Explore the blog
Kamis, 18 Februari 2021

Yang Diperhatikan Saat Memilih Asuransi

Asuransi kesehatan penting untuk dimiliki pada saat ini. Salah satunya karena produk yang ditawarkan dapat diterima di banyak rumah sakit dan bisa memberikan perlindungan berbagai risiko kesehatan. Tak hanya itu, asuransi kesehatan bisa digunakan untuk sakit biasa hingga kritis.

asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari penggantian uang atau pemberian pelayanan kesehatan, disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri selain kecelakaan kerja, hingga penggantian penghasilan yang hilang akibat menderita suatu penyakit atau mengalami sebuah kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya juga dipaketkan dengan asuransi jiwa yang dapat memberikan santunan apabila seseorang meninggal dunia.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam asuransi kesehatan, agar kamu pun tidak menyesal nantinya ketika klaim kamu tertolak. Berikut rincian yang sangat penting kamu perhatikan:

1. Jenis asuransi kesehatannya
Ada berbagai macam jenis asuransi kesehatan. Karena itu, kamu harus bisa mencari tahu jenis asuransi kesehatan apa yang kamu punya. Seperti apa bentuk pertanggungannya? Apakah ada unsur investasinya? Berikut penjelasan beberapa macam jenis asuransi kesehatan.

2. Klaim ganda
Asuransi yang mempunyai fitur klaim ganda berarti kamu mengajukan klaim untuk dua asuransi berbeda, baik dalam perusahaan yang sama atau berbeda. Fitur ini penting terutama jika kamu mempunyai lebih dari satu asuransi kesehatan. Dengan adanya klaim ganda, kamu lebih bisa menutupi biaya perawatan rumah sakit sepenuhnya.

3. Masa tunggu
Setiap polis asuransi kesehatan mempunyai masa tunggu. Hal ini untuk mencegah penipuan asuransi yang berupa pre-existing conditions atau kasus orang yang sudah sakit atau mempunyai gejala sewaktu membeli asuransi. Biasanya masa tunggu ini bisa selama 30 hari, 90 hari, hingga bahkan 1 tahun.

Karena itu, kamu harus bisa memperhatikan dengan teliti berapa lama masa tunggu yang dipunya. Jika masa tunggu tersebut sudah habis, maka kamu baru bisa mengajukan klaim jika risiko terjadi.

4. Polis asuransi
Selain memperhatikan semua hal tersebut, kamu juga bisa mengecek secara lengkap informasi yang ada di dalam polis asuransi kamu. Pastikan kamu sudah memilih premi asuransi yang sesuai keuanganmu, manfaat yang sesuai kebutuhan, dan juga cek risiko-risiko apa saja yang terlindungi.

Terutama cek bagian pengecualian. Di situ ada beberapa risiko yang tidak dilindungi oleh asuransi. Contohnya bila risiko yang terjadi merupakan bagian dari tindakan kriminal atau usaha bunuh diri. Jika risiko yang terjadi merupakan bagian dari pengecualian, kamu tidak akan bisa klaim manfaat asuransi yang ada.

Utuk asuransi kesehatanmu bisa memilih asuransi kesehatan generali yang merupakan perusahaan asuransi terbaik. Selain asuransi kesehatan juga ada asuransi pendidikan yang bagus untuk anakmu.

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman