Explore the blog

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya



Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support

Sabtu, 16 Januari 2021

Korban Ikatan Cinta

"Ji, nonton Drama Korea mulu. Enggak ngehargai produk dalam negeri ya?"

"Saya akan nonton Sinetron Indonesia jika ceritanya sudah bagus,"

Hai, semua! Apa kabar? Ada yang rindu dengan Review Drama dan Film dari saya? I'm so sorry. Saya sedang demam dan jadi salah satu Korban Ikatan Cinta, hwhwhw. Sampai segitunya saya selama masa cuti ini? Biasanya libur nonton on going itu nonton drama lama, eh ini betulan mandek demi sinetron. Jangankan Kalian, saya juga terkejut sendiri karena bisa sampai seperti ini.

ikatan cinta sinetron indonesia

Sejak mulai tayang pada 19 Oktober 2020, Ikatan Cinta memang membius banyak orang. Awalnya B saja. Selang beberapa hari, rating berada di peringkat satu sampai kini. Bahkan di Twitter, tagar Ikatan Cinta sampai trending beberapa kali. Dan 14 Januari kemarin, pertama kalinya saya ikut meramaikan. Padahal kalian tahu, saya bukan pemuja rating drama.

Kenapa Ikatan Cinta sampai membius banyak orang?

Paling tidak, ada 3 alasan dasar yang membuat saya bisa duduk nonton Sinetron Ikatan Cinta, sinetron pertama yang mengena di hati saya setelah sekian purnama:


  • Pertama, line storynya berbeda dari sinetron Indonesia lainnya
  • Kedua, Pemain yang matang dalam memerankan perannya
  • Ketiga, sinematografi yang oke

Untuk alasan lebih lengkap, tunggu saat saya membuat reviewnya setelah tamat. Saya tidak punya ekspektasi, tapi saya percaya insting dan feeling saya soal ngedrama seperti yang saya tulis di Ceriwis Nonton Drama Banyak Maunya.

Lalu, siapa saja yang terkena Demam Ikatan Cinta dan jadi korbannya?

Sepertinya hampir seluruh kalangan. Contohnya dari lingkaran saya sendiri. Saya tidak biasa dolan ke Tetangga. Namun ketika Mbak saya ke rumah, saat malam yang dicari ya Sinetron Ikatan Cinta. Mbak juga cerita kalau teman-teman kerja yang adalah orang desa, atau saat di sawah, yang dibicarakan ya Aldebaran. Kita bisa sama-sama cekikikan, enggak lagi rebutan remot TV, duduk manis nonton sinetron.

Akhirnya setelah mengamati dan menasbihkan diri sebagai Korban Ikatan Cinta, saya jalan-jalan dong ke berbagai sosial media mulai dari Facebook, Instagram, dan juga Twitter. Saya penasaran juga dengan antusiasme Penonton Indonesia. Ternyata, tiap sosmed punya pendapat yang berbeda.


Dari Facebook, jika di search pakai tagar, ternyata tidak banyak yang membahas sinetron ini di timelinenya. Saya hanya menemukan beberapa termasuk status yang saya buat tentang Ikatan Cinta. Apakah FB lebih damai? Begitu pikir saya.

Ternyata tidak juga. Dari beberapa informasi, mereka Penonton Ikatan Cinta itu membuat grup. Katanya, rusuh banget. Sepengalaman saya berada di grup drama, biasanya mereka ini selalu minta lanjut dan lanjut. Mereka cenderung menuntut dan harus mendapatkan apa yang dimau. Jika tidak, mereka akan misuh. Koreksi jika saya salah ya. Ini hanya pengalaman dari yang sudah-sudah.

Jika di Facebook kebanyakan Emak-emak, maka di IG kelihatannya lebih banyak yang muda. Mereka juga suka menuntut, hampir mirip seperti di FB. Normal dong? Tidak, karena kebanyakan malah mengaitkan sinetron dengan kehidupan pribadi pemainnya.

Cek saja betapa rusuhnya mereka mengurusi kehidupan pribadi Pemain. Maunya dibuat couple seperti sinetron Indonesia lain, padahal mereka punya pasangan. Belum lagi haters ini itu. Serius, kadang saya sampai mikir, mereka ini kurang bahagia dalam hidup atau bagaimana?

Saya saat menonton film atau drama apa pun, pantang namanya mengaitkan dengan kehidupan pribadi. Saya akan bicara karakter, bukan orangnya sebagai individu. Sebagai Penonton, hanya itu yang bisa saya lakukan untuk menghargai karya-karya mereka.

How About Twitter?

