Explore the blog
Senin, 07 November 2022

Review Nice View Chinese Movie

Jika judi diperbolehkan, apa yang akan kalian pertaruhkan?

Nǐ hǎo! Pagi-pagi gabut banget ngomongin judi. Kalau mau bertaruh, duh apa ya? Yang berharga cuma diri saya sih. Haruskah saya mempertaruhkannya? Ini juga yang terjadi di Nice View Chinese Movie, Keajaiban Anak Bodoh.

Jing Hao, pemuda yang punya bisnis reparasi ponsel Nice View menemukan 'tambang emas' agar bisa mendapatkan uang untuk biaya pengobatan adiknya Jing Tong. Belum juga dimulai, ternyata penjualan ponsel lama tidak membuahkan hasil bahkan menyebabkan kerugian.

review nice view chinese movie

Jing Hao pun mendatangi perusahaan induk ponsel yaitu Shenning Electronics untuk menawarkan suku cadang yang dibuatnya dari daur ulang ponsel lama. Meski disetujui untuk pembelian, tapi Jing Hao tidak mendapatkan uang muka untuk semua kebutuhannya, juga pabrik atau pekerja. Lalu, apa yang akan dia lakukan? Haruskah menyerah atau terus maju demi mendapatkan biaya pengobatan adiknya?

Native Title: 奇迹·笨小孩
Also Known As: Miracle, Qi Ji Nian Dai, 奇迹年代, 奇迹
Director: Wen Mu Ye
Genres: Life, Drama, Family
Tags: Brother-Sister Relationship, Poor Family, Heart Surgery
Country: China
Type: Movie
Release Date: Feb 1, 2022
Duration: 1 hr. 56 min.
Cast:
Jackson Yee - Jing Hao
Ha Lin - Jing Tong [Young]
Eric Wang - Li Ping
Zhang Yu - Ma Yue
Tian Yu - Liang Yong Cheng
Huang Yao - Wu Xiao Li
Zhang Zhi Jian - Zhao Zhen Chang
Yong Mei - Ma Yu Xia
Wang Ning - Liu Heng Zhi
Xu Jun Cong - Zhang Chao
Gong Lei - Zhang Long Hao
Yang Xin Ming - [Cardiac Surgeon]
Qi Xi - Wang Chun Mei
Xu Zheng - Wedding Chef Xu Fu
Gong Jin Guo - Zhong Wei
Tian Zhuang Zhuang - Sun Bo
Yue Xiao Jun - Old Yang
Zhu Jun Lin - Tao Zhi Yong
Sun Zheng Yu - Li Bin
Huang Yi Xin - [Zhao Zhen Chang's secretary}
Tan Quan - [Shen Ning Communications Staff]
Bao Ma - [Doctor]
Gao Hai Bao - [Conductor]
Gan Yun Chen - [Hooligan Boss]
Cindy Chen - Jing Tong [Old]
Cheng Zhao Ge - [Shenning communication staff]

Review Qi Ji Ben Xiao Hai


review qi ji ben xiao hai

Saya lupa di mana pertama kali tahu Film Nice View ini. Sekitar akhir bulan Juni kemarin, saya pun mencari judul versi Chinanya dan ketemu Qi Ji Ben Xiao Hai. Menurut komentar, movie ini bagus dan harus ditonton.

Meski tanpa membaca sinopsis dan ulasan Nice View, saya sudah yakin untuk menonton film ini. Kenapa? Feeling saja seperti yang saya tulis di Nonton Drama Banyak Maunya. Tanpa pikir panjang, hayuk kita mulai review Qi Ji Ben Xiao Hai.
"Aku harus melakukannya dan aku harus berhasil. Aku tidak punya pilihan"

 

sinopsis film nice view

Sinopsis Film Nice View, berkisah tentang seorang pemuda 20 tahun bernama Jing Hao yang hidup bersama adiknya Jing Tong yang berusia 6 tahun di kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. Ibunya meninggal karena sakit sementara Ayahnya pergi meninggalkan mereka tanpa sepeser uang pun. Jing Hao punya toko reparasi ponsel Nice View. Sementara itu, Jin Tong punya penyakit jantung bawaan yang harus segera dioperasi sebelum usianya menginjak 8 tahun.

Karena hal tersebut, Jing Hao mati-matian mencari uang demi kesembuhan adiknya. Ketika temannya menawari ponsel bekas, Jing Hao mendapati dia bisa memperbaiki dan berfungsi dengan baik. Dengan menggadaikan isi tokonya, dia mulai menjual ponsel bekas dan berharap keuntungan. Sayangnya, belum juga berjalan, penjualan itu dianggap ilegal.


Tak ingin menyerah, Jing Hao mendatangi perusahaan induk ponsel Shenning Electronics. Mengantongi lulus uji kontrol kualitas, dia mengejar Zhao Zhen Chang, CEO perusahaan dan hanya punya waktu 10 menit untuk pengajuan proposalnya. Setelah mengejar kereta, Zhao Zhen Chang setuju untuk membeli suku cadang Jing Hao. Hanya saja, semua tanpa uang muka, pabrik juga pegawai.

Jing Hao pun mulai membuat Nice View Pabrik Komponen Elektronik dari nol dibantu Liang Yong Cheng. Mereka mencari pegawai yang mau bekerja dengan bayaran minim. Jing Hao sendiri bekerja sebagai tim pembersih gedung untuk menghasilkan uang operasional. Lalu, apakah bisnisnya ini akan sukses seperti impiannya?

Miracle, Keajaiban Anak Bodoh


miracle keajaiban anak bodoh

"Sesuatu selalu tampak mustahil sebelum dilakukan"

Sebenarnya saya tidak punya ekspektasi apa-apa dengan Film Nice View ini. Namun siapa sangka. Saya bisa suka dan bahkan menangis dengan kisahnya. Cerita tentang perjuangan dari nol sampai berhasil itu selalu menarik. Apalagi di sini digambarkan anak miskin yang benar-benar tidak punya apa-apa.

Jika Top The Billionaire berdagang makanan sesuai passion, maka Jing Hao di sini berbisnis karena hanya itu yang bisa ia lakukan untuk mendapatkan uang demi pengobatan adiknya. Dia cerdas, bisa membuat panduan membongkar berbagai macam ponsel, tapi tidak punya uang untuk modal. Mendapat pegawai pun, Orang-orangnya benar-benar ajaib.


Dimulai dari Liang Yong Cheng, pekerja dan pengawas. Dia juga bekerja sebagai pengurus di panti wreda bersama istrinya.


Lalu ada Wang Chun Mei, Ibu satu anak yang bekerja serabutan. Sebelumnya bekerja di pabrik elektronik dan kehilangan pendengarannya.


Zhang Long Hao, mantan narapidana yang dipenjara karena membela temannya yang dianiaya oleh manager. Tidak berinteraksi dengan orang dan punya banyak anjing.



Liu Heng Zhi dan Zhang Chao, penghuni warnet yang hanya bermain game online. Heng Zhi ingin pekerjaan sungguhan karena mau menikahi pacarnya.


Pak Zhong Wei, pengurus mesin jam. Dia dan beberapa penghuni panti wreda lain ikut bekerja untuk mencari kesibukan.

Dalam menjalankan bisnisnya, tentu banyak tantangan yang dihadapi Jing Hao. Mulai dari Pemulung yang menawarkan kerja sama ilegal. Pekerja yang keluar karena potongan gaji. Ancaman dari preman kepada pegawai karena kasus di pabrik lama. Pencurian sampai uang sewa, dan gaji yang belum terbayar karena dipecat dari tim pembersih gedung. Jing Hao benar-benar berada di titik terendah dalam hidupnya. Apakah dia akan menyerah?

"Selama kita bekerja keras, tak ada yang mustahil"

 

nice view 2022

Karena Qi Ji Ben Xiao Hai Chinese Movie ini tentang perjuangan, tentu kita bisa menebak bagaimana endingnya. Namun sebelum itu, ada proses yang panjang, berdarah-darah sampai akhirnya mereka bisa berhasil. Ada usaha dan kerja keras dulu.

Berlokasi di Shenzhen yang tadinya kampung nelayan kumuh yang mulai berbenah sejak 1979 dan saat ini telah menjadi zona ekonomi khusus, kota tempat berkumpulnya raksasa teknologi. ZTE, Tencent dan UBTECH, perusahaan pembuat robot, juga peralatan telekomunikasi. Di tengah persaingan ponsel itu, ketika Jing Hao menawarkan suku cadang ponsel bekas, sangat wajar adanya penolakan. Namun dia dan rekan-rekannya bisa membuktikan untuk menjadi industri yang ramah lingkungan dan muncullah Perusahaan Nice View China.


Yang paling saya suka dari Nice View 2022, kerja sama mereka. Bisa dibilang, mereka benar-benar nothing, tanpa koneksi, hanya mengandalkan kemampuan yang dimiliki. Saya pun merasa bahwa sebenarnya kita juga penjudi, bertaruh dengan nasib. Maka adanya Squid Game itu bisa dibilang realitas yang ada dari masyarakat miskin.


Apakah Nice View real story? Setelah saya membaca beberapa artikel berita, ternyata film ini bukan kisah nyata. Meski begitu, gambaran di sini sangat menginspirasi. Bukan hanya soal perjuangannya, tapi bagaimana Jing Hao memanusiakan pegawainya. Mereka adalah rekan yang saling bekerja sama. Makanya saat berada di titik terendah, mereka bersatu untuk maju dan sukses bersama.

JNE dan PT. BIBU Dukung Perkembangan Bisnis Di Indonesia Timur



Bicara kerja sama, baru-baru ini ada kabar bahwa JNE dan PT. Bandara Internasional Bali Utara mendukung perkembangan bisnis di Indonesia Timur. Penandatangan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto dan Direktur Utama PT. BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo pada Jum’at 28 Oktober 2022 di Kantor Pusat JNE Jakarta Barat.

Seperti yang kita tahu bahwa JNE memang suka menjalin kolaborasi baik dengan UMKM, Perusahaan, bahkan Pemerintah. Perekonomian di Kawasan Indonesia Timur, daerah Bali dan sekitarnya sedang naik dan berkembang. Makanya butuh distribusi logistik yang cepat untuk melayani semua pelanggan.


JNE terpilih karena sudah berpengalaman selama 32 tahun di jasa logistik ini. Ini didukung oleh 50.000 karyawan, ribuan kendaraan operasional, jaringan terintegrasi, sehingga menjamin kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman. Ada sekitar 8 ribu titik layanan penjualan dengan 90.000 kota kelurahan di berbagai provinsi, kabupaten, desa, dan bahkan hingga pulau terluar. Selain itu, infrastrukturnya memadai serta IT yang memudahkan customer untuk mendapat update informasi kiriman secara realtime.

Makanya kolaborasi positif ini sangat didukung dan harapannya bisa mempermudah jalur logistik dan ekspedisi di kawasan Indonesia Timur. Ini jadi langkah nyata yang dilakukan dalam memberikan kontribusi dan bergotong-royong untuk bantu Pemerintah serta memajukan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Bali dan Nasional. Semoga setelah ini, kolaborasi berlanjut sampai daerah lainnya ya! Saya rasa, UMKM di Indonesia cukup beruntung daripada Jing Hao saat mulai membangun bisnis. 

"Bagi kalian yang sedang berjuang di era baru, kita semua adalah pembuat keajaiban"

 

qi ji ben xiao hai

Meski saya baru pertama kali melihat akting semua pemain Qi Ji Ben Xiao Hai, harus saya akui bahwa mereka luar biasa. Saya bisa ikut tertawa atau diam-diam meneteskan air mata. Hubungan kakak adik Jing Hao dan Jing Tong juga sangat manis. Dan tak lupa, sinematografinya juga bagus sekali. Saya rasa, film Nice View ini memang sesuai judulnya yang berarti Pemandangan yang bagus. Kita akan melihat keajaiban di sini dari apa yang kita ciptakan.

Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan Kalian untuk nonton Qi Ji Ben Xiao Hai ini ya. Nano-nano dan jangan lupa nyiapin tisu. Untuk Nice View Sub Indo, legalnya sudah ada di Netflix.

nonton nice view sub indo di netflix

Sekian dulu Review Nice View Chinese Movie dari saya. Ada yang sudah nonton? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber informasi dan gambar: Mydramalist & Weibo

Would you like to comment?

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

DraChin bagus² amaaattt ceritanyaaa.
Sukaakk pol dgn plot dan konflik yg terbangun.
Keren yaahh

Andiyani Achmad mengatakan...

udah lama nih gak nonton film dari Cina, sepertinya menarik juga ya mba film ini. bisa lah masuk movie list ditonton saat wiken

Susi Susindra mengatakan...

Kalau mendengar kisah sukses pengusaha, aku selalu skeptis melihatnya dari semua sisi yang memungkinkan ia dapat previlege untuk itu. Bahkan misalnya koneksi dari orangtua. Jadi kupikir ga ada yang benar-benar 0. Ternyata dijawab di drama ini. Ada yang beneran 0 dan bisa sukses. Harus nonton nih.

Nurul Sufitri mengatakan...

Kisah perjuangan sang kakak melakukan pekerjaan apa saja demi uang untuk pengobatan adiknya ini sungguh luar biasa. Memang ya miris deh jika ada seseorang yang punya keahlian tapi kurang modal. By the way, aku belum nonton nih. Nanti pas senggang mau ah me time. Siap2 mewek kayaknya :D

Gusti yeni mengatakan...

Alur cerita filmnya baguss relate dengan kehidupan nyata yang emang ada dimana kakak bertanggung jawab membiayai adiknya dengan bekerja apa aja untuk mendapatkan uang.

April Hamsa mengatakan...

Jing Hoo ini berarti emang otaknya otak bisnis dan emamg bakatnya di sana ya haha. BTW aku baca soal JNE baru ngeh lho kalau Bali juga memiliki bandara baru yang lbh gede dan keren. Bagus kalau ada hub logistik di sana ya jadinya bisa membuat jalur ekspedisi baru sehingga distribusi barang2 pun lancar utk area sana dan yang mau masuk ke sana.

sari widiarti mengatakan...

Bikin mewek kayaknya, perjuangan dari nol selalu bikin hati tersentuh, apalagi latar belakangnya nggak punya apa-apa, setelah nonton ini, bikin semangat deh

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Luar biasa JNE berusaha selalu mengembangkan usahanya, memperluas hingga ke Indonesia Timur juga karena memang prospek juga di kawasan sana. Kebayang semakin bagus distribusi logistik di Indonesia Timur, kampung halamanku

Anonim mengatakan...

JNE emang menyatukan banyak daerah di Indonesia dengan ekspedisi pengirimannya. Sangat membantu UMKM yang juga mau memperluas pasar sih ya

Ruli retno mengatakan...

Eh aku bingung mau komen kok ada JNE, wkwkwk.. Btw, aku suka film2 inspiratif yg memulai sesuatu dari nol, dari keadaan yg begitu sulit sampe berhasil, hbs itu kita jadi auto semangat

Suciati Cristina mengatakan...

Pasti mrebes mili kalau tentang keluarga, perjuangan kayak gini. Dari judulnya nice view nggak hanya crita yg bagus ya mba tapi memang scene2nya bagus.
Wah JNE selalu nyemplung membantu para UMKM Indonesia, semoga selalu sukses sehingga bisa makin banyak UMKM yg terbantu

lendyagassi mengatakan...

Film yang menggugah semangat yaa..
Meski hidup dalam ketidakidealan, karena tidak memiliki keluarga yang lengkap, namun salut dengan kekonsistenan sang kakak untuk terus berjuang melindungi adiknya.

Pasti scene kayak begini nih.. mengundang tangis...
Dan selamat serta sukses untuk JNE dengan kerjasamanya. Semoga selalu sukses dan menjadi pilihan nomer 1 di bidang ekspedisi.

Antung apriana mengatakan...

kemarin sempat nonton film ini tapi baru beberapa puluh menit pertama. baca review ini jadi pengen lanjutin nonton filmnya nih

lendyagassi mengatakan...

Jatuh bangunnya kehidupan ini memang kudu banget diperjuangkan. Menikmati setiap fasenya dan pada akhirnya Jing Hao sukses membangun bisnisnya.

Kalau melihat saat uda sukses aja memang terasa nikmat ya.. Padahal merasakan setiap perihnya fase hidup ini bikin penonton mewek..huhu~

Sama halnya dengan JNE nih..
Sampai di titik saat ini, banyak sekali pencapaian yang berhasil diraih. Semoga selalu menjadi kepercayaan pelanggan karena semakin luas jangkaunnya hingga wilayah Indonesia Timur.

Istiana Sutanti mengatakan...

wah, aku sempet kepikiran ini diambil dari kisah nyata lho, haha. ternyata enggak yaa.

anw, iya, sekarang tuh jamannya kolaborasi sih yaa untuk makin meningkatkan kualitas dan menjangkau lebih banyak daerah. keren juga sih langkah JNE untuk kolaborasi dengan PT Bandara Internasional Bali Utara ini.

Lisdha mengatakan...

Aku tadi juga nonton dracin yang bercerita soal usaha spa yang gagal tapi kemudian bangkit lagi dg sgala dramanya (aduuh, lupa judulnya apa ya... D:). Setia lihat film inspiratif begini, harusnya diterapkan dalam kehidupan nyata ya.. (semangatnya itu hehehe). Eh di film tadi, juga ada cerita promo tempat spa dibantu sama kurir-kurir, soalnya ada seorang kurir paket yang sebelumnya mendapat service yang baik di tempat itu. Ahaa..baca bagian JNE tadi jadi ingat bagian cerita tsb.

Eri Udiyawati mengatakan...

Film Nice View ini mengajarkan ke kita semua, sesulit apapun hidup kalau mau usaha dan kerja keras, pasti ada jalan, ada peluang.

Kisah yg bikin mengharu biru nih. Meskipun bukan real story, tapi hikmahnya keren banget.

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

Ya ampuunn JNE nih kerennya luar biyasaaa yak
Sesuai dgn tagline connecting happiness
Benaran yaaa

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya juga suka dengan drama yang menceritakan perjuangan seseorang dari nol hingga meraih kesuksesan. Bisa diambil hikmahnya ya...

Momtraveler mengatakan...

Jiah lahi sukak nonton film China ya sekarang? Aku simpen dlu rekomendsinya coba nanti tak nonton via netflix

Nathalia DP mengatakan...

Menarik banget nih fimmnya... Butuh nih film-film yang bisa bikin semangat supaya terus berusaha dan berjuang...

Dee_Arif mengatakan...

Wah, ceritanya inspiratif ya mbak
Hidup itu memang penuh perjuangan
Semuanya nampak tak mungkin sebelum kita berusaha

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Baca reviewnya aja bikin baper,apalagi nonton dramanya, kayaknya ikut mewek deh.
Suka banget drama dengan tema parenting, bisa kita ambil hikmahnya ya...

Ida Raihan mengatakan...

Sedih amat ceritanya. Namun bagiku tetap keren sih seseorang yang sukses dengan dimulai dari nol banget. Apalqgi sampai bisa punya anak buah. Wow banget itu mah.

Dian farida ismyama mengatakan...

Wah aku jadi tartarik nonton bareng anakku nih. Supaya mereka tahu untuk menjadi sukses itu ga ada yang mudah. JNE selalu berkolaborasi dan bagus sih jadi sama2 maju

April mengatakan...

Tayangan yang berkesan krn kyk diingetin siapa lg yang peduli ma kita kalau bukan org terdekat yaa.
Wah dengan adanya Hub JNE baru semoga nanti juga memperlancar diatribusi barang dan juga bikin murah ongkir hehe

www.grandysofia.com mengatakan...

seru banget sih kalo ada film yang jenisnya kayak gini, menandakan perjuangan yang ngga pernah lelah untuk dilalui. Aku jadi mau makin nonton deh, kebetulan lagi cari2 film yang genre nya kayak gini

Ade UFi mengatakan...

Saya kok baca sinopsis mba jiah kayaknya enggan utk nonton. Pastinya mengandung bawang. Apalagi tokohnya ini sesuai dengan jarak Abang dan Adek.. Huhuhu.. Pasti bakaln makin nangis. Dah lah baca reviewnya aja.

Oky Maulana mengatakan...

Tau aja aku lagi bosan dengan film Korea, jadi ada bahan tontonan lain deh wkwkkw selalu nunggu aku review film atau drama dari kamuuu, pasti langsung masuk wishlist.

Eni Rahayu mengatakan...

Wah, menarik juga nih kayaknya mbak. Saya juga mulai suka film cina setelah nonton beberapa drama cina. Ternyata banyak juga film yang bagus dan menginspirasi. Kalau dulu selalu drakor sekarang saya udah mulai nonton dracin dan tergoda juga nonton filmnya. Saya juga suka yang tema perjuangan kayak gini, kalau action suka males nontonnya, lebih ke romance dan keluarga aja. Makasih reviewnya mbak, jadi punya rekomendasi deh.
Nah, kalau JNE ini saya juga suka pakai jasanya untuk kirim barang dagangan. Sayangnya di daerah saya kok belum ada hehehe

Aswinda Utari mengatakan...

Fokus sm kalimat pembukanya. Apa ya yg kudu aku pertaruhkan? Masa lalu? Hahahaha. Ini film keknya mengandung bawang bombay nih. Aku noted dulu pas moodnya dapet. Makasih mba reviewnya.

Diah Kusumastuti mengatakan...

Filmnya penuh perjuangan, ya. Cocok nih ditonton bareng keluarga. Cuma aku belum terbiasa aja nonton dracin atau film Cina. Hehe. Tapi yang penting isinya ya.. inspiratif banget.

K. Niken mengatakan...

Jujur sih, aku nggak kebayang kalau judi diperbolehkan dan aku akan mempertaruhkan apa.
Karena menurutku judi itu toxic. Sama sepereti orang pada bela-belain jual aset, dll ketika mmmain game yang harus membayar sesuatu.

Rina s mengatakan...

Saya hampir ga pernah nonton film China mba , boleh juga nih coba nonton yg ga berseri

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!