Selasa, 29 Mei 2018

# Belanja Online # Fashion

Tampil Gaya Dengan Rok Panjang Lokal Bercita Rasa Internasional

Bismillaahirrahmaanirrahiim.....

Rok panjang merupakan jenis rok yang memiliki panjang mulai dari pinggang hingga mata kaki. Model rok ini sedang banyak diminati di kalangan wanita muslimah. Karena selain dapat menutupi aurat wanita, desain rok panjang juga kian menarik dan beragam. Sehingga, kesan yang diberikan pun tidak hanya sopan dan tertutup, tetapi juga elegan.

Fenomena masyarakat yang hobi mengoleksi produk imitasi

Masyarakat Indonesia sangat senang sekali mengikuti tren. Apalagi tren tentang fashion. Ketika ada model baru sedang booming, hampir di setiap pasar pula kita bisa menemukan pakaian dengan model tersebut. Sayangnya, barang yang beredar di pasaran ini adalah barang imitasi atau KW. Alasan masyarakat kenapa hobi membeli barang imitasi antara lain:

  • Harganya murah meriah. Sebagian besar masyarakat memang masih berada di golongan menengah ke bawah. Di mana kebanyakan dari mereka masih sangat tidak rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli suatu barang atau bahkan, memang tidak punya. Nah, jadilah mereka memilih produk KW sebagai alternatif yang dapat dijangkau kantong.
  • Belum adanya sanksi atau hukum tegas. Dasar hukum tentang peredaran produk imitasi ini sebenarnya sudah ada. Hanya saja, penerapannya masih kurang maksimal. Terutama pada pengedar atau bahkan pembelinya sekalipun. 
  • Pamer dan gaya jadi nomor satu. Untuk alasan yang satu ini mungkin bisa dibilang sedikit manusiawi. Setiap orang pasti punya keinginan untuk selalu tampil terbaik dan menjadi pusat perhatian. Karena biaya untuk merealisasikan hal tersebut masih minim, alhasil tampil gaya dengan barang KW adalah jalan yang mereka pilih.
  • Membantu memajukan ekonomi kerakyatan. Kalau memang ada temanmu yang beralasan demi memajukan ekonomi kerakyatan, kenapa tidak beli produk lokal saja? Contoh nih ketika ada model rok panjang terbaru 2018. Dari pada memaksakan diri untuk membeli rok bermerk tapi KW, mending beli produk lokal original kan?

produk lokal

Nyatanya, produk lokal sangat digandrungi pasar luar negeri


Saat masyarakat kita tengah memuja-muja produk luar negeri, malah produk lokal Nusantara tengah begitu diburu di luar sana. Terutama produk kerajinan tangan yang menyematkan budaya khas Indonesia.

Asosiasi Pengusaha Kecil dan Menengah Indonesia (ISMEA) mengemukakan, pemasaran produk andalan fashion dan kerajinan tangan Indonesia masih memiliki daya saing di pangsa pasar luar negeri. ISMEA menjadi perwakilan pelaku UKM di wilayah yang diberikan pembekalan seputar bisnis ekspor secara global.

Tingginya tingkat persaingan pasar global untuk produk UKM, bahkan sampai menuntut pihak ISMEA untuk mencari jalan keluar bagi kebutuhan permodalan. Salah satu sasarannya adalah kebijakan subsidi untuk mengakali mahalnya biaya ekspor barang ke sejumlah negara pasar, serta program ‘jaring pengaman’ dari pemerintah untuk melindungi produk nasional dari serbuan barang asing.

Prestasi perkembangan produk kerajinan Nusantara ini tak lepas pula dari gencarnya promosi yang dilakukan di dunia maya. Salah satunya, kemunculan marketplace online khusus barang handmade terbaik Indonesia. Termasuk di dalamya rok panjang dari pengrajin Nusantara.

Eksistensi produk kerajinan lokal makin mencuat berkat marketplace daring

Kekuatan teknologi terutama internet dalam hal pemangkasan jarak dan waktu memang tak diragukan lagi. Di mana dalam dunia bisnis, kedua hal tersebut merupakan hal yang dapat menyebabkan pembengkakan biaya modal. Apalