6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Precious One, Karena Disabilitas Juga Berharga

Pernah terpikir enggak sih, kita yang normal kadang kesulitan cari kerja atau ini itu. Bagaimana dengan Disabilitas? Bagaimana kehidupan mereka setiap harinya?

    Kadang saat ada keperluan ke Kota Jepara, saya melihat salah seorang disabilitas yang berjualan pulsa. Saya sedikit penasaran, tapi sering sungkan untuk bertanya karena merasa tidak membantu apa-apa. Lalu kemudian, seorang Tetangga menikah dengan orang yang memiliki keterbatasan fisik. Awalnya saya sangat khawatir bagaimana kehidupannya nanti. Ternyata laki-laki itu Ketua Sahabat Difabel (Sadifa) Jepara. Ketika pernikahan atau acara lainnya, mereka berkumpul, saling mendukung. Sesolid itu kehidupan mereka. Kendaraannya juga lebih dari yang saya punya. Yah, sebenarnya saya sendiri yang harus dikasihani.

apa itu Precious One

    Kalau dibilang hak dan fasilitas Disabilitas di Jepara itu oke, sebenarnya tidak juga. Sekolah Luar Biasa hanya ada satu dan itu di tengah kota. Ada pembangunan trotoar dan dikasih tanda untuk disabilitas, tapi manusia normal lainnya sering menggunakan itu untuk parkir. Agak kesal saya sebenarnya. Padahal mereka juga Precious One, Yang Berharga untuk Orang Lain juga.

Bagaimana untuk pekerjaan?

    Kalau membaca dari SADIFA Jepara, komunitas mereka juga ada pemberdayaan, pendampingan, dan pemberian pelatihan, keterampilan, bantuan sarana dan prasarana penunjang kegiatan produksi UMKM, dan bantuan lainnya. Harapannya itu bisa membantu meningkatkan pendapatan mereka. Jadi enggak nganggur, tapi tetap produktif.

    Bicara tentang Disabilitas dan UMKM, saya jadi teringat Precious One. Ada yang tahu itu apa? Penasaran Bagaimana Precious One Berdiri?

Mengenal Precious One dan Program-programnya


bagaimana Precious One berdiri

    Jadi Precious One merupakan organisasi yang berfokus pada penguatan disabilitas, yang bertujuan agar mereka bisa nemuin potensi diri karena tiap manusia diciptakan dengan sebuah tujuan dan nilai. Organisasi ini punya misi untuk mengurangi pengangguran dan ciptain produk berkualitas hasil karya disabilitas. Kayanya keren banget ya? Kalau dilihat karya-karya mereka, memang sebagus itu sih. Mungkin sedikit tidak menyangka jika itu hasil tangan mereka.

    Sekarang memang terlihat sudah kokoh, tapi Bagaimana Precious One Berdiri punya cerita tersendiri. Dimulai di tahun 2001 saat Ratnawati Sutedjo, sang pendiri menderita penyakit hepatitis A yang cukup parah sampai tidak bisa bekerja atau melakukan apa-apa, merasa tidak berguna. Beliau terpikir bagaimana para Disabilitas yang secara fisik tidak sempurna. Akhirnya nazar itu muncul di mana jika Beliau sembuh maka akan terjun ke dunia mereka. 

    Tahun 2004, bermula dari curhatan Sahabat Tuli yang butuh pekerjaan, tapi selalu ditolak saat melamar, akhirnya membuat Ratnawati Sutedjo pun mendirikan Precious One juga membuat alat peraga untuk bantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar. Tujuan awalnya hanya agar mereka seperti orang lain, mendapat pekerjaan. Eh ternyata makin berkembang sampai sekarang. Salut banget deh!

    Program yang ada di Precious One juga banyak banget. Ada:


program yang ada di Precious One

  • BANGGA Karya Disabilitas, program pemberdayaan Pengusaha
  • I Can Do, jasa pengemasan sendok untuk kebutuhan rumah makan atau katering
  • Special Day for Special Children, bermain bersama ribuan anak-anak disabilitas
  • Everyone Can Be Superhero, Kerjasama dengan yayasan setempat menjual Boneka Hero yang hasilnya akan disalurkan untuk anak-anak yang membutuhkan seperti pengidap kanker dan penyakit langka
  • Disability Buddy, workshop edukatif dan interaktif tentang disabilitas
  • Digital Learning, aplikasi hasil kerja sama dengan platform Gnowbe. Ini adalah ajakan untuk menjadi #SahabatDisabilitas
  • IBAN (Indonesia Brand Activist Network), jaringan independen buat penggiat-penggiat brand lokal pertama di Indonesia yang berfungsi ngembangin & dukung perkembangan brand lokal di daerah

    Banyak banget kan? Yang paling asyik itu, Program yang ada di Precious One bukan hanya untuk Disabilitas, tapi non Disabilitas juga. Jadi yang dapat manfaatnya itu orang banyak. Betulan jadi sesuatu yang berharga kan?

    Oh iya, dalam ceritanya, Ratnawati Sutedjo juga nyebutin kalau Precious One ini kan hasilin banyak karya. Nah semua catatan bahan baku, produk, hasil penjualan, dan lainnya dilakukan secara manual. Kebayang enggak sih bagaimana ribetnya? Saya sendiri saja suka bingung, agak kurang telaten. Lalu pada akhirnya, mereka menggunakan Aplikasi iReap POS Lite di lima tahun ini untuk pencatatan penjualan dan sebagainya. Ho, ada yang tahu Kasir Toko apa ini?

Aplikasi iReap POS Lite, Sistem Kasir Gratis Untuk UMKM


aplikasi iReap POS Lite

        Aplikasi Kasir iReap POS Lite merupakan aplikasi yang dirancang dan dikembangkan buat bantu para Pengusaha dan UMKM mengatur dan jalanin operasional toko yang terdiri dari Point Of Sales atau Sistem Kasir, seperti transaksi penjualan, pengeluaran dan sistem yang mengelola data barang, Supplier, sampai Pelanggan. Saya pun penasaran dan akhirnya ikut ngunduh juga dong. Mungkin Kakak saya yang punya usaha akan cocok dengan ini.

    Buat saya, Aplikasi Kasir Toko Gratis iReap POS Lite ini oke karena saya bisa mencatat mulai dari hal-hal dasar dalam penjualan, stok, pembelian dan lainnya. Karena sudah tercatat, laporannya pun jelas. Mau perhari, penjualan terbanyak, transaksi apa pun bisa dilihat dengan jelas. Enggak perlu susah kalau mau lihat penjualan kita untung atau jumlah persediaan berapa.

    Aplikasi Kasir Gratis ini disupport banyak merk hardware untuk print struk penjualan, dengan printer Wifi atau Bluetooth. Di sini juga tersedia beberapa bahasa, bisa digunakan meski offline. Yang paling saya suka, bisa Backup & Restore data dari dan ke Google Drive. Betulan Point Of Sale yang mempermudah para pengusaha dan UMKM dalam melakukan pencatatan tiap transaksi.

    Kalau kalian ada usaha dan bingung soal pencatatannya, yuk segara coba Aplikasi Kasir iReap POS Lite ini. Precious One, organisasi besar sudah buktiin manfaatnya dalam mengelola keuangan toko mereka. Coba deh kalau tidak percaya.

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber Informasi dan Gambar:
https://precious-one.com/program/
https://www.ireappos.com/id/aplikasi-kasir-android-gratis-untuk-usaha-mikro-kecil-ireap-pos-lite.php
Related Posts

Related Posts

28 komentar

  1. Sekarang makin banyak organisasi, komunitas maupun pemerintah daerah yg semakin peduli dengan disabilitas agar dapat haknya sama seperti yg lain. Ada ireap bikin catatan gk ribet ya

    BalasHapus
  2. Salut sama Precious One dengan program-programnya. Ga diragukan lagi keberadaannya, dan makin bangga akan hasil karya disabilitas yang justru sangat dibutuhkan untuk keperluan bisnis para UMKM agar mempermudah proses transaksi. Sukses yaa!!

