6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Tren Ibadah Umroh Saat Ini

"Lho, Nduk. Kok sudah pulang sekolah?"
"Ada yang mau umroh"
"Siapa?"
"Ya orang,"

Heh, ya iyalah orang. Kadang-kadang itu bocah ya. Well ternyata yang umroh itu tetangga RT sebelah yang merupakan keluarga Guru. Mereka pergi berenam yang terdiri dari Ibu, Bapak, dan dua anak serta menantu-menantunya. Berhubung ada anak-anak yang ditinggal, jadi dibagi-bagi deh mereka di rumah Mbahnya dan keluarga lain. Di kampung saya, ibadah umroh saat ini memang sedang tren.

umroh

Dulu orang di kampung saat punya uang dan tabungan itu maunya langsung daftar dan berangkat haji saja. Haji kan sekali seumur hidup wajib untuk yang mampu. Jadi jika sudah dilaksanakan, rukun Islamnya sudah lengkap. Kalau hanya pergi umroh, rasanya nanggung dan mungkin mikirnya hanya untuk yang punya uang lebih saja.

Beda dulu, beda sekarang. Sejak pandemi, pengurangan kuota, sampai daftar tunggu haji di Indonesia yang semakin lama, orang pun akhirnya banyak yang memilih untuk melakukan ibadah umroh saja. Ziarah ke Makkah, InsyaAllah berkah. Jika suatu saat ada panggilan untuk haji, pasti ada jalannya.

Umroh itu bisa disebut sebagai haji kecil. Jika haji harus dilaksanakan di bulan Dzulhijjah dengan lokasi Makkah dan Madinah, maka umroh bisa dikerjakan kapan saja sepanjang tahun dan lokasi hanya di Makkah saja. Untuk syarat umroh, ini sama dengan haji seperti: Beragama Islam, Baligh dan berakal, Merdeka, punya kemampuan (Bekal kendaraan, serta anggaran, dll), dan Ada mahram khusus bagi wanita. Untuk rukun umroh antara lain:

rukun umroh

  • Ihram, berniat untuk memulai umrah. Untuk Pakaian ihram laki-laki terdiri dari 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan yang satu diselendangkan. Untuk ihram wanita, pakaian yang menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan dan semua disunahkan putih
  • Thawaf, mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali
  • Sai, berlari-lari kecil 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya
  • Tahallul, mencukur seluruh atau sebagian rambut kepala untuk laki-laki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi wanita
  • Tertib

Ibadah umroh lebih singkat. Jadi 10 harian sudah kelar. Dan pastinya, tidak sepadat seperti saat ibadah haji. Karena berbagai pertimbangan, Mbah Tetangga samping rumah pun rencananya akan berangkat umroh di bulan November nanti bersama 2 tetangga saya yang lain. Semoga semua lancar ya.

Lalu bagaimana dengan saya, pilih umroh atau haji?

Jika sudah mampu, maunya ya pergi haji sekalian. Jika pun kuota di Indonesia tak berujung, mungkin ada panggilan lewat negara lain yang bukan mayoritas muslim kaya Korea atau Jepang. Ya siapa yang tahu kan ya? Hehehe. Kalau pun dapatnya umroh dulu, kayanya asyik juga kalau backpackeran. Sekalian tinggal agak lama untuk ziarah ke tempat lain. Apa pun itu, rasanya pasti menyenangkan karena sudah bisa ke Tanah Suci. Begitu juga yang dirasakan oleh Pemenang Hadiah Umroh Lomba Content Competition dan Karyawan JNE.

JNE Berangkatkan Umroh Karyawan dan Pemenang Lomba Content Competition


jne berangkatkan umroh karyawan dan pemenang lomba content competition

Setelah adanya pandemi 2 tahunan ini, akhirnya tanggal 22-30 September 2022 kemarin, JNE memberangkatkan kloter ke-3 berjumlah 35 orang. Mereka terdiri dari karyawan Ksatria - Srikandi JNE dari berbagai kantor cabang seperti Jakarta, Denpasar, Palembang, Yogyakarta, Solo, Medan, Cilegon. Lalu 3 pemenang lomba JNE Content Competition, 1 orang dari West Bike Messenger dan 1 pemenang lomba JNEXRiaricis.

Semua peserta antusias dengan ibadah umroh yang dipandu oleh Ustadz Aqil Muzakki. Banyak yang terharu dan menangis saat sampai di Makkah dan pertama kali melihat Ka’bah di Masjidil Haram. Ziarah ke Tanah Suci memang impian setiap muslim ya. Untuk beribadah ke sana, kita harus punya kekuatan fisik, kekuatan mental serta kemampuan dana yang mencukupi. Jika kesempatannya lewat hadiah kaya gini, tentu sangat membahagiakan.


Menurut Presiden Direktur JNE M. Feriadi Soeprapto, memberangkatkan tiap individu untuk umroh merupakan momen istimewa dan apresiasi dari JNE untuk para karyawan yang sudah mengabdi pada perusahaan selama lebih dari 12 tahun. Ini sesuai amanah dari pendiri JNE (Alm) H. Soeprapto Soeparno. Jadi gagasan umroh gratis ini bukan hal baru ya, tapi sudah dijalankan sejak lama.

Berdiri di tahun 1990, JNE sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian memang selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam pelayanannya. Yang tak kalah penting, JNE juga amanah dan memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

Untuk pelanggan, banyak program menarik seperti JNE Loyalty Card yang bisa dicek lewat My JNE. Dukungan untuk UMKM juga sering dilakukan seperti JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online dan juga kolaborasi denga berbagai pihak. Belum juga kegiatan lain seperti program berbagi hewan kurban. Bukan cuma taglineConnecting Happiness”, tapi memang sudah jadi komitmen untuk menghubungkan kebahagiaan setiap orang. Semoga makin berkah untuk JNE.

Well, itu dia cerita Tren Ibadah Umroh Saat Ini di kampung saya. Selama kuota haji masih sangat terbatas apalagi untuk usia senja, mungkin orang-orang akan memilih umroh saja. Namun tidak tahu juga ke depannya peraturan akan seperti apa. Semoga yang berniat untuk ibadah ke Tanah Suci diberikan kemudahan, kekuatan dan kelancaran ya.

Kalian sendiri bagaimana? Ada niat untuk ibadah umroh juga? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

29 komentar

  1. Dari dulu udah pingin banget ke Tanah Suci. Kalaupun masih nunggu berangkat haji yang lumayan panjang antriannya, kalau ada rezeki lebih bisa umroh dulu ya mbk.
    Salut sama JNE, konsisten memberangkatkan khususnya karyawan ke Tanah Suci Mekah

    BalasHapus
  2. Trakhir daku umroh sebelum pandemi.
    Mupeeenggg lagi.😍
    Kangen bs ibadah d kota Nabi

    MasyaAllah tabarokAllah

    BalasHapus
  3. Masya Allah keren banget JNE bisa mengumrohkan karyawannya. Emang kalau ke tanah suci tuh harus Allah yg undang. Urusan rejeki biar Allahbyg atur.

    BalasHapus
  4. masya allah JNE, saya juga ingin ke tanah suci semoga bisa terwujud, sementara nabung dulu aja biar terpenuhi biayanya

    BalasHapus
  5. Luar biasa JNE, bisa rutin memberangkatkan ibadah umroh untuk karyawannya. Sukses selalu JNE

    BalasHapus
  6. Masya Allah barakallah untuk jne. Turut terharu dengan pemberangkatannya untuk umroh ke tanah suci. Pastinya seneng bgt. Semoga makin sukses selalu utk jne.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah banget yah JNE bisa berangkatkan umroh karyawan. Dulu kan susah ya masih pandemi. Sekarang bisa terus berinovasi Connecting Happiness. Keren!

    BalasHapus
  8. JNE pun juga selalu berbagi dengan program yang memberikan kebahagiaan, connecting Happiness. Tentu jadi member JLC dulu yaa agar suatu saat bisa terpilih berangkat umroh dari program hadiah

    BalasHapus
  9. aku mau banget, semoga bisa ke sana ketika sehat..barakallah JNE, moga bisa makin maju berkembang, barokah.. biar makin banyak yg diberangkatkan ke tanah suci

    BalasHapus
  10. Semoga JNE bisa terus istiqomah memberikan kesempatan berumroh gratis kepada seluruh karyawan dan masyarakat umum. Semoga rejeki dan usahanya dilancarkan.

    BalasHapus
  11. Harusnya berangkat haji tahun ini kalau menurut antrian sebelum pandemi. Tapi karena pandemi sekarang jadi molor lagi. Semoga diberi kesempatan umroh sebelum haji. Aamiin

    BalasHapus
  12. Sebagai muslim keinginan untuk ibadah haji maupun umrah pastinya selalu ada. Hanya semuanya tergantung usaha dan niat serta ridho Nya ya. Semoga saja harapan dikabulkan. Aamiin...

    BalasHapus
  13. Kalau bisa sih langsung haji. Pengennya begitu. Tapi kalau ada kesempatan untuk umroh, pasti juga seneng banget. Ya Allah.. semoga kita semua dimampukan untuk ke tanah suci. Aamiin.
    Btw JNE selalu keren. Banyak banget yang diikutkan umroh.

    BalasHapus
  14. Nggak salah pilih JNE Sebagai jasa pengiriman terpercaya
    Pasti semua karyawan suka,
    Semoga makin berkah JNE

    BalasHapus
  15. Masya Allah JNe kereen semoga berkah terus memang ini banyak banget rombongan umroh di group traveling aku maak, adaa aja yg lagi umroh.

    Karena pandemi jd pada kangen ke tanah suci.

    BalasHapus
  16. saya juga masih antri untuk melaksanakan ibadah haji. saya termasuk lama juga 11 tahun menunggu mbak. Iya sih kalau ada rezeki mungkin ibadah umroh juga perlu ya dilaksanakan. btw barakallah untuk JNE, moga selalu menginspirasi dengan langkah-langkah kongkritnya

    BalasHapus
  17. Salut dengan JNE yang bener-bener sesuai dengan taglinenya yakni "Connecting Happiness"
    Dan semua Connecting Happinessnya ini gak hanya ke sesama manusia, habluminannash, tapi juga terhadap Allah, hablumminallah.

    Tabarakallahu~

    BalasHapus
  18. Umroh sih bukan trend ya hehehee... pilihan untuk tetap ke Tanah Suci karena makin sulit kini untuk berangkat haji, daftar tunggunya boooo... Sekarang udah 45 tahun loh antriannya, subhanallah...

    Alhamdulillah, senang sekali melihat para karyawan JNE diberangkatkan untuk umroh. Tentunya bahagiaaaa banget ya bisa langsung berada di Baitullah. Bisa ke Madinah juga ziarah ke makam Nabi.

    BalasHapus
  19. Belakangan saudara dan teman juga banyak nih yang berangkat umrah. Ikut senang deh semoga bisa nular rezekinya bisa umrah ke tanah suci juga sembari menunggu kuota haji ya mbak.
    JNE keren banget akhirnya memberangkatkan pemenang lomba dan karyawannya umrah, insyaAllah berkah buat semuanya :D

    BalasHapus
  20. benar banget ya Ji, karena kuota Haji yang semakin diperketat jadinya orang sekarang lebih banyak mendahulukan Umroh dulu ketimbang langsung berhaji. Apapun itu InsyaAllah berkah dan kalau memang sudah saatnya haji apapun halangannya pasti akan dimudahkan, karena itu adalah panggilan.
    MasyaAllah, betapa senangnya ya karyawan JNE juga pemenang competition JNE ini, semoga suatu saat kita juga diberi rejeki untuk Umroh dan Haji ya, Aamiin :)

    BalasHapus
  21. Baik sekali ya JNE mewujudkan impian karyawan dan pemenang tantangan untuk umroh. Kalau disuruh memilih sih, saya tetap pilih naik haji daripada umroh. Walaupun saya sudah pernah nikmati keduanya, tetapi naik haji itu paling berkesan di hati juga untuk ibadah umroh bisa berkali-kali.

    BalasHapus
  22. Setujuuu..jika sudah mampu, pergi haji sekalian, tapi ya itu kuota di Indonesia tak berujung begitu huhuhu. Hm bisa nih dicoba daftar lewat negara lain yang bukan mayoritas muslim ya...Atau ikut content competition kalau JNE bikin lagi, siapa tau rezekiii

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah tahun ini sudah banyak lagi jamaah yang bisa berangkat umroh karena kondisi kesehatan dunia sudah memungkinkan. Alhamdulillah ada perusahan seperti JNE yang peduli dengan karyawannya untuk memberangkatkan umroh.

    BalasHapus
  24. Adeku juga baru saja pulang umrah dari kantornya, seneng banget klo ada kantor yang bisa berangkatin umrah kayak JNE ya, berkah selalu aamiin

    BalasHapus
  25. senang banget dengarnya banyak yang diberangkatkan umroh oleh JNE, pasti senyum dan doa para jamaah akan memberikan berkah untuk perusahaan ini agar semakin makmur sehingga makin banyak lagi yang akan diberangkatkan

    BalasHapus
  26. Keren nih JNE, memberangkatkan karyawannya umroh. Pasti mereka merasa terharu dan bahagia sekali. Mimpi mereka ke tanah suci bisa terwujud. Semoga semua muslim berkesempatan mengunjungi tanah suci, aamiin...

    BalasHapus
  27. jne keren ya umrohin karyawan dan orang yang menang hadiah. pasti bersyukur dan seneng banget. semoga kita semua bisa umroh ya mak . aamiin

    BalasHapus
  28. keren nih JNE, mewujudkan mimpi mereka yang ingin menginjakkan kaki ke Baitullah. Sebagai muslim, saya juga bermimpi bisa ke sana

    BalasHapus
  29. Saya gak kebayang rasanya kerja, trus diberangkatin umrah. Masya Allah ya. Rezeki memang gak ada yang tau. Pastinya orang2 yg terpilih juga orang2 yg udah Allah undang. Moga Allah juga undang saya ke Mekah nanti 😍

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!