Explore the blog
Sabtu, 05 September 2020

Review Film Korea Birthday

Bismillaahirrahmaanirrahiim....
Apa yang kalian pikirkan tentang ulang tahun? Sering merayakannya? Bagaimana kalau perayaan ulang tahun untuk seseorang yang sudah meninggal?

Annyeong hasimnikka! Saya kembali! Hem..., mari tarik napas dulu. Nekat banget saya karena memilih mereview film Korea Birthday padahal sudah terlalu lama libur mengulas. Film ini agak memengaruhi psikologis. Saya yang tidak mengalaminya saja ikut terpukul. Bagaimanapun, yang hidup tetap harus melanjutkan hidup.

birthday movie berdasarkan tragedi tenggelamnya kapal sewol

Jung-Il baru saja pulang dari Vietnam. Dia selalu dihantui rasa bersalah karena tidak menemani istrinya Soon-Nam ketika putranya Su-Ho meninggal dalam tragedi tenggelamnya kapal MV Sewol. Soon-Nam sangat merindukan putranya begitu juga Jung-Il. Mereka tak lagi bicara setelah peristiwa itu. 

Suatu ketika Lee Young Joon seorang direktur yang membantu para korban datang untuk menyampaikan bahwa mereka akan membuat perayaan untuk ulang tahun Su-Ho. Jung-Il setuju karena berpikir dia tidak pernah melakukan banyak hal untuk putranya. Tapi tidak dengan Soon-Nam. Ada luka yang terus menganga dan belum bisa disembuhkan. Bagaimana mereka akan mengatasi luka itu? Apakah ulang tahun akan tetap dirayakan?


Movie: Birthday
Revised romanization: Saengil
Hangul: 생일
Director: Lee Jong-Eon
Writer: Lee Jong-Eon
Producer: Kim Soon-Mo, Lee Chang-Dong, Lee Joon-Dong, Lee Dong-Ha
Cinematographer: Jo Yong-Kyu
Release Date: April 3, 2019
Runtime: 120 min.
Genre: Drama/Sewol Ferry Disaster/Parenting
Distributor: Next Entertainment World
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Sol Kyung-Gu - Jung-Il
Jeon Do-Yeon - Soon-Nam
Kim Bo-Min - Ye-Sol
Yoon Chan-Young - Su-Ho
Kim Soo-Jin - Woo-Chan's mother
Sung Yoo-Bin - Sung-Joon
Tang Joon-Sang - Woo-Chan
Choi Hyun-Jin - Su-Ho (young)
Lee Bong-Ryun - Jung-Sook
Park Jong-Hwan - Young-Joon
Kwon So-Hyun - Eun-Bin
Kim Kye-Sun - Hyung-Woo's mother
Sun Wook-Hyun - Hyung-Woo's father
Kim Hyun - Gun-Jae's mother
Shin Mun-Sung - Gun-Jae's father
Yoon-Young - Jong-Hyun's mother
Shin Yun-Seob - Jong-Hyun's father
Shin Mi-Young - Chang-Hoon's mother
So Hee-Jung - Seok-Won's mother
Hong Sung-Duk - Woo-Chan's father
Son Bo-Seung - Jae-Hyun
Jeong Jong-Jun - uncle from father's side
Kim Choo-Wol - aunt from father's side
Shin Dong-Ryuk - younger sister's husband
Kim Min-Jae - Immigration Service Officer 1 (cameo)
Park Kyung-Geun - Immigration Service Officer 2
Seo Suk-Kyu - Immigration Service Officer 3
Kim Wang-Do - Immigration Service Officer 4
Jo Si-Nae - Bo-Im's mother
Park Mi-Hyun - mart counter employee 1
Kang Chan-Yang - mart counter employee 2
Yoo Ji-Hyun - mart kid's mother
An Da-Jung - field assistant teacher 1
Ok Joo-Ri - mother 2 whose child died
Jung Hyun-Suk - interviewer 2
Bang Jae-Ho - birthday party boy 2
Lee Sang-Hong - Sinking of MV Sewol truth department 3
Kim Su-Yeon - girl 2

