Explore the blog
Jumat, 16 September 2022

Seperti Cenayang

Hai, September! Sudah lama saya tidak ngomongin drama atau film. Ada yang rindu. Well, kali ini saya mau cerita hal sederhana dulu untuk pemanasan.

Beberapa waktu lalu, saya merasa bahwa YouTube itu Seperti Cenayang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, cenayang bisa diartikan sebagai dukun atau pawang yang dapat berhubungan dengan makhluk halus. Namun yang terjadi sekarang adalah semacam kecerdasan buatan.

cenayang

Sebelumnya, saya iseng nonton film China berjudul Fall in Love at First Kiss. Niatnya mau nonton saja, dibawa santai karena mungkin belum ada mood untuk mengulas. Ternyata, movie satu ini merupakan remake dari Itazura na Kiss, salah satu anime yang hampir semua versi lainnya sudah saya tonton. Seperti Playful Kiss Korea yang dibintangi oleh Jung So Min dan Kim Hyun Joong di tahun 2010.

Setelah nonton ini, saat buka YouTube, rekomendasi tentang Mischievous Kiss versi Korea langsung bermunculan. Ditambah lagi saat itu saya sedang nonton Alchemy of Souls. Kenapa rasanya tepat sekali ya?

Ternyata, rekomendasi YouTube itu memang membaca pikiran dan minat user. Pengujian, pembelajaran terus dilakukan. Semua jelas pakai sistem. Semua data dikumpulkan mulai dari histori penelusuran dan tonton sampai apa yang kita subscribe sehingga memunculkan apa yang mungkin kita sukai.

Sebelumnya, saya memang nonton para pemain Alchemy of Souls di YouTube Netflix dan The Swoon. Niatnya memang mau lihat mereka lebih dekat karena biasanya ada permainan atau pembahasan karakter dari drama terbaru mereka. Itulah kenapa akhirnya drama lama Jung So Min muncul.

rekomendasi youtube

Gara-gara itu, akhirnya saya nonton potongan-potongan drama Playful Kiss. Ternyata lucu dan masih bisa bikin saya tertawa meski sudah tayang sekitar 12 tahun lalu. Ini memang jadi salah satu romcom jadul favorit seperti Princess Hours juga.

Karena semua itu, akhirnya saya terpikir untuk nonton lagi drama jadul yang belum saya ulas di sini. Ya daripada pusing sama drama baru kan? Hehehe. Eh tapi ini hanya pikiran random, entah akan terealisasi atau tidak. Lha niat bikin ulasan tiap bulan saja jatuhnya hangat-hangat tahi ayam. Semangatnya di awal doang. Payah memang.

Ya begitulah cerita acak yang berpikir bahwa YouTube itu Seperti Cenayang. Semoga setelah ini saya bisa lebih semangat dan konsisten dalam mengulas drama, film dan tulisan lainnya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

fanny_dcatqueen mengatakan...

Semua yg under google rata2 memang bisa membaca minat para users mba 😄. Aku kemarin sedang browsing alamat kampusku di Penang, Krn mau bikin Visa salah satu negara yg diminta alamat sekolah dan kampus.

Eh abis itu, langsung diserbu Ama semua iklan study abroad 🤣. Dikira aku mau sekolah lagi kali 😅

Tapi ada bagusnya sih, kalo memang butuh informasinya, jadi lebih cepet dapat banyak referensi ya mba

Irawati Hamid mengatakan...

beberapa saat lalu saya juga nonton drama-drama lama. salah satu yang saya tonton itu lie to me, tapi belum tamat sih, baru episode 11

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!