Explore the blog
Selasa, 02 Februari 2021

Daun Sirih, Bisa Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Pernah tidak saat sudah dandan rapi, pakai minyak wangi, eh ternyata mulut kita bau. Kesal kan sampai mikir bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara alami? Ternyata, pakai Daun Sirih juga bisa lho! 

Setiap orang pastinya ingin selalu tampil menarik. Kita sibuk poles wajah sana sini dan pakai pakaian oke. Namun kadang kita lupa dengan persoalan mulut. Padahal bagian ini tak kalah penting dari penampilan luar. Jangan sampai deh ada bau mulut. Kenapa? Soalnya bau mulut ini bisa menurunkan kepercayaan diri kita dan bikin minder hingga malas keluar bertemu orang lain. Ya meskipun sekarang pakai masker, tetap saja rasanya kurang nyaman.

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Lalu, apa sih penyebab bau mulut ini? 

Ada banyak penyebab dari bau mulut. Misalnya karena kita puasa, dehidrasi, merokok, makan makanan berbau, masalah pada gigi dan gusi, masalah pencernaan dan lain sebagainya. 

Lalu, bisa kah kita mengatasi bau mulut ini secara alami? 

Tentu saja bisa. Salah satu bahan alami yang mudah kita temui adalah Daun Sirih. Daun Sirih dengan nama ilmiah Piper betle merupakan tanaman Indonesia asli yang tumbuh merambat, kadang juga bersandar pada batang pohon lain. Jenis Sirih juga banyak, tapi yang paling sering saya temui itu Sirih Hijau atau Ketumpang Air dan Sirih Merah atau Piper ornatum. Cara menanamnya pun mudah karena hanya memakai potongan batangnya saja. 

Daun Sirih ini juga banyak manfaatnya lho karena mengandung zat seperti minyak atsiri, asam nikotinat, karoren, riboflavin, dan tiamin. Ada juga vitamin C, pati, diatase, tannin, asam amino, gula, zat samak, dan kavikol. Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan antara lain: 

  • Menghilangkan bau badan
  • Mematikan kuman
  • Menjaga kesehatan rongga mulut
  • Menahan perdarahan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Membantu menyembuhkan luka pada kulit
  • Membantu mengeluarkan dahak
  • Meredakan nyeri
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Mengatasi gangguan pernapasan
  • Dan lainnya 

Menghilangkan bau mulut secara alami dengan Daun Sirih, kita tidak harus menginang kaya orang zaman dulu. Tradisi Bersirih atau Menginang (makan pinang) memang warisan budaya Indonesia. Biasanya orang dulu itu mengunyah daun dan buah Sirih dengan gambir, pinang, tembakau dan juga kapur. Kelihatannya anak zaman jigeum enggak tahu soal ini. 

Iya lah. Wong Mbah yang dekat rumah dan dulu suka nginang sudah meninggal. Mungkin di beberapa daerah saja yang anak mudanya suka bersirih karena jadi budaya yang tidak boleh ditinggal. Yang pasti, harus bersiap karena giginya jadi merah. 

Memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi bau mulut secara alami caranya dengan mencuci daun sirih segar 2 sampai 4 lembar. Lalu masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas dan tutup rapat. Air ini yang kita gunakan untuk berkumur saat masih hangat. 

Karena khasiat ini, ekstrak daun sirih saat ini dijadikan komponen tambahan dalam banyak produk kesehatan gigi. Bukan hanya mengatasi bau mulut, daun sirih juga bisa mengurangi risiko terbentuknya karies gigi. Beberapa bahan alami juga bisa kalian coba seperti Siwak, Rosemari, Adas, Peterseli, Thyme oil. Jadi pilih saja mana yang mudah Kalian temui. Biar mulut tidak bau, jangan lupa untuk rajin sikat gigi dengan benar minimal 2 kali sehari. Jangan lupa untuk periksa ke dokter paling tidak 6 bulan sekali. 

Sekarang sudah tahu kan manfaat Daun Sirih untuk menghilangkan bau mulut secara alami? Silakan dicoba di rumah. Jangan lupa share cerita kalian juga ya! 

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman