6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Cara Lolos SNBP, Harus Mulai Dari Mana?

Kamu kelas XII? Masuk Januari 2024 ini, sudah mulai deg-degan? Mau lanjut kuliah di mana? Jurusan apa? Ikut seleksi perguruan tinggi jalur mana? Lalu, cara lolos SNBP, harus mulai dari mana?

    Kalau dapat pertanyaan seperti di atas, saya yakin sebagian pasti masih ada yang bingung, sebagian lain sudah punya gambaran. Belasan tahun lalu, (Eh ya Allah sudah lama ternyata, hahaha) saya juga menghadapi kegalauan yang sama. Niat hati ingin melanjutkan kuliah. Namun jujur saja, saat itu saya tidak punya pengalaman apa-apa, bahkan mungkin biaya.

cara lolos SNBP

    Ketika salah satu Guru menawari untuk ikut tes PTN di bulan Februari tahun itu, saya cukup antusias dan mengikuti semua prosedur yang ada. Waktu mendaftar, saya memang berharap bisa lolos, kuliah. Saya tidak sempat berpikir kenapa siswa yang lebih berprestasi malah tidak ikut tes. Sayangnya, ujian masuk perguruan tinggi itu berbeda dengan ujian sekolah. Saya benar-benar hanya modal pede. Hasilnya, tentu saja tidak lolos dan hanya bisa tertawa.

    Saat itu saya tidak tahu. Namun sekarang, saya menyadari bahwa teman saya yang berprestasi masuk Siswa Eligible, sedangkan saya tidak. Waktu kelas 12, banyak hal yang membuat minat belajar saya turun drastis. Saya tidak berpikir untuk mendapatkan nilai tinggi. Target saya hanya lulus ujian. Begitu saja.

    Masuk perguruan tinggi dulu dan sekarang itu cukup berbeda. Di tahun 2024 ini, dibagi jadi 3 jalur yaitu: Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. Untuk Siswa Eligible atau pilihan, tentu saja sangat berkesempatan untuk ikut SNBP. Apakah kamu tertarik juga?

Lolos SNBP PTN Impianmu Bersama Ruangguru


tips lolos SNBP

    Dulu meskipun sudah ada internet, tapi penggunaannya masih terbatas dan mahal. Jujur, saat itu saya memang tidak banyak informasi tentang bagaimana cara lolos perguruan tinggi. Namun sekarang, banyak sekali tips yang bisa didapatkan. Lalu, harus mulai dari mana?

    Seperti yang saya sebut sebelumnya, SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan salah satu jalur dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Prestasi ini bisa akademik dan non akademik. Tentu saja syarat dan ketentuan berlaku. Untuk Daftar SNBP 2024, ini dia syaratnya:
  • Siswa SMA/SMK/MA kelas XII pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul atau Siswa Eligible yang merupakan WNI dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Punya NISN dan terdaftar di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS
  • Wajib mengunggah Portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga
  • Punya Kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar

    Untuk Jadwal Seleksi SNBP 2024 dimulai dari:
  • Pengumuman Kuota Sekolah: 28 Desember 2023
  • Masa Sanggah Kuota Sekolah: 28 Desember 2023 - 17 Januari 2024
  • Registrasi Akun SNPMB Sekolah: 08 Januari - 08 Februari 2024
  • Registrasi Akun SNPMB Siswa: 08 Januari - 15 Februari 2024
  • Pengisian PDSS: 09 Januari - 09 Februari 2024
  • Pendaftaran SNBP: 14 - 28 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP: 26 Maret 2024
  • Pendaftaran Ulang peserta yang bisa dilihat di website masing-masing PTN

Kenapa sih pilih jalur SNBP?

    Ya kalau kamu memang siswa berprestasi, kudu banget sih ikut SNBP. Banyak keuntungan yang bisa didapat seperti: Tidak perlu ikut tes tertulis, biaya lebih murah, bisa dapat pengumuman lolos lebih awal, dan tentu saja bisa ikut program beasiswa kuliah. Dulu kalau tahu ada hal kaya gini, kayanya mungkin saya akan lebih semangat buat belajar, apa pun yang terjadi. Penasaran bagaimana cara lolos SNBP?

jadwal seleksi snbp 2024

    Ada beberapa tips lolos SNBP, antara lain:
  • Pahami ketentuan dasar. Apa saja? Karena ini jalur berdasarkan prestasi, tentu kamu harus masuk golongan Siswa Eligible. Kalau nilaimu standar ke bawah, katakan selamat tinggal pada SNBP
  • Pilihlah program studi berdasar minat dan keahlian
  • Analisis nilai rapor dengan tujuan jurusan atau program studi
  • Buat portofolio dan sertifikat yang bagus
  • Jika bisa, pilih PTN yang ada di Provinsi yang sama
  • Pastikan memenuhi semua persyaratan pendaftaran karena setiap sekolah punya kuota berbeda tergantung akreditasinya
  • Cari tahu jejak alumni yang lulus SNBP. Makin banyak yang lolos di tahun sebelumnya, maka peluang akan makin terbuka
  • Pantau jadwal SNBP
  • Optimis dan Berdoa

Bagaimana, tertarik buat daftar SNBP 2024? Atau merasa sudah terlambat?

    Tidak ada kata terlambat sebenarnya. Jika kamu tidak bisa ikut jalur SNBP, Pakai jalur SNBT atau Mandiri juga bisa. Yang penting, kamu tahu harus ke mana, jurusan apa yang jadi minatmu. Jadi kuliahnya enggak habisin uang dan waktu karena tahu apa yang dituju.

    Nah buat kamu yang mau masuk SMA/SMK atau masih kelas X dan XI, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan SNBP dari sekarang. Harus banget ya mulainya? Saya pikir iya karena kan ini lagi ngomongin tes masuk perguruan tinggi berdasarkan prestasi. Peringkat atas tentu tidak bisa didapat dalam semalam, butuh kerja keras. Apalagi nilai rapornya harus mulai dari semester pertama. Jadi barang wajib punya nilai tinggi agar jadi Siswa Eligible. Caranya?

    Untuk mencapai itu, Selain sekolah yang benar, kamu bisa mengikuti Bimbingan Belajar. Saat ini teknologi makin maju. Jadi Bimbel Online akan sangat membantu. Salah satunya itu Ruangguru yang merupakan aplikasi belajar online dan offline interaktif terbesar, terlengkap dan terbaik dengan banyak produk baik untuk siswa maupun yang sedang mencari kerja. Lalu, produk mana sih yang cocok untuk mempersiapkan nilai yang oke agar bisa Lolos SNBP?

    Kalau menurut saya, Brain Academy yang paling cocok di antara produk yang lain karena bisa untuk SD, SMP, SMA, bahkan untuk persiapan masuk PTN. Pastinya bisa pilih bimbingan belajar dari Master Teacher terbaik yang mereka punya. Dengan memilih Ruangguru, kamu bisa dapat banyak hal mulai dari:

snbp 2024 dengan Ruangguru

  • Pilihan bimbingan belajar baik online dan offline dari berbagai jenjang
  • Tersedia Master Teacher berpengalaman bahkan bisa ganti jika kurang cocok
  • Mudah diakses lewat PC atau Smartphone di mana saja dan kapan saja
  • Pelajaran dan materi lengkap bahkan ada video animasi belajar agar menarik
  • Tersedia latihan soal dan tryout
  • Harga murah dan banyak promonya

    Kalau kamu masih ragu, bisa coba kelas gratisnya dulu. Jadi tahu deh keseruannya seperti apa. Dengan ikut bimbingan belajar sedari awal, tentu akan menambah peluangmu untuk mendapatkan nilai yang baik dan tinggi. Bagaimanapun, ikhtiar itu penting juga. Persiapkan agar lolos SNBP PTN Impianmu Bersama Ruangguru.

    Btw, ada yang putra putrinya sedang ikut SNBP juga? Atau pernah lolos di jalur ini? Coba share pengalaman kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

20 komentar

  1. Senangnya ada berbagai jalur masuk PTN. Yang tentunya perlu persiapan agar lolos satu di antaranya. Lewat SNBP misalnya , bisa dengan ikut bimbingan belajar sedari awal bersama Ruangguru agar menambah peluang untuk mendapatkan nilai yang baik dan tinggi.

    BalasHapus
  2. salah satu ponakanku tahun ini duduk di bangku kelas XII, lagi persiapan tuk SNBP juga itu dan kayaknya sih saya lihat dia dari story di sosmednya dia ikut bimbel di Ruangguru juga buat persiapkan diri lebih matang

    BalasHapus
  3. Keponakan saya lulus tahun lalu ketika itu mau ikut SNBP tapi ternyata belum rezekinya Kak. Mungkin dia akan coba lagi di tahun ini, nanti coba aku saranin ikutan bimbel di ruang guru supaya persiapannya lebih baik dari pada tahun kemarin.

    BalasHapus
  4. "Kamu tahu harus ke mana, jurusan apa yang jadi minatmu. Jadi kuliahnya enggak habisin uang dan waktu karena tahu apa yang dituju." setujuu nih. apalagi kalau mau SNBP ya, bener harus dipersiapkan dan bener harus udah tau mau ke mana supaya gak sia-sia.

    Kalau gak bisa lewat SNBP, memang sih bisa lewat jalur lain. Tapi kalau bisa diusahakan secara maksimal, jadi gak perlu ikut tes lagi deh, baik tes nasional maupun tes mandiri :D

    BalasHapus
  5. SNBP tuh emang mesti dipersiapkan jauh-jauh hari ya mbak, dan kriteria prestasinya bukan cuma akademik saja.
    Saya terus terang udah nggak paham dengan jalur masuk perguruan tinggi, membaca tulisan ini, jadi punya sedikit bayangan

    BalasHapus
  6. Kalau Jiah belasan tahun lalu dan merasa sudah lama, gimana diriku yang sudah duapuluhan tahun lalu? Bahkan saat itu pun namanya masih UMPTN saja. Oh ya ada PMDK untuk yang setara dengan SNBP kali yaaa.. Ihihihi, istilah itu jadi kayak penanda umur yaa. Emang penting bgt nih mempersiapkan diri supaya bisa ikut SNBP. Tapi skrg anakku masih SMP, ntar SMU pasti butuh nih.

    BalasHapus
  7. Aah, jadi SNBP ini jalur umum yang harus dilewati siswa ketika akan masuk perguruan tinggi, kalok zaman aku tu jalur prestasi/ PMDK yaa...

    Yampuun... buatku yang ikutan jalur SPMB, jadi inget betapa riweuhnya dan bolak-balik try out cuma buat mengetahui uda sesuai belum antara jurusan yang dipilih sama kemampuanku.
    Dan ini sebagai tolak ukur secara garis besarnya.

    Jadi penting banget ikut bimbingan belajar baik online dan offline di ruangguru.
    Karena semakin banyak latian, semakin terlatih dengan variasi soal.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah anak sulung saya bisa masuk kuliah lewat jalur SNBP, Mbak.
    Dan memang harus dipersiapkan dari awal-awal masuk sekolah di SMA/SMK. Karena yang dilihat nilai raportnya. Dari semester pertama sampai terakhir nilainya harus terlihat makin meningkat..

    BalasHapus
  9. anak saya kls 11 SMA

    Emaknya udah deg2an dari sekarang.

    tipsnya mantuulll. makasii mbaaa

    BalasHapus
  10. Jadi keingatan kemarin waktu kumpul sama teman-teman yang memiliki anak di kelas 12. Mereka saling bertukar info tentang tambahan belajar anaknya. Salah satu dari temanku ini juga merekomendasikan Ruang Guru.

    BalasHapus
  11. Tahun depan nih utl pertama kalinya bakal mendampingi anakku ke janjang perguruan tinggi. Dari sekarang sdh banyak informasi seputar hal tersebut. Jujur awalnya gak mudeng krn yernyata banyal cara dan jalir utk masuk ke pergurian tinggi. Ada banyak istilah2 yg jarus dipahami krn maknanya yg beda, UBTK, SNBP, SNBT, Jalur mandiri. Haraoamnya si sulung bs masuk PT impiannya via SNBP ini sih

    BalasHapus
  12. Makasih sharingnya, aku 3 th lagi ngurus beginian, namanya berubah ubah dan aturannya jg sama berubah2.

    BalasHapus
  13. Setuju deh kalau masuk perguruan tinggi dulu dan sekarang itu cukup berbeda.

    Saya tahunya dulu itu istilah nya Sipenmaru. Haha, ketahuan jaman orba nya ya
    Terus keren dikit jadi umptn

    Nah baru deh sekarang ini istilahnya makin banyak dan bagus Bagus...
    Ada Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri

    Apapun istilahnya,yg penting lulus diterima ya

    BalasHapus
  14. Catatan buatku yang punya anak remaja nih, soalnya kadang nggak kerasa tau-tau anak udah kelas IX aja gituuu....pasti gak bakalan kerasa juga kalau anak tiba-tiba udah kelas XII. Deg-degan. Cari informasi soal SNBP dari sekarang biar nggak ketinggalan.

    BalasHapus
  15. sekarang banyak jalur untuk masuk kampus negeri mba Jiah. jalur prestasi juga ga cuma untuk sains tapi ada jalur prestasi seni dan olahraga. anakku dulu lewat jalur olahraga.

    BalasHapus
  16. Wah sekarang lagi tahap Registrasi Akun SNPMB Siswa ya. Semoga semua dilancarkan dan nggak ada kendala selama persiapan. Jadi inget jaman sekolah dulu, masa2 ini tuh kayak menegangkan banget dan bikin susah tidur.

    BalasHapus
  17. Siswa kelas XII saat ini sedang sibuk mempersiapkan diri untuk memilih kampus impian yaa, dan sudah pasti sibuk belajar untuk persiapan ujian masuk tes Perguruan tinggi

    BalasHapus
  18. Lengkap banget informasinya mengenai cara lolos SNBP. Bisa kusimpan untuk persiapan anakku nanti. Ruangguru bisa menjadi salah satu cara mengejar prestasi akademik, ya. Untuk memperluas kesempatan diterima di PTN. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  19. Anak sy baru kelas 1, 2 thn lg nih tes perguruan, persiapan insyallahau dimulai dr sekarang hehehe

    BalasHapus
  20. Wah sudah dekat ya tes masuk perguruan tinggi tahun ini tak terasa, anak kelas 12 mulai sibuk belajar..anakku juga sudah mulai ikut bimbingan belajar sejak kelas 10 untuk persiapan

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!