Sabtu, 12 Oktober 2019

# Anyang-anyangan # Percaya Diri

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Meningkatkan Percaya Diri

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah tidak kamu merasa aneh dan grogi saat ada di depan umum? Kalau mau bicara malah bergetar enggak karuan?

Saya adalah tipe orang yang suka bekerja di dalam ruangan. Rasanya nyaman sekali kalau bisa duduk dengan pekerjaan. Tapi namanya pekerja bukan Bos, kadang belum bisa bekerja sesuai keinginan kita.


Di tempat kerja saya dulu karena masih perusahaan kecil, mau tak mau saya bekerja serabutan. Yang tadinya duduk manis di depan komputer, satu dua kali saya keluar lapangan, bertemu banyak orang. Ternyata tidak buruk juga. Aktif ke sana ke mari itu cukup seru. Pekerjaan rumahnya adalah bagaimana kita meningkat kan rasa percaya diri.


Saya tidak banyak pengalaman tentang bicara di depan orang lain. Dulu di sekolah saya hanya ikut pidato saat Class meeting. Tapi beruntungnya saya ikut ekstrakurikuler teater. Di kegiatan tersebut jika malu, jadinya malah malu-maluin. Lalu apa sih yang saya lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri?

  • Berpikir Positif dengan Memaafkan Diri Sendiri
Pertama ini harus dilakukan. Saya harus menerima diri sendiri, saya oke, saya bisa melakukan itu dan saya berharga. Jauhkan pikiran negatif, apa pun itu
  • Gali Potensi Diri
Dulu saya pikir saya suka eksakta tapi ternyata tanpa saya sadari, saya lebih suka bahasa. Meski masih belum biasa bicara di depan banyak orang, saya bisa menyampaikan gagasan saya dengan menulis. Jadi beberapa kali saya membantu dalam hal tulis menulis dan potensi pun keluar
  • Lebih Banyak Membaca
Percaya diri akan timbul saat kita punya banyak pengetahuan. Jadi apa yang kita bicarakan itu bukan omong kosong, tapi berisi karena kita memang tahu. Makanya saya biasakan diri untuk lebih banyak membaca informasi, tidak asal komentar sesuka hati


  • Perbaiki Penampilan
Ada yang berpikir bahwa lebih baik menerima diri sendiri apa adanya. Tapi memperbaiki penampilan itu penting juga. Penampilan yang seperti apa? Yang baik dan senyamannya kita. Perbaikan penampilan itu tidak harus dengan yang serba mahal. Sesuaikan dengan kempuan kita pastinya seperti Rok Panjang Lokal misalnya.
  • Latihan, Asah Terus Kemampuan dan Ketrampilan Kita
Kata siapa kalau sudah pro tidak perlu berlatih? Kita tentu tidak lupa dengan pepatah Practice makes perfect. Latihan membuat kesempurnaan. Kita harus mengasah agar semakin tajam. Benar kan?
  • Sapa dan Ramah Dengan Orang Lain
Meski dikira sok kenal sok dekat, menyapa dan ramah dengan orang lain itu perlu. Jika tak banyak bicara, dengan senyuman juga cukup mencaikan suasana
  • Ingat Tuhan dan Jangan Lupa Bersyukur
Dalam hidup ini kita berhubungan manusia dan juga Tuhan. Kuta berkeinginan, tapi keinginan Tuhan yang terjadi. Tuhan tempat kita kembali dan Tuhan juga tempat kita meminta. Bersyukur wajib adanya.

Saya melakukan 7 hal di atas dan alhamdulillah membuat saya semakin pecaya diri. Saat ini meski tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut, saya masih aktif dengan kegiatan lain dan kadang malah lebih padat. Sesekali melakukan perjalan ke luar kota juga walau sampai Gelandang Semalam di Jogja juga.

Namanya perjalanan itu macam-macam jenisnya. Sampai lama dan berjam-jam. Mau ke toilet, eh tempatnya kurang nyaman, ya airnya kotor, tisunya habis. Akhirnya nahan diri untuk buang air kecil. Kalau keseringan seperti itu, ujungnya saat pipis keluarnya sedikit-sedikit, mana sakit dan perih pula. Padahal maunya Traveling Nyaman, Jauh dari Anyang-anyangan eh malah kena tanda-tanda ISK.

Lebih Percaya Diri Dengan Bebas Infeksi Saluran Kemih


Bagi perempuan aktif, rasanya pantang banget ya kalau kena infeksi saluran kemih. Semua orang bisa kena, tapi wanita memang lebih rentan. Masa iya lagi di depan banyak orang, kumpul-kumpul eh malah ijin ke toilet mulu. Say no pada anyang-anyangan.