    BalasHapus
  3. Salut sama pendiri Precious One yang bisa membuat sekumpulan orang-orang disabilitas maupun non disabilitas bisa bersama2 ikhtiar mencari pekerjaan maupun kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Wah, Aplikasi Kasir Toko Gratis iReap POS Lite ini idealnya dimiliki bagi pengusaha UMKM dan bisnis2 lainnya. Praktis sekali ya so simple dan bikin semangat berwirausaha.

    BalasHapus
  4. Penasaran lho aku sama Precious One ini apalagi programnya banyak banget. Sampaia da worksho edukatif juga. Ternyata mereka juga menggunakan Aplikasi iReap POS yang cocok banget buat support UMKM. Bisa bantu mencatat mulai dari hal-hal dasar dalam penjualan, stok, pembelian. Keren dah.

    BalasHapus
  5. menarik sekali membaca artikel ini yang membasa giman Prescious One sangat mendukung teman-teman disabilitas dengan program yang luarbias menarik

    BalasHapus
  6. ada dua ibu yang sengaja memasukkan disabilitas sebagai karyawannya
    mereka bergerak di crafting, aku lupa sapa namanya, tapi salut banget sih sama pola pikirnya

    BalasHapus
  7. Sebenernya yang diperlukan kita itu memang cuma kesempatan yaa. Seneng banget baca mbak Ratna sebagai pendiri Precious One ini bisa memberi kesempatan bagi banyak penyandang disabilitas untuk berkarya dan membuktikan karyanya memang bagus dan layak dihargai.

    BalasHapus
  8. Senangnya jika Aplikasi Kasir iReap POS Lite bisa pelaku usaha dalam pencatatan keuangan, apalagi ada Precious One, organisasi besar sudah membuktikan manfaatnya dalam mengelola keuangan toko mereka. Btw, tentang Precious One, kakakku adalah relawan Juru Bahasa Isyarat dimana di keseharian membantu mendampingi para Sahabat Tuli khususnya menghadiri acara, mengurus surat", dll yang butuh bantuan agar mereka bisa paham. Dan memang kata dia potensi teman-teman disabilitas ini besar sekali.

    BalasHapus
  9. Terharu dengan membaca kisah Ibu Ratnawati mengapa akhirnya mendirikan Precious One. Memang sih di negara kita kaum teman-teman dengan kebutuan khusus belum secara layak mendapatkan kebutuhan tersebut dari publik. Mudah-mudahan dengan adanya Precious One semakin banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan terbantu ya. Amin

    BalasHapus
  10. Di tengah keterbatasan seorang disabilitas mereka pun sebenarnya layak diberi kesempatan yang sama dalam banyak hal seperti pendidikan atau mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuan mereka. Salut dengan Precious One bisa memberdayakan para disabilitas untuk berkarya

    BalasHapus
  11. Masya Allah... programnya bagus-bagus banget ya Previous One ini, apalagi bisa memberikan kesempatan bagi teman disabilitas ya. Jadi bisa membuka kesempatan juga untuk para pebisnis memberikan kesempatan yang lebih luas lagi untuk para teman disabilitas.

    BalasHapus
  12. dulu aku punya kakak angkat yang disabilitas, tuna rungu. Dia pintar batik, ibuku ajak tinggal di rumah. Alhamdulillah bisa mendapatkan penghasilan dari membatik loh. Kini ada organisasi menguatkan orang disabilitas seperti Prescious One ini keren, salut deh!

    BalasHapus
  13. iReap Post memudahkan pekerjaan meski hanya bisnis kecil2an di rumah yaa...semoga pemerintah peduli kepada.sodara disabilitas

    BalasHapus
  14. Keren banget nih Precious One. Jadi inget sama salah satu disabilitas Indonesia yang baru dapet golden buzzer dari Simon Cowell di AGT. Suaranya bagus banget dan jago bikin lagu yaaa. Walaupun ada satu kekurangan di tubuhnya, tapi ternyata kelebihannya lebih banyak dari 1 kekurangan tersebut ya maaak

    BalasHapus
  15. Butuh banget sistem pencatatan Keuangan atau pembukuan secara online kayak gini sebab sangat membantu
    Pembukuan yang baik akan membantu kita mengevaluasi bisnis dan membuat rencana target ke depannya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah Precious One sudah memfasilitasi teman-teman disabilitas untuk lebih berdaya, ya. Dan mereka juga sudah pakai Aplikasi Kasir Toko Gratis iReap POS Lite untuk pencatatan penjualannya. Kayaknya aku perlu download juga nih untuk pencatatan jualan kue pukisku. Biar catatannya makin rapi.

