Explore the blog
Kamis, 10 September 2020

Review Film Strange Magic

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Pernah tidak kamu merasakan sihir aneh? Sihir apa itu? Bagaimana kalau sihir cinta? 

Halo! Biar hati tidak suram, yuk kita jalan-jalan dan tebarkan cinta. Kali ini saya datang dengan film animasi musikal dari Walt Disney berjudul Strange Magic.

strange magic

Putri Marianne dari Kerajaan Peri kini tak percaya akan cinta setelah melihat calon suaminya berselingkuh. Dia pun berusaha untuk melindungi Dawn adiknya itu agar tidak mengalami hal serupa. 

Di Pesta Elf, Roland mantan Marianne berusaha merebut hatinya kembali dengan Racun Cinta. Sementara itu, Raja Bog dari Dark Forest juga marah karena Racun Cinta telah dibuat. 


Karena salah sasaran, Racun Cinta mengenai Dawn yang akhirnya disandera oleh Raja Bog. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?

Director: Gary Rydstrom
Producer: George Lucas
Writer: Gary Rydstrom
David Berenbaum
Irene Mecchi
Brenda Chapman
George Lucas
Music: Marius de Vries
Studio(s): Lucasfilm
Lucasfilm Animation Singapore
Industrial Light & Magic 
Distributor: Touchstone Pictures
(Walt Disney Studios
Motion Pictures) 
Release: January 23, 2015
Running Time: 99 minutes
Language: English
Cast:
Evan Rachel Wood - Marianne
Alan Cumming - Bog King
Kristin Chenoweth - Sugar Plum Fairy
Maya Rudolph - Griselda
Sam Palladio - Roland
Alfred Molina - Fairy King
Elijah Kelley - Sunny
Bob Einstein - Stuff
Peter Stormare - Thang
Meredith Anne Bull - Dawn
Kevin Michael Richardson - Brutus
Llou Johnson - Pare
Robbie Daymond - Fairy Cronies
Brenda Chapman - Imp
Tony Cox - Plum Elf
Gary Rydstrom - Angry Gus

Review Movie Strange Magic


movie strange magic

Ketika Keponakan saya menonton YouTube, tiba-tiba lagu Can't Help Falling in Love muncul. Saya teringat dulu pernah nonton di TV film animasi dan pakai lagu itu. Karena tidak nonton dari awal, saya tidak paham bagaimana cerita sebenarnya. Akhirnya saya cari dan ketemulah Strange Magic

Film Strange Magic ini terinspirasi dari A Midsummer Night’s Dream. Jika kalian suka cerita mitologi dari Eropa, tentu tidak asing dengan Goblins, Elves, Fairies dan Imps (makhluk nakal, Eropa mitologi makhluk mirip dengan peri atau setan).


Diceritakan bahwa ada dua kerajaan yang berdampingan tapi tidak bisa bersatu. Ada Fairy Kingdom yang dihuni oleh Peri dan Elf. Lalu Dark Forest yang dihuni oleh Goblin. Di antara dua kerajaan ini, ada perbatasan di mana di sana tumbuh bunga mawar yang mekar antara cahaya dan kegelapan. Bukan sembarang mawar karena bunga itu adalah bahan utama dari Racun Cinta yang dibuat oleh Sugar Plum Fairy. Sementara si Imp, suka-suka karena bisa hidup di mana saja.


Di awal saya bilang kan bahwa Putri Marianne tidak lagi percaya akan cinta. Si Roland karena niatnya mau dapat tahta, tidak semudah itu untuk melepaskan Marianne apalagi Raja ingin Marianne punya pendamping. Dan lagi putri bungsunya Dawn juga terlalu genit dengan pria. 

Di sisi lain ada Sunny, Elf yang jadi sahabatnya Dawn. Dia sebenarnya suka sekali dengan gadis itu. Memanfaatkan Sunny, Roland pun memintanya untuk mencari Racun Cinta. Masalahnya Sugar Plum Fairy ditahan oleh Raja Bog di Dark Forest


Setelah menyelinap, akhirnya Sunny berhasil mendapatkan Racun Cinta. Cara kerjanya adalah berikan Racun Cinta pada orang yang kamu sukai dan berdirilah di depannya. Orang yang pertama kali dilihat, maka dia akan jatuh cinta kepadanya. 

Gampang dong?! Oh tidak begitu. Raja Bog marah karena adanya Racun Cinta itu. Dia pun memerintahkan pasukannya untuk datang ke pesta Elf dan mengambil Racun Cinta tersebut. 


Ketika acara dimulai, semua terlihat lancar. Sunny berusaha memberikan Racun Cinta itu pada Dawn. Berhasil memang, tapi acara kacau karena kedatangan Bog dan anak buahnya. Parahnya lagi, mereka membawa Dawn sebagai sandera. Dan Racun Cinta itu bekerja di mana orang yang pertama Dawn lihat adalah Bog. Dalam kemarahan, Raja Bog meminta Sugar Plum Fairy untuk membuatkan antidote atau penangkal.


Marianne yang melihat adiknya disandera akhirnya berusaha untuk menyelamatkannya. Tapi Ayahnya menolak ide itu dan malah meminta Roland untuk maju. Meninggalkan lelaki itu, Marianne datang sendiri ke Dark Forest. Dia pun bertemu dengan Bog dan bengtengkar. Setelah lelah, Bog memberi tahu Marianne soal Dawn yang akhirnya jatuh cinta padanya. 

Penangkalnya adalah sesuatu yang lebih kuat dari Racun Cinta. Bog dan Marianne pun bertanya pada Sugar Plum Fairy tentang apa sebenarnya penangkal itu. Sugar Plum mau memberi tahu dengan syarat bahwa dia akan bercerita tentang masa lalu sampai akhirnya disandera oleh Bog. 


Dulu kala, Bog ini suka dengan seorang gadis. Karena tidak sabar, dia menemui Sugar Plum Fairy untuk mendapatkan Racun Cinta. Setelah mendapatkan itu, ternyata Racun Cinta tidak bekerja. Bog merasa sakit hati. Bahkan dengan Racun Cinta pun dia tidak dicintai. Apa yang sebenarnya terjadi coba? 

Everyone deserves to be loved
Setiap orang berhak untuk dicintai

Sihir Aneh 



Strange Magic movie ini sebenarnya film lama. Katanya sih rating saat tayang kurang bagus. Tapi karena saya suka animasi musikal dan romance, saya pun sangat menikmati film ini. Lucu saja karena mereka dari dua dunia yang bisa dikatakan berbeda tapi jatuh cinta. Memang berbeda dari Frozen, tapi lumayan oke sih. 

Marianne dan Bog ini dua makhluk yang terluka karena cinta. Meski di awal bertemu terjadi pertengkaran, tapi kemudian mereka mempunyai pendapat yang sama bahwa cinta itu aneh dan menakutkan. Lalu saya jadi teringat Waen dan Singh Waen Dok Mai yang memilih jadi single

Saat Marianne dan Bog mulai akur, eh datang si Roland yang sok-sokan jadi pahlawan kemalaman. Settingnya malam hari di bulan purnama sih, hehehe. Jadi Bog merasa ditipu oleh Marianne. Sementara Roland sendiri masih berusaha memberikan Racun Cinta yang diambil dari Sunny kepada Marianne. Penasaran bagaimana akhirnya? Tonton sendiri ya! 

Tak ada jalan pintas untuk cinta

Film Strange Magic ini mengajarkan kita untuk tidak memandang sebelah mata pada orang lain. Siapa pun berhak jatuh cinta dan dicintai. Tapi jika kamu pakai cara instan, itu tidak akan berhasil. Cinta ya dari hati, kita yang rasa karena cinta sejati itu tak membutuhkan ramuan apa pun untuk bisa tumbuh.

Karena ini film dan terbatas durasi, memang sih soal romansanya itu terbilang cepat. Tapi enggak masalah buat saya. Lalu lagu-lagunya, saya hanya pernah dengar beberapa sih. Maklum lebih banyak dengar lagu K-Pop daripada lagu Barat. Tetap enak didengar karena ada beberapa genre seperti pop juga rock. Coba saja searching, mungkin kalian akan suka.

Well sekian dulu review film Strange Magic ini. Ada yang sudah pernah nonton? Jika iya, share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging! 

Sumber info dan gambar:
https://disney.fandom.com/wiki/Strange_Magic_(film
https://lucasfilm.fandom.com/wiki/Strange_Magic

Whould you like to comment?

  1. Everyone deserves to be loved, duh quote-nya makjleebbb bener!
    Ini bisa jadi tontonan weekend nih

    BalasHapus
  2. wah, saya belum nonton nih film Strange Magic, tapi dari ceritanya menarik sekali apalagi musikal juga..

    dilihat-lihat, di aplikasi Disney Hotstar ada nih filmnya...Nanti coba ditonton :)

    BalasHapus
  3. Awalnya kupikir film baru, karena OST-nya kok kayaknya familiar..ternyata film lama. Pernah sih sekilas nonton thrillernya tapi ya gitu deh kayaknya memang kurang happening ya..enggak seperti Frozen. Tapi baca ini jadi pengin nonton versi lengkap Strange Magic

    BalasHapus
  4. Wah, belum nonton nih Jiaaaah
    Tapi sukaaa kalo model drama fantasi dan berhubungan dengan cinta kayak gini, bikin kita jadi bisa berimajinasi yaaah

    BalasHapus
  5. Nona periiiii...dulu saat kecil saya suka sekali lihat cerita2 peri semacam ini. Bikin pengin bisa terbang kayak mereka hahaha...Selain gambar yg bagus2, fiml disney banyak pesan moral yang bagus.

    BalasHapus
  6. Lama gak nonten film animasi, coba ah pengen nonton sesekali biat gak nonton drama Korea terus hahahaha...

    BalasHapus
  7. Wah, saya belum nonton film ini, tapi sepertinya bagus juga ya. Meskipun katanya ratingnya kurang bagus. Film-film lawas emang perlu ditonton buat hiburan karena kita enggak bisa ke bioskop.

    Wah, kayaknya masa lalunya Bog sangat menyakitkan ya. Ditolak dan tidak dicintai, padahal setiap makhluk berhak atas cinta.

    Dan ya, bener, untuk mendapatkan cinta tidaklah mudah. Sehenat apapun itu sihir, kalau dari hati tidak ada cinta, pasti akan cepat pudar.

    BalasHapus
  8. Oh film lama, saya enggak tau, tapi ceritanya menarik ya...

    BalasHapus
  9. wah serunya! aku tapi udah sangat jarang untuk menonton film kartun atau bertema animasi seperti ini, coba aku rekomendasikan buat para keponakan aku deh!

    BalasHapus
  10. Wah, ini jenis film yang disukai anak-anak. Film fantasi yang seru kayaknya. Baru tahu deh. kudu nih kayaknya nyari film ini. Biar anak-anak betah terus di rumah.

    BalasHapus
  11. Belum pernah nonton film ini, tapi kayaknya menarik nih. Jadipengen nonton.

    BalasHapus
  12. Wah, baru denger judulnya.Padahal saya penggemar film fiksi fantasi animasi begini lho. Saya coba cari video pendeknya dulu deh. Biar ada gambaran jenis animasinya kayak gimana.

    BalasHapus
  13. Aku selewat pernah lihat bannernyaaa, cuma judulnya kurang menarik.
    Ternayata ceritanya soal percintaan, setuju banget dengen pesen moralnya, setiap manusia berham mencintai dan dicintai tapi ga instan yaa, mie instan sih enyaak..ehh

    BalasHapus
  14. Kalo dilihat dati beberapa fotonya, kok kayaknya aku pernah nonton ini ya. Cuma ya gitu, aku kl nonton gilm animasi jarang banget keinget judulnya haha

    BalasHapus
  15. Belom nonton ini. Masuk list ah.
    Film Disney ini selalu masuk list buat ditonton.

    BalasHapus
  16. wahaa belum pernah nonton nih,, dan sepertinya cocok untuk menjawab rindu film santai tapi berkualitas... ga mikir tapi asyik... noted ah, makasih mba jiah..

    BalasHapus
  17. Film ini pasti terinspirasi dari jargon cintanya orang Indonesia : cinta ditolak, dukun (racun cinta) bertindak. Catet yo Jiii... :))

    BalasHapus
  18. Wah, dah lama gak nonton disney.. Hihi.. Menarik nih kyknya strange magic ini, hmm bs buat nonton sama anak kan ya. Soalnya akhir2 ini kekurangan tontonan keluarga.

    BalasHapus
  19. Saya penggemar film-film Disney. Meski banyak menampilkan hal yang berbau imajinasi tetapi saya tetap suka. Biarpun film untuk anak-anak, film dari Disney ini selalu ada nilai yang bisa diambil, seperti dalam film strange magic ini, mengajarkan tidak ada jalan pintas untuk cinta

    BalasHapus
  20. seingat saya yg ada lagu Can't Help Falling in Love itu lilo n stich bukan sih? hehe... kalau yg di film strange magic ini sebenarnya bahasan racun cinta udah banyak, tapi disini pengemasan alurnya unik. penggambaran tokoh2nya jg

    BalasHapus
  21. Huwaa film baru lagi mbak, aku belum nonton ini pasti seru ya film fantasi gini udah lama nggak nonton film disney

    BalasHapus
  22. Wah aku juga suka lagu Cant Help Falling in Love :D
    Eh tapi animasi ini keknya kurang cocok ya mbak utk anak kecil, ini cocoknya buat org dewasa yang butuh hiburan romansa dan ringan2 aja walau yaa ada konflik2nya dikit :D #imho

    BalasHapus
  23. Jadi inget yaa, JIa...
    Kalau di drama Korea, ada yang gak bisa dibeli sama uang, yaitu cinta.
    Uww~
    Di kartun pun diajari hal yang sama yaa...cinta gak bisa diperoleh dengan instan.
    Pasti ada proses yang mengiringi.

    BalasHapus
  24. Kukira ini film tontonan anak-anak ternyata kisah percintaan gitu ya

    BalasHapus
  25. Bagus nih ya alur ceritanya bikin penasaran ingin nonton deh

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman