Explore the blog
Kamis, 10 November 2022

Peluang Bisnis Ikan Hias Dan Bisnis Modal 500 Ribu Lainnya

Pernah dengar berita viral tentang pagar rumah yang dibuat jadi akuarium ikan hias? Apakah hanya untuk keindahan, atau justru jadi peluang bisnis yang menjanjikan?

Waktu berita ini muncul, jujur saya merasa waw sambil mikir, itu harga ikannya berapa? Biaya perawatannya bagaimana? Apakah bisa dibisniskan? Ternyata pecinta ikan hias memang sebanyak dan seloyal itu.

Tahu tidak? Sebenarnya saya juga punya akuarium lho di kamar. Baru sekitar 2 bulan terakhir ini sih. Ternyata cukup menyenangkan memelihara ikan hias. Pertanyaannya, ngapain perempuan punya gituan? Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya? Sini, saya kasih tahu ya!

peluang bisnis ikan hias

Ketika Kakak, Adik dan Keponakan bikin aquascape, saya biasa saja. Melihat punya mereka dengan ikan-ikan lucu, masih belum tertarik. Sampai pada suatu ketika, saya menginap di rumah Kakak. Nah di kamarnya ada akuarium kecil. Sebelum tidur, saya lihat itu ikan hias yang berenang.

Keinginan untuk punya akuarium di kamar makin menjadi saat saya nonton film dan series Wedding Agreement. Waktu Mas Bian melemparkan dan mengambil cincin di akuarium tuh tidak bisa hilang dari ingatan saya. Lalu saya pun mulai bertanya kira-kira berapa uang yang dikeluarkan untuk membuat akuaskaping? Tak lama, eksekusi pembuatan aquascape low budget pun dimulai. Btw, semua modal dari Kakak karena saat itu saya sedang miskin, hehehe. Demi adik perempuan satu-satunya ini!

Fyi, Aquascape merupakan seni menghias tanaman di dalam air yang dipaduin sama objek kaya batu, kayu di wadah akuarium atau akrilik dengan ekosistem air tawar. Waktu membuat akuaskaping kemarin, barang yang dipersiapkan adalah akuarium, pupuk, pasir malang, bebatuan, tanaman, pompa, filter atau saringan, dan lampu. Sebagian stok dan barang lama Kakak, sebagian lagi nyari di sungai. Betulan anggaran rendah dan memanfaatkan apa yang sudah ada. Cocok nih untuk memulai bisnis.

Setelah akuarium siap, beberapa hari kemudian baru deh diisi ikan. Awalnya diisi Neon Tetra. Lalu tambah penghuni Amandae Tetra. Lanjut Niasa Cichlid dan Lemon Cichlid. Tak lupa Ikan dan udang dari Sungai. Karena seleksi alam baik mati penyakitan atau dihajar ikan lain, akhirnya tersisa 11 ekor yang masih berenang-renang.

memulai bisnis

Oh iya, setelah saya baca-baca artikel, ternyata memelihara ikan hias itu punya banyak manfaat lho. Pantas saja orang-orang punya akuarium di rumahnya bahkan ada yang bikin seestetik mungkin sampai rela mengeluarkan ongkos banyak. Dari segi Feng Shui, akuarium bisa jadi alternatif untuk membawa energi positif dari ikan ke dalam rumah sehingga membuat penghuninya selalu dikaruniai kemakmuran, keberuntungan dan rezeki yang mengalir lancar.

Selain itu, manfaat memelihara ikan hias di akuarium bisa menjadi interior rumah sehingga terlihat segar. Dengan melihat aquascape, perasaan kita lebih damai. Tekanan darah dan detak jantung menurun sehingga bisa mengurangi stres. Kualitas tidur pun jadi lebih meningkat karena tubuh dan pikiran tenang sehingga lebih mudah mengantuk. Jika stres dan cemas hilang, melihat ikan bisa meningkatkan fokus dan kreativitas. Sangat menyenangkan bukan?

Karena ini, saya pun mulai mencari-cari kemungkinan. Apakah memelihara ikan hias bisa jadi Peluang Bisnis Modal 500 Ribu yang menjanjikan? Jawabannya iya.

Peluang Bisnis Modal 500 Ribu yang Menjanjikan, Ikan Hias Jadi Favorit Saya


Bicara peluang bisnis modal 500 ribu yang menjanjikan itu sebenarnya ada banyak. Kita bisa mulai dari apa yang kita suka seperti jualan makanan ringan atau frozen food. Di era pandemi ini sangat diminati lho karena bisa untuk stok selama WFH. 

Jualan tas dan dompet bisa dengan menjahit sendiri dari batik atau tenun. Aksesoris perempuan juga masih diminati seperti bros, kalung atau gelang-gelangan. Produk lokal banyak yang bagus dan konsumen juga menyukainya. 

Jadi dropshipper atau reseller produk fashion, hijab, atau produk kecantikan juga banyak untungnya. Kita tinggal pintar-pintar cari penyedia barang terpercaya. Lalu mulai aktif untuk promosi agar konsumen tertarik untuk membeli barang di kita.

Kalau saya lumayan tertarik dengan Bisnis Ikan Hias. Ini terbilang mudah dengan modal bisa dimulai dari 100-500 ribu saja. Selain untuk usaha, kita juga bisa menjalankan hobi yang menyenangkan. Kita tidak butuh area luas. Ikan mudah dibesarkan dan bisa dibudidayakan secara mandiri. Dan yang terpenting, kita juga bisa melestarikan jenis ikan tertentu apalagi permintaan ikan hias juga tinggi.

Karena memelihara ikan banyak manfaatnya, Orang-orang banyak yang melakukannya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa akan tetap mencari ikan hias. Makanya bisnis ini sangat berpeluang dan cenderung stabil.

peluang bisnis modal 500 ribu

Lalu, apa saja yang perlu kita siapkan untuk memulai bisnis ikan hias ini?

Pertama pasti pengetahuan dasar memelihara ikan hias untuk mengurangi risiko gagal dan budidaya mati. Ikan bagus tidak ujug-ujug datang. Mereka makhluk hidup yang juga butuh perawatan. Kalau kita tidak tahu, nanti malah salah pilih air. Harusnya ikan tawar malah ditaruh di air asin. Kan enggak lucu! Makanya Kakak ngasih tahu untuk rajin menguras akuarium minimal seminggu sekali dan hanya mengambil sepertinya saja untuk diganti. 

Kedua, pilih target pasar. Ini penting karena kita harus tahu mana yang akan disasar. Mau orang kaya dengan lahan luas untuk koleksi atau menengah ke bawah bahkan anak-anak untuk sekadar hiburan. Coba ingat salah satu cerita Upin Ipin yang memelihara Cupang.

Ketiga, pilih ikan hias. Jika baru mulai, lebih baik pilih satu jenis ikan dulu sesuai target yang kita mau sasar. Kalau saya pribadi pilih jenis ikan air tawar karena lebih mudah mencari airnya. Air laut tidak bisa langsung dipakai untuk akuarium.

Keempat, siapkan tempat dan peralatan. Karena baru, bisa mulai dari yang dasar dulu seperti harus ada akuarium, filter, pakan ikan, obat ikan dan lain sebagainya. Beberapa jenis ikan seperti Cupang bisa ditaruh di botol-botol kecil.

Kelima, jual produk lain untuk pelengkap. Namanya memang jual ikan hias, tapi kita bisa menjual produk lain sebagai pendukung seperti udang, kepiting dan lainnya. Pakan, obat dan tempat juga perlu. Jika modal lebih, bisa jual tanaman, hiasan, akuarium kecil, pasir, filter, pompa dan lampu. Sudah pro? Jasa untuk pembuatan aquascape juga bakal ramai.

Keenam, manfaatkan sosial media dan platform e-commerce untuk jualan. Zaman sudah digital gini selain jualan offline, Yuk Jualan Online!

Yuk Jualan Online di Lazada


Ikan hias itu makhluk hidup. Bisa dijual online, Ji?

 

jualan di Lazada

Lha, sekarang apa pun bisa dijual secara daring. Dari dulu sampai sekarang, Keponakan sering beli bibit ikan, udang, pakan, bahkan daun ketapang untuk obat ikan secara online. Tetap dikirim, dikemas dan diterima dengan baik. Jadi ya bisnis ini memang ada peminatnya.

Memilih Jualan di Lazada bukan tanpa alasan. Platform belanja online terbesar dan di percaya brand di Asia Tenggara dengan dukungan teknologi terkini, andal, aman yang dikembangkan oleh Alibaba. Mendaftarkan toko dengan Peluang Bisnis Modal 500 Ribu pun bisa. Jadi tak perlu ragu karena:
  • Pendaftaran tanpa biaya alias gratis-tis baik untuk individual atau perusahaan
  • Fitur bebas ongkir yang bisa dimanfaatkan penjual untuk subsidi ongkos kirim buat pembeli
  • Fitur promosi mingguan sampai live streaming juga ada untuk meningkatkan penjualan
  • Ada program inkubasi dan Lazada University di mana kita bisa mendapatkan kursus dan tutorial agar profit bisnis meningkat


Cara Membuat Toko Online Jualan di Lazada
  1. Buka dan buat akun di https://sellercenter.lazada.co.id/ dengan nomor ponsel atau e-mail
  2. Isi data nama, alamat toko serta unggah dokumen identitas dan rekening bank
  3. Unggah produk yang ingin kita jual. Mau jual ikan hias pun gambarnya harus cantik dan kualitas bagus agar menarik pembeli

Catatan. Untuk pendaftaran individual, hanya butuh KTP dan buku tabungan sesuai identitas. Untuk mendaftarkan perusahaan, harus ada izin usaha dan NIB serta buku tabungan sesuai nama perusahaan. Lazada menjangkau jutaan pelanggan dan siap melayani 24 jam setiap hari. Yuk Jualan Online dan siapkan bisnismu sekarang juga.

yuk jualan online

Jika masih belum tahu Peluang Bisnis Modal 500 Ribu apa yang bisa kita lakukan, kunjungi saja Yuk Jualan Online majalah digital dari How We Sell oleh Lazada. Banyak inspirasi, tip dan trik untuk berjualan. Kita bisa cek event, juga datang ke forum komunitas sesama pedagang. Jadi enggak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan partner kolaborasi dari sini.

Mau Ikan Hias, Makanan Khas Korea atau produk kecantikan seperti Lipstik,  apa pun bisa jadi peluang untuk menghasilkan uang. Hanya dengan modal 500 ribu saja bisa jalan lho. Jadi tak ada alasan hanya karena modal kecil. So, jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Yang sudah punya usaha, tak perlu ragu dan yuk segera Memulai Bisnis di Lazada! 

Happy blogging! 

Would you like to comment?

audri mengatakan...

Wahh diriku juga belakangan ini lagi mengkoleksi ikan hias nih, tapi belum untuk diperdagangkan sih.. Jadi lebih kepada hobi saja karena memang suka banget melihara ikan dan melihat kecantikannya..

kang ᗪirman mengatakan...

Berharap ada gambar yang memperlihatkan pagar rumah yang dijadikan aquarium :) Saya tertarik sekali, sayang baru tahu pas baca artikel ini. Terima kasih sudah berbagi, yah kak! :)

I. Afrina Putri mengatakan...

Ikan hias memang memiliki peluang dan kesempatan yang menjanjikan. Eh, tapi kalau ikan hias di jual online sepertinya untuk lokasi terdekat saja ya? Tidak bisa pengiriman jauh kan ya? Atau bagaimana? Kan kasian juga kalau tiba² mati di jalan apalagi disaat perjalanan jauh

Annisa Rizki Sakih mengatakan...

Suami saya pernah beli ikan hias dari marketplace. Saya awalnya sanksi Krn rumah kita kan jauh di pedalaman Sumatera sementara pengiriman dari suatu kota di Pulau Jawa. Eh, beneran pas datang masih hidup dan sehat.

Bisa jadi alternatif bisnis nih jual ikan hias di Lazada

Shafira Adlina mengatakan...

jadi inget beberapa tetangga saat pandemi juga senang seklai memelihara ikan akuarium. Aku juga pernah nonton liputan, bisnis ikan hias naik hingga 300% saat pandemi. mudah-mudahan ini memang jadi peluang berbisnis yaa

HM Zwan mengatakan...

Peluang bisnis ikan hias sekarang cukup menjanjikan ya mbak, apalagi bisa banget dengan modal 500ribu. Aku nggak telaten banget melihara ikan, cuma seneng lihatnya ahahaha

Yanti Alif mengatakan...

Intinya kita bisa berjualan sesuai hobi ya ka kalau menggemari ikan hias bisa jualan ikan hias dan membuka jualan online di lazada yg prosedurnya simple bngt jadi mudah dilakukan

Yola Widya mengatakan...

Mantap nih kak infonya, langsung cus deh ke lazada, kebetulan pengen mulai usaha online juga

Dee_Arif mengatakan...

Kalau mau punya bisnis online, jangan ragu untuk bergabung di Lazada ya mbak
Dengan modal dibawah 500 ribu, kita juga bisa punya bisnis online

Fenni Bungsu mengatakan...

Buat berbisnis memang perlu ilmunya dan ini bisa bareng Lazada ya.
Apalagi yang dijual adalah Ikan hias, agar ikan yang dijual tetap dalam kondisi baik dan sehat.

Wahyu Eko C mengatakan...

Aku juga pernah lihat kak yg pagar rumahnya dibuat akuarium gitu unik banget sih, cuma kalo dipikir kurang an dari tangan2 jahil buat ikannya.

Btw baru tau juga nih teryata bisa jual ikan hidup juga di ecommerce seperti Lazada ya kak,

Eka FL mengatakan...

ini bener banget nih, bisnis ikan hias emang punya peluang usaha yang bagus. anak saya nih pengen banget dagang ikan hias padahal masih anak SD, hehe

Lidha Maul mengatakan...

saya belum tahu ada pagar rumah yang dibuat jadi akuarium ikan hias. Dari sini, saya jadi tahu kalau ikan hias punya peluang usaha yang baik dan banyak juga penggemarnya.

Andiyani Achmad mengatakan...

keren sih mba ikan hias dijadikan dinding pemisah, dan bisnis ikan hias memang cuan banget sih

Nurul Sufitri mengatakan...

Memiliki hewan peliharaan seperti ikan hias dapat membuat kita rileks di rumah. Asyiknya kita bisa jual maupun beli ikan hias beserta perintilannya via online di Lazada. Ada free ongkir dan fitur2 lainnya ya. Dengan modal 500 ribu aja udah bisa jualan. Daftarnya mudah dan gratis.

Rosa mengatakan...

Duh, pengennn banget rawat ikan hias sejak dulu, tapi gak yakin bisa beneran bertanggungjawab, hehe

Lia Yuliani mengatakan...

Anakku suka ikan hias. Bener ya peluang banget jualan ikan hias. Nggak perlu modal besar sampai jutaan. 500an Ribu juga bisa. Sekalian jadi seller Lazada bisa jualan online di sana

Dita Indrihapsari mengatakan...

Bener sih mba punta akuarium di rumah tuh bisa jd pelepas kepenatan.. Apalagi kalau akuariumnya berisi ikan hias sama aksesoris di dalamnya yang bagus ya. Enak banget buat diliat lama.. :D Idenya boleh juga nih bisnis ikan hias. Modalnya juga terjangkau Dan udah pasti ada segment marketnya ya mba..

Ainhy Edelweiss mengatakan...

Menarik banget nih program inkubasi dari Lazada, seller baru bisa berkembang dengan baik

Dennise Sihombing mengatakan...

Wow bisnis ikan hias hanya 500 ribuan? murah ya Jiah. Tetapi tentunya untuk bisnis jenis ini kita harus paham ya jenis ikan. Aku pernah pelihara ikan cupang belum 2 minggu sudah mati.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Kalau ngobrolin ikan hias jadi ingat anakku, karena dia hobi banget beli ikan hias. Sayangnya ikan-ikan ini gak bertahan lama, entah mengapa. Akhirnya kami memutuskan untuk tidak membeli lagi karena sayang, heheheee... Wah sekarang ternyata ikan hias juga bisa menjadi peluang bisnis ya mak.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Wah teryata bisnis ikan itu biayanya juga bisa dimulai dari angka Rp 100 ribu atau Rp 500 ribu ya mba. BAgus nih membuka peluang usaha di kondisi seperti ini

April Hamsa mengatakan...

Bukan ikan cupang yaaaa hehe, soalnya ikan cupang jg sempet trend.
Ternyata bisnis ikan hias modalnya mayan gak terlalu banyak ya. Tinggal pilih tempat jualan strategis atau kalau mau bisnis online juga pilih platform yang tepat selan juga memikirkan cara mendistribusikan ikan2 jualan kita ke buyer agar sampai dengan aman.

momtraveler mengatakan...

suamiku ni ji hobi banget sama ikan hias aku mah males ngurusinnya ribet. ternyata peluang bisnisnya oke juga ya modalnya juga ga banyak. aku share deh infonya ke paksu

Nia K. Haryanto mengatakan...

Bisnis ikan hias ini menjanjikan lho. Kakakku yang nomor 2 begitu. Resign dari bank untuk wirausaha ikan hias. Alhamdulillah banget, modal sedikit, bisa jadi banyak. Walopun pandemi membuat berkurang omzet, tapi tetep aja lumayan. Apalagi dengan sambil jualannya di marketplace kayak di Lazada ini.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Awalnya ga ngira ikan hias bisa dijual online...tapi hari gini apa yang ga bisa dijual online kan. Dengan modal 500 ribuan bisa, jualan online di Lazada mudah dan menguntungkan.
Btw, ngomongin ikan hias ada tetanggaku yang punya bisnis ini- dah tahunan- sampai pernah ada paspampres di sekitar rumah, ternyata ada istri Sultan Brunei datang belanja beberapa koleksi ikan hias langka ke si tetangga ini

clara mengatakan...

jadi kepikiran mau jualan ikan hias, ternyata di Lazada bisa ya dengan modal 500 ribuan.

Yurmawita mengatakan...

modal kecil tapi bisa juga ya asal ditekuni apalagi jualan online sekarang bisa banget ditekuni dari berbagai perangkat dimanapun kita berada

Juliastri Sn mengatakan...

Melihat ikan hias yang lucu-lucu memang menyenangkan dan membuat mood jadi lebih baik. Kalau mau bisnis jualan ikan hias juga ide bagus karena target marketnya sudah pasti ada. Tinggal belajar soal pengemasan saja supaya aman sampai tujuan jika dijual secara online..

Istiana Sutanti mengatakan...

Wah, ternyata lumayan juga yaa manfaat punya akuarium dan ikan hias di rumah. Aku pikir hanya untuk estetika aja.

Hmm, semudah itu ya kita bisa usaha online, dengan modal 500ribu, udah bisa bikin usaha yang dipermudah dengan adanya support dari Lazada gini

Gusti yeni mengatakan...

Kalau mau memulai usaha alias baru belajar memang bagusnya jangan yang modal besar...mendingan jadi reseller dulu atau join di lazada sambil belajar apa yg cocok buat kita.

Ade UFi mengatakan...

Saya belum pernah coba buka toko di lazada, mba. Ternyata kalau baca disini ga rumit ya malah kayaknya banyak untungnya

Dian farida ismyama mengatakan...

Wah ikan hias itu bikin hati tenang memang benar sih mbak. Jadi pingin buat aquaspace juga nih. Tapi kalau pelihara kucing bakal dimakan ga ya kira2? Jualan di Lazada bisa ya ternyata ikan hias

Dee_Arif mengatakan...

Ikan hias menjadi peluang bisnis yang menjanjikan saat ini ya mbak
Teman adikku sukses berjualan ikan hias
Adikku pun ikut bantu bantu kadang kadang
Apalagi jika jualannya di Lazada
Pasti bikin laris manis

Antung apriana mengatakan...

di komplekku ada juga nih tetangga yang kayaknya bikin aquascape gini tapi nggak tahu dijual apa nggak. kalau bisnis ikan hias ini dibikin online kayaknya cuma bisa buat 1 kota ya soalnya nggak mungkin ikannya dikirim lewat ekspedisi berhari-hari

fanny_dcatqueen mengatakan...

Ada 2 orang temenku yg sukaaa banget dengan aquascaping ini mba. Yg satu malah sempet jualan, walopun skr udh beralih ke tanaman hias. Dari mereka aku jadi tahu kalo bikin aquarium ga segampang kliatan. Bener2 harus diliat jenis pasirnya, jenis airnya, jenis ikannya atau tanaman yg dimasukkan ke dalam. Temenku jadi tahu kalo ada tanaman hias yg ternyata malah beracun bagi ikan. 😅. Memang sih jadi banyak ilmu yg didapat dengan belajar gitu. Aku sendiri memang ga suka ikan hias, apalagi plihara kucing 4 ekor di rumah. Jadi drpd mereka mainin dan ikannya stress, mending ga usah. Tapi sukaaa kalo ke rumah temen yg punya aquarium. Kesannya memang bikin rileks.

Walopun perawatan mereka juga harus telaten Yaa.

tantiamelia.com mengatakan...

Gara gara dirimu nulis gini jadi semangat deh untuk mulai usaha
dengan usaha modal keciiil aja, kita udah bisa kok mulai

duniaeni.com mengatakan...

Memang ya kalau sudah lihat ikan hias di Aquarium, bawaan kita jadi adem gitu dan bisa membuat kita jadi rileks, tapi untuk perawatan kayaknya harus telaten gitu ya?

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!