 



Saya sangat menyukai Warga Paguyuban Twitter. Sejak mulai menjadi Korban Ikatan Cinta, saya membuat thread dari tiap episode yang saya tonton, meskipun ada yang terlewat. Jika saya amati, mereka ini sama seperti saya yang sudah malang melintang nonton drama dan film. Bahkan ada yang curhat karena mandek ngedrakor. Itu saya banget!

Terlihat cerewet, tapi kebanyakan punya pikiran logis dan terbuka. Saya hampir tidak menemukan kata-kata negatif. Paling ya menghujat karena sebel sama karakternya, tapi bukan yang menuntut secara sadis. Teori-teori bertebaran. Namun seringnya terpatahkan.


Saya merasa, Warga Twitter ini satu frekuensi. Meski tidak kenal, kami sering berinteraksi ngomongin Ikatan Cinta. Sampai-sampai pernah ada bot gempa ikut bergabung gara-gara saya bilang gempar. Mau ngakak, tapi bingung juga karena di Indonesia memang sedang ada bencana. Jadi kalau kalian merasa ikut jadi Korban Ikatan Cinta, lebih baik main ke Twitter saja.

Lalu, Bagaimana Prediksi Akhir Sinetron Ikatan Cinta ini?


ikatan cinta

Walaupun sudah berpengalaman nonton banyak drama dan Film, jujur saja line story IC tidak terprediksi. Saya membuat beberapa kemungkinan, tapi eksekusinya ternyata lebih baik. Jadi secara cerita, saya percaya dengan Penulis.

Mungkin karena mereka punya perjanjian 6 bulan pernikahan, kisah mereka akan berakhir di bulan ke enam. Jangan berpikir sad ending. Maksud saya sih mereka akan memulai hidup baru setelah semua badai dan kesalahpahaman. Seperti drama China Perfect and Casual di mana mereka menjadi pasangan yang sebenarnya setelah satu tahun menikah.

Dari perjanjian 6 bulan ini, malam nanti mereka juga akan merayakan anniversary ke-4 bulan. Di perayaan sebelumnya berakhir ambyar, saya pun harus mempersiapkan diri karena feeling saya, itu tidak akan berjalan sesuai rencana. Tiap potongan rahasia mulai terbuka. Tinggal menunggu bom meledak saja, entah oleh siapa.

Tidak seperti drama Korea yang rata-rata normalnya 16 episode, dorama Jepang 10 episode atau drama China 24 episode, Sinetron Indonesia itu tidak menentu. Sinetron ini sudah berjalan 3 bulan, 120-an episode. Jika mengambil waktu 6 bulan perjanjian, maka kemungkinan Ikatan Cinta akan berakhir sekitar 200 episode. Waktunya bisa jadi di bulan Maret atau awal April sebelum puasa.

Kok bisa saya berpikir seperti itu?

 


Berdasarkan wawancara Arya dan Gritte Agatha sebenarnya. Arya tipe orang yang bekerja dari hati. Jika Ikatan Cinta 'memaksa' seperti sinetron Indonesia pada umumnya yang sampai 1000 episode, jangankan Arya, saya juga akan kabur karena itu terlalu lama dan bisa dipastikan ceritanya akan melenceng ke mana-mana.

Sejauh ini, saya hanya bisa menoleransi drama on going atau menunggu subtitel Indonesia dalam jangka waktu 6 bulan. Lebih dari itu, saya akan berhenti. Tahun lalu ada drama Wait in Beijing dan Once Again, 2 drama Asia yang membuat saya bertahan selama itu.

Bagaimana jika Ikatan Cinta tidak sesuai apa yang saya pikirkan?

Entahlah. Namun entah mengapa saya cukup percaya diri dengan apa yang saya rasakan. Energi saat nonton Ikatan Cinta itu sama seperti antusiasme saya saat menonton drama Korea dan Asia lainnya. Apa pun akhirnya nanti, saya harap Ikatan Cinta jadi titik balik persinetronan Indonesia yang berkualitas.

Saya ingin Ikatan Cinta berakhir dengan semestinya, hanya satu season saja. Saya menunggu saat memorable itu. Ah, dulu ada lho sinetron yang keren dan mengalihkan dunia saya dari ngedrama. Sinetron di mana semua Pemain dan tim bekerja dari hati mereka. Saya menunggu saat itu.

Well karena sudah panjang sekali, saya akhiri cerita saya yang jadi Korban Ikatan Cinta sampai di sini. Terima kasih untuk semua Pemain, Penulis dan semua crew yang sudah bekerja dengan sangat baik. Tetap semangat bekerja dan menghasilkan karya luar biasa ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber foto:
https://instagram.com/ikatan.cinta.rcti__
https://www.instagram.com/alandinteam

Whould you like to comment?

  1. Arya Saloka lagi trending bgt ini yaaa
    IKATAN CINTA memang membius banyak orang
    Semoga bisa diikuti oleh sineas2 lainnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin....
      Semoga makin banyak aktor aktris yang oke, cerita sinetron juga makin bagus

      Hapus
  2. aku belum terpapar sama ikatan cinta nih mak, tapi suka banget sama soundtrack sinetronnya yang 3 bulan sebelum sinetron ini tayang sudah launching duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gak update lagu, aku tahunya waktu nonton. Enak juga ternyata

      Hapus
  3. Pertama tahu temen blogger sama demam Mas Arya dari statusnya. Dia bilang karena Mas Al. jadi aku tanya, Aldebaran kah? ih kok tahu? iya tahu karena banyak yang share di Instagram. Tapi ya, aku belum pernah sama sekali nonton. Tahu aja Mas Al dari banyak share foto di Instagram. Kubelum mau nontonnya Ji. Alasannya tv nya di kamar dan aktifitasku kebanyakan di ruang tengah, yang tipinya dah gak ada. Heheheee, alasan berat ini kan. Nunggu kabar darimu aja, apakah sampai 1000 episode?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Circle rumah bahas sinetron ini mulu. Akhirnya searching dan suka. Pemainnya juga udah sering lihat di FTV

      Hapus
  4. Hihihi Jiah jadi korban ternyata ya. Aku belum pernah nontin Ji palinbg nonton sebentar sebelum Indonesian Idol aja. Ini sampai ada baliho besarnya deket rumahku iklannya. Kapan tamatnya? hihihi kalau drakor kan udah ketauan ya episodenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabut aku, gak ngedrakor malah nonton sinetron. Enak dong lihat baliho besar, hahaha

      Gak tahu tuh kapan tamatnya. Yakin aja pas nonton

      Hapus
  5. HAhaaa, jadi korban ikatan cinta yaa, duhh mamaku banget nih.Kalo pas lagi nginep di rumah mama, beneran pantengin sinetron teroos, jadinya keintip deh. Aplagi pemainnya sekelas Arya yang lagi happening ntuu.
    Begh 1000 episodde, mabok yaa, ntr kaya tersanjung 1, 2, 3, 4 dst hihii.
    Semoga sinetron2 indonesia mulai berkualitas setidaknya ga hanya mementingan rating saja, tapi jalan cerita pun ga ngalor ngiidul melenceng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampe 1000, aku juga mabok Teh Nchie. Aku yakin sih gak sampai segitu. Doanya, semoga Sinetron Indonesia bisa lebih berkualitas

      Hapus
  6. Saya termasuk korban ikatan cinta nih, walaupun di awal gak rutin ngikutin. Heran aja sih kalo saya pribadi nggak sampe ngefans sedemikian rupa dengan para pemerannya, tapi sebatas ngefans dengan cerita sinetronnya.

    BalasHapus
  7. mudah2an sinetron indonesia makin bagus ya. jalan ceritanya, karakter tokohnya, totalitas pemain dan juga sinamtografinya. siapa tahun bisa dg K drama suatu saaaaaat nanti. who knows

    BalasHapus
  8. Saya tahu sinetron ini dari Athifah, Jiah hihi.
    Kadang2 saya ikut nonton, eh anakku sebenarnya nungguin Amanah Wali tapi channel TV harus di RCTI terus. karena dia penasaran juga dengan Ikatan Cinta. Kata suamiku, sudah masuk golongan emak2 wkwkwk.

    Ceritanya memang sedikit berbeda dengan sinetron kebanyakan tapi terakhir2 ada miripnya juga di mata saya, Jiah karena alurnya jadi melambat. Tapii saya paling suak itu sama akting si Al dan Andin.

    Bagaimana bisa si AL ini berubah2 ekspresinya dari sok cool, sebal, jatuh cinta, perubahannya itu menarik. Eh kalau karakter Andin mah mirip ya sama sinbetron lain, karakter ibu peri kalau saya bilang. Yang menarik itu juga kalo si Kiki muncul wkwkwk.

    BalasHapus
  9. Ya ampun favorit banget nih sama IKATAN CINTA wkwkkwk... Saya kalau ketinggalan nonton sampai nyari di youtube wkwk

    BalasHapus
  10. Saya udah lama banget gak nonton sinetron. Entah udah berapa tahun hehehe.

    Tetapi, menurut saya semacam 'angin segar' kalau Ikatan Cinta bisa sampai bikin beberapa penggemar drakor jadi mandek menonton drakor. Bukan karena drakornya jelek. Tetapi, kan seneng juga kalau ada produksi lokal yang memang banyak disukai.

    Saya juga setuju untuk jangan bikin kepanjangan episodenya. Belajar dari pengalaman yang udah-udah. Banyak sinetron yang awalnya bagus. Tetapi, begitu dipanjangin jadinya aneh dan terlalu mengada-ada jalan ceritanya

    BalasHapus
  11. Ulasan yang dalam dan lengkap tentang Ikatan cinta, Mbak..Aku selalu suka kalau dirimu raview film..berasa ikutan nonton meski belum pernah nonton
    Aku pelanggan TV kabel First Media jadi ga ada channel RCTI nya, juga TV grup dia
    Tahu sinetron ini dari timeline medsos aja
    Meskipun begitu ikut bangga jika karya sineas Indonesia makin berjaya

    BalasHapus
  12. Nama anakku jadi hits gegara sinetron ini hihi..bersyukur mulai banyak tayangan Indonesia yang keren ya dari Ikatan Cinta hingga dramanya Prilly yang dosen itu di YouTube...jangan mau kalah dengan Drakor...

    BalasHapus
  13. Jaman aku sma kuliah itu hiburanku salah satunya sinetron, walau ga tiap hari. Pas udah kerja mulai bosen. Yang sinetron Dude Herlino sama Naysila Mirdad lumayan aku jabanin. Tapi kalau seasonnya panjang macam Tersanjung aku males jabaninnya. Dan itu tipikal sinetron Indonesia banget ya. Kalau sukses dibuat panjang ceritanya. Aku malah belum nonton Ikatan Cinta nih. Padahal pas malam tahun baru temen-temenku di salah sau wag hebih bahas ini, bahkan yang cowok pun pada baper

    BalasHapus
  14. sinetron favorit mamaku ini mbak
    jadi gmn mbak Jiah? apakah terpesona dgn mas Al juga? btw katanya ceritanya juga mirip drakor ya mbak?

    BalasHapus
  15. Sinetron Ikatan Cinta ini memang beda dari yang lainnya sih. Dan di rumah saya yang jadi korban tentu Mama saya, terus saya jadi ikutan nonton meski gak full ngikutin terus. Tapi memang, Mas Al dan Andin itu bikin baper kita. Huhuhu.

    Dan soundtracknya, saya juga suka. Aduh,lagunya bagus banget.

    BalasHapus
  16. katanya sinetron ikatan cinta ini bagus banget ya aku belum pernah nonton sinetron ini jadi kayaknya dari banyak fansnya juga

    BalasHapus
  17. Ini toh Arya Saloka yang diperbincangkan teman-temanku di grup, sementara aku membaca cerita di grup sambil lalu. Eh disini dapat pencerahannya, kok penasaran pengen nonton ya. Jujur ya aku udah lama banget gak nonton sinetron atau film Indonesia.

    BalasHapus
  18. Seru ya, Jia?
    Sejak kapan lalu heboh itu...aku juga pen ikut-ikutan. Tapi karena gak pernah nonton tipi,jadi bingung, apa streaming aja gitu yaa..?
    Hahaha...ibuku suka gak yaa..sinetron Ikatan Cinta?

    BalasHapus
  19. Iya nih sinetron yg lagi hits katanya ikatan cinta pengen nonton tp under estimate duluan klo nonton sinetron heuheu. Wes baca review2nya aja dulu klo udah ga tahan baru nonton hehheh

    BalasHapus
  20. Saya tahu ikatan cinta karena ada sodara telepon kemudian ijin berhenti dulu karena mau nonton film ini, ya ampun tumben banget karena orangnya gak suka sinetron, saya sendiri paling denger cerita atau stalking karena jam segitu anak saya lagi jatah nonton tivi ☺

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah nonton ya cuma berapa kali kalau buka IG ada yang yang buat status mengenai sinetron ini dan juga beberapa artis suka bikin meme tentang Mas Arya.

    BalasHapus
  22. Astagaaa
    Mungkin cuma saya orang eh emak yang ga pernah nonton sinetron ini
    Soalnya sudah ga ada TV plus memang ga ada waktu
    Aku ngikutin hebohnya di FB sama Twitter aja

    BalasHapus
  23. Wkwk ya kalau gak bagus masak dipaksa nonton hanya karena produk negara sendiri ya, Ji? Aku gak suka nonton sinetron indonesia karena memamg gak bagus. Aku nonton paling doel anak betawi yang ga bosan-bosan.

    BalasHapus
  24. Ini tontonan mamaku..hahaha... Gak pernah terlewat deh setiap hari nontonnya. Tapi aku seringnya melipir...karena takut ketagihan wkwkwk.. Tapi ceritanya emang unik sih ya...

    BalasHapus
  25. belum pernah nonton ini mak kalau mlmh sudahhhh hahaha
    tapi temenku pada nungguin drama ini juga aku ga sempet kalau tiap hari nonton huhuhu

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman