6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Beauty Tax

Kamu seorang Wajib Pajak? Apa yang kamu bayar? Kendaraan? Bangunan? Penghasilan? Bagaimana dengan Kecantikan?

    Konnichiwa! Bagi kebanyakan orang, ketampanan, kecantikan merupakan berkah. Kadang karena hal ini, mereka bisa mendapatkan hal spesial. Setuju kan? Lalu apa jadinya jika dengan alasan ini juga, mereka harus membayar pajak kecantikan? Memangnya ada? Ada. Ini dia Kisah aneh di dunia '16 edisi khusus musim semi Beauty Tax.

review beauty tax

    Aiko Kishima merupakan wanita cantik dan populer di perusahaan. Hidupnya serba mudah meski dia melakukan kesalahan. Suatu hari, semua berubah karena telah disahkannya Bijin Zei, Pajak Kecantikan. Karena hal ini, Aiko harus membayar pajak sebesar 20%. Lalu, apa yang akan dia lakukan? Bagaimana kehidupannya paska adanya Beauty Tax ini?

Native Title: 世にも奇妙な物語 '16春の特別編
Also Known As: Yonimo Kimyona Monogatari, Yonimo Kimyouna Monogatari, 2016 Haru no Tokubetsu Hen, Tales of the Unusual , よにもきみょうなものがたり はるのとくべつへん , 世にも奇妙な物語'16 春の特別編
Screenwriter: Tokuo Koji, Uyama Keisuke
Director: Ishikawa Junichi, Sato Yuichi, Matsuki Tsukuru
Genres: Mystery, Horror, Psychological, Supernatural
Tags: Omnibus, Investigation, Suspense, Adapted From A Novel, Fantasy, Sci-Fi
Special: Yo nimo Kimyou na Monogatari: 2016 Spring Special
Country: Japan
Episodes: 1
Aired: May 28, 2016
Aired On: Saturday
Original Network: Fuji TV
Duration: 2 hr. 10 min.
Cast:
Aiko Kishima -Nozomi Sasaki
Kenichi Nonomura - Kenji Ura
Reiko Tajima - Anne Nakamura
Tahanan Senior - Aya Sugimoto
Iklan, Poster, dll. (Modern Beauty) -Natsutsuki
Kin-chan (keindahan era baru) - Kintaro.
Direktur Hirata - Taro Omiya
Staf Divisi Pengumpulan Pajak - Toshimasa Komatsu
Pengacara Oka - Nozomi Muraoka
Kazumi Seto - Manami Tanabe
Eri Imai - Mana Kozono
Wanita toko - Uki Matsumoto
Berbelanja paruh waktu - Ryotaro Sakaguchi
Perdana Menteri Ono - Yorinobu Kodama
Petugas Hawaii - Kokichi Tagami
Reiko setelah operasi plastik - Yuri Kawakami
Pria Jaksa Penuntut Umum Distrik - Tsuyoshi Nakano
Gadis - Yumeko Yasuyama

Beauty Tax, Ketika Kecantikan Dikenakan Pajak


beauty tax pajak kecantikan

    Jika tidak salah, saya tahu Beauty Tax ini saat random nonton video di Facebook. Tergelitik, kenapa kecantikan dikenakan pajak? Setelah mencari ke sana ke mari, akhirnya saya menemukan link videonya dari salah satu akun Twitter yang biasa menerjemahkan film atau Dorama. Hayuk gas lanjut!

    Seperti di Korea, di Jepang juga ada semacam Drama Spesial sesuai musim. Kali ini, saya bertemu dengan Special: Yo nimo Kimyou na Monogatari: 2016 Spring Special dengan 4 judul di dalamnya. Ada: 
  • Beauty Tax (Bijinzei - 美人税)
  • Dream Machine (Yumemiru Kikai - 夢みる機械)
  • Military of the Pass (Kayoi no Guntai - 通いの軍隊)
  • The Old Man of the Quiz (Quiz no Ossan - クイズのおっさん)

    Karena sejak awal saya memang mencari Beauty Tax (美人税), judul yang lain belum saya tonton. Ulasan kali ini ya hanya membahas Pajak Kecantikan saja ya. Durasi segmen ini hanya 23 menit, bisa sekali duduk.

Terlahir dengan wajah cantik adalah sebuah dosa. Kita semua dilahirkan dengan dosa turunan

 


    Seperti yang saya bilang sebelumnya, diceritakan bahwa Jepang sedang mengalami masalah keuangan. Karena hal tersebut, Perdana Menteri memutuskan untuk mengesahkan Pajak Kecantikan. Aiko Kishima yang awalnya mendapat kemudahan dalam hidup, mendadak jungkir balik karena dia termasuk kategori cantik dan harus membayar pajak setiap makanan, pendapatan dan lainnya sebesar 20%.

    Aiko pun melayangkan protes pada Petugas Pajak. Namun karena 'dihasut', alih-alih menyebut Pajak Kecantikan itu diskriminasi, Petugas malah mengatakan bahwa itu keuntungan. Orang Jepang mengakui bahwa Aiko jadi peringkat pertama dan jadi yang paling cantik. Langsung jingkrak-jingkrak dong!

    Masalah lain muncul karena ada wanita dari bagian lain di kantor yang ternyata membayar pajak sebesar 25%. Aiko pun dengan giat menambah kecantikannya dengan target 30%. Apakah itu akan berhasil? Tentu saja. Dia sangat merasa senang meskipun jatuh miskin.


    Sudah jadi yang paling cantik, eh saingannya malah operasi plastik menjadi wanita jelek. Perusahaan pun memintanya untuk pensiun dini karena tidak sanggup membayar beban pajak. Dia mendapat warisan dari Ibunya, tapi karena Pajak Kecantikan, Aiko malah harus membayar karena hasilnya minus. Lalu apa yang akan dia lakukan?

Bijin Zei


Alasan kamu tidak bahagia sekarang adalah karena hatimu yang tumpul. Kupikir, hati juga bisa jadi cantik seperti penampilan luar kita

    Nonton Yo ni mo Kimyouna Monogatari 2016 Spring Special Segmen Pajak Kecantikan Sub Indo entah mengapa membuat saya senyum-senyum sendiri. Sesuai judul, kisah aneh meskipun sebenarnya tidak aneh-aneh amat. Sebagai orang yang lahir dengan wajah biasa, saya menyadari bahwa orang yang lahir dengan kecantikan memang punya hak istimewa tersendiri. Wanita, laki-laki good looking bisa mendapat manfaat secara sosial dan ekonomi. Contohnya di drama Love With Flaws. Bahkan ada yang pura-pura seperti Queen of the Ring.

    Namun, jadi cantik juga tidak cukup. Mi Rae Gangnam Beauty, sudah cantik masih saja dirundung karena operasi plastik. Memang kecantikan seaneh itu. Kalau dilihat pun, setiap negara punya standar kecantikan tersendiri dan memang selalu berubah-ubah. Misalnya di Myanmar di mana gadis cantik itu yang lehernya panjang. Di Jepang sendiri, standarnya ada yang cantik karena pipinya yang lebih tembam, atau giginya yang hitam bahkan sekarang, gigi tidak rapi dibilang cantik.

bijinzei 美人税

    Buat saya, cantik itu saat kita bisa menerima diri sendiri dan merawat apa yang sudah Tuhan berikan. Jadi kalau beli skincare atau pakaian bagus, ya itu untuk mempercantik diri sendiri, membuat hati kita bahagia, bukan untuk dipuji orang lain. Yang tak kalah penting, hatinya, Beauty Inside juga. Karena kecantikan sejati tidak hanya dilihat dari penampilan, tapi juga dari hati. Jadi, enggak perlu insecure ya kalau kita tidak sesuai standar kecantikan banyak orang.

    Sekian dulu ulasan The Strange Story of the World Spring Special Edition Beauty Tax dari saya. Secara keseluruhan, film pendek ini cukup oke untuk ditonton serta mengingatkan untuk mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada kita. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber Informasi:
https://mydramalist.com/19298-yonimo-kimyona-monogatari-2016-spring-special
https://ja.wikipedia.org/wiki/%E4%B8%96%E3%81%AB%E3%82%82%E5%A5%87%E5%A6%99%E3%81%AA%E7%89%A9%E8%AA%9E_%E6%98%A5%E3%81%AE%E7%89%B9%E5%88%A5%E7%B7%A8_(2016%E5%B9%B4)
Related Posts

Related Posts

25 komentar

  1. Waah..ada2 aja ya ide ceritanya. Bisa nih menampar orang2 yang sampai melakukan hal APA SAJA -tak peduli baik atau buruk- demi cantik hehehe. Oh ya, aku pernah baca tjurhat seseorang di media sosial, entah real atau fake sih, yang pasti dia cerita gara2 cantik malah sering jadi kena bully atau sikap sinis dr orang-orang. Mungkin karena kesiala dia aja ya berada di circle orang2 yang sirik. Dalam banyak kasus, menjadi cantik itu malah dianggap menguntungkan sehingga banyak orang mau mengusahakan banyak hal demi tampil cantik.

    BalasHapus
  2. Asli ga bisa bayangin ketika kecantikan kena pajak, mau jadi cantik tapi mahal...mau gratis pajak, ogah muka jelek wkwkkwkw

    BalasHapus
  3. Ya ampuuun ada ada aja ya mosok beauty koq pake tax. Md2an ini cuma dlm film ya.

    BalasHapus
  4. Hwaaaa kalau di sini ada beauty tax bisa2 pada demo kali yhaa. Apa2 serba dipajekin wkwkkw. Tapi emang kaya di Korea gitu udah budayanya bisa ya oplas juga. Ini Aiko Kishima emang canteeek banget sii ya mukanya asian banget.

    BalasHapus
  5. Seru ini, dari judulnya aja bikik gemes, hehehe. Bolehlah nih ditonton sekalian belajar soal pajak, biar makin pintar keuangan. Kalo ada istilah razia orang cantikkita udah tahu hukumnya, hehehe

    BalasHapus
  6. Hahaha ada aaaa aja ide. Kecantikan dikenai pajak segala. Kalau cantik kayak kita kayaknya bakalan dikasih pajak berapa persen ya. Hehehhe. Tapi memang ya bener bagaimanapun kita harus mensyukuri keberkahan yang telah diberikan Allah

    BalasHapus
  7. Padahal cantik tuh debatable, ya. Tentu semua perempuan itu cantik. Tapi, kan, kita juga bisa bilang maba yang lebih cantik tanpa bermaksud menjatuhkan. Nah, serem banget kalau kemudian dipajakin. Semoga hanya di film aja deh yang kayak gini :D

    BalasHapus
  8. I never thought of that mba.. ternyata memang bisa jadi ide bagus untuk drama or film heheh. Lookes like a fun one to watch

    BalasHapus
  9. Kayaknya kalau hal ini dipraktekkan di negara kita bakalan banyak yang menjelekkan wajah. 🤣 Tax beauty, ada-ada aja nih ide pemerintahannya. Negara butuh uang, wanita berwajah cantik harus bayar pajak. Hihihi

    BalasHapus
  10. unik banget tema beauty tax ini. cantik pun kena pajak. ga kebayang deh ya kalo terjadi di Indonesia.
    kalo udah ngomongin standar kecantikan duniawi memang ga ada habisnya, rela miskin yang penting diakui sebagai yang tercantik hihi

    BalasHapus
  11. Ide beauty tax ini unik juga ya. Kalau di Korea pada operasi plastik untuk jadi cantik, bisa bisa kalau diberlakukan beauty tax jadi pada berlomba lomba operasi untuk jadi jelek hihihi

    BalasHapus
  12. Wah, unik banget ini ceritanya. Kalau kecantikan kudu dikenakan pajak, kebayang artis yang cakep kudu bayar banyak . Ada-ada aja ya. Berarti yang nggak cakep amanlah dompetnya, nggak usah terlalu ngeluarin uang buat bayar tax.

    BalasHapus
  13. Lucu ini ceritanya, cantik kena pajak, banyak juga duit negara hahah... asli ya susah juga kayak bayar parkir aja yang cantik dipalak hihi

    BalasHapus
  14. Padahal sekarang saja sudah ada "beauty is pain" kebayang kalau ditambahkan bayar pajak lagi untuk mempercantik diri. Aku jadi penasaran ini sama ceritanya, aku nonton drama Jepang baru beberapa saja.

    BalasHapus
  15. Wah ini dorama ya
    Menarik juga jalan ceritanya
    Aiko kok cantik banget gitu
    Jadi pengen nonton nih

    BalasHapus
  16. Yaaa padahal apa salahnya terlahir cantik hehe udah takdiiirr.
    Tapi bener emang setiap wilayah atau negara punya standar cantik sendiri. Aku jd keinget ada negara A liat cantik tu dilihat dari lehernya yang panjang, ada juga yang liat tengkuknya, atau kakinya. Jd gak melulus soal paras sih ya standarnya.

    BalasHapus
  17. Kalau di Indonesia standar kecantikan selain kulit mulus, cerah alami, putih ((bukan kuning langsat lagi..huhuh)) jadi kena pajak ya.. Tapi kayanya kecantikan orang Jepang ini alami sii.. kek hasil peranakan bule atau asli orang Jepang yang hidungnya mancung. Karena katanya Jerome, tinggi badan itu bukan keturunan. Nah, jadi orang Jepang sekarang tinggi semampai.

    BalasHapus
  18. kalau drakor beauty inside aku sudah nonton, kalau beauty tax ini belum xD lucu juga ya kecantikan dikenakan pajak, hihi.. untuk sebagian orang, kecantikan bisa juga berbanding lurus ya dengan kebahagiaan :D eh quote di atas ada benernya juga, "alasan kamu tidak bahagia sekarang adalah karena hatimu yang tumpul." :D

    BalasHapus
  19. Waduh bahaya klo di Indonesia ya kak. Jadi penasar juga mo noton filmnya.. Setuju banget nih dg kalimat yg ini Karena kecantikan sejati tidak hanya dilihat dari penampilan, tapi juga dari hati.

    BalasHapus
  20. Oh film pendek ya, jadi penasaran pengen nonton juga... Lucu dan menarik ceritanya... Engga kebayang deh kalau kejadian di Indonesia...

    BalasHapus
  21. pajak kecantikan, bisa aja yang buat film. Definisi cantik sendiri harus super jelas karena sifatnya subyektif, beda-beda tiap orang. Lha ini malah ingin paling cantik walau bayar pajak setinggi langit. Kalah deh pinjol.

    BalasHapus
  22. Ada aja idenya pembuat drama ini ya, wajah cantik pun di pajaki.
    Tapi emang bener sih, cantik/ganteng ini memberi banyak keuntungan tersendiri kalau di masyarakat kita, sering mudah dapat permaafan kalau misal melakukan kesalahan.

    BalasHapus
  23. Kok lucuu sih ide filmnya, ahaha. Tapi dalam rel life mah aneh juga ya kalau ada beauty tax ini 😅

    BalasHapus
  24. Ide ceritanya unik. Kalau ada kenyataan kayak gitu pasti banyak diprotes heuheu

    BalasHapus
  25. Menarik banget nih cerita doramanyaaaa.. kirain beneran loh.. hihi. Lucu juga kayanya ya kl ada beautytax gini, yg kena pajak berarti dah diakui kecantikannya yaaaa.. hihi

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!