 

Review Korean Movie Saeng-il


birthday korean movie

Beberapa hari terakhir sempat viral video di TikTok tentang Tenggelamnya Kapal Sewol tahun 2014. Karena bukan pengguna, jadi saya tidak begitu tahu kehebohannya. Tapi kemudian di Twitter, Mbak April Hamsa memention dan nanya apakah saya sudah nonton filmnya atau belum. Saya jawab belum karena dulu sempat mengikuti berita itu. Agak cemen, takut enggak kuat jika nonton yang berbau tragedi nyata.

Lalu Keponakan saya yang sekarang jadi Army, tiba-tiba memutar lagu Spring Day BTS. Dia bahkan menyanyikannya di kamar mandi. Saya tahu lagu BTS itu yang ceria atau menghentak seperti Boy With Luv, ON atau yang terbaru Dynamite. Kenapa lagu Spring Day ini mellow dan menyayat ya? 

Saya pun mencari MV, dan juga lirik lagu yang kurang lebih artinya tentang kerinduan pada teman. Banyak yang berteori bahwa lagu ini didedikasikan untuk para korban Kapal Feri Sewol. Ah, betulan momen yang pas. Mungkin saya memang harus menonton filmnya.

www.koreatimesus.com

Kapal Feri MW Sewol membawa 476 penumpang dan tenggelam pada pagi hari tanggal 16 April 2014, dalam rute dari Incheon ke Jeju di Korea Selatan. Ada lebih dari 300 korban yang rata-rata adalah siswa dari SMA Danwon yang akan melakukan study tour. Banyak yang menyayangkan atas lambannya pertolongan yang datang. Apalagi dari kru kapal mengatakan bahwa mereka harus tetap berada di tempat padahal kapal mulai miring. Yang lebih parah, Kapten dan Kru kapal malah menyelamatkan diri terlebih dahulu meninggalkan para korban yang masih terjebak hingga akhirnya banyak yang meninggal, dan kedinginan. Hanya satu Kru saja yang membantu dan akhirnya dia juga jadi korban. Sampai sekarang, tragedi ini masih sangat menjadi misteri. 

Sebenarnya ada beberapa film yang diangkat dari tragedi Kapal Feri MW Sewol seperti:

  • The Truth Shall Not Sink with Sewol (2014)
  • Sewol - Paused in Time (2017)
  • After The Sewol (2017)
  • In The Absence (2018)
  • Intention (2018)
  • After Diving Bell (2018)
  • Birthday 생일 (2019) 

Sekilas saya lihat banyak yang berjenis film dokumenter. Dan entah mengapa saya akhirnya pilih film Saeng-il. Tidak ada alasan khusus. Feeling saja sebenarnya. 

Korean Movie Saengil


film korea birthday

Mengambil waktu dua tahun setelah insiden tenggelamnya kapal feri Sewol. Diceritakan bahwa Jung-Il dan Soon-Nam merupakan pasangan yang sudah menikah tapi telah berhenti berbicara setelah putranya jadi salah satu korban yang meninggal dalam tragedi itu. Mereka juga punya seorang putri bernama Ye-Sol. Saking lamanya tidak bertemu, Ye-Sol bahkan lupa wajah Ayahnya.


Jung-Il merasa bersalah karena tidak ada dan tidak menemani istrinya saat putranya meninggal. Soon-Nam sendiri merasa marah, rindu dan terpukul. Ketika suaminya datang, Soon-Nam juga mengajukan perceraian tapi ditolak. 

Direktur Lee yang membantu para korban berencana untuk membuat perayaan ulang tahun Su-Ho karena Ayahnya sudah pulang. Tapi Soon-Nam menolak dan menganggap itu hanya pesta bahkan ketika mereka masih sangat berduka.


Perdebatan-perdebatan muncul bahkan Soon-Nam menuduh Jung-Il pulang karena uang kompensasi. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah Jung-Il tidak bisa pulang sebab sedang dalam penjara akibat kasus kecelakaan yang terjadi di tempat kerjanya di Vietnam. 

Jika film lain dari tragedi kapal feri Sewol memberikan kemungkinan teori-teori yang terjadi bahkan kebobrokan Pemerintahan Korea saat itu, maka di film Birthday ini mengambil sisi dari orangtua yang menjadi korban meninggal dan juga korban yang hidup. Yang meninggal ya sudah meninggal. Tapi mereka yang hidup juga amat sangat kesulitan.

Tak ada yang bisa menggambarkan kesedihan ketika Orangtua kehilangan Anak untuk selamanya
korean movie birthday

Dari sisi Soon-Nam sebagai Ibu, dia depresi bahkan sering berbicara sendiri seolah putranya masih ada. Lalu dari sudut pandang Ye-Sol, adik Su-Ho itu tidak bisa masuk ke dalam air. Sementara Jung-Il ayahnya, yang biasanya lebih tenang ternyata menyimpan luka dan bisa sangat emosional. Dia bercerita bahwa setiap hari Su-Ho mendatanginya agar segera pulang, menjaga Ibu dan Adiknya. Bahkan yang selamat juga tak luput dari cibiran tentang betapa beruntungnya mereka. Padahal tidak ada yang mau mengalami kejadian itu. Mereka juga mengalami trauma juga ketakutan.


Perayaan ulang tahun Su-Ho menjadi salah satu momen yang emosional. Banyak yang datang untuk mengenangnya. Mereka berkumpul untuk bergandengan tangan dan saling menguatkan. Bahkan salah korban selamat mengatakan bahwa saat itu Su-Ho membantunya untuk naik perahu. Diketahui Su-Ho juga melepas Life Jacket untuk temannya. 

Selama dua jam nonton Korean Movie Saeng-il ini saya benar-benar ikut merasakan kesedihan bahkan depresi atas kejadian tersebut. Saya menangis berkali-kali karena hanya itu yang bisa saya rasakan. Hati saya seolah diremas-remas. Saya yang bukan anggota keluarga saja sesedih ini. Bagaimana dengan mereka?


Mereka masih muda. Masa depan mereka masih panjang, harusnya. Tapi mereka berakhir seperti itu. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana takutnya mereka saat menyadari bahwa mereka tidak akan selamat. 

Terima kasih karena telah membuat film yang luar biasa ini. Terima kasih untuk para pemeran yang sangat baik dalam menyampaikan semua emosi. Beberapa saya tahu aktingnya seperti Yoon Chan-Young pemeran Su-Ho pernah main di Still 17. Lalu Kim Bo-Min pemeran Ye-Sol di Chocolate. Kim Soo-Jin, si Ahjumma samping rumah di drama Hot Stove League. Tang Joon-Sang pemeran Woo-Chan di drama Crash Landing on You. Dan saya baru ngeh kalau Jeon Do-Yeon pemeran Soon-Nam itu jadi Best Actress di 56th BaekSang Arts Awards.


Doa saya, semoga segera ada keadilan untuk semua korban. Korban meninggal mendapat kedamaian di sana. Dan untuk yang ditinggalkan, semoga mereka kuat dan tetap bertahan untuk melanjutkan hidup serta berdampingan dengan kenangan mereka yang meninggal, bahkan merangkul masa lalu yang menyakitkan. Kami akan selalu mengingat kejadian ini.

Meski saat nonton ini saya sedih dan ikut depresi, tapi saya sangat merekomendasikan film Korea Saeng-il ini. Kalian harus nonton dan jangan lupa siapkan tisu. Saya akhiri review film Korea Birthday sampai di sini. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber info dan gambar: AsianWiki, HanCinema

Whould you like to comment?

  1. Sedih bangeeeettt :(
    Duh kalo nonton pilem ini, kudu nyetok tisu yg banyak nih.
    Bakalan mewek kejer sepanjang nonton pilem

    BalasHapus
  2. Duh dari baca review ini aja, jadi ngebayangin tragedi yang terjadi saat itu. Pasti sedih sekali keluarga yang ditinggalkan. Jadi pengin nonton filmnya, harus siapin hati dulu nih + tissue ya.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka rada menghindari film sedih yang berpotensi mengusik ketentraman jiwa sih Jiaaah, suka beneran kepikiran soalnya huhu.

    Emang tragedi Sewol ini bikin sedih banget, aku bahkan gak tega baca2 beritanya lho

    BalasHapus
  4. Wowwwww, film ini mau saya tonton, tapi belom sempat-sempat, semoga nanti malam bisa saya tonton.
    Btw itu lakon ceweknya, aktingnya bagus banget ya, saya liat aktingnya di Way Back Home kalau nggak salah, bikin mewek pokoknya, totalitas banget kalau akting :)

    BalasHapus
  5. Aku sempet liat video di tiktoknya, nah pernah denger diangkat ke cerita film
    Noted. Untuk next tontonan

    BalasHapus
  6. Yang mencibir begitu tega, ya. Sayangnya di dunia nyata pun memang ada yang kayak gitu

    BalasHapus
  7. Duh kebayang sedihnya nih..aku paling males nonton yg sedih2 hehe..

    BalasHapus
  8. wah ada rekomendasi film nih, mau ahh nanti nonton. Kebetulan lagi senang nonton drama nih

    BalasHapus
  9. Baru kemarin anak saya bercerita tentang tenggelamnya kapal ini. Rasanya ngeri membayangkan kejadian tahun 2014 itu. Dan pastinya meninggalkan luka yang dalam bagi keluarga korban. Sepertinya saya masih ragu untuk nonton filmnya. Pasti ikut baper :(

    BalasHapus
  10. Sedih banget.... kebayang rasa kehilangan yang dirasakan Soon Nam dan suaminya 😭

    Sayangnya akhir-akhir ini aku takut mau nonton film/drakor yang menguras emosi..

    BalasHapus
  11. Aku sempat mendengar beritanya waktu itu banyak anak sekolah yang jadi korban. Ini bukan seri ya JIah, nonton ah tapi siap-siap keluar air mata deh. Itu endingnya gimana bersatu lagi gak Soon-Nam& Jung-Il ?
    Ini di keluargaku ada beberapa orang yang mengalami kehilangan anaknya, kebanyakan anak tunggal & mereka berpesan jangan punya anak cuma satu nanti kalau hilang habis semua. Sedih pastinya ya film ini

    BalasHapus
  12. Ya Allah sedihnya. Jadi pingin nonton filmnya. Justru saya senang film yang diangkat dari kisah nyata atau tragedi. Feelnya dapat banget. Makasih reviewnya. Lengkap sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk dalam daftar film yg bakal ditonton nih 👍 tapi busui nonton sedih sedih, ntar aja dah hehe

      Hapus
  13. Ahhh, ceritanya itu loh yang bikin jleb, menyedihkan. Selalu seru kalo diangkat dari tragedi nyata.
    Nah,nonton film kadang iku terbawa suasana, sebisa mungkin kita tidak "buy story" aplaagi kalo terus baper dalam kehidupan sehari2 yang bikin depresi nantiinya.

    BalasHapus
  14. Huwaaa, eh gk tau kenapa ini aku jadi merinding ini baca reviewnya sambil mbayangin pilemnya mbak. AKu juga beluim nonton samsek kok. Ternyata banyak juga ya drama/ film yang terinspirasi dari tragedi itu T.T

    BalasHapus
  15. Aku inget tragedi kapal ini dari youtube channelnya Hansol.
    itu merinding banget...
    Jadi bingung, sebenarnya apa yang dipikirkan oleh Pemerintah Korea saat itu?

    BalasHapus
  16. Ya ampun kebayang mbak kalau kehilangan anggota keluarga apalagi anak itu sangat menyedihkan ya. Jadi pengen nonton film korea ini.

    BalasHapus
  17. Ada satu lagu lagi oleh idol Korea yang fans KPop banyak berteori kalau lagu itu tentang tragedi Sewol. Coba mampir ke MVnya Red Velvet yang One of These Nights Mbak. Suara mereka juga bagus dan lagunya menyentuh.

    BalasHapus
  18. Aku yakin tak akan sanggup Nonton filmnya haha nggak akan kuat, gampang sedih dan takut aku mbak

    BalasHapus
  19. nggak gitu suka nonton film korea karena jarang yang mengena aja sih menurutku

    BalasHapus
  20. Tak ada yang bisa menggambarkan kesedihan ketika Orangtua kehilangan Anak untuk selamanya
    Iya bener banget Mba
    Kapan hari ada sodara saya yg anaknya meninggal, pedih bangettt

    BalasHapus
  21. beneran harus nyiapin tissu yang banyak sih kalau nonton ini :(

    BalasHapus
  22. kalo aku yang nonton pasti mewek sepanjang malam nih mbak, sedih banget deh ceritanya :(

    BalasHapus
  23. Kreatif banget bisa memotret momen kehilangan anak bagi orangtua. Memang kepedihan tersendiri pas kehilangan orang tersayang apalagi sewaktu hidup orang terkasih itu belum kita hargai betul-betul. Penyesalan akan kehilangan beneran jadi duka dan luka. Film Korea selalu recommended. Bikin penasaran :)

    BalasHapus
  24. awalnya kirain pengalamanmu mbak ... hehe, hebat juga pembukanya. tapi aku perlu usaha yg kuat utk bisa nonton drakor, blm ketemu feel nya. mungkin suatu saat

    BalasHapus
  25. ya Allah miris banget baca awalnya mbak, ultah buat yg sdh meninggal, ga bs bayangin 😭

    BalasHapus
  26. Jujur tuk drama Korea saya lebih suka cerita yang ringan-ringan aja. Barusan baca reviewnya kayaknya ceritanya sedih banget ya. Ku tak sanggup membayangkan dan menontonnya hiks

    BalasHapus
  27. Film Korea emang paling piawai mengolah drama
    Dalem banget
    Kisah biasa bisa bikin penonton sedih atau sebaliknya tertawa terbahak bahak

    BalasHapus
  28. Merayakan ulang tahun untuk yang sudah Meninggal itu Sweet banget si menurutku,
    Mengingat yang sudah meninggal saja sudah cukup bagus, nah ini merayakan hari lahirnya 🤗

    BalasHapus
  29. Benar kata orang kalau anak kehilangan orang tua itu masih ada sebutannya, misal anak kehilangan ayah disebut yatim, kehilangan ibu disebut piatu. Kalau dua-duanya berarti yatim piatu. Nah kalau orang tua yang kehilangan anak itu tak bisa disebutkan ungkapannya karena memang tak terlukiskan...

    BalasHapus
  30. Kayaknya aku harus nonton nih. Tapi, sbenarnya, aku agak senctv kalau film sedih.

    BalasHapus
  31. wah bisa nih masuk referensi kalau nanti sudah mulai ndrakor, hahaha. Aku seneng kalau dapat referensi film yg mewek2, pas utk bersihin mata, hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Mandaa...
      Ajakin aku nonton bareng yaa...nanti kita sesenggukan bareng.

      Hapus
  32. Akhirnya bisa kelar baca juga blogpostnya kak.. Gegara aku baca pula komen2 di atas, jadi kepoin dikit tentang tragedi kapal itu. Perfilman Korea emang oke dah kalo urusan menguras emosi, sedia tisu sebelum muter film nih hehehe

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman