Explore the blog
Kamis, 13 Februari 2020

Mau Mesin Motor Tetap Tangguh? Oli Enduro Andalannya

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu bisa naik motor? Cuma bisa naik saja atau tahu juga kebutuhan mesinnya?

Halo! Hari gini hampir semua orang bisa ya naik motor. Bahkan anak di bawah umur sudah banyak yang berkendara sendiri. Saya kadang sampai ngeri dan jauh-jauh deh dari mereka. Habisnya naik motor matic kan gampang. Tinggal ngegas doang sudah jalan. Tahunya pakai saja.

Sebenarnya dulu saya juga begitu. Sebelum umur 17 tahun saya sudah belajar motor. Ini saja hitungannya lebih lambat dari teman-teman saya yang lain. Sampai usia awal 20-an, saya hanya tahu saja naik motor. Kebutuhan mesin, perawatan, masa bodoh. Bukan motor sendiri ini. Sampai suatu ketika, motor saya tiba-tiba mati. Guguplah karena masih jauh banget dari rumah. Saya pikir ada masalah mesinnya karena di hari sebelumnya memang bermasalah. Tahunya bensin habis. Sebagai anak yang orang tuanya punya bengkel tambal ban kecil-kecilan dan oprek motor, jujur saya malu!

Memang enggak ada kewajiban kita harus tahu dunia mesin motor. Tapi kita wajib tahu kebutuhan motor. Kaya beberapa tahun terakhir ini saya pakai motor matic. Awalnya ya mikir, haduh kok matic. Saya kan belum terbiasa pakai. Lha sudah dibeli, sayanya tinggal merawat saja mulai dari beli bensin, Oli motor, cek ketebalan ban, beli cairan untuk Ban Tubeless, sampai bayarin itu pajak kendaraan.


Untuk urusan mesin, saya biasanya menyerahkan pada Bengkel untuk sekalian diservis dan lainnya. Tapi kalau cuma ganti Oli motor matic, biasanya orang rumah bisa bantu. Saya tinggal beli dan terima beres. Kalau beli oli, saya tanya juga dong mana yang cocok. Ngecek juga Harga oli motor yang sesuai kantong tapi tetap harus yang bagus. Banyak yang menyarankan pilih oli motor terbaik dari Pertamina. Ada berbagai macam pilihan, dan untuk motor matic, kita bisa menjatuhkan pilihan pada Enduro Matic 10W-30.

Apa saja sih kelebihan dari Enduro Matic 10W-30 ini?


  • Harganya terjangkau
  • Sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL
  • Jaga mesin tetap bersih
  • Melindungi mesin dari korosi serta keausan yang berlebihan
  • Tarikan mesin awal lebih halus dan responsif
  • Bisa ningkatin efisiensi bahan bakar
  • Menjaga Suhu mesin
  • Mengandung additive Molybdenum yang berguna buat ngurangi gesekan pada temperature dan kecepatan tinggi
  • Cocok buat motor matic yang sering dipakai pada kecepatan tinggi

Kenapa sih kita kudu ganti oli motor?

Ya itu tadi, biar mesin tetap terjaga. Kalau mesin bagus, kita bisa hemat bahan bakar. Terus jangan sampai telat gantinya karena kalau kehabisan, motor bisa ngunci, enggak mau hidup. Kan bahaya tuh! Kakak saya pernah gitu sih. Iya kalau berhentinya di jalan yang banyak orang. Kalau jalanan sepi? Mau minta tolong siapa coba buat dorong motor?


Kalau ditanya berapa lama kita harus ganti oli, setahu saya sih tidak ada waktu tertentu karena tergantung jarak tempuh yang telah kita lalui. Kalau saya pakai motor enggak terlalu sering, paling sekitaran Jepara saja. Biasanya 3-4 bulan sekali baru ganti oli. Dan yang sering orang lupa adalah motor matic itu butuh ganti oli untuk gearnya juga. Kata bengkelnya, 2:1. Dua kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli Gear.

Pelumas Enduro Matic 10W-30 yang adalah produk dari Pertamina Lubricants ini cocok buat semua jenis motor matic seperti Honda Vario, Honda Beat, Yamaha Mio, Yamaha FreeGo, Suzuki Nex, dan lainnya. Mau cari oli mobil terbaik, Pertamina juga punya kok. Kalian bisa Cek Oli mobil dan Harga oli mobilnya juga.


Sekarang saya sudah tahu apa kebutuhan mesin motor dan lainnya. Sudah enggak banyak ngedrama hidup sih, paling ya drama Korea atau Asia. Jadi cukup bisa diandalkan sebagai Istri #EhApaHubungannya?! Hahaha. Intinya, kalau mau motornya tangguh, kudu kasih yang berbaik buat perawatannya.

Jadi, sudah siap jalan ke mana hari ini? Sampai ketemu di jalan ya! Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. oli enduro emang andalan kami juga, semoga menang lombanya ya

    BalasHapus
  2. Waahhh, oli Enduro ini memang top markotop yaak.
    Penting banget untuk semua pemilik kendaraan nih

    BalasHapus
  3. masalah oli dan ganti oli sejujurnya hanya suami yang tahu, aku mah tnggal pake wkwkwk pernah tahun lalu suami ngomel2 karena aku tuh malas banget ganti oli :D

    BalasHapus
  4. Jangan anggap enteng deh keberadaan oli ini ya mba. Dan menurutku emang enduro ini ngebantu banget biar kualitas motor slallu baik

    BalasHapus
  5. Wah, banyak ya kelebihan Enduro, bsa melindungi mesin dari korosi serta keausan yang berlebihan itu penting, biar mesin awet dan gak mudah rusak...

    BalasHapus
  6. hihihi aku bisa naik aja.
    Urusan mesin, suami yang ngurus. Padahal kan seharusnya ngerti juga walau dikit ya. Tapi masih malas belajar, soalnya masih ada yang diandalkan hehehe

    BalasHapus
  7. kualitas oli yang baik bikin mesin motor jadi bagus juga, tangguh dan awet ya.. jadi emang sesuatu yang dirawat dengan tepat pasti jadi lebih baik

    BalasHapus
  8. Saya kalau urusan mesin nyerah banget, deh. Tetapi, meskipun begitu, gak ada alasan untuk gak melakukan perawatan. Termasuk ganti oli juga harus yang bagus dan terjadwal. Supaya gak bikin kendaraan cepat rusak

    BalasHapus
  9. Aku juga banyak belajar tentang mesin sama kakak dan suami.
    Soalnya kalau ada masalah di jalan, paling engga tau gituuu...cara pertolongan pertamanya gimana.
    Dan harus banget inget tanggal ganti oli.

    BalasHapus
  10. aku ga paham soal motor, ga bisa makenya juga.
    suami yg rajin ngerawat motor. di garasi juga ada nih oli enduro :)

    BalasHapus
  11. PEnting loh perempuan ngerti soal perawatan, meski cukup dengan membawanya ke bengkel. Aku waktu kerja sih rutin tiap berapa kilometer nyervis motor. Kasihan sih udah dibawa jalan berkilometer kalo ngga diservis, hihii

    BalasHapus
  12. Pemilihan pelumas ternyata berpengaruh besar ke performa motor ya. Selama ini cuma ngikut pihak bengkelnya dikasih pelumas apa. Oke, besok harus dipastikan pakai enduro.

    BalasHapus
  13. mesin kendaraan bermotor itu memang tergantung bagaimana kita merawatnya ya mbak. Nah pemilihan oli juga tidak boleh salah nih, sebagai perempuan juga harus tau tentang penggunaannya gini ya.

    BalasHapus
  14. Punya kendaraan bermotor memang harus rajin ngerawat ya. Nah salah satunya ya dengan oli berkualitas kayak Oli Enduro ini. Motor di rumah juga pake ini.

    BalasHapus
  15. Kalau saya biasanya tinggal pakai aja, Mbak. Urusan ngurusin mesin diserahkan saja pada suami. Padahal gak ada salahnya kita tau perawatan mesin, ya, untuk mengatasi kalau ada apa-apa

    BalasHapus
  16. Waduh, jangankan tahu soal mesinnya, mengendarai motor aja saya enggak bisa, hihihi... Yang penting kasih perawatan yang terbaik ya ;)

    BalasHapus
  17. Aku tuh asli ga ngerti sama sekali urusan otomotif. Ngertinya cuman pake doang. Baca ini jadi ngeh sedikit Hahahahaha

    BalasHapus
  18. Wah.. Aku gak ngerti sm dunia per oli2an gini. Tp kayaknya aku pakai endut jg deh. Pernah liat wadahnya di rumah. Wkwk. Punya motor emg kudu rajin ngerawat n ganti oli yak

    BalasHapus
  19. Iya, sebaiknya ngga hanya tahu mengendarai ya tapi juga punya pengetahuan tentang merawat motor jadi motor lebih awet dan aman dikendarai

    BalasHapus
  20. jadi keingetan nih belum ganti oli, harus dirawat baik-baik ya punya kendaraan ini terutama yang sering digunakan setiap saat.

    BalasHapus
  21. Dulu urusan ganti mengganti oli urusan pak suami. Sekarang aku lebih aware juga.Soalnya kalau beliau sibuk saya bisa ke bengkel sendiri dan ganti oli juga. Kalau jarang diganti bikin mesin rusak soalnya

    BalasHapus
  22. Mesin Oli enduro ini femes ya, Banyak Yang suka menggunakan Oli ini. Dulu Kalau servis motor rutin, ditanya mau ganyi Oli apa dan Aku bilang manut Saja.

    Sekarang jd tahu mending Langsung nyebut merk endiro

    BalasHapus
  23. Oli Enduro ini terkenal yah, kayaknya kendaraan di rumah juga pakai oli ini deh.

    BalasHapus
  24. saya dulu ngertinya cuma makai doang, tapi sekarang mulai belajar mengenai kebutuhan motor salah satunya rajin ganti oli

    BalasHapus