    BalasHapus
  17. Aku jd keinget si Putri yg viral itu, dia bilang baginya hidupnya skrng ya itu normal buat dir, krn sejak lahir emang gk bisa liat.
    Trus aku mikir ya iya yaaa.
    jd begitu jg keknya dgn tmn2 disabilitas, kyk merasa inil lho hidupku dan udah bersyukur dengan itu.
    Cuma kita org luar ngliatnya kyk sedih, padahal mereka lho hepi xixixi #imho.
    Suka banget sama Precious One ini bisa membuat teman2 disabilitas mandiri, percaya diri, serta mampu berjuang utk bisa berdaya yaa.

    BalasHapus
  18. Disabilitas itu berharga
    Mereka butuh kesempatan untuk bisa berkarya ya mbak
    Senang jika lihat ada pelaku bisnis yang memberikan kesempatan kepada para disabilitas

    BalasHapus
  19. Disabilitas sangat penting diberi ruang untuk mengaktualisasikan dirinya, disabilitas juga banyak yang memiliki potensi bahkan melampaui kita yang normal untuk itu memang butuh banget wadah untuk mengembangkan bakat mereka seperti precius one ini

    BalasHapus
  20. Mereka butuh wadah, semangat dan juga motivasi serta percaya diri tinggi meski mereka kadang malu malu banget untuk memulai

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah, ada Precious One yang menggagas dan memerhatikan sahabat disabilitas serta membantu bangkit dan terus berkarya, Dengan menggunakan aplikasi keuangan iReap POS Lite, maka usaha semakin maju dan berkembang.

    BalasHapus
  22. Salut sama Ibu Ratnawati Sutedjo, pendiri Precious One sudah peduli kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Syukurlah sekarang dunia digital semakin maju sehingga bisa melakukan aktivitas bisnis dengan mudah seperti Aplikasi Kasir Toko Gratis iReap POS Lite ini.

    BalasHapus
  23. Keren ya precious one program2nya banyak dan banyak bekerja sama dengan mitra. Jadi sasaran juga lebih luas. iReap ini memudahkan para umkm ya

    BalasHapus
  24. Masya Allah hebat nih masih ada komunitas yang peduli dengan disabilitas. Memangdi negeri ini fisik masih jadi prioritas dalam mencari kerja yaa.. padahal kalau orangnya punya skill bagus, kenapa nggak ya? bagus deh ada Precious One yang bisa ngerti soal itu

    BalasHapus
  25. salut banget ya buat mereka, teman-teman Disabilitas yang tetap selalu semangat dan solid dengan segala apa yang mereka punya. Precious One sudah menjadi tempat mereka saling dukung dan bekerja sama ya, salut dengan banyaknya kegiatan mereka.

    BalasHapus
  26. Dulu teman2 disabilitas masih banyak dikucilkan ya mba, minim kesempatan buat berkembang kini senang sekali saya tahu ada seperti Precious One yang merupakan organisasi yang berfokus pada penguatan disabilitas, bantu banget teman2 disabilitas nemuin potensi diri karena tiap manusia diciptakan dengan sebuah tujuan dan nilai. keren ini

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah sekarang para disabilitas juga memiliki peluang yang sama dengan yang lainnya. Mereka bisa sangat peoduktif juga sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget Mbk, aku salut dengan semangatnya Bu Ratnawati Sutedjo mendirikan Precious One ini, semoga teman-teman disabilitas semakin terbantu dalam mencari pekerjaan

      Hapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!