Explore the blog
Kamis, 15 September 2022

Bubur Mutiara Kreasi Resep Tiga Sapi Susu Evaporasi, Dijamin Enak!

Kamu suka masak? Oh, Tidak? Penasaran mau masak enak yang anti gagal? Yuk kumpul di sini!

Kata saya, memasak itu jadi skill dasar untuk bertahan hidup. Cukup makanan sederhana saja. Asal bisa merebus, menggoreng dan memakai pisau. Saya rasa, dengan 3 hal itu, kita pun bisa membuat makanan, Chef Amatiran. Nah kali ini, saya mau cerita soal Bubur Mutiara Kreasi Resep Tiga Sapi Susu Evaporasi, dijamin enak dan anti gagal. Eh, ada yang belum tahu Sagu mutiara itu seperti apa?

resep bubur sagu mutiara Tiga Sapi Susu Evaporasi

Mutiara di sini bukan batu permata dari moluska hidup ya. Mutiara terbuat dari tepung sagu yang sari patinya dipanaskan agar gelatin yang ada di dalamnya aktif. Setelah itu, dibentuk deh jadi bola-bola kecil, dikeringkan, dan dikemas supaya bisa disimpan dalam waktu yang lama. Biasanya berwarna putih, merah dan hijau. Kalau sudah dimasak, mereka akan jadi berwarna merah muda seperti telur ikan.

Sagu Mutiara ini bisa diolah dan digabung dengan berbagai jenis makanan. Dulu saya sering nemu Eskrim dengan Mutiara. Lalu ada Jentik manis, Mutiara Kukus dengan kelapa parut, dan yang paling mudah bikinnya adalah Bubur Mutiara.

resep sagu mutiara menggunakan Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Eh ngapain ya saya ngomongin Bubur Mutiara?

Jadi, hampir setiap hari Keponakan saya yang berusia 22 bulan itu beli bubur. Salah satu favoritnya adalah Bubur Mutiara. Kebetulan, Mbak Bakul sedang pergi umroh. Otomatis tidak ada yang mampir ke rumah. Di pasar, Adik Iparnya yang jualan, tapi tidak beli itu macam-macam bubur. Pas juga Keponakan sakit dan tidak mau makan nasi. Jadilah saya terpikir untuk bikin sendiri dengan versi yang lebih sehat. 

Kemarin saya mendapat informasi Challenge Cerita Tiga Sapi. Pas dong kalau saya membuat Kreasi resep Tiga Sapi Bubur Mutiara. Kenapa? Soalnya dijamin enak, mudah, murah, dan anti gagal. Jadi tidak buang waktu, energi dan bahan karena pasti berhasil serta semua orang suka. Wah, percaya diri sekali saya! Hahaha.

Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi Serta Resep Bubur Mutiara


Kreasi Resep Tiga Sapi Bubur Mutiara

Sebelum ngomongin Resep Bubur Sagu Mutiara, saya mau cerita dulu soal perkenalan saya dengan produk Indofood Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Awalnya, Keponakan saya yang besar suka beli Boba. Waktu itu saya lewat di salah satu tempat dan dia minta dibelikan. Saat bikin minuman Bubble Tea tersebut, Tiga Sapi Kental Manis ditambahkan sebagai toping. Eh rasanya kok enak juga. Ketika lihat di Indomaret, sekaleng ukuran 490 gram harganya 12.000 rupiah. Ini sih Lebih Praktis dan Ekonomis ya.

Tiga Sapi Kental Manis itu tetap terbuat dari susu sapi segar bergizi. Lalu ditambah gula murni, ekstra kalsium, Vitamin A, B1 dan D3. Semua dihomogenisasi dengan sistem pengolahan modern. Itulah kenapa kandungan nutrisinya baik untuk pertumbuhan, kesehatan dan juga pemeliharaan tubuh. Kita bisa menambahkan Tiga Sapi Kental Manis ini pada Es Buah, Es Teh, Es Kelapa Muda, dan lain sebagainya. 

Selain Tiga Sapi Kental Manis, ada juga Tiga Sapi Susu Evaporasi. Ini susu evaporasi pertama di Indonesia yang pakai kemasan kotak. Diproses secara higienis dan jadi susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air sehingga memperoleh kepekatan tertentu. Kandungan di dalamnya ada Lemak, Protein, Karbohidrat, Kalsium, Natrium, Fosfor dan lainnya. Makanya rasa creamy-nya itu pas, pasti gurih lezat, dan lebih sehat.

Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi


Kenapa? Soalnya Tiga Sapi ini diproses tanpa gula tambahan dan rendah lemak. Makanya bisa jadi sumber energi yang baik bagi tubuh karena protein dan kalorinya tinggi. Produk ini cocok sebagai bahan masakan atau campuran minuman kaya Roti, Cake, Puding, Rendang, Soto Ayam, atau dessert. Tiga Sapi Susu Evaporasi juga bisa digunakan sebagai pengganti santan lho. Karena kemasannya kotak, maka mudah ditutup lagi. Mana Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. 500 gram harganya 15 ribuan saja. Asyik kan?

Kreasi Resep Tiga Sapi Bubur Mutiara


Karena sudah tahu Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis, hayuk langsung saja kita bikin Bubur Mutiara enak, gampang anti gagal. Bahannya hemat dan pasti jadi. Tidak perlu buang waktu, ini dia bahannya dan cara membuatnya:

Bahan:

cara membuat bubur mutiara tanpa santan

  • 600 ml Air putih
  • 100 gr Sagu Mutiara
  • 75 gr Gula Putih (Bisa ditambah sesuai selera)
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1 lembar Daun Pandan
  • 200 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi (Bisa ditambah Tiga Sapi Kental Manis juga sesuai selera) 

Cara membuat Bubur Mutiara tanpa santan Kreasi resep Tiga Sapi:


  • Rebus air dan Daun Pandan sampai mendidih
  • Masukkan Sagu Mutiara, masak selama 5 menit lalu matikan api
  • Tutup rapat dan diamkan Sagu Mutiara selama 30 menit
  • Masak Sagu Mutiara dengan menambahkan Gula Putih dan Garam, aduk-aduk. Masak selama 7 menit dan matikan api
  • Tutup rapat Sagu Mutiara dan diamkan sampai dingin
  • Sagu Mutiara bisa langsung disajikan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan. Ditambah Tiga Sapi Kental Manis juga lebih enak

Bagaimana Kreasi resep Tiga Sapi Bubur Mutiara ini? Mudah bukan? Iya, dong. Bahannya hemat, enak anti gagal dan semua suka. Kemarin beli Sagu mutiara 250 gram dengan harga 7 ribu saja. Masaknya pun versi hemat gas karena pakai metode 5-30-7 dari Fah Umi Yasmin. Hasilnya, Mutiara tidak hancur dan matang sempurna.

Challenge Cerita Tiga Sapi


Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Oh iya, sebelum membuat Kreasi resep Tiga Sapi Bubur Mutiara saya sudah ngasih info bahwa ada kompetisi foto Cerita Tiga Sapi, periode 9 - 30 September 2022 di Official Instagram Tiga Sapi. Total hadiah Rp 5.000.000 saldo OVO/Gopay dan paket spesial dari Tiga Sapi. Makin mantap karena tiap minggu bakal dipilih 4 Pemenang Favorit yang dapat saldo e-wallet sebesar 250 ribu rupiah. Caranya pun mudah lho. Ini dia:
  • Follow akun instagram @lezatnyatigasapi dan like fanspage Tiga Sapi di Facebook
  • Unggah masakan kamu berserta resepnya dengan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • Tag @lezatnyatigasapi dan 3 teman dengan hashtag #ceritatigasapi
  • Pastikan akunmu tidak diprivate ya!

Itu dia tips buat Bubur Mutiara enak dan super lembut hemat gas metode 5 30 7 dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Dijamin anti gagal bahkan untuk yang kurang pro dalam hal masak memasak seperti saya. Enggak rugi bandar karena pakai Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis, hehehe. Ramadan nanti, bisa deh berbuka dengan yang manis dari kreasi sendiri. 

Challenge Cerita Tiga Sapi Instagram


Kalian sendiri bagaimana? Mau coba bikin Bubur Mutiara juga? Atau punya Kreasi Resep Tiga Sapi yang lain? Share di kolom komentar ya siapa tahu bisa saya recook di rumah. Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

duniaeni.com mengatakan...

Duh, ini bubur kesukaan aku, Ji. Apalagi kalau santannya asli, eh ini pakai susu ini enak ya. Jadi pengen bikin

Larasatinesa mengatakan...

Super duper simple bahannya. Ibuku juga di rumah sering nyetok skm tiga sapi karena emang banyakan kalau bikin kue pakai itu. Pengen juga coba bikin di rumah. Kayaknya sekalian ikut challenge aja deh hihi.

unggulcenter mengatakan...

Belakangan SKM Tiga Sapi ini sering banget kuliat dimana-mana, terutama warung-warung. Menggeser SKM cap enak di kelas bawah susu bendera ya. Sukses terus tiga sapi krn terbukti menjadi pilihan banyak UMKM

Farida Pane mengatakan...

Suka banget sama bubur mutiara. Kalau pakai tiga sapi susu evaporasi pasti lebih nendang nih

Dian farida ismyama mengatakan...

Aku nyari sagu mutiara di minimarket dekat rumah ga nemu2 mbak. Apa beli online aka ya. Enak kayaknya dan mudah buatnya nih

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

waduhhh ini makanan waktu aku kecil. nenek suka ngebuatin. Seperti terlempar ke kenangan masa lampau dan aku jadi kengen buat. Sepertinya menyenangkan sekali untuk dibuat dan dicoba dirumah

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Kok pas banget anakku lagi pengen dibuatin bubur mutiara. Jadi kayaknya bakalan cobain resep mba Jiah ini. Resepnya mudah dibuat dan pastinya eunaak

Andiyani Achmad mengatakan...

mamahku suka sekali bubur mutiara begini, biasanya beli di pasar suka ada. Kalo sekarang gak tau deh masih ada gak ya di pasar

Nurul Sufitri mengatakan...

Udah lama banget aku ga makan bubur mutiara hihihi. Asyik juga ya praktis membuatnya sendiri. Apalagi ada Tiga Sapi kental manis, nikmatnya makin wow dong ya. Ada susu evaporasinya juga nih jadi ga pusing nyari santannya.

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Aku juga doyan makan bubur mutiara, ternyata bikin sendiri lebih simple dan terjamin kebersihannya yaaah. Makin seger apalagi dicampur dengan Tiga Sapi Kental manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi, makin mantab deh

Dian Restu Agustina mengatakan...

Ini bubur kesukaanku...belum pernah coba pakai produk Tiga Sapi untuk bubur mutiara. Pencin coba, penasaran, pasti mantap rasanya. Noted untuk versi hemat gas pakai metode 5-30-7 yang hasilnya mutiara tidak hancur dan matang sempurna.

Katerina mengatakan...

Mbak, ponakanmu sama kayak aku, doyan bubur mutiara. Aku pernah makan bubur mutiara enak itu di sebuah RM Padang di Jakarta sana. Kayaknya ga ada yang nandingi enaknya :D

Mestinya bikin aja ya kalau mau sering. Bikinnya juga ternyata ga sulit. Keliatannya memang anti gagal. Yang penting gunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan kental manisnya biar makin enak ya mbak.

lendyagassi mengatakan...

Kudu banget ikutan challenge Cerita Tiga Sapi.
karena menu sederhana bisa tetap menginspirasi seperti masakan Jiah yang terinspirasi dari keponakan tersayang. Bubur mutiara yang lezat dan anti gagal, siap disantap!

Lidha Maul mengatakan...

simpel, kaya rasa dan mudah dibuat juga. Walau belum pakai Tiga Sapi buat bubur mutiara, tapi sepertinya benar-benar menggugah selera

Shiva mengatakan...

Ini kesukaan anakku bubur mutiara, selama ini bikin pakai santan aja, wah karena ada produk susu tiga sapi jadi penasaran juga mau bikin bubur mutiaranya.. makasih resepnya

Gusti yeni mengatakan...

Bubur mutiara kesukaan suami. Aneka bubur dia sukaa, boleh dicoba resepnya nih selama ini beli jadiii heheje emak males ribet. Susu evaporasi cap tiga sapi pasti endeusss

Nathalia DP mengatakan...

Enak banget nih, bikinnya juga gampang ya... Cuma saya masih belum bisa nih masak sagu mutiranya... Pakai cara 5-30-7 pun engga ngaruh, huhu...

Dee_Arif mengatakan...

Anak anakku suka banget sama bubur mutiara ini
Aku mau coba bikin ah
Bubur mutiara pakai susu evaporasi cap tiga sapi ini

Tian lustiana mengatakan...

Bubur mutiara favorite suami saya nih, catet ah resepnya. Makasih loh sharingnya mak

Eri Udiyawati mengatakan...

Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini bisa buat apa saja ya. Bubur mutiara pun rasanya jadi makin enak, manis dan ada gurih-gurihnya.

Sri Widiyastuti mengatakan...

kayak mudah buat bubur mutiara yaa, tapi aku tuh sering banget gagal buatnya heuheu jadi aku keep dulu deh resepnya. siapa tahu nanti butuh cara membuat bubur mutiara lagi. makasih mba Ji.

Lia Yuliani mengatakan...

Bubur sagu mutiara pasti makin lezat ama Susu Evaporasi dan susu kental manis dari Susu Tiga Sapi. Kebayang Lezatnya bubur mutiara. Anak saya pasti suka nih bubur mutiara Kaya gini. Next time bikin ah, jadi keidean buat juga di rumah

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

Looks soooo yum.

Aku mupemg bikin juga mbaaa
Bahan2nya gampil didapetin yaa.

Asiik asiikkk

lendyagassi mengatakan...

Jia rajin sekali..
Demi keponakan, jadi berkreasi membuat camilan yang disukai yaa.. Ada Tiga Susu Evaporasi dan SUsu Kental Manis, maka semua bahan bisa segera diwujudkan menjadi cemilan lezat bikinan Jiah aunty.

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Jadi kangen makan bubur mutiara. Dulu pas kecil suka banget makan bubur mutiara ini. Setelah jadi emak emak malah jarang bahkan belum pernah bikin buat anakku

Helenamantra mengatakan...

jadi ingat masa kecil kalau makan bubur mutiara sebelum ada boba-boba kek zaman sekarang
bisa dibilang mutiara hwang kuee ini mbahnya boba
btw, makasih resepnya ya mbak :)

Diah Kusumastuti mengatakan...

Wah.. terlihat enak sekali bubur mutiaranya. Kapan-kapan perlu banget nih dicoba, pake Tiga Sapi yaa.. :)
Btw aku suka foto terakhir. Bayangin aku di situ trus kita pesta kebun, Jiah.. hihihi.

Faradila Putri mengatakan...

Ahh enak banget nih keliatannya 😍 Pengen deh coba bikin juga di rumah. Apalagi Bogor klo siang lagi panas banget, cocok untuk ngadem~

Antung apriana mengatakan...

kalau aku bubur mutiara ini biasanya dicampur ke es buah sih. tapi kalau dibikin bubur dengan campuran susu evaporasi pastinya juga nggak kalah nikmat yaa

Nurul Sufitri mengatakan...

Duuuh, udah lama aku ga menikmati bubur mutiara nih. Ternyata kita bisa membuatnya sendiri dengan praktis ya. Ga usah pakai santan seperti biasa. Gunakan Tiga Sapi susu evaporasi aja sebagai penggantinya. Untuk kental manisnya juga pakai merk Tiga Sapi. Kudu lekas dibuat nih, anak2 pasti suka dan ketagihan.

Okti Li mengatakan...

Bubur mutiara favorit keluarga. Apalagi suami suka banget tuh. Kalau ga ada santan ternyata bisa dengan susu evaporasi ya. Saya mau coba nih terimakasih resepnya...

fanny_dcatqueen mengatakan...

Mau cobain ntr resep sagu mutiaranya mbaaaa 😍😍. Dari macem2 bubur, aku paling suka bubur mutiara. Soalnya selain warna yg cantik, teksturnya itu loh, kenyal2 enak. Ga terlalu lembek. Makanya aku sukaaa.

Tapi selama ini cuma seringnya beli aja mba, itupun hanya pas puasa 🤣.

Jadi kepikiran mau bikin sendiri.

Kalo ttg susu tiga sapi, aku akhirnya beli juga, trus cobain salah satu resep temen yg bikin gulai. Itu enaaaak memang. Ga pake santan, apalagi aku kan mau ngurangin banget yg namanya santan.

Enakny lagi , pakai susu ini sebagai pengganti santan, masakan jadi ga cepet basi. 👍

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Lalu aku kepikiran kalau ini beneran dari mutiara hidup itu, hehehheee... Bubur mutiara ini salah satu cemilan kesukana juga, tapi selama ini aku belum pernah bikin sendiri lebih seringnya beli. Nanti bisa coba nih di rumah sekalian nyobain susunya Tiga Sapi itu ya.

Ika Puspitasari mengatakan...

Waktu kecil, aku punya kenangan sama bubur mutiara. Tiap puasa ibu selalu kasih aku uang buat beli takjil yang aku pengen, trus aku beli bubur mutiara. Tiap hari pasti beli bubur mutiara, Aahh, jadi pengen bikin juga deh Ji

Andy Hardiyanti mengatakan...

Wuahh..Tiga Sapi Evaporasinya tersedia dalam kemasan kotak siap tuang gitu ya. Jadi lebih gampang tuangnya. Bukanya pun gampang. Tapi saya belum lihat di toko sekitar rumah, hmm..belum sampai sini mungkin ya? huhuhu

Utie Adnu mengatakan...

Akupun pakai mba... Tiga Sapi Susu Evaporasi tapi belum coba nih buat bubur mutiara, mudah lagi buatnya ya...

lendyagassi mengatakan...

Mencoba memasak yang seger-seger ini bagus banget idenya, Ji..
Aku jadi pengen juga nih, siang-siang bikin Kreasi Resep Tiga Sapi Bubur Mutiara dan dinikmati bersama keluarga di weekend ceria.

Lisdha mengatakan...

wah bener2 simple nih. Kayaknya bisa masuk list resep antigagal. Kebetulan aku masih punya stok mutiara di dapur, tinggal cari tiga sapi di kandang....eh di toko hihihi. Thanks resepnya Jiah...

Indah Nuria Savitri mengatakan...

bubur mutiara ini memang lumayan jadi favorit kalau disediakan di rumah.. selalu suka makannya asalkan ngga terlalu manis mba

Nanik nara mengatakan...

Lihat butiran sagu mutiara ini jadi ingat jaman SD dulu, pas jaman praktek masak di sekolah, bikin bubur mutiara. Dan setelah itu, nggak pernah bikin lagi, tapi kalau menikmati sih sering.

Ternyata bisa ya bikin bubur mutiaranya nggak usah pakai santan, bisa diganti susu evaporasi Tiga sapi. Saya kok belum pernah tahu sebelumnya ada tiga sapi susu evaporasi, ntar kalau pas ke supermarket mau cari cari ah

Erny Note mengatakan...

Aku punya simpanan mutiara dan agar-agar. Mau ahh bikin bubur mutiara dengan susu Tiga Sapi. Penasaran soalnya produk ini wira-wiri di timeline ku. Pasti jadi nikmat ya kalau pake sisi evaporasi ini. Thx mba infonya

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Huhuhu udah lama banget gak makan bubur ini. Gak tau belinya dimana kalau di tempatku. Dulu sering dibikinin pas masih kecil. Eh ternyata mudah jg ya bikiinnya bubur mutiara

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!