6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Dolunay Turkish Drama

Apa yang kamu pikirkan tentang Bulan Purnama? Terang benderang? Pasang surut air laut? Atau ada moonstruck - kegilaan lainnya?

    Merhaba! Banyak orang yang berasumsi bahwa Full Moon punya efek yang besar untuk Bumi dan makhluk hidup, kesehatan fisik dan mental manusia. Ada yang benar, tapi banyak juga yang hanya mitos belaka. Serigala melolong saat bulan purnama? Ah itu mungkin tidak ada. Well, kali ini saya akan membahas bulan penuh lainnya dalam Dolunay Turkish Drama, Bitter Sweet Cinta.

review dolunay turkish drama

    Ferit Aslan, pengusaha muda, sukses dan tampan yang disiplin dalam segala hal. Dia selalu ingin rumahnya rapi, terorganisir, tanpa ada barang yang berpindah dari tempatnya. Karena kerewelannya ini, tak banyak pegawai, petugas kebersihan maupun koki yang tahan bekerja di rumahnya.

    Suatu ketika, Nazmiye "Nazlı" seorang mahasiswi Gastronomi dan Kuliner mendapat tawaran bekerja paruh waktu untuk Ferit. Nazlı bercita-cita jadi koki sukses dan mengelola restorannya sendiri, tapi kini terjebak jadi koki pribadi demi memenuhi kebutuhan hidupnya di Istanbul serta menjaga Adiknya, Asuman yang banyak tingkah.

    Nazlı harus mengikuti aturan yang ditetapkan Ferit, tapi dia tak tahan dan menaruh banyak catatan karena hanya diizinkan berada di dapur. Awalnya laki-laki itu marah, tapi kemudian jatuh cinta dengan apa yang dimasak Nazlı. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya saat mereka akhirnya bertatap muka secara nyata?

dolunay

Original Title: Dolunay
English Title: Full Moon
Also Known As: Bitter Sweet
Genre: Romance, Comedy
Episodes: 26
Running time: 120 minutes
Broadcast Network: Star Tv
Broadcast Period: July 4, 2017 – December 31, 2017
Production Company: No Dokuz
Director: Cagri Bayrak
Screen Writer: Aysen Gunsu Teker and Fikret Bekler
Original Country: Turkey
Original language: Turkish
Cast:
Can Yaman as Ferit Aslan
Özge Gürel as Nazmiye "Nazlı" Pınar
Hakan Kurtas as Deniz Kaya
Necip Memili as Hakan Önder
Alara Bozbey as Demet Kaya Önder
Oznur Serceler as Fatoş Yalçın
Ä°layda AkdoÄŸan as Asuman Pinar
Türkü Turan as Alya
Balamir Emren as Engin
Berk Yaygin as Tarik
Alihan Türkdemir as Bulut Kaya
Yeşim Gül Aksar as Leman Aslan
Irmak Ãœnal as Zeynep Aslan Kaya
Mert Yavuzcan as Demir Kaya
Özlem Türay as İkbal
Ayumi Takano as Manami
Emre Kentmenoglu as Bekir
Minel Üstüner as Pelin

Dolunay Review


dolunay review

    Saya tahu Drama Turki Dolunay ini sudah agak lama. Saat itu sempat cari informasinya dan cukup tertarik untuk nonton. Hanya saja di OTT tidak ada. Jadilah semua berlalu begitu saja. Hingga Ramadan kemarin, saya terpikat lagi buat lihat DraTur. Melewatkan Yali Capkini, beberapa waktu lalu nyicip Full Moon. Maunya 1-3 episode saja. Eh malah keterusan. Ya sudah sekalian ditamatkan dan buat ulasannya.

    Sinopsis Dolunay bercerita tentang pengusaha muda Ferit Aslan yang jatuh cinta dengan koki pribadi di rumahnya, Nazmiye "Nazlı" Pınar. Karena perbedaan karakter, mereka sering bertengkar. Hingga akhirnya mereka menikah demi mendapatkan hak asuh Bulut, keponakan Ferit. Singkatnya sih begitu ya.

    Saya sungguh tidak menduga mereka akhirnya menikah. Jadi sebelum He Qiaoyan Unforgettable Love atau Aldebaran Ikatan Cinta, ternyata sudah ada Om-om tampan, lajang yang mau menikah sama cewek yang disukai keponakannya. Ya, Ferit Aslan dari Turki. Apakah ini drama lain dari pernikahan kontrak ala Timur Tengah?

sinopsis dolunay

    Meski saya sempat mencari informasi tentang Dolunay, tapi itu hanya ulasan singkat dan bahkan saya melupakannya saat mulai nonton. Saya pikir, Ferit akan jatuh cinta pada Nazli lewat catatan-catatan yang ada di dapur. Di awal, mereka ceritanya tidak pernah bertemu karena aturannya begitu. Dia koki dan hanya diizinkan berada di dapur.

    Jam kerja Nazli itu sekitar pukul 12.00-17.00 di mana saat itu Ferit berada di kantor. Kemudian petugas kebersihan dipecat dan Nazli menawarkan diri sehingga waktu kerjanya lebih panjang. Gadis itu berpikir bahwa Bosnya adalah Kakek Tua sementara Ferit berpikir Nazmiye adalah Bibi paruh baya. Episode pertama mereka langsung ketemu dong. Meski tidak disiplin, Ferit enggak mecat Nazli karena suka dengan masakannya. Di sana juga, Nazli akhirnya bertemu Bulut dan akrab dengan anak laki-laki itu. Namun karena Ferit salah paham dan menyinggung Nazli setelah bertemu di acara persahabatan Turki-Jepang, perempuan itu memutuskan untuk resign.


    Setelah mengundurkan diri ini, kabar buruk muncul di mana orang tua Bulut meninggal dalam kecelakaan mobil. Anak itu juga berada di lokasi dan trauma. Dia tidak mau makan dan marah-marah. Hingga Nazli datang dan akhirnya mau makan serta menangis. Ferit pun berpikir untuk mempekerjakan Nazli kembali sementara waktu demi kesembuhan keponakannya. Masalahnya, Demet dan Hakan mengajukan diri untuk mengasuh Bulut.

    Saya jelaskan sedikit garis hubungan mereka. Keluarga Kaya dan Aslan merupakan rekan kerja dan membangun perusahaan bersama. Otomatis anak-anak mereka juga dekat dan mungkin jarak usia tidak terlalu jauh. Zeynep dan Ferit itu saudara. Demir, Demet, dan Deniz saudara kandung. Demir dan Zeynep menikah, lahir lah Bulut.

    Setelah Ferit putus dari Pelin, mantannya, dia ditunangkan dengan Demet, tapi kemudian batal. Saya pikir itu hanya pernikahan politik karena Ferit sudah tidak percaya dengan perempuan. Demet kemudian menikah dengan Hakan, tapi tidak direstui keluarga. Mereka diusir dan bertahun-tahun tidak saling berhubungan. Dalam berbisnis, Ferit dan Hakan selalu bersaing.


    Setelah Demir dan Zeynep meninggal, Demet terang-terangan datang dan mau mengasuh Bulut. Selain karena hubungan darah, warisan saham yang ditinggalkan jelas menggoda Hakan untuk memilikinya. Di sini karena keduanya menikah, suami istri, maka kedudukannya lebih kuat dibanding Ferit yang lajang. Menurut Hakim, mereka bisa memberikan kasih sayang keluarga untuk Bulut.

    Ferit tentu saja tidak tinggal diam. Dia ingin memenangkan hak asuh Bulut. Dia mencari celah agar bisa mengalahkan Hakan. Namun Hakan juga punya banyak bukti, termasuk foto Ferit dan Nazli atau bersama wanita lain. Yang paling utama, ada foto dokumen tentang Demir yang memberikan saham pada Demet. Itu memperkuat sehingga Bulut pun resmi diasuh Demet dan Hakan.

drama turki dolunay

    Masalahnya, foto tentang saham itu diambil Asuman saat mengunjungi Nazli di rumah Ferit dan dijual ke Demet. Nazli marah dengan perbuatan adiknya, tapi tidak bisa jujur pada Ferit. Lalu mereka malah jatuh cinta, tapi karena kasus foto tersebut, Nazli tidak bisa menerima Ferit.

    Tidak tahan, Nazli resign lagi, tapi sama Ferit akhirnya dikasih lihat perjanjian kerja mereka dan ada penalti jika mengundurkan diri. Deniz yang memang sejak awal suka Nazli marah banget sama Ferit dan menganggap laki-laki itu mengendalikan segalanya, semaunya. Karena hal tersebut, dihadapan Nazli, Ferit merobek perjanjian kerja dan membebaskan gadis itu.


    Bersamaan dengan itu, Manami Guru kursus Bahasa Jepang Nazli mengajaknya untuk membuka restoran. Meski awalnya terseok-seok karena pinjaman, akhirnya Nazli mendapatkan uang dari Ayahnya. Mereka pun bersiap membuka usaha, hal yang memang Nazli impikan sejak lama. Yang tidak gadis itu sangka, Ferit juga jadi bagian pemegang saham terbesar di restorannya.

    Dengan itulah mereka akhirnya dekat kembali. Dan tentu saja hal ini amat tidak disukai Deniz. Dia yang tahu bahwa Asuman adalah orang yang memberikan foto, akhirnya mengirim bukti itu pada Ferit. Laki-laki itu jelas marah pada Nazli karena alasan itulah dia kehilangan Bulut.

nonton drama turki dolunay

    Menempuh jalan terakhir untuk mendapatkan hak asuh Bulut, Ferit meminta Nazli untuk menikahinya. Meski awalnya berat, gadis itu akhirnya setuju demi rasa cinta dan tanggung jawabnya atas perbuatan Asuman. Pertanyaannya, kenapa Nazli? Apakah mereka akan berhasil mengambil Bulut? Lalu apa yang akan terjadi pada hubungan mereka? Cari tahu selengkapnya dengan Nonton Drama Turki Dolunay.

Full Moon Drama


Hati-hati dengan bulan purnama. Hal-hal yang tidak terduga mungkin saja terjadi
full moon drama turki

    Sejak memutuskan Nonton Dolunay, saya termasuk yang tidak ambil pusing dengan ceritanya yang mau dibawa ke mana. Masalah di drama Full Moon ini bukan yang berat dan macam-macam. Hanya perebutan hak asuh anak agar bisa mendapatkan perusahaan PUSULA - Kompas. Dan tentu saja alasan dibalik dendam kesumat Hakan pada Ferit.

    Untuk mencapai itu, tentu saja banyak hal buruk terjadi termasuk kecelakaan tak biasa Demir dan Zeynep. Demi menutup ini, Hakan melakukan berbagai upaya, sampai membunuh saksi dan pelaku bahkan menjebak Ferit agar bisa terusir dari perusahaan atau memanfaatkan Pelin agar memecah hubungan laki-laki itu dan Nazli yang baru menikah.


    Yang saya suka dari Full Moon ini, meski orang-orang dewasa bermusuhan, melakukan hal-hal kotor dan mungkin kejam, tapi mereka ini mencintai Bulut dan menjaga anak laki-laki itu tetap aman. Saya terbiasa dengan drama sinetron atau lainnya di mana anak yang jadi objek perebutan akan menderita, entah diculik atau apa. Seperti Person Who Gives Happiness misalnya.

    Buat saya cukup mengejutkan, bahkan Hakan yang jahat pun bisa mengobrol dan bermain dengan Bulut. Ya karena dia sebenarnya suka juga dengan anak kecil, ingin punya anak yang sayangnya Demet tidak siap, mungkin masih menaruh rasa pada Ferit. Ini juga jadi alasan kenapa Hakan sangat ingin Ferit menderita, kehilangan apa saja yang dia punya.

Bitter Sweet - Dolunay Full Moon


Jika dia mencintaimu, dia akan melakukan apa pun untuk menemukanmu

bitter sweet drama

    Bagian yang membuat saya tertarik untuk nonton Dolunay 2017 Turkish Series tentu saja kisah cintanya. Namanya juga komedi romantis ya, genre favorit saya. Ceritanya mungkin klise dan tentu saja bukan hal baru buat saya. Namun entah mengapa, saya suka saja melihat mereka. Kemistrinya, aduh bikin saya ikut jatuh cinta.

    Full Moon Drama Turki ini nikah bohongan, tapi bukan yang pura-pura juga. Mereka ini sudah tertarik satu sama lain sebelum memutuskan untuk menikah. Jadi bukan nikah kontrak kaya Full House, Because this is My First LifeOnce We Get MarriedOusama ni Sasagu Kusuriyubi dan lainnya. Intinya sih, sebelum dan sesudah menikah, telah tumbuh cinta di dalamnya.

    Selain terhalang kasus Bulut, perjalanan cinta mereka enggak lancar karena adanya Deniz. Dia Omnya Bulut juga, musisi dan masih sangat dicintai mantannya, Alya. Sejak awal, entah mengapa saya kurang suka dengan Deniz. Mungkin sama seperti Nazli, saya hanya melihat ketampanan Ferit, hahaha.

dolunay sub indo

    Sebenarnya tidak sukanya itu lebih ke karakternya. Menurut saya, Deniz ini abu-abu. Dia baik, tapi ada sisi jahatnya juga. Dia melakukan apa yang dia suka, mungkin menguntungkan dirinya. Agak egois gitu. Makanya sama Demet, dia dinasihati agar lebih dewasa. Sifatnya yang plin plan itu membuat orang terluka.

    Beda sama Ferit. Dia perfeksionis, disiplin, logis karena memang seorang pengusaha. Awalnya dia tidak terlalu percaya pada perempuan karena luka di masa lalu. Ketemu Nazli yang sifatnya bertolak belakang dengan dirinya. Dipikirnya Nazli ini berbeda dengan gadis lainnya, Pelin dan Leman Aslan maksudnya. Jadi seperti ada warna di hidupnya gitu. 

Sejak hari pertama kamu datang ke rumah ini, kamu telah mewarnai rumah ini dengan catatan yang kamu tinggalkan. Ini seperti kamu menyentuh duniaku dengan kuas berisi cat. Nazli, tapi yang terpenting adalah, selama sisa hidupku, aku akan menjadi kekasih sejati dan suami yang hebat. Cinta dan keindahan di hatimu mempercantik setiap tempat, setiap sentuhan dan ini terus berkembang


    Sebenarnya barangkali saya kelewatan, tidak tahu kenapa judulnya Dolunay yang dalam bahasa Turki artinya Bulan Purnama. Ini mungkin mengacu pada Horoskop Nazli yang dibaca FatoÅŸ untuk berhati-hati dengan Bulan Penuh, hal-hal tak terduga bisa terjadi di mana saat itu dia bersama Ferit. Salah paham pula karena dianggap mencari suami kaya meski pada akhirnya dapat juga, hahaha.

    Lebih mendalam, saya memaknai Nazli ini seperti Full Moon. Dia memberikan cahaya di kehidupan Ferit yang gelap. Judul lain, Bitter Sweet atau Pahit Manis, ini mungkin gambaran dari hubungan mereka yang naik turun. Dari yang awalnya komunikasi dengan notes, ketemu, ngobrol, bahkan sampai menikah.

    Suka saat Nazli memutuskan pergi dari rumah dan berakhir di Iznik, sebuah kota kuno Wilayah Bursa, Turki. Karena sangat bersejarah, kota ini seperti museum dengan banyak wisata populer, alam yang indah dan tentu saja pertanian yang subur.


    Di Iznik, Nazli dan Ferit bisa dibilang memperbaiki hubungan, saling mengungkapkan cinta satu sama lain. Hal yang selama ini selalu mereka khawatirkan, pernikahan palsu yang benar-benar menjadi nyata. Sayangnya memang tidak banyak tempat yang dieksplor. Mungkin karena awalnya itu buat kabur, bukan bulan madu. Jadi mereka hanya pergi memanen buah zaitun dan ke hutan untuk mencari jamur dan Kastanya.

    Lagi masa indah karena sudah saling mengaku cinta, eh Nazli malah diancam Hakan dan diminta untuk bercerai. Ferit enggak habis pikir dan akhirnya setuju untuk mengajukan gugatan. Untungnya sama Hakim diminta ke Family Therapists. Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists) merupakan profesional kesehatan mental untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan terkait hubungan interpersonal seperti pasangan-pasangan sedang bersiap untuk menikah, mereka yang berjuang dengan hubungan anak-orang tua mereka, atau keluarga-keluarga yang perlu meningkatkan cara mereka berkomunikasi satu sama lain.

dolunay ending

    Sama seperti kasus rumah tangga di drama lainnya, di Turkish Drama ini masalah mereka ya komunikasi. Orang menikah ya kudu ngobrol, tidak menyimpan rahasia. Terapisnya sampai pusing lihat mereka berdebat. Itu baru bahas soal pinjaman Nazli pada rentenir. Padahal saya suka banget saat mereka ngobrol mode normal. Ferit benar-benar menatap Nazli yang banyak bicara. Lalu bagaimana Dolunay Ending?

Bulan Purnama


bulan purnama drama turki

    Tentu bisa ditebak. Romance comedy pasti berakhir bahagia meski ya menurut saya nanggung di episode terakhir, bahkan mungkin bisa dibuat adegan lain yang lebih bermakna. Misalnya dengan memperlihatkan Hakan dan Demet, couple in crime yang berada di penjara, membayar perbuatan jahat mereka.

    Atau jika mau versi manis, bisa dengan perjalanan Nazli dan Ferit ke Antakya untuk mendapatkan restu orang tua. Soalnya waktu Ayahnya Nazli ketemu Ferit di Istanbul, mereka ini ngobrolnya soal bisnis restoran. Mana si Bapak malah akrab sana Deniz dan berpikir laki-laki itu yang disukai putrinya. Waktu izin nikah, mereka juga jujur kalau itu semua demi hak asuh Bulut.

full moon drama

    Bisa juga dengan adegan di mana Nazli lulus dari kuliah S2-nya. Bawa Toga dengan perut buncit atau baby new born, kayanya bakal lucu. Meski sejujurnya saya tidak tahu apakah di Turki ada perayaan kelulusan seperti di Indonesia atau tidak. Mungkin ini bisa jadi ide untuk Dolunay Season 2 yang tak mungkin terwujud. Soalnya drama ini saja sudah 7 tahun lalu. Eh tapi enggak papa ya soalnya Petualangan Sherina muncul lanjutannya setelah dua puluh tahun. Mungkin saja habis baca ulasan Full Moon dari saya, penulis jadi terinspirasi lagi, hehehe.

    Meski begitu, saya tetap merasa senang bisa tahu dan nonton drama ini. Ceritanya memang bukan hal baru, tapi cukup menyenangkan buat saya yang pertama kali benar-benar menyelesaikan Drama Turki. Cerita sampingan, kisah cinta Fatos - Tarik - Manami - Engin atau Alya - Deniz - Asuman, saya enggak akan bahas. Keberadaan mereka penting, tapi kisah cintanya tidak terlalu berpengaruh dengan Ferit dan Nazli. Jadi ya sudahlah. Yang jelas, meski banyak kurangnya, terima kasih untuk orang-orang yang sudah membuat Dolunay Sub Indo sehingga saya bisa mereview Full Moon Drama.

dolunay pemeran

    Untuk Dolunay Pemeran, saya sudah tahu akting Özge Gürel as Nazmiye "Nazlı" Pınar. Karakternya 11-12 kaya Oyku Kiraz Mevsimi, perempuan mandiri, keras kepala, dan punya mimpi. Sementara Can Yaman as Ferit Aslan, ini pertama kalinya saya melihatnya. Enggak punya perbandingan sih, tapi lumayan oke meski cukup sering dia mencereng, menatap curiga dan penuh tanya. Yang jelas, saya sangat suka kemistri mereka. Pantas sih kalau akhirnya mereka jadi pasangan lagi di Drama Turki Bay Yanlis. Maaf ya Serkan ÇayoÄŸlu. Istrimu memang secantik dan sebagus itu aktingnya.

    Pemain Full Moon lainnya, akting mereka cukup oke. Mungkin favorit semua orang adalah Alihan Türkdemir as Bulut Kaya. Betulan pintar dan bagus. Matanya itu lho cakep dan menggemaskan. Bagian jengkel-jengkelnya, pemeran pendukung sangat bisa mengaduk emosi saya.

drama bulan purnama subtitle indonesia

    Secara keseluruhan, Dolunay Turkish Drama cukup oke untuk ditonton. Cuma kalau disuruh mengulang semua episode, saya pas dan mending cari drama baru. Makanya ini langsung dibuat ulasannya biar tidak lupa jalan ceritanya. Habisnya Drama Turki itu satu episode bisa 2 jam lebih. Kara Sevda saja saya menulis hanya first impression, bukan review. Betulan butuh upaya, waktu dan tenaga kalau mau nonton. 

    Jika kalian penasaran dan mau icip-icip sedikit, bisa searching di Youtube dengan kata kunci Bulan Purnama Subtitle Indonesia. Ini ada beberapa episode awal. Namun kalau mau keseluruhan, kuncinya Nonton Full Moon All Episodes English Subtitle. Sub Indo semua episode, bisa japri saya. Nanti saya kasih tahu channelnya.

ulasan drama turki dolunay

    Menjadi perempuan mandiri itu wajib. Namun setelah menikah, jangan simpan rahasia, berdiskusilah karena dia adalah pasanganmu yang akan selalu mendukung dan menemanimu dalam suka duka. Seumur hidup itu lama dan akan terasa mudah saat kita saling bicara.

    Sekian dulu ulasan Drama Turki Dolunay dari saya. Ada yang sudah nonton? Jika iya, coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Dolunay_(TV_series)
https://www.startv.com.tr/dizi/dolunay
Related Posts

Related Posts

20 komentar

  1. Mikirnya wolf jiah hihihi, ingetnya film Twillight sih. Wah tumben aku baru baca review drama Turki di sini.
    Wah ternyata ada udang di balik batu ya kenapa mau mengasuh Bulut. Aku pecinta spiler jadi pasti baca endingnya baru nonton :)

    BalasHapus
  2. Seru bacanya . Kisah jatuh cinta dengan chef .ini pasti karena makanan enak . Drama turki bisa ngalahin Drakor nih.apalagi pemain juga ganteng ganteng

    BalasHapus
  3. Aku pecinta drama turki mbak. Paling bagus menurut aku itu sol yanim judulnya. Jadi cowok anak orang kaya sama cewek anak yg dulunya kaya trus bangkrut bapaknya jadi miskin tapi akhirnya jatuh cinta.

    BalasHapus
  4. Eh jadi bisa ditonton di Yotube nih? OTW japri ahh. Aku tuh lamaa gak nonton drama Turki. Ceritanya menarik nih apalagi aktor dan aktrisnya good looking semua.

    BalasHapus
  5. Udah lama daku gak nonton drama Turki. Kangen sama kisahny yng unik. Termasuk ini, walau udah lama tayang tapi seru jalan ceritanya buat disimak

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah nonton drama Turki tapi ada temanku juga memang suka nonton drama Turki. Bahkan dia lebih tertarik nonton drama Turki karena alasannya karena lebih suka dengan pemandangan di Turki.

    BalasHapus
  7. Sayangnya dram turki belum masuk tv nasional. Baru ada Drakor dan india .semoga ada ya

    BalasHapus
  8. Ada drama turki. Ceritanya bagus ya. Doluney. Mbak, mau dong dibisiki dimana bisa nonton drama turki. Setiap bolumnya durasi berapa lama?

    BalasHapus
  9. drama turki ternyata seru juga ya. nggak jauh beda dari drama korea. tapi bingung nontonnya di mana yg legal? hahaa

    BalasHapus
  10. Jiaaa...
    1 eps-nya kaya movie yaa.. Aku betah juga kalo jalan ceritanya enakeuun..
    Namanya mudah sekali dihapal karena hanya 1 kata.

    Dari sinopsis Dolunay, aku jadi inget drakor "Pasta"
    Meski gak sama plek, hihihi.. tapi marah-marahnya si cowo ini bikin gemecc gitu kalik yaah...

    BalasHapus
  11. Rasanya mendapatkan penyegaran nih setelah beberapa banyak baca review tayangan drama Korea atau drama China dan Jepang kini muncul drama Turki

    Ceritanya memang bukan hal baru, tapi cukup menyenangkan buat saya yang pertama kali baca review kisah Drama Turki Dolunay ini.

    BalasHapus
  12. Wah sudah lama gak nonton drama Turki semenjak Elif, pengen nonton lagi nih, drama Turki kebudayaannya sedikit ada kesamaan dengan kita di Indonesia, agama dan budaya patriarki

    BalasHapus
  13. Belum pernah aku nonton Drakis ..drama turki gini....jadi penasaran sama akhirnya Full Moon drama turki Dolunay ini...biasa memang ya yg tadinya nikah bohongan karesa sering bertemu akhirnya jadi jatuh cinta beneran

    BalasHapus
  14. Wah, menarik juga ceritanya. Sekarang emang banyak drama Turki yang menarik untuk ditonton ya mbak
    Pemainnya juga cakep cakep

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah nonton drama Turki sama sekali lho. Anyway kalau lihat cuplikan drama Turki, yang terlintas di kepalaku adalah semua pemainnya ganteng dan cantik. Oya, salah satu nama tokohnya sama dengan nama anakku nih Deniz. Kalau dibandingkan sama drama korea atau drama cina, jalan ceritanya lebih lebay yang mana mak?

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah nonton drama Turki. Biasanya nonton drama china dan drama.korea. Tapi Dolunay ini bisa jadi drama Turki pertama yang aku tonton nanti:))

    BalasHapus
  17. Nazli cantik bgt dan muda. Ferit ganteng tipeku gitu. Haha. Seru ya kisah mereka ala2 telenovela gitu ga sih? Ada sekuelnya seru juga. Apalagi Turki itu mau di Bursa, di Istanbul semuanya cantik

    BalasHapus
  18. hmm, setuju banget sih, pernikahan (rumah tangga) itu kuncinya ya komunikasi, kalau gak saling terbuka ya lu gua end dah :(
    ceritanya kompleks ya tapi menarik nih.

    BalasHapus
  19. Drama Turki kalau ditonton menurutku menarik juga sih, karena aku pernah ngikutin dan settingnya suka banget, di pedesaan gitu. Makanannya aku amati kayaknya enak banget deh, dan mereka itu hobby sarapan bersama keluarga

    BalasHapus
  20. ya ampun kupikir pas baca judul ini review donat turki ternyata dolunay dan ini drama. jujur aku belum pernah nonton drama turki secara penuh sih tapi pastinya menarik juga nih drama ini diikuti

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!