Explore the blog
Sabtu, 15 Februari 2020

Yuk Kenalan Dengan SehatQ.com

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Brak!

Apaan ya? Di jalan depan rumah, orang-orang berlari. Ternyata kecelakaan antara sepeda motor terjadi. Jalanan depan rumah tuh sebenarnya lurus saja. Mungkin karena itu, orang kadang kurang waspada. Enggak terhitung berapa jumlah kecelakaan yang sudah terjadi. Bahkan Almarhum Mbah saya juga pernah tersenggol motor sampai tangannya patah.


Kalau ada kejadian tersebut, apa yang saya lakukan?

Jika saya sendirian, biasanya saya cari bantuan. Jika ada beberapa orang, saya lebih memilih diam di tempat karena kurang bisa melihat hal itu. Saya ngeri sendiri dan juga saya tidak punya kapasitas untuk menolong jika terjadi hal serius. Jika cuma lecet, bisalah bantu cariin obat merah dan lainnya. Jika perlu, segera panggil Ambulance.


Saya teringat semalam ada sebuah kicauan dari dr. Jiemi Ardian di akunnya @jiemiardian yang berbunyi:
Niat menolong itu baik, tapi tanpa kapasitas bisa jadi hal itu malah membahayakan. Niat mengobati itu baik, tapi tanpa kapasitas bisa jadi malah kita memberi racun. Niat baik saja enggak cukup, kita perlu capable. Makanya kalau cari pertolongan, pastikan dia capable ya

Saya ingat obrolan di grup Jarang Sisiran yang menyebutkan agar kita tidak sembarang saat menolong, utamanya kecelakaan. Well seperti yang ditulis dr. Jiemi Ardian. Kita tidak tahu betul kondisi pasien. Misal kita salah angkat padahal ada rusuk yang patah, kan bisa gawat. Makanya harus menunggu tenaga medis.


Mau ke Dokter, eh ternyata dia enggak praktik. Mau beli obat, kok enggak tahu dosisnya berapa dan apa efek sampingnya?!

Dilema banget ya kalau kejadian kaya gitu menimpa kita. Tapi tenang, Kakak karena sekarang ini zaman semakin maju termasuk soal urusan kesehatan.

SehatQ.com, Platform Kesehatan Digital Kekinian



Kita tentu tahu bahwa sekarang ini teknologi digital sangat digemari. Kita bisa belanja tanpa harus pergi langsung ke tokonya. Mau pesan ojek, enggak harus ke pangkalannya. Mau makan tinggal minta diantar saja. Mau booking tiket pesawat, Kereta, Hotel, semua bisa lewat daring. Dan di dunia kesehatan, kita bisa tahu informasi layanan, bisa chat dan booking dokter mudah salah satunya dengan aplikasi Sehatq.com.

SehatQ ini aplikasi Digital Health Tech yang sangat mudah digunakan asal kita dalam jaringan saja ya. Banyak banget fitur yang ditawarkan antara lain:


  • Obat
Kita bisa cari info tentang obat-obatan baik yang hanya resep dokter atau yang umum kita temukan di masyarakat. Contohnya Betadine antiseptic. Nanti dikasih tahu kandungannya apa dan pakainya juga seberapa.

  • Artikel
Di fitur ini, kita akan menemukan berbagai macam info tentang kesehatan. Bagusnya lagi ada kategori khusus pada artikel. Misalnya yang sedang hamil, ya cari bagian kehamilan. Atau yang baru punya anak, bisa cek bagian parenting. Sedang butuh banyak info kesehatan mental, ada kok.

  • Tindak medis
Fitur ini menjelaskan tindakan apa yang mungkin kita dapatkan saat menjalani operasi dan lainnya. Ada keterangan lalu sebelum dan sesudah tindakan baiknya bagaimana dan lainnya. Misalnya operasi transplantasi ginjal. Siapa yang bisa mendonorkan, tes yang harus dilakukan dan lainnya. Jadi ingat drama Korea Liver or Die.

  • Dokter
Ada puluhan ribu dokter yang terdaftar di SehatQ. Kita bisa lihat profilnya, dokter umum atau spesialis. Praktiknya di mana dan jadwalnya kapan. Dan kita bisa booking dokter. Contohnya nih salah dokter yang saya tahu adalah dr. Gunardi, dokter anak. Jadi ingat dokter ganteng di Good Doctor, hahaha.


  • Rumah Sakit
Tentu saja ini fitur menunjukkan rumah sakit atau layanan medis di kota kita masing-masing. Misal Rumah Sakit di Sidoarjo. Nanti kita akan diberikan alamat, petunjuk arah, dokter-dokternya, fasilitas juga profil dari tempat tersebut. Jadi tidak ada ceritanya kita masuk klinik abal-abal ya.

  • Penyakit
Tentu saja ini info tentang berbagai macam penyakit.

  • Chat Dokter
Kita bisa konsultasi secara online lho. Menyenangkan banget!

  • Promo
Ditunjukkan jika ada promo tertentu. Misal perawatan wajah, atau diskon saat kita booking untuk melahirkan

  • Acara
Tentu saja info acara yang berhubungan dengan kesehatan.

Menurut saya, Platform Kesehatan Digital SehatQ.com ini sudah lumayan lengkap. Jadi kita wajib memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Makin banyak info, tentunya akan sangat berguna untuk hidup kita. Tapi tetap, meski kita tahu tindakan medis ini itu, jika kita bukan dokter, perawat dan yang ada di bidangnya, jangan sekali-kali coba bedah-bedah macam dokter di Heart Surgeons dan Yong Pal atau suntik asal-asalan macam dr Na Yi Je Doctor Prisoner ya. Minum obat juga jangan sembarang!

Kalian sendiri ada yang sudah tahu dan coba Aplikasi Kesehatan SehatQ.com? Jika sudah, share pengalaman kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. wuah aplikasi ini ramah ya
    icon-icon gambarnya mudah dipahami
    ku download ah
    biar ada panduan untuk tetap selalu merasa sehat

    BalasHapus
  2. aku udah mengenal sehatq sejak taun lalu nih kak dan yang paling aku suka ituu konten di IG yang macem2 dan informatif mengenai kesehatan. kalau aplikasinya sendiri aku gunakan buat baca artikel kesehatan sama informasi jenis obat :3

    BalasHapus
  3. Segala sesuatu itu serahkan pada ahlinya ya, Mbak. Kalau ada yang sakit lebih baik serahkan pada ahli medis.
    Berkat SehatQ kita bisa mudah berkonsultasi dengan dokter ya...

    BalasHapus
  4. Zaman sekarang enak bisa nyari list dokter di aplikasi kyk gini. Untuk jadi bahan bacaan soal kesehatan juga cukup rekomen krn yang nulis gak ngasal ya mbak.
    Saya pernah mesen dokter pakai apps ini :D

    BalasHapus
  5. Aku pernah sekali install app SehatQ mbak. Mungkin karena memori internalku udah mau habis ya spacenya, jadi lemot banget. waktu aku konsultasi sama dokternya , saat unggah gambar itu beratnya masyallahh, hingga akhirnya aku uninstall mbak
    Namun overall sehatq itu luengkap banget mbakk hheee

    BalasHapus
  6. SehatQ di Jepara baru bisa tuk pesan 2 klinik, Ji. Tapi lumayan, lah, menurutku. Daripada panik sendiri, kan enak chat dengan dokter lalu kalau memang harus rawat inap ya pesan dari sana juga.
    Semog akita selalu sehat, ya.

    BalasHapus