Penyebab anyang-anyangan sendiri banyak, mulai dari Bakteri E-coli yang menyerang saluran kemih, kehamilan, terlalu banyak mengkonsumsi minum yang mengandung zat diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh, Otot detrusor tidak stabil dan lainnya, bahkan terlalu sedikit mengkonsumsi air putih juga bisa jadi pemicu infeksi saluran kemih lho!

Freepik

Mbah saya contohnya. Beliau ini kalau dibilangin untuk konsumsi air minimal 2 liter perhari tuh susah banget. Akibatnya pipis malah sering tapi sedikit-sedikit dan katanya rasanya sakit. Periksa dong ke dokter dan fix itu kena Infeksi Saluran Kemih. Setelah obatnya habis, akhirnya saya kasih Mbah saya Prive Uri-cran dan alhamdulillah anyang-anyangannya hilang.

Saya tahu Prive Uri-cran ini sudah lumayan lama dan sudah mengkonsumsinya biar jauh dari anyang-anyangan. Uricran sendiri mengandung ekstrak Cranberry di mana buah ini kaya akan Proantocyanidin yang bisa mencegah menempelnya E-coli dan dibuang bersama air seni.

Kalau mau cari buah Cranberry langsung ya susah. Untungnya Prive Uri-cran hadir dan ada 2 jenis. Satunya dalam bentuk sachet dan satunya dalam bentuk kapsul. Rasanya yang serbuk itu asam-asam segar. Tapi untuk kepraktisan, saya lebih memilih yang kapsul karena bisa dibawa saat perjalanan juga. Untuk dosisnya, untuk dewasa kita bisa minum 1-2 kapsul/sachet perhari. Dan simpan Prive Uri-cran di tempat yang sejuk dan kering serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.


Walaupun dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran anyang-anyangan kita hilang dan sangat membantu dalam memelihara kesehatan saluran kemih, tetap kita harus membiasakan diri agar terhindar dari ISK dengan:

  • Banyak mengkonsumsi air putih
  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan dan tidak sering menggunakan tisu setelah buang air kecil
  • Tidak menahan atau menunda jika ingin buang air kecil
  • Jika dalam keadaan datang bulan, maka ganti pembalut secara teratur
  • Menghindari pemakaian celana ketat

Untuk info lebih lanjut, silakan cek di http://www.uricran.co.id/ lalu  https://www.facebook.com/priveuricran dan IG @uricran.id

Percaya Diri itu bisa dibangkitkan dengan berbagai cara termasuk dengan melakukan 7 hal yang saya sebut di atas. Kalau sudah aktif, jauh-jauh deh dan hindari dari yang namanya Infeksi Saluran Kemih biar kegiatan tetap berjalan dengan baik tanpa hambatan. Kalian sendiri punya cara apa untuk tetap aktif dan percaya diri? Share tipsnya ala kamu ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

44 komentar:

  1. Wah bagus nih tips percaya dirinya.. upgrade diri selalu bersyukur itu point' penting kalau menurut saya ..

    BalasHapus
  2. Well noted mbakku.. kadang yang buat ngga peda itu karena kurang menggali diri tentang info info terbaru ya.. biar ngga dibilang kudet juga sih sebenernya.. btw aku dulu jaman masih belum menikah pernah lho mengalami gangguan di saluran kemih.. dan itu rasanya ngga enak banget hiks

    BalasHapus
  3. Trims utk 7 tips nya ya .. penting sekali memang utk tampil percaya diri, hal yg kadang2 masih bisa kutampilkan..hehe..

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang sering grogi juga kalau bicara di depan orang banyak (kecuali kalau bicaranya di depan murid2, hehe) so memang penting banget untuk tampil PD. Boleh juga nih tipsnya.

    Ngomong2 soal anyang2 memang nggak enak banget ya, sering alami ini apalagi saat hamil untuk ada uricran yang bisa mengatasi penyakit ISK ini.

    BalasHapus
  5. Percaya diri bisa dibangun dengan kebiasaan positif ya. Dan kita wanita harus hati2 nih sama ISK...rentan soalnya

    BalasHapus
  6. Duh, ISK emang gangguuuu banget, Mba.
    Mau traveling, jadi repot karena bolak/i kudu cari toilet.
    Untung ada prive uricran yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. aku suka cepet grogi kalo di tempat baru..nah ini dia bahayanya kalo kebiasaan nahan pipis, untung ada uricran

    BalasHapus
  8. kalau saya selalu upgrade penampilan biar makin PD< secara kalau penampilan kita udah keren, pasti pd mau tampil dan show off dimanapun. btw thanks tipsnya mba

    BalasHapus
  9. pantesan aku masih sering uring2an ya mbak,. aku masih banyak menyisakan masa lalu ku yang kelam dan belum bisa memafkan

    BalasHapus
  10. kalau waktu masih kerja dulu sebelom meeting atau presentasi gitu ke toilet dulu biar nanti kalau udah depan atasan groginya ga smpek bikin kebelet pipis, hhhahah

    BalasHapus
  11. Iya juga ya, kalau sambil nahan pipis memang konsentrasi dan kepercayaan diri bisa buyar ya Mbaaaak.... Pengen lari aja ke toileeeeetttt!

