Explore the blog
Selasa, 16 Februari 2021

Belajar Fashion Designer Di Skill Academy By Ruangguru

Musim Pandemi seperti sekarang, terasa kan kalau dalam hidup ini yang kita butuhkan bukan hanya pengetahuan saja, tapi ketrampilan juga. Nah, Kalian sendiri punya ketrampilan apa?

Masa Pagebluk, mau tidak mau semua orang harus memutar otak demi bertahan hidup. Ada yang awalnya bekerja jadi dirumahkan sehingga memilih hal lain untuk terus bertahan. Masalahnya nih, saat sekolah tidak semua hal diajarkan. Termasuk soal ketrampilan.

fashion designer di skill academy by ruangguru

Saya masih ingat di MTsN dulu ada mata pelajaran Keterampilan untuk semua kelas. Di sini beberapa hal diajarkan dan dipraktikkan. Yang paling saya ingat adalah Cara Membuat Selai, Cara Membuat Kerupuk, Cara Membuat Telur Asin, Menjahit dengan berbagai macam tusukan dan sebagainya. Dulu saya tidak berpikir hal ini akan berguna. Ternyata saya salah. Ketrampilan seperti ini ternyata bisa jadi ladang bisnis juga.

Sebenarnya beberapa tahun lalu seorang Teman pernah mengajak saya untuk ikut Kelas Menjahit di Semarang. Waktu itu kebetulan saya masih kerja sama orang. Jadi tidak memungkinkan untuk melakukan pelatihan sampai 2 Minggu penuh di sana. Setelah saya menganggur, dari Desa juga ada tawaran. Namun saya masih belum ada minat.

Beberapa waktu terakhir, saya baru sadar bahwa saya sedikit menyukai hal-hal yang berbau mode. Saya bukan yang pro, hanya saja saat melihat gaya busana pemeran dalam drama, rasanya cukup menarik. Paling suka itu gaya busana di Hotel Del Luna, Search WWW, The Beauty Inside, It's Okay to Not Be Okay, dan lain sebagainya.

Saat ini Keponakan saya juga suka menggambar pakaian. Saya pikir, tidak ada salahnya jika saat luang, dia belajar soal fesyen sejak dini. Masalahnya nih, saya pun tidak punya ilmunya. Lalu ke mana saya harus mencari pelatihan tersebut?

Kelas Fashion Designer di Skill Academy


Kemarin waktu ada pendaftaran Kartu Prakerja, Tetangga saya bilang agar saya ikut daftar. Iya saya daftar, tapi belum diterima, hahaha. Bukan itu sih intinya. Menurut beberapa Teman yang daftar, mereka harus mengambil kelas. Nah waktu itu, salah satu Mitra Resmi Platform Digital Kartu Prakerja adalah Skill Academy. Penasaran dong, apa sih Skill Academy itu?

skill academy by ruangguru

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru. Kita tentu tahu bahwa Ruangguru itu startup teknologi yang berfokus pada pendidikan K-12, dari SD sampai SMA. Gampangnya, Skill Academy ini situs kursus atau kelas online untuk ningkatin technical juga soft skill di berbagai bidang. Siapapun bisa ikut kelas di Skill Academy baik Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat umum baik secara individual atau yang profesional di bidangnya. Jadi bukan hanya penerima Kartu Prakerja saja.

Lalu, Kelas apa saja yang ada di Skill Academy ini?

Banyak banget. Ada Kelas Bisnis, Hobi, Ketrampilan yang nantinya akan berguna untuk meningkatkan kemampuan kita secara profesional. Nah karena saya berniat tahu seluk beluk desain fesyen demi mendukung Keponakan yang sekarang bercita-cita jadi Desainer, maka saya pilih Kelas Fashion Designer dengan instruktur Ivan Gunawan.

kelas fashion designer ivan gunawan skill academy

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, belajar desain itu jauh lebih mudah dan tidak mahal. Jadi Fashion Designer juga tidak harus berlatar belakang pendidikan fesyen. Jadi siapapun bisa, asal mau. Yang dicatat adalah jika mau bertahan di industri ini, ketrampilan membuat busana wajib dipunyai dan jangan lupa kemampuan bisnis yang baik perlu diasah dan diandalkan.

Paling tidak, ada 4 topik yang dibahas dalam Kelas Fashion Designer ini:

  1. Pengenalan Karir di Industri Fashion
  2. Berlatih Menjadi Desainer
  3. Memulai Bisnis Fashion
  4. Rangkuman

Dari empat topik itu, ada bagian-bagian pembahasan tersendiri. Lalu ada 10 video juga 5 dokumen yang bisa kita dapatkan dari Kelas ini. Jangan lupa, ada juga Pre Exam dan Exam juga. Terakhir, baru deh dapat sertifikat. Bagaimana, kelas online umkm skill academy menarik kan?

Beberapa hal yang jadi kelebihan Skill Academy:



  • Websitenya mempunyai tampilan yang simpel saat dibuka dari berbagai perangkat
  • Banyak Kelas yang bisa kita pilih dan rekomendasi Kelas Best Seller
  • Harganya terjangkau, ada diskonnya juga
  • Tutor berpengalaman di bidangnya
  • Kualitas video HD dengan durasi 3-10 menit yang dikemas secara menarik. Jadi belajar pun tidak akan bosan
  • Rangkuman materi tersedia dalam bentuk PDF dengan infografik yang bisa diunduh
  • Exam, ujian untuk mengasah kemampuan dari apa yang sudah kita pelajari
  • Tersedia sertifikat setelah kita menyelesaikan ujian
  • Sekarang sudah tersedia dalam aplikasi android. Jadi kita bis belajar di mana saja dan kapan saja

Begitu cerita saya yang mau ikut Kelas Fashion Designer di Skill Academy By Ruangguru. Jika Kalian mau juga asah ketrampilan, boleh banget lho coba kelas online ini. Atau ada yang sudah coba juga? Ambil kelas apa? Share cerita Kalian yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Mbak Avy mengatakan...

Pas banget, kondisi masih pandemi begini
harus lebih kreatif dan inovatif
Karena semua serba online, jadi harus pinter2 cari ilmu yg bermanfaat lewat online
nanti juga bisa dikaryakan secara online juga
Salut buat ruang guru

Jiah Al Jafara mengatakan...

Nah betul banget, Mbak. Sekarang zamannya serba online. Jadi siapapun bisa dapat ilmu dengan mudah dan bisa dikaryakan

Maria G Soemitro mengatakan...

Inovasi cerdas ya?
Sekarang cukup bermodal kuota dan semangat untuk menambah skill
Ngga harus keluar rumah

Jiah Al Jafara mengatakan...

Nah, betul banget Ambu. Cocok lah buat belajar saat Pandemi kaya gini. Hemat waktu karena bisa di rumah aja

nurul rahma mengatakan...

Waw, menyenangkan bangeettt skill academy ini
pilihan course-nya sungguh beragam!
pokoke super duper berguna untuk upgrading skills yaakk

Jiah Al Jafara mengatakan...

Iyes, pilihannya banyak banget dan bisa disesuaikan sama skill kita

Nurul Sufitri mengatakan...

Ternyata Skill Academy menawarkan berbagai kursus online yang oke punya. AKu pernah buka website-nya. Sampai bingung mau pilih yang mana loh. Semangat belajar di rumah dengan asyik begini, aku dan keluarga juga tertarik :D

Andiyani Achmad mengatakan...

ternyata bisa belajar tentang fashion juga ya mak, mulai dari pengenalan Karir di Industri Fashion, Berlatih Menjadi Desainer, Memulai Bisnis Fashion dan rangkuman. Lengkap banget

Suciati Cristina mengatakan...

Ada design juga ya di skill academy. Menarik semua iniiii skillnya. Di rumah aja udah bisa belajar banyak ya jadinya tinggal pilih sesuai minat kita

Mugniar mengatakan...

Wih baru tahu kalau di Skill Academy juga bisa belajar fashion design. Makasih Jiah. Bisa kurekomendasikan kepada yang butuh nih infonya.

Dee_Arif mengatakan...

wah bisa belajar fashion juga ya mbak di Skill Academy ini
lengkap ya materi pelatihan nya
klo aku lagi cari pelatihan seo di Skill Academy ini
biar bisa bikibt artikel yg seo friendly

Nanik Nara mengatakan...

Aku udah berkunjung ke webnya skill academy, dan wow banget ya pilihan kursus onlinenya. Yang kasih materi juga orang-orang top di bidangnya.

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Gara - gara dari kemarin baca ulasan kelas akademi jadi tertarik ikut salah satu kelasnya juga nih.

Desy Yusnita mengatakan...

Baru tau kalo materi-materi di skill academy juga tersedia materi untuk anak-anak SD. Kebetulan Naeema suka nih kelas fashion, coba mau ditawarin ah...

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Dulu saya pernah bercita-cita jadi fashion designer. Tetapi, satu dan lain hal akhirnya batal. Menarik kayaknya belajar lagi. Paling gak ilmunya bisa untuk diri sendiri

Eri Udiyawati mengatakan...

Bisa banget nih belajar mode di Skill Academy. Kalau nonton film atau drama yang berkaitan sama fashion mendadak jiwaku bergejolak ingin menjadi designer. Saat yang tepat nih biar mimpi jadi nyata menjadi fashion designer. Mari kita belajar di Skill Academy.

Lina sophy mengatakan...

Salah satu kelebihan mengapa harus pilih kursus online prakerja di Skill Academy, mentornya orang yang expert dibidangnya. Siapa yang nggak seneng coba belajar desain mode ke kak igun ya kan?

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wah ada juga ya skill desain di Ruang Guru. Jadi penasaran deh apa aja skill yang ada di Sana. Kepengen buat anakku biar selama pandemic ini nambah skill baru selain skill pelajaran

Ophi Ziadah mengatakan...

waah di skill akademi ada fashion desainer juga ya. keren yaa...buka cuma upgrade skil dalam rangka mencari kerja aja ini mah tapi juga skill jangka panjang ya

Astin Astanti mengatakan...

Gak perlu jauh-jauh ya belajar fashion designer ke Jakarta ya, Ji

Dari Skill Academy bisa belajar menjadi designer juga ya

Btw, dari Ivan Gunawan ada bocoran enggak? berapa gaun pengangtin yang dipesan Lesti Kejora?

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Zaman dulu kalau mau kursus tu rasanya dibelain jauh2 gtu ya, skrng enak cuma mantengin leptop hehe
Makin gampang akses buat kita dapatin ilmu
Sukses buat ponakannya mbak

Dewi Rieka mengatakan...

Seru ya belajar di Skill Academy, kelasnya banyak kita bisa pilih sesuai minat terus bisa diputar ulang videonya biar makin ngelotok ilmu yang dipelajari...

Tuty Queen mengatakan...

Sekarang passion yang kita punya dan ingin dikembangkan nggak harus sekolah mahal-mahal ya, cakep nih skill academy

Adriana Dian mengatakan...

waw di skill academy ini sampe ada kelas untuk fashion design juga yaaa? keren banget! Jadi makin pansaran nih sama kelas kelas di skill academy iniii

Tian lustiana mengatakan...

di Skill academy ini lengkap semua perihal dan pelajaran ada yah, tinggal pilih mau belajar apa. Yang ngajarnya pun expert semua.

Tian lustiana mengatakan...

Skill academy ini banyak banget yang bisa dipelajari yah, mulai dari fashion designer sampe hal lain pun lengkap

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Skill Academy ini memang yahud banget ya karena kalau aku lihat banyak sekali kelas yang bisa diikuti dan jadi bekal untuk kita juga nantinya.

Indah Nuria Savitri mengatakan...

ada fashion designer jug ayaaa.. berarti bener - bener komplit yaa mba dan really beneficial

Hanifa mengatakan...

Suka banget deh dengan adanya Skill Academy karena platform ini mempermudah masyarakat yang pengen ngasah skill untuk bisa mulai usaha baru dan survive saat ekonomi lagi krisis banget seperti sekarang ini. Cocok banget buat yang lagi dalam masa mencari kerja atau buka usaha.

Utie Adnu mengatakan...

Banyak manfaatnya y mba scill akademi akupun kemarin ambil yg kelas baking..lumayan nih jadi timbul ide usaha

bundabiya.com mengatakan...

aku masih ingeet banget tahun 2015 dulu bingung kalau mau belajar fashion design karena pasti mahal. sekarang udah bisa terjangkau bangeet di SA

lendyagasshi mengatakan...

Setiap belajar butuh berapa lama, Jiah?
Gak harus belajar di waktu yang sama dengan pengajarnya kan yaa..?

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!