6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Review Purple Hearts Movie

Terpikir untuk nikah dengan abdi negara? Apa alasannya coba?

Hello! Abdi negara kita beberapa waktu ini sedang banyak kasus ya. Gara-gara hal tersebut, saya sama sekali tidak berpikir untuk nikah sama mereka. Trust issue kah? Mungkin, tapi itu yang dialami oleh Cassie Salazar dalam Purple Hearts Movie.

review purple hearts movie

Cassie Salazar, pramusaji, bartender dan calon musisi tidak ingin punya pacar tentara. Dia kemudian bertemu dengan Luke Morrow, seorang marinir generasi ketiga yang pemikirannya selalu berlawanan dengannya. Karena keadaan, Cassie dan Luke memutuskan menikah sehari sebelum prajurit tersebut bertugas ke Irak. Sebenarnya apa alasan di balik pernikahan kilat mereka?

Director: Elizabeth Allen Rosenbaum
Writter: Liz W. Garcia, Kyle Jarrow
Based on: Purple Hearts by Tess Wakefield
Producer: Amy Baer, Elysa Koplovitz Dutton, Leslie Morgenstein
Production companies: Alloy Entertainment, Netflix, Embankment Films
Distributor: Netflix
Release date: July 29, 2022
Running time: 122 minutes
Country: United States
Language: English
Cast:
Sofia Carson as Cassie Salazar
Nicholas Galitzine as Luke Morrow
Chosen Jacobs as Frankie
John Harlan Kim as Toby
Kat Cunning as Nora
Linden Ashby as Jacob Morrow Sr.
Anthony Ippolito as Johnno
Scott Deckert as Jacob Morrow Jr.
Sarah Rich as Hailey
Loren Escandon as Marisol Salazar
Breana Raquel as Riley
Nicholas Duvernay as Armando
A.J. Tannen as Dr. Grayson
Michael C. Bradford as Cassie's Stage Manager

Review Film Purple Hearts


purple hearts

Memutuskan Nonton Film Purple Hearts 2022 ini karena waktu itu saya tanpa sengaja melihat adegan pernikahan Cassie dan Luke yang sederhana di Instagram. Dream Wedding saya banget, hahaha. Jadi ingat pernikahan pertama pemeran utama di On The Wings of Love. Versi simpelnya, bukan soal mempelai yang berseragam ya.

Dengan kata kunci Luke Morrow karena belum ada yang spill judul di kolom komentar, ketemu deh sinopsis Purple Hearts. Baca sekilas, ternyata film genre romantis ini bercerita tentang pernikahan kontrak. Langsung mikir dong, ngapain Negara Barat pakai nikah kontrak? Lha punya anak tanpa nikah saja banyak, eh ini pakai ikatan. Berhubung saya memang penggemar kawin kontrak, hayuk gas nonton.

Purple Hearts diadaptasi dari novel karya Tess Wakefield yang terbit tahun 2017 dengan judul yang sama. Kabarnya ide cerita diambil dari kisah kehidupan nyata. Well, berarti di negara manapun termasuk Amerika, kawin kontrak memang ada.

Dikisahkan, Cassie Salazar ini hidup mandiri dengan bekerja sebagai pramusaji dan bartender di bar. Selain itu, dia juga penyanyi dan penulis lagu, tapi produser belum ada yang melirik bandnya yang bernama The Loyal. Karena bekerja di tempat hiburan, Cassie bertemu banyak jenis orang pengacau termasuk Marinir.

Suatu ketika, dia bertemu sekelompok Marinir di mana ada teman yang dia asuh saat kecil yang bernama Frankie. Selain itu, ada Luke Morrow yang terlihat tertarik dengan Cassie. Sayangnya, hal itu tidak berjalan dengan baik karena Cassie tersinggung dengan ucapan seorang Marinir yang melecehkan sehingga membuatnya berdebat dengan Luke. Cassie tidak ingin punya pacar tentara.

Masalah lain juga sedang Cassie hadapi di mana dia menderita diabetes tipe 1 dan selalu membutuhkan insulin. Dengan pekerjaan dan kehidupannya yang pas-pasan, dia tidak bisa membayar asuransi dan apartemen secara bersamaan. Dia juga tidak ingin merepotkan Ibunya yang seorang single mother.

