dan lainnya. Makanya jika di keluarga ada yang sakit keras, orang sekitar berusaha mewujudkan keinginan tersebut seperti film The Great Wish ini.

Go-Hwan sebenarnya tahu bahwa harapan hidupnya tidak ada. Ketika orang-orang sekitarnya bertanya tentang apa yang ingin ia lakukan, tidak semudah itu menjawabnya. Akhirnya mereka menebak-nebak sendiri apa yang jadi keinginan terakhir Go-Hwan.


Mulai dari Ayah Go-Hwan yang nonton video di mana ada bapak dan anak lari maraton. Termotivasi hal itu, Ayahnya langsung berusaha rajin olahraga dan betulan ikut lomba lari membawa serta putranya. Karena stamina kurang bagus, Ayahnya pingsan dan berakhir dengan Go-Hwan yang nyungsep ke selokan.


Jika Ayah Go-Hwan mengajaknya berlari, setelah berpikir panjang akhirnya Nam-Joon dan Gab-Duk mengajak sahabatnya itu untuk menikmati suasana laut. Lucunya, mereka ini menculik Go-Hwan dan naik motor bertiga. Udah kaya Cabe-cabean deh.

Di bayangan, mereka bisa bermain air dan lari-larian. Ternyata ekspektasi tidak sesuai realita. Laut penuh dengan sampah dan airnya dingin. Jadi ingat My Bubble Tea deh. Pokoknya bengek lah kelakuan mereka hingga diomeli Ibunya Go-Hwan.


Jika para laki-laki berpikir absurd, maka Ibunya Go-Hwan lebih realistis. Dia melihat sekeliling dan mengundang Pemain Basket Nasional untuk menyemangati Go-Hwan. Karena tahunya si Ibu, putranya itu suka basket.

Dari 3 hal yang sudah Go-Hwan lakukan, apakah itu benar-benar keinginan terakhirnya? Ternyata tidak. Dengan penuh emosi, Go-Hwan bercerita pada sahabatnya bahwa dia ingin melepaskan keperjakaannya sebelum mati. Apa tidak bikin heboh coba? Gilanya lagi, Nam-Joon dan Gab-Duk menyetujui permintaan itu. Akhirnya petualangan mencari seseorang yang mau 'melakukan itu' sama Go-Hwan pun dimulai.


Karena status mereka masih SMA, ketika bicara hal ini dengan teman-teman sekolahnya, Nam-Joon dan Gab-Duk kena pukul berkali-kali. Mereka bahkan menelepon banyak mucikari hingga melakukan hal tak senonoh eh malah ketahuan Ayah Go-Hwan. Lucunya, si Ayah ikut cariin perempuan. Makin bengek lagi, ketahuan Guru dan malah dibantu. Emang benar-benar permintaan absurd dan nyusahin banyak orang.

Lalu, adakah yang mau 'berhubungan' dengan Go-Hwan? Bagaimana pendapat Ibunya tentang hal ini? Ya cari tahu sendiri jawabannya dengan nonton The Great Wish Korean Movie.

Widaehan Sowon


widaehan sowon

Saat nonton The Last Ride, sebenarnya saya bertanya-tanya, apa sih penyebab dari penyakit Go-Hwan? Saya kira akan diberikan flashback yang berhubungan apalagi ada adegan Ice Bucket Challenge. Khawatir saya tuh gara-gara main sama Temannya. Nanti ada trauma kan nyesek. Namun ternyata tidak ada cerita seperti itu.

Tahun 2014 lalu sempat ramai adanya Ice Bucket Challenge. Ini adalah tantangan di mana seseorang harus mengguyur kepalanya dengan es atau air es sebanyak satu ember dan mengunggahnya di sosial media. Ternyata, ini jadi salah satu kampanye menyumbangkan uang untuk penelitian penyakit ALS atau dikenal sebagai Lou Gehrig's Disease. Nama ini diambil dari pemain basket New York yang berhenti dari profesinya setelah dinyatakan menderita penyakit tersebut.

Di The Last Ride Movie ini, diceritakan bahwa Go-Hwan mengalami Lou Gehrig's Disease. ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) merupakan penyakit kondisi langka, di mana sistem sel-sel saraf otak dan sumsum tulang belakang perlahan rusak karena sel neuron tidak bekerja dengan baik. Semakin lama, otot akan melemah dan daya pandang memburuk.

Kondisi awal Go-Hwan adalah lumpuh di kaki, lalu badan, mungkin juga jantung berhenti. Dia masih bisa berbicara dengan baik. Dalam waktu 2-5 tahun setelah didiagnosis, pasien bisa kehilangan kemampuan bernapas, dan mengarahkan pada kematian. Penyakit ini belum diketahui penyebab dan pengobatannya.


Dalam masa sakit itu karena tidak bisa menggerakkan badan, Go-Hwan merasa seperti anak kecil karena apa-apa dibantu. Belum lagi tatapan sedih dari Ibunya. Dia merasa malu saat mimpi basah sehingga pura-pura ngompol. Makanya dia mau jadi laki-laki sejati sebelum mati. Terserah dia mau apa.

Setelah Ice Bucket Challenge ini, penelitian menyebut bahwa 10% Lou Gehrig's Disease terjadi karena faktor keturunan, 90% masih misteri. Ilmuwan menduga penyebab penyakit ALS karena ketidakseimbangan kadar glutamat dalam tubuh dan penyakit autoimun.

Meski sudah menyumbang banyak, tetap sebaiknya kita tidak melakukan Ice Bucket Challenge karena ini cukup berbahaya. Bisa terjadi cidera ringan bahkan serius. Mau nyumbang ya langsung saja, tidak perlu aksi aneh-aneh.


Nonton The Last Ride sebenarnya saya agak tidak enak hati karena tertawa ketika tahu ada yang sekarat. Ya memang film ini genrenya komedi. Namun tetap ada dramanya juga apalagi persahabatan tiga anak ini. Orang tua Go-Hwan juga ada lucu-lucunya.

Sebenarnya kita diajak untuk meresapi Perjalanan Terakhir dengan kondisi yang membahagiakan. Jadi yang meninggalkan pun tenang dan kita yang ditinggalkan akan jauh lebih ikhlas untuk melepaskan. Jadi enggak pakai ada drama Hotel Del Luna atau Missing: The Other Side ya.


Untuk para pemeran The Last Ride 2016, Ryu Deok-Hwan ini cukup menakjubkan. Dia tidak menggunakan badan karena ceritanya cacat, tapi ekspresinya oke banget. Sorot matanya itu lho berbeda saat bermain di drama Special Labor Inspector Mr. Jo. Lalu Kim Dong-Young, karakternya lawak kaya di Let's Eat 3 dan My Strange Hero, tapi juga bisa agak serius seperti di Soul Mechanic. Lalu Ahn Jae-Hong, ini kali pertama saya lihat aktingnya. Untuk Jeon No-Min dan Jeon Mi-Sun, mereka artis kawakan dan pernah bertemu di drama Who Are You: School 2015.

the last ride movie

Kita memang tidak tahu kapan kematian akan datang. Jadi sebelum hidup benar-benar berakhir, mari lakukan apa yang sangat kita inginkan. Bahagiakan diri sendiri karena itu yang utama. Jangan sampai hidup dengan penyesalan.

Jika kalian mau nonton The Last Ride, Filmnya ada di Google Play ya. Silakan dicari sendiri apalagi jika penasaran dengan ending The Great Wish ini. Dijamin bisa mengocok perut tapi juga haru karena persahabatan mereka.

the last ride 2016

Sekian dulu review kali ini. Ada yang sudah nonton The Last Ride Movie juga? Atau malah nonton versi remake-nya? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: HanCinema

Would you like to comment?

timduniamasak mengatakan...

sebelum mati, aku pengen makan kerirpik tempe pake sambel terasi :9

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, The Last Ride ini kisahnya seru amat ya Selain motoran ada juga kisah pertemanan, persahabatan dan ada unsur komedianya :) Cocok nih yang berjiwa muda dan petualang untuk menontonnya, termasuk kita para emak hahaha :) Jadi ingat mbak Lendy nih yang demen bahas serba Korea wkwwkwkwk :D

Okti Li mengatakan...

Oya tuh gak kebayang ya orang mau sekarat tapi kita tertawa karena nontonnya dibarengi adegan lucu. Hehehe...
Kalau di kampung saya, pastinya biar dinikahkan dulu tuh. Bisa lah meski mungkin kenalannya cuma sebentar. Suka ada lho anak santri yang siap dijodohkan sama kiayinya. Tentu saja kiayinya juga tidak sembarang menerima calon untuk santriwatinya.

gustiyeni mengatakan...

Jadiii mupeng pengen nonton makasih sharingnya bisa buat referensi di saat magerr pengen santai

Mia Yunita mengatakan...

Duh asli ngakak bacanya, dalam kondisi sakit parah begitu ya ternyata keinginan terakhir adalah melepas keperjakaan. Bener² nih film, yg seharusnya sedih jadi bawaannya malah ketawa aja pas nonton. Bisa membayangkan. Ok, nyari di google deh ntar.

Lisdha www.daily-wife.com mengatakan...

Baru tadi pagi aku bikin status pendek tentang "memento memori", yakni mengingat2 bahwa kita -lambat atau cepat- akan mati. Aku termasuk orang yang tidak anti membicarakan tentang kematian. Bukan bermaksud menyepelekan atau menantang, tapi dengan membicarakan seperti mengurangi ketakutan.
Btw, jadi pengeeen nonton filmnya. Meski komedi, kayaknya bakalan ada scenes yg bikin aku mikir daleem deh...

umimami mengatakan...

penasaran ingin nonton akhirnya gimana nih mba, btw ceritanya jleb banget ya soal keinginan terakhir sebelum meninggal, rada rada gimana gitu bacanya, walau genre komedi kalau soal penyakit berat dan kematian itu bikin hati gimana gitu

Sri Widiyastuti mengatakan...