    BalasHapus
  12. Setuju sama tipsnya dan memang sih yang terpenting terus memperbaiki diri dan mencoba nerimooo gitu sih aku mah hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul betuuull
      insyaAllah bisa nge-boost self confidence juga ya Mak
      Semangaaattt untuk kita semuaaa
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Hapus
  13. Aku lagi mencoba untuk meningkatkan rasa percaya diriku dengan memperbanyak membaca mba. Selain itu juga memperbanyak aktivitas. Aih Urican ini segar kalau diminum dingin dingin

    BalasHapus
  14. Aku tunjuk tangan, suka grogi kalau di depan umum biasanya di belakang layar sih eh belakang laptop maksudnya hehehe. Aku sempet anyang-anyangn nih kemarin setelah operasi gak enak rasanya untung inget UriCran langsung deh minta beliin sama suami Allhamdulillah sehari aja udah sembuh

    BalasHapus
  15. Kalau saya lebih percaya diri ketika setelah mengetahui berbagai informasi. Ketika banyak-banyak membaca dan mendengarkan pendapat, nasihat dan argumentasi orang lain. Di samping ya itu sama dengan Jiah, memperbaiki penampilan.

    BalasHapus
  16. dari dulu sampai sekarnag saya kalau disuruh maju ke depan masih suka dregdeg mbak hihi entah gimana caranya menghilangkan hal seperti itu. nanti aku coba deh tipsnya di atas kali dengan demikian bisa hilang dregdegnya.

    btw pernah juga kena anyang-anyangan, dan memang minum uricran bisa mencegah dan mengobati anyang-anyangan, alhamdulillah saya gak pernah lagi kena. ya itu salah satunya menjaga asupan air ya mbak

    BalasHapus
  17. Saya bukan orang yang percaya diri, tetapi jadi admin dan pendiri Indonesia Saling Follow membuat saya harus percaya diri memimpin dan memandu ratusan orang peserta sekaligus teman-teman admin pendampung lain. Mungkin saya hanya percaya diri di belakang layar saja, ha ha.
    Pernah bicara di depan umum jadi narasumber, sdemula percaya diri, tetapi setelahnya tidak yakin apakah yang saya sampaikan bermanfaat, ha ha.
    Intinya untuk percaya diri butuh latihan dan pembiasaan juga saya suka dengan tips Mbak Jiah di atas.
    Oh ya, anyang-anyangan memang bikin tak nyaman. Harus ingat agar banyak minum air putih dan jangan tunda jika ingin pipis.

    BalasHapus
  18. Aku gak biasa di depan umum juga, Jia..
    Untuk melatih percaya diri, aku sering-sering deeh...tuh, tanya kalau ada kajian atau seminar.
    Jadi terbiasa mengungkapkan ide, gagasan atau pertanyaan di depan umum.

    BalasHapus
  19. ISK tuh bikin ga nyaman banget. Apalagi kalo lagi bepergian. Setiap mau salat juga harus ganti pakaian dalam soalnya khawatir ga suci dan ga sahabat buat salat

    BalasHapus
  20. Saya minum uricran waktu anyang-anyangan di waktu hamil besar mbak. Ampuh banget mengatasi penyakit ini.

    BalasHapus
  21. Setuju dengan poin Banyak Membaca
    Karena kurang baca bisa bikin ga percaya diri dalam berargumen lho

    BalasHapus
  22. Aku termasuk orang yang sangat PD meski banyak kekurangan, hehe. Meski kadang minder karena tinggi yang nggak seberapa tapi overall selalu PD diingkungan baru. Eniwe, sekarang anyang2an gak ribet kudu tali2 karet ya. Bisa pakai uricran aha, hihi

    BalasHapus
  23. Dulu saya pemalu banget, pas sma ikut ekskul tari jadi lumayan lebih pede, tapi tetep sih sampai sekarang kalau ngomong di depan umum masih suka gemeteran... Malah curhat bukannya share tips :D

    BalasHapus
  24. Berdasarkan pengalaman, apa yang Jiah sampaikan ini keren sekali. Kebayang kalo sudah gak percaya diri, anyang-anyangan pula terus harus ngomong di depan banyak orang. Ulala.

    BalasHapus
  25. Wah itu mah sudah bagus PD nya hihi. Ikut lomba pidato..
    Aku pun lebih nyaman di belakang layar. Waktu smp cuma nulis buat drama di kelas, yg meranin ya temen2 ajaa 😆
    Anyang2an nggak enak banget. Skrg udah ada uri cran ya. Noted 😊

    BalasHapus
  26. 7 tipsnya oke buat mendongkrak pede. Si pede emang menghilang seketika kalo sampe kena ISk ya Jiah (amit amiiit) baru kena gatel aja udah sedih mau tampil gimana ISK

    Uricran ini favorit aku dan anak anak, mereka minum kayak minum sirup aja gitu, asem dan seger

    BalasHapus
  27. Kalau badan sehat, kita juga lebih percaya diri menjalani aktivitas, ya

    BalasHapus
  28. Nah sepakat banget ama tujuh tipsnya mba. Tapi bener loh mengganti penampilan itu emang mendukung banget biar selalu percaya diri. Tapi penampilannya memang nggak merubah kita :)

    BalasHapus
  29. PR banget nih banyak baca, banyak buku yang masih antri di rumah belum sempet kebaca. Memang bila wawasannya luas, mau komunikasi dengan siapa pun lebih PeDe.

    BalasHapus
  30. Iya pernah gitu grogi banget. Walau public speaking bagiku udah biasa aja. Tapi pas pertama kali harus present di international conference, pakai basa enggres pulak. Runtuh seketika percaya diriku. Haha.... Tipsnya bener, setuju aku dan itu biasa kupraktikkan.

    BalasHapus
  31. Kalau otak berisi, penampilan rapi maka rasa percaya diri pun dengan sendirinya akan timbul ya mbak. Biar otak berisi, tentunya harus banyak baca

    BalasHapus
  32. ISK ini memang bikin ngak nyaman, apalagi kalau mau bepergiaan bawaannya gelisah terus dan jika ngak segera di obati bisa berbahaya juga, karenanya aku setuju lebih baik mencegah daripada mengobati. Tapi kalau untuk urusan percaya diri, kadang aku grogi juga apalagi kalau belum memahami materi, kayaknya gimana gitu berhadapan dengan orang lain apalagi orang banyak, jangan sampai masih grogian terus tambah mengalami ISK...wadiwaw.

    BalasHapus
  33. memang ga enak banget kena anyang anyangan
    serba salah pokoknya bikin ga nyaman
    nah aku suka juga nih konsumsi uricran
    rasa nya enak dan yang lebih penting punya khasiat mengatasi anyanganyangan

    BalasHapus
  34. Bener ya intinya kalau kita jadi diri sendiri trus bersyukur InsyaAllah Percaya Dirinya Makin tinggi

    BalasHapus
  35. Kalo aku ya, yang paling sulit itu yang point memaafkan diri sendiri. Kalo point yg lain sih insyallah bisa. Entah kenapa aku terkadamg suka menuntut diriku too much dan tampil sempurna di mata orglain. Padahal gak bole too much ya.

    BalasHapus
  36. Makasih buat sharing tips untuk meningkatkan percaya diri, mbak. Setuju banget sama tips-tips di atas. Berbekal dg informasi yg didapat dari membaca apa yg kita sampaikan jadi terlihat berbobot ya mbak
    TFS Mbak Jiah

    BalasHapus
  37. Saya termasuk orang yang percaya diri untuk berbicara di depan umum. Apalagi jika menguasai topik. Tapi ada kalanya saya minder dengan penampilan..wah makasih tips nya mbak. ..

    BalasHapus
  38. Dari ketuju hal di atas, alhamdulillah beberapa sementara dicoba dan smga bsa meningkatkan kepercayaan diri 😊

    BalasHapus
  39. Saya tipe anak yg nggak percaya diri apalagi kalau harus tampil di depan publik. Tapi, karena niat, akhirnya banyak latihan dan perbaikan. Nah, kalau udah pede berdiri depan orang banyak,terus mengalami ISK, itu juga butuh solusi.

    BalasHapus
  40. Setuju banget sama tips diatas. Memang yg namanya percaya diri perlu asahan jg ya. Aku sendiri perlu waktu lama buat ini. Pas udah jd emak2 malah pengen show up. Padahal zaman abege gak gitu.

    BalasHapus
  41. Bener juga ya Jiah, kalau kena anyang-anyangan tuh jadi enggak pede ya karena harus mondar mandir ke kamar kecil. Tentu saja hal ini sangat mengganggu. Untung udah ada Prive Uricran yg membantu atasi anyang-anyangan ini.

    BalasHapus
  42. Aku tuh kadang nggak pede soalnya denger suaraku sendiri itu medok banget 😂😂😂 Bisaan nih dicoba ke-7 tipsnya biar agak pedean kalo ngomong depan banyak orang, minimal pede depan kamera sendiri.

    BalasHapus
  43. Lagi kuliah juga aku minim percaya diri mba tapi karena ada mata kuliah praktek ngomong depan orang dan dengan latihan terus alhamdulilah sih bisa sampe sekarang deh :D

    BalasHapus