6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Tertawan Hati: First Impression

Tak mau kehilangan
Tapi lelah berjuang
Bukankah rumah tempatku bersandar

Sendiri ku tak bisa
Bersama kutersiksa
Ini kenyataannya kita tak baik saja

Sakit tak sanggup
Sadarkah kita terlalu hancur
Hilang habis tak bersisa
Tapi tak mampu kumenyerah
Tertawan hati

    Wah, kenapa nih tiba-tiba nulis Lirik Lagu Tertawan Hati Awdella? Gabut saja sih. Kemarin sering dengar, tapi tidak tahu judul dan penyanyinya siapa. Memang kurang update saya, hehehe. Namun karena ini juga, saya mulai searching dan keranjingan nonton sinetron berjudul Tertawan Hati yang tayang di SCTV. Kok bisa? Gimana ceritanya?

tertawan hati sctv

Genre: Drama, Roman
Skenario: Serena Luna
Cerita: Sunjoy Shaker
Sutradara: Sanjeev Ram Kishan
Negara asal: Indonesia
Bahasa asli: Bahasa Indonesia
Durasi: ±60 menit
Rumah produksi: SinemArt, Ess Jay Studios
Distributo: Surya Citra Media
Jaringan: SCTV
Rilis: 22 Januari 2024 – sekarang
Pemain:
Naysilla Mirdad sebagai Alya Syamsuri & Alyssa Putri Sanjaya
Jonas Rivanno sebagai Mario
Rezky Adhitya sebagai Aries
Afifah Ifah'nda sebagai Alyssa Putri Sanjaya
Indra Evans sebagai Felix
Ivanka Suwandi sebagai Rina
Mezty Mez sebagai Amara
Kriss Hatta sebagai Arya
Adskhan Mahres sebagai Vano
Sadiya Aisye sebagai Shanna
Yorda Emmily sebagai Sri
Tengku Firmansyah sebagai Ridwan
Cindy Fatikasari sebagai Nenny
Boy Hamzah sebagai Eric
Dolly Martin sebagai Lukman Sanjaya
Lilis Suganda sebagai Dewi
Erry Soekardi sebagai Neneng
Rezca Syam

Sinetron Tertawan Hati


sinetron tertawan hati

    Disclaimer bahwa ini bukan review seperti biasanya. Hanya sebatas first impression karena tentu kalian tahu sendiri bagaimana Sinetron Indonesia yang tayangnya betulan suka-suka dan ikut rating setiap harinya. Balada stripping alias kejar tayang ya gini deh. Contoh saja kasus Ikatan Cinta atau Buku Harian Seorang Istri yang pernah saya tulis sebelumnya.

    Jadi waktu nonton TV karena saya sedang mengurangi menatap ponsel dan laptop, trailer Sinetron Tertawan Hati lumayan sering muncul. Belum terlihat hilal penayangan, tapi gosip berembus bahwa ini mungkin akan menggantikan Takdir Cinta yang Kupilih. Kalau dilihat dari deretan pemeran, cukup menjanjikan karena dibintangi artis ternama. Jadi soal akting tidak perlu meragukannya.

    Lalu Senin, 22 Januari 2024 akhirnya Tertawan Hati muncul juga dan tayang pukul 19.25 WIB di SCTV yang mana hanya geser jam tayang, bukan menggantikan sinetron lain. Ketika pertama nonton, saya yang memang tidak mencari tahu informasinya merasa ini cukup oke. Baru paham juga ternyata karakternya perempuan yang wajahnya mirip, secara harfiah memang sama karena kembar. Lalu masuk episode kedua, saya baru menyadari. Ini sih Cinta Paulina (La Usurpadora) telenovela Mexico yang tayang tahun 1998. Ya Allah, tua banget saya, hahaha.

Sebenarnya, Sinetron Tertawan Hati menceritakan tentang apa?

sinopsis tertawan hati

    Sinopsis Tertawan Hati bercerita tentang Alya, perempuan muda sederhana yang tinggal dengan kedua orang tuanya, Ridwan dan Nenny di dataran tinggi Tengger. Seperti Ayah Ibunya, Alya ini bekerja sebagi joki kuda dan penjual bunga edelweiss kering di kaki gunung Bromo. Dia punya pacar bernama Aries yang juga tinggal di daerah yang sama.

    Saat jadi joki kuda, ketemulah Alya dengan Alyssa, turis yang mirip dengannya. Alyssa cerita bahwa dia sedang sakit dan harus berobat, tapi terhalang karena mengalami kekerasan rumah tangga. Suami, Ibu Mertua, semua keluarga jahat padanya. Hal itu membuat Alya bersimpati pada Alyssa.

    Anggap saja Ridwan ini meninggal dan Nenny akhirnya menyusul. Sebelum mengembuskan napas terakhir, di RS Ibunya itu melihat Alyssa. Nulis surat dong si Ibu dan bilang bahwa mungkin Alyssa itu kembaran Alya yang terpisah sejak kecil. Setelah itu, Alya malah dituduh melakukan pencurian sehingga dipenjara.

tertawan hati

    Berkat bantuan Alyssa, Alya bisa keluar dari hotel prodeo. Di sisi lain, Aries ternyata hanya memanfaatkan Alya untuk mendapat uang. Setelah dibujuk dan memang sudah tidak ada lagi yang membuat Alya bertahan di desa (surat juga belum dibaca), akhirnya dia mau menggantikan posisi Alyssa di rumahnya untuk sementara agar perempuan itu bisa berobat ke luar negeri.

    Sampai di Jakarta, ternyata semua tidak seperti yang Alyssa ceritakan. Suaminya penyayang, anak-anak tirinya juga manis. Dan kenyatannya, Alyssa berbohong. Semua yang dilakukan memang sengaja untuk menjebak Alya termasuk soal pencurian. Alyssa punya banyak pacar, selingkuh dengan ipar sendiri dan saat itu dia berencana pergi dengan salah satu pacarnya yang bernama Eric. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Penasaran? Tonton sendiri Tertawan Hati SCTV yang tayang setiap hari.

Tertawan Hati


nonton tertawan hati

    Harus saya akui kalau memutuskan nonton Tertawan Hati itu karena ingin melihat keindahan Gunung Bromo sebab saya belum pernah ke sana. Namun apa mau dikata, ini sinetron Indonesia ya. Jadi memang tidak banyak yang dieksplor bahkan beberapa adegan terlihat pakai green screen. Terus ceritanya adaptasi telenovela yang sudah pernah saya tonton lagi. Makanya saya tidak berekspektasi lebih.

    Sinetron Lawas Indonesia memang sudah lumayan sering mengikuti cerita drama dari negara lain. Seingat saya, ada beberapa judul seperti:
  • Siapa Takut Jatuh Cinta (2002) - Meteor Garden
  • Ciuman Pertama (2002) - Itazura Na Kiss
  • Demi Cinta (2005) - Endless Love (Autumn in My Heart)
  • Buku Harian Nayla (2006) - 1 Litre of Tears
  • Kau Masih Kekasihku (2006) - At Dolphin Bay
  • Impian Cinderella (2006) - The Prince Who Turns into a Frog
  • Putri Kembar (2006) - Twins
  • Liontin (2006) - Glass Shoes
  • Benci Bilang Cinta (2006) - Princess Hours
  • Benci Jadi Cinta (2006) - My Girl
  • Cinta Remaja (2006) - My Sassy Girl (Chun Yang)
  • Cinderella Boy (2007) - Hana Kimi
  • Kejora dan Bintang (2009) - Brilliant Legacy
  • Kau yang Berasal dari Bintang (2014) - My Love From the Star

    Eh buset! Ternyata banyak banget ya. Ini saja saya yakin masih ada judul lain yang karena keterbatasan mungkin tidak saya tahu. Dulu saya memang suka nonton Sinetron Ngehits, tapi tentu tidak semua saya lihat kan. Yang intinya sih, Indonesia memang sudah biasa membuat cerita yang mirip atau sama dari negara lain. Entah itu adaptasi atau plagiat, saya tidak ambil pusing. Soalnya bukan yang produksi ini. Hanya penonton sih. Jika suka ya ditonton. Kalau enggak, ya tinggal pilih drama lainnya.

    Karena sekarang sedang membicarakan Tertawan Hati SCTV yang mana saya menyebut ceritanya seperti La Usurpadora, ya memang plek ketiplek. Dari suami yang baik, anak dua, kembaran yang terpisah, masalah perusahaan, kurang lebih sama. Harus diakui itu. Namun masuk episode selanjutnya, kecelakaan pada Alyssa terjadi dan itu cukup mengubah jalan cerita.

jadwal tayang tertawan hati

    Di telenovela Cinta Paulina, Paula juga mengalami kecelakaan mobil saat bersama pacarnya sehingga harus dirawat selama berbulan-bulan. Lalu dia kembali ke keluarga suaminya. Di Tertawan Hati sinetron, Alyssa mengalami kecelakaan helicopter bersama Eric dan menderita luka bakar di wajah sehingga harus menjalani operasi. Di sini Afifah Ifah'nda sebagai Alyssa Putri Sanjaya baru deh keluar.

    Pastinya Alyssa asli akan kembali karena pacarnya juga kabur. Hanya saja sebab mukanya beda, saya tidak tahu bagaimana Penulis akan mengeksekusi. Mungkin dengan memeras Alya, playing victim, minta bantuan Arya yang adalah ipar sekaligus selingkuhan. Terserah bagaimana wong saya bukan yang benar-benar niat buat nonton, ckckck.

    Mungkin kalau mau nonton, saya lihat tayangan ulang di Vidio.com bukan yang mengikuti Jadwal tayang Tertawan Hati di televisi. Saya tidak sesabar itu dengan iklan-iklannya. Yang jelas, sejauh 9 episode yang sudah tayang, akting para pemainnya memang tidak perlu diragukan. Saya cukup suka lihat Naysilla sebagai Alyssa. Jonas, oh dia masih ganteng kaya dulu.

tertawan hati pemain

    Tertawan Hati Pemain memang sudah malang melintang di televisi. Naysilla Mirdad, Jonas Rivanno dan Rezky Adhitya, dulu lumayan sering saya nontonin sinetronnya. Sebut saja Liontin, Intan, Cahaya, Kemilau Cinta Kamila, Binar Bening Berlian, Cinta Suci, Benci Jadi Cinta, Melati untuk Marvel dan lain sebagainya. Kalau Afifah Ifah'nda, selain Tajwid Cinta, saya suka aktingnya di Hari ini Kenapa, Naira?

    Untuk Ost Sinetron Tertawan Hati, ada lagu berjudul Di Arsy-Mu yang dinyanyikan oleh Lesti. Kalau saya pribadi merasa agak kurang cocok. Karena liriknya itu seperti doa yang ditunjukkan buat pasangan sementara di sinetron ini, Alya menyamar yang tentu saja nanti akan jatuh cinta. Tertawan Hati-nya Awdella sebenarnya lumayan cocok. Namun bukan hak saya juga sih wong sinetronnya juga sudah mulai tayang ini.

    Meski awal ceritanya seperti telenovela, secara keseluruhan penayangan sampai tadi malam, menurut saya tidak terlalu buruk. Adalah salah sebut atau tulisan yang harusnya Alyssa, tapi malah Alya. Mungkin editornya sudah diburu-buru sama jam tayang. Alurnya juga masih lambat, belum sat set ke masalah utama wong memang antagonisnya masih sakit ceritanya. Harapan saya, semoga eksekusi plot ke depannya lebih bagus dan tayang tidak sampai ratusan episode yang membuat tokohnya hidup mati. Semoga saja.

    Well, sekian dulu ulasan Tertawan Hati secara singkat dari saya. Ada yang sudah nonton? Atau pernah lihat drama karakter kembar lainnya? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tertawan_Hati
https://www.instagram.com/tertawan.hati.sctv/
https://www.instagram.com/sinemart_ph/
Related Posts

Related Posts

25 komentar

  1. saya juga nonton paula dan paulina, mbak. hehe ... premis utamanya sepertinya menarik. dan betul sih, tinggal eksekusinya aja, mau bagaimana nanti. selamat menonton

    BalasHapus
  2. Waaah ada sinetronnya ya! Aku udah lama sekali nggak nonton sinetron sih hehe.. semoga ceritanya bagus dan tidak mengecewakan ya!

    BalasHapus
  3. SCTV televisi sinetron yang tentunya tempat mereka yang menyukai drama sinetron dalam berbagai genre.

    BalasHapus
  4. Saya sudah lama tidak menonton sinetron, terutama setelah memakai tv android. Hmm, selalu dipakai anak buat nonon Youtube.

    BalasHapus
  5. Wah ini mah sinetron favorit emak gw sih kak. Saban hari ditonton nih. Pokoknya abis ashar ampe abis Isya, ga lepas deh dr SCTV.

    Aku sih emg ga suka sinetron. Tp ceritanya ya kadang seru jg sih ya kalo baca sinopsisnya. Emg berdasarkan cerita sehari2 sih ya.

    Tp yg sering aku dengerin sih lagunya. Emg bikin galau tuh suaranya mbak Awdella.

    BalasHapus
  6. Dah ga pernah nonton sinetron lg, ga ada di TV di rumah hehehe... Sebenarnya ceritanya menarik tuh, tp klo saduran dr luar, jd agak gimana gitu... Ya, setuju sih, jd ga berekspektasi lebih sm sinetron Indonesia.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu sinteron tertawan hati secara saya jarang nonton televis, mungkin bisa dibilang tidak pernah, jadi bisa dipastikan ga ngerti sinetron yang ngehits

    BalasHapus
  8. Bagi penyuka sinetron pasti enggak mau ketinggalan deh setiap episode terbaru yang muncul ya. Saya makin tahu nih tentang ceritanya Tertawan Hati karena sekilas saja lihat tampilannya.

    BalasHapus
  9. Aku sudah lama banget gak nonton sinetron. Btw setahuku memang kebanyakan sinetron Indonesia ceritanya agak mirip telenovela atau kadang drama Korea dan drama China juga ya.

    BalasHapus
  10. Udah gak tau kapan terakhir kali nonton sinetron. Sejak nonton drama Korea, selera jadi tinggi, hehe. Palingan sekarang tau dikit-dikit sinetron di RCTI karena mama suka nonton RCTI. Belum pernah dengar Terawan Hati krn dia di SCTV yah bukan RCTI. Baca sinopsisnya emang kayaknya keren dengan lokasi di kaki gunung bromo, tapi yah sinetron Indonesia yg stripping, ujung-ujungnya green screen

    BalasHapus
  11. Agak seru buat mengikutinya ya kak. Penasaran dengan wajah remuknya si alysa nanti bagaimana. hehehe. jonas emang ganteng. berarti ini akan ada episode berikutnya ya kak, ke sembilan dan seterusnya ?

    BalasHapus
  12. Anyway, aku tahu lagu ini karena penyanyinya jebolan Indonesian Idol. Aku ngikutin Idol soalnya wkwk. Ternyata jadi ost sinetron ya malah baru tahu dan jadi baca sampai selesai deh cerita first impression sinetron ini ^^

    BalasHapus
  13. Ahay, makin ke sini makin geregetan. Motivasi ALyssa pengin balik ke Mario juga kagak jelas. Sama pacarnya nggak mau, cinta ke Mario juga kagak, tapi lihat Alya sama Mario bawaannya pengin ganggu aja. Xixixi

    BalasHapus
  14. Sinetron SCTV memang bagus2 trmasuk sinetron Tertwan hati selain alur ceritanya bagus2 para pemainnya juga good looking semuanya

    BalasHapus
  15. Tertawan Hati sepertinya jadi sinetron viral belakangan ini ya, belum sempat nonton sih tapi penasaran

    BalasHapus
  16. Udah lama banget nggak pernah nonton sinetron. Mungkin 10 tahun ada kali ya. Biasanya tahu sinetron dari Mama hehe. Tertawan Hati juga sering saya denger ceritanya dari Mama. Katanya ngefans banget sama Naysila Mirdad

    BalasHapus
  17. saya sudah lama neh tidak menonton tv, hehhehehhe... maklum udah banyak platform tv streaming dan juga youtube

    BalasHapus
  18. Daku terakhir nonton bener sinetron pas ada mendiang Mama. Udah tuh Ndak nonton lagi hehe. Harapannya semoga di sinetron ini akting Nay tetep keren kayak sinetron² yang pernah dia perankan

    BalasHapus
  19. Ya ampun aku lupa kapan terakhir kali nonton sinetron. Karena emang udah nggak pernah nonton tv lagi. Semenjak kuliah udah nggak nonton tv. Paling nonton tv pas pulang kampung. itupun seringnya nonton reality show, bukan sinetron. Tapi sebelum ada hp memang tv hiburan utama sih. Sebelum kenal drakor juga.

    BalasHapus
  20. Cantik banget yaa.. Naysilla Mirdad.
    Tapi aktor yang lainnya juga memang uda senior di dunia per-sinetronan. Jadi seneng banget sekarang ada tontonan Tertawan Hati di SCTV.

    BalasHapus
  21. aku ga nonton sinetron ini haha tp kayanya baguss yaa alurnya. Apalagi pemainnya naysilla mirdad

    BalasHapus
  22. Film-film Indonesia memang ga kalah sebenarnya. Udah lama banget ga pernah nonton TV. Sepertinya alurnya menarik nih. Apalagi Nasysilla mirdad kalau main menjiwai banget

    BalasHapus
  23. Bener si kak gitu emang sinet indonesia bagus di awal, ntar dej kalo ratingnya bagus buru buru deh kejar tayang sampek gam mikiran pemain dan editornya. Yanh gini nih harus diberi aturan di indonesia. Boeh lah sknet indoensianyayangnya 1 minggu sekali tiap judul. Asik tuh

    BalasHapus
  24. Sinetron ini lagi hits ya... Banyak yang omongin soalnya.. terutama ibu-ibu.. Jadi ikutan penasaran sama filmnya haha

    BalasHapus
  25. Saya enggak nonton sinet lagi semenjak TV dirumah dimatikan jadi enggak tau bagaimana perkembangan selanjutnya.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!