Wah ada film baru yaa mbak. Temanya menarik yaa, tentang apa yang akan kita lakukan sebelum kita mati? jadi bahan renungan yang bagus ini yaa. Bekal apa yang akan kita bawa kelak di akhirat. Btw filmnya komedi ya mbak. kayaknya seru juga ini yaa. ttg kisah keluarga

Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) mengatakan...

adegan terakhir di pantai mirip kayak endless love ya? tapi meskipun komedi, tetap kerasa feel sedihnya kalo menurutku.

khairiah mengatakan...

aku senyum sambil sedih juga, ngebayangin punya sahabat yang dying...dan teringat permintaan terakhirnya yang konyol, absurd...sulit untuk dipenuhi

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku belum nonton film The Last Ride ini mba. Kisah persahabatan dengan segala kekonyolannya yang terjalin sejak SD seperti mengingatkan lagi arti pentingnya seorang sahabat

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Kebayang gokilnya kalau ada tiga remaja laki-laki yang sobatan. Pasti kompak. Tapi memang jadi gimana gitu ya, ingin ketawa lepas tapi ada salah satu pemerannya yang sedang menghadapi kematian.

Lidya Fitrian mengatakan...

Aku juga ga pernah kepikiran mau ngapain sebelum mati, lagi pula ga tau juga kapan waktunya yang penting hidup lebih baik bener banget kakak Jiah :)
Panjang juga ya peesahabatan mereka dari SD hingga dewasa, pantaslah mereka berusaha sebaik mungkin untu kmemenuhi keinginan sahabatnya, tapi agak sulit juga ya itu permintaannya hehehe

Milda Ini mengatakan...

Kalo liat foto postingan mu aku naksir nih mau nonton sebab lucu dan bisa menghibur banget buat akhir tahun bersama keluarga untuk hiburan akhir tahun. Aku keep deh judulnya

Dee_Arif mengatakan...

wah iya, ini film lawas yang masih sering ditonton mbak
Mungkin karena ceritanya yang unik dan lucu ya

catatansiemak mengatakan...

Wah kayaknya bagus nih. Butuh nonton yang menghibur nih setelah UAS ini hahaha. Ini bisa ditonton sekaligus kan ya hahaha

rhehanluvly mengatakan...

Belum nonton mbak dan tertarik untuk nonton. Tadi baca reviewnya sempet nge-lag kirain NamJoon yang ditulis namjoon BTS ternyata bukan hehe

lendyagassi mengatakan...

Meski ceritanya sedih tapi tetep dikemas kocak, sehingga menghibur.
Kisah persahabatan dan sakit ini memang sepaket lengkap hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehar-hari. Pake mewek nontonnya gak, Jia?

Damar Aisyah mengatakan...

Pertanyaannya sulit untuk dijawab. Perlu semedi dulu kayaknya. Saya belum pernah nonton The Lst Ride, tapi lumayan bagus juga kalau dari review-nya. Next, nunggu list dramaku beres semua.

Nova Violita mengatakan...

keinginan terakhir sebelum meninggal apa ya..., aduh aku pengennya ninggal setelah ankku gede dan nikah..hahhaa, jadi penasaran kisahnya pasti sedih ...

Ugik Madyo mengatakan...

Ini aku baca review sudah ketawa sendiri. Gimana nanti nonton langsung. Kayaknya akan ngakak sampe mules. Keinginan terakhir Go-hwan ini ya emang bikin kejang kepala. Hadeh penulis skenarionya ini ya.

Artha Amalia mengatakan...

liat covernya aja dah ngakak, bengek. jd ketebak ini ada unsur komedinya. tapi walau begitu ide ceritanya unik pas tau apa permintaaan terakhirnya dan bahkan dibantu banyak pihak. sepertinya seru dan cocok but ditonton sm suami nih

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Lucu dan haru campur jadi satu ya ini. Terus kok keinginannya juga ada-ada saja ya... Wkwk. Kira-kira terpenuhi ga ya... Penasaran jadinya.

Eni Rahayu mengatakan...

Keren ya mbak idenya, film yang harusnya bercucur air mata melihat penderitaan orang sakit eh malah ketawa dengan adegan yang lucu. Saya penggemar film korea genre komedi, bersyukur bisa baca reviewnya jadi pengen nonton deh

Maya Siswadi mengatakan...

Baru baca ini aja udah bikin aku pengen ngakak-ngakak, gimana nonton filmnya, jadi penasaran pengen cari. Aku suka nonton film2 menghibur gini, ga bikin pusing 😂

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!