Tanpa sengaja, teman Cassie di bar menyebut bahwa jika dia menikah dengan Marinir, maka asuransi kesehatannya akan terjamin. Karena terdesak, Cassie langsung menemui Frankie dan memberitahukan ide gilanya. Luke yang saat itu menjadi teman serumah Frankie tahu dan menolak mentah-mentah gagasan konyol tersebut. Dia menyebut tentang penipuan, merampok pemerintah, sampai sidang militer dan kemungkinan di penjara jika ketahuan.

Di sisi lain, Luke Morrow ternyata juga punya masalah. Dia mantan pecandu narkoba dan saat ini punya utang 15.000 dolar pada Johnno. Hubungan Luke dan Ayahnya juga kurang baik sehingga tidak ada bantuan sama sekali. Saat Johnno menagih, dia terpikir ide gila Cassie tentang pernikahan.


Dan sehari sebelum Luke bertugas ke Irak, mereka menikah. Dalam setahun, mereka akan bercerai. Keuntungan yang didapat dari pernikahan adalah, Cassie tidak perlu pusing soal asuransi kesehatan sehingga bisa mengobati diabetes yang diderita. Sementara uang tunjangan, bisa dibagi dua. Win-win solution untuk permasalahan mereka berdua. Lalu, apakah semua akan berjalan seperti rencana tanpa ketahuan? Cari sendiri jawabannya dengan nonton Purple Hearts Sub Indo.

Purple Hearts, Kawin Kontrak Marinir dan Musisi Karena Masalah Finansial


Nonton Purple Hearts Full Movie itu asli bikin gemas. Sebagai pecinta kawin kontrak seperti Well Intended LovePerfect and CasualOnce We Get Married sampai Because this is My First Life, tentu ada ketegangan tersendiri di film ini karena mereka tentara yang bertugas di daerah konflik. Tidak mengerikan, tapi cukup membuat berkaca-kaca. Misalnya saat mereka pamitan di pangkalan. Kayanya setiap keluarga, pasangan tak ada yang tidak menangis.

purple hearts sub indo netflix

Untuk membuat pernikahan Cassie dan Luke terlihat nyata, mereka membuat rencana agar tidak ketahuan dan dicurigai. Misalnya dengan jadwal telepon, video call, sampai e-mail yang harus mereka lakukan. Dalam perjalanannya, mereka saling mengenal satu sama lain. Luke yang ingin berlari maraton di tiap kota dan Cassie yang ingin keliling dunia dengan bandnya. Ya, Cassie akhirnya mendapatkan inspirasi bermusik dari Luke dan membuat bandnya viral.

Kupikir menjadi abdi negara untuk membuat bangga ayahku, tapi ternyata ini untuk diriku sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik

Segala rencana ternyata tidak berjalan semestinya setelah Luke mengalami kecelakaan saat bertugas patroli sehingga menyebabkan kakinya cedera. Pernikahan yang tadinya disembunyikan dari keluarga Luke akhirnya terkuak setelah Cassie keliru dan malah menghubungi Ayah Luke. Masalahnya, Jacob Morrow Sr. itu mantan Polisi Militer. Luke khawatir pernikahan palsunya akan ketahuan.


Karena Luke harus menjalani terapi, dia pun terpaksa tinggal bersama Cassie. Dari sini, perdebatan sebagai pasangan nyata pun dimulai. Dua orang asing yang tiba-tiba menikah, tentu isi otak pun tak akan pernah sama. Mereka harus bekerja sama, tidak bercerai sampai waktu yang tepat agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Dan ngomong-ngomong, karena terluka saat bertugas, Luke mendapat anugerah Purple Heart. Purple Heart merupakan sebuah penghargaan, medali militer Amerika Serikat yang dianugerahi atas nama Presiden kepada personil militer AS orang-orang yang luka-luka atau tewas saat bertugas, pada atau setelah 5 April 1917.

Apakah pernikahan palsu mereka akan berhasil dan tidak ketahuan?

 

sinopsis purple hearts

Jawabannya tentu saja ketahuan. Namun Kalian harus tenang karena saya akan ngasih bocoran soal endingnya yang berbahagia, karena Luke dan Cassie akhirnya jatuh cinta betulan. Penasaran apa yang membuat mereka dicurigai padahal sudah saling suka dan hukuman apa yang mereka dapatkan? Langsung nonton Purple Hearts di Netflix saja ya!

Quien no arriesga no gana, tanpa mengambil risiko, tak akan sukses

Purple Hearts itu memang film romance, tapi ada banyak hal menarik yang membuat film ini layak ditonton. Saya suka karakter Cassie dan Luke yang sangat manusiawi. Luke yang terlihat kuat sebenarnya juga panik, takut saat mulai bertugas sebagai Marinir di daerah konflik. Cassie sendiri terlihat mandiri, idealis tidak butuh orang lain, tapi sebenarnya dia merasa tidak baik-baik saja.

Segala pemikiran Cassie adalah manifestasi dari kehidupannya yang terlahir dari Ibu imigran dan ditinggalkan ayah. Ibunya gonta ganti pacar Marinir dan tidak berakhir baik. Makanya Cassie bersuara keras dan melakukan perlawanan saat mendapat pelecehan verbal. Ketika isu rasisme muncul, dia juga bersuara, membela apa yang memang harus dibela. Rasanya, dia juga cocok untuk jadi peserta di Miss Grand International yang berslogan Stop the War and Violence.

Bicara Miss Grand International, Oktober tahun 2022 ini, Indonesia jadi tuan rumahnya lho. Ada 75 kontestan yang berpartisipasi dari berbagai negara. Uniknya, Kontes ini dilaksanakan di dua kota yaitu Kota Denpasar di tanggal 4-14 Oktober 2022 dan Kota Jakarta pada 14-25 Oktober 2022.


Dalam perhelatan akbar ini, JNE jadi Official Logistics Partner Miss Grand International lho, keren! Sebagai perusahaan logistik Nasional, JNE terus melakukan inovasi dan pengembangan dan berkomitmen untuk terus ngasih pelayanan terbaik buat masyarakat luas. Selain itu, komitmen lain JNE adalah mendorong pertumbuhan Ekonomi khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian. Di ajang ini, JNE ambil peran sebagai upaya untuk dukung percepatan pemulihan perekonomian dan pariwisata Indonesia pasca Pandemi Covid 19.


Oh iya, rangkaian acara di Denpasar berlangsung seru. Dimulai di 7 Oktober 2022 di mana peserta mengikuti opening ceremony dan gala dinner di The Seminyak Beach Resort&Spa Bali. Lalu 11 Oktober 2022 digelar “Bali Agung The Grand Show with Miss Grand International” dan nampilin kreasi dari Bali Agung Show di Bali Safari Park. Jauh sebelum acara ini, JNE bikin giveaway tiket gratis buat masyarakat yang mau hadir. Kegiatan lain juga dilakukan para kontestan di Bali seperti mengunjungi landmark Bali, mempelajari budaya Bali, petualangan kuliner, kompetisi pakaian olahraga, dan tentunya berbaur dengan masyarakat Bali. Duh, senangnya!

Bayangin Cassie jadi salah satu partisipan Miss Grand International pasti oke. Apalagi dia bisa menyuarakan anti perang, perdamaian, anti kekerasan, dan hak-hak perempuan. Biar tidak tegang, sambil mendengarkan Soundtrack Purple Hearts yang dinyanyikan Sofia Carson seperti Come Back Home, I Hate the Way, Sweet Caroline, I Didnt Know, Feel It Stil, dan Blue Side of the Sky. Menggelegar deh!

Secara keseluruhan, Purple Hearts cukup saya rekomendasikan untuk kalian tonton. Film dengan durasi 2 jam ini paling tidak menggambarkan bahwa menikah dengan tentara itu kudu siap mental, siap LDR, bahkan harus siap jika hal paling buruk terjadi. Nikah dengan prajurit berarti menikahi negara juga. Jadi harus patuh dengan aturan, jaga nama baik keluarga jangan lupa. Kalau hanya berpikir menikah dengan berseragam karena mau kaya, kamu salah. Harusnya nikah sama pengusaha, bukan abdi negara.

ending purple hearts 2022

Saya tidak berharap adanya Purple Hearts Season 2 karena cerita mereka sudah lebih dari cukup. Seperti janji mereka saat menikah, menjaga, menopang dalam keadaan apa pun. Saya rasa, mereka sudah bahagia dengan keadannya yang sekarang.

Sekian Purple Hearts Review dari saya. Setelah baca ini, masih terpikir untuk menikah dengan abdi negara? Atau ada yang sudah menjalaninya? Coba share cerita kalian di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

36 komentar

  1. Oalaaahh, ini judulnya Purple Hearts :D
    Saya juga pernah liat sepotong adegan filmnya di instagram atau di FB ya?
    Penasaran sebenarnya.

    Baca review ini, jadi makin penasaran deh, pengen nonton juga, kemaren tuh tergoda pengen nyari judulnya, tapi malah kepincut film thriller.
    saya juga suka film drama sih, biasanya maknanya lebih mendalam :)

    Apalagi tentang orang asing yang sama-sama menikah ya :)

    BalasHapus
  2. aku suka sama OST nya mba... meski ya film ini menurutku kayak buru-buru banget diselesaiin gitu, jadi pas lagi seru2nya eh closurenya cepet

    BalasHapus
  3. Udah sering sih mba liat posternya wara Wiri di Netflix ku, tapi blm nonton. Soalnya aku mau mastiin ending ga bakal sedih atau gantung ๐Ÿคฃ. Paling sebel kalo nonton film atau drama begitu. Kan jadi baper ๐Ÿ˜‚. Makanya aku suka spoiler. Biar tau serialnya bisa aku tonton atau ga usah ๐Ÿ˜…. Tx Yaa, fix bakal nonton sih. Pemainnya cakep2 pula ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. Ini mirip2 Love in Contract gak Mba? Drakor sih, hehe, tapi aku gak nonton krn bukan genreku. Sekilas sama sih, ttg pernikahan palsu tapi akhirnya cinta betulan. Endingnya ketebak sekali ๐Ÿ™ˆ

    Oya, aku di sini sekalian mau ngucapin many thanks to JNE, udah sering pakai JNE pas beli barang di USA, alhamdulillah freeongkir, tapi dia estafet gitu sama ekspedisi sana, aku cuma bayar bea cukai aja

    BalasHapus
  5. bagus ini ceritanya ya, walau tentang kawin kontrak, tapi karakternya dari tentara gtu ya. Mudah2an weekend ini bisa nonton lagi film2 yang bagus ky gini, makasih rekomendasiny ya Mak

    BalasHapus
  6. Aku tadi baca kalimat pecinta kawin kontrak..auto mau nanyak di komen. Woalaa ternyata pecintq film2 dg tema kawin kontrak toh hehehe..

    Tampak menarik nih filmnya. Jadi pengin nonton. Sayang ga langganan NF. Coba tar kucek di lapak sebelah, ada gak hehehe..

    Btw..soal merid dg abdi negara ini, suka nemu postingan ucul2 deh..salah satujya ttg over pede para abdi negara utk mendapatkan pasangan. Tapi ga semua kayak gitu pastinya kan..

    BalasHapus
  7. Weleh deleehhh adaaa aja ya ide tayangan belakangan ini.
    Kawin kontrak lagi banyak jg nih yg bikin series dgn tema.ini

    BalasHapus
  8. Aku kira ini serial Indonesia, karena judulnya kayak gak asing, penasaran dengan kehidupan Luke yang kayaknya banyak banget problemnya, tapi di sisi lain, iya menjadi sosok yg kuat dari masa lalu. Kayaknya gemes juga kalau lihat mereka berantem

    BalasHapus
  9. Purple hearts film yang mengisahkan 2 insan ini memang bisa jadi isnpirasi buat ciwik ciwik yang memfavoritkan abdi negara sebagai pasangan hidupnya. Harus siap kapanpun dipindah, LDR an. Karena abdi negara itu adalah anak negara yang bisa dipindah kemana mana, kuatkan mental kalian ladies. Sayangnya aku ga langganan netflix jadi kurang gercep nih kalau ada info film yang beraroma drama seperti ini

    BalasHapus
  10. Aku juga dulu hampir menikah dengan abdi negara kak tapi karena beda agama akhirnya batal. Tapi melihat film purple hearts ini kok kayanya wajib di tonton ya

    BalasHapus
  11. Oh masih banyak yang berharap Purple Hearts season 2 ya..
    Soalnya aku uda baca endingnya juga, hehhe.. film kawin kotrak dengan tema besarnya ini selalu menarik. Meski ujungnya kita uda tau bakalan kemana, tapi kok tetap ada perasaan hangat gitu yaa..

    BalasHapus
  12. Suka banget sama kalimat terakhirnya
    "menikah dengan tentara itu kudu siap mental, siap LDR, bahkan harus siap jika hal paling buruk terjadi. Nikah dengan prajurit berarti menikahi negara juga. Jadi harus patuh dengan aturan, jaga nama baik keluarga jangan lupa. Kalau hanya berpikir menikah dengan berseragam karena mau kaya, kamu salah. Harusnya nikah sama pengusaha, bukan abdi negara.!

    BalasHapus
  13. Saya malah ga pernah kebayang buat nikah dengan seorang abdi negara hehehe, ngga pernah tertarik aja sih. Btw, ini filmnya ringan tapi banyak insightnya nih buat yg pengen nikah dengan ASN hehehe.

    BalasHapus
  14. ah udah nonton Purple Hearts, romansa dari cuek sebel cuma karena sama-sama butuh uang dan jaminan kesehatan akhirnya nikah. eh taunya malah cinta beneran

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran beneraan, ahaha. Pertama baca kawin kontrak di negara sana, aku juga heran. Masa iya ada yang kawin kontrak. Ternyataa karena alasan finansial semuanya jadi mungkin ya, ahaha.
    Sebenernya walaupun gak dibocorin pun, aku bisa nebak kalau pada akhirnya mereka akan jatuh cinta beneran sih, tapi gimana-nya ituu yang bener bikin penasaran.

    BalasHapus
  16. Kisah menarik soal cinta dan abdi negara nih :) Memang butuh banyak pengorbanan kalau menikah dengan tentara. Banyak aturan yang mesti dipatuhi, ga bisa sembarangan seperti orang sipil. Tapi bangganya luar biasa apalagi jika karir suami melejit dengan segudang prestasi. Kakak iparku istri jenderal tapi kini sudah pensiun :)

    BalasHapus
  17. Belum terbayang dulu mau nikah sama abdi negara. .Nggak ada niat malah hihi karena yagitu hehe. . Di setiap negara pasti ada kawin kontrak ya, alhamdulillah happy ending emesh ya nih ๐Ÿ˜„ klo dipanjangin malah malas nggak sih yaa

    BalasHapus
  18. Nikah sama abdi negara emang rada susah sih kalau di Indonesia. Mungkin sama juga kaya abdi negara lain ya dimana segala silsilah harus telusuri dg benar.

    Purple Heart tema ceritanya mirip sama drakor Love In Contract ya. Btw Semoga sukses perhelatan Miss Grand International di Bali Dan Jakarta. Makasi juga buat JNE yg sudah membantu para pelaku UMKM

    BalasHapus
  19. ini kalau nggak salah ada di netflix yaa? sudah lama banget aku nggak nonton film romance amerika kayak gini ntar deh coba nonton filmnya

    BalasHapus
  20. Wah iya, banyak yang merekomendasikan nonton purple heart ini
    Menikah dengan abdi negara bagi sebagian besar orang adalah keinginan ya mbak
    Aku juga menikah dengan abdi negara, tapi sama PNS bukan tentara, hehe

    BalasHapus
  21. Aku udah nonton nih. Awalnya cuma pengen saling bantu aja ya. Lama-lama benih cintanya mulai muncul dengan berbagai dramanya. Film drama yang gak terlalu menye-menye aku suka mba

    BalasHapus
  22. Penasaran sama jalan ceritanya, tetapi ceritanya ringan tentang romance biasanya seru untuk diikuti ya mbak. Btw JNE selalu memberikan yang terbaik dalam setiap layanan kepada masyarakat apalagi membantu UMKM pada Miss Grand International di Bali.

    BalasHapus
  23. Waduh mbak Cassie ini "halo dek" ya wkwkwk
    Owalah jadi karena itu ya nikahnya, ini kyk drakor happiness yang nikah karena KPR apartemen, kalau ini karena pengen punya jaminan asuransi kesehatan. Alhamdulillah jatuh cinta beneran yaa.
    Btw yang jadi mbak Cassie emang cantik dan spek miss2 banget yaaa :D

    BalasHapus
  24. Menarik juga nih film Purple Heart, jadi ingin melihatnya segera. Suka dengan konflik yang dibangun. Termasuk penasaran juga apakah akan terus berlanjut atau berhenti di tengah jalan rencana mereka berdua.

    Btw, ikut bangga saat tahu kalau JNE jadi Official Logistics Partner Miss Grand International. Bravo

    BalasHapus
  25. Ah, jadi penasaran pengin tahu happy endingnya. Pasti awalnya berat ya menyatukan 2 pikiran berbeda dalam satu pernikahan pura-pura. Yang nikah betulan aja berjuang menyatukan perbedaan komunikasi apalagi nikah kontrak yang motivasinya udah beda. But drama romantis seperti ini seru sih menurutku..Jadi pengin nonton..

    BalasHapus
  26. Endingnya saling jatuh cinta juga ya..wah terus pas ketahuan gimana? enggak jadi dapat tunjangan dong ya duh. Penasaran sama Puple Hearts. Kawin kontrak ternyata ada dimana aja ya dengan segala dramanya

    BalasHapus
  27. Eyangku tentara tapi malah sodara sodara saya nggak ad ayang nikah ama tentara. Jaman dulu hidup berpindha-pindah juga jadi tantangan menikah dengan tentara. Kayaknya harus nonton film selama dua jam ini :)

    BalasHapus
  28. Ini yang dialami sepupuku menikah dengan tentara, sering ditinggal. Tadinya sepupuku rajin ikut tetapi karena anak-anaknya lebih betah stay di Jakarta, akhirnya suaminya saja yang menetap di daerah, beberapa bulan sekali mereka saling mengunjungi

    BalasHapus
  29. Aku baru tahu Ji kalo dirimu penggemar tema kawin kontrak untuk tontonan. Tapi menarik sih ya Purple Heart ini, dan sempat nonton trailernya juga. Penasaran endingnya gimana meski tetap happy ending tapi selalu ada penghalang untuk mewujudkannya pasti ya.
    Drama banget sih kalo sampai tentara atau marinir ketahuan kawin kontrak.
    Oh aku juga baru tahu kalo JNE menjadi official tim suport logistic nya Miss Grand Internasional, kurang update beritanya padahal udah berlalu ya event nya

    BalasHapus
  30. Masukin list tontonan sambil rebahan dan menahan diri dari spoiler hehehe. Sepertinya bagus ini,beneran penasaran ma alur ceritanya,makasiii mbaaa infonyaaa :)

    BalasHapus
  31. Film barat di netflix bagus2 ceritanya. Tapi sayang banyak adegan vulgarnya. Huhuu.. jadi serba salah mau nonton.

    BalasHapus
  32. Bagus juga nih purple heart bisa buat rekomendasi nonton sambil mewek senyum senyum.. bawa popcorn bikin sendiri gitu ya...

    Drama percintaan memang selalu menarik apalagi kalau yang pacaran atau nikah dengan abdi negara yang ehem ehem ...

    BalasHapus
  33. Bisa dibayangkan kehebohan sepasang manusia yg awalnya ga suka trs hidup serumah. Kayak drakor fullhouse ...akirnya jatuuh cinta beneran.

    BalasHapus
  34. Di dunia nyata, masih banyak yang ingin menikah dengan abdi negara.
    Aku yg sebelum g kepikiran, eh malah menikah dengan abdi negara
    Tapi PNS bukan marinir

    BalasHapus
  35. Kalau Happy Ending, pasti penonton pada suka.
    Semoga penikmat Purple Hearts 2022 semakin gak takut kalau ada pernikahan paksa, hehee..

    BalasHapus
  36. Ceritanya menarik yang main juga cakep cantik, ini istilahnya musibah membawa berkah ya mba.
    Gara-gara Luke kena kecelakaan waktu tugas patroli & dianugerahi purple heart dia jadi ada waktu banyak sama Cassie.
    Bisa ditebak benih-benih cinta akan muncul disini, meski diwarnai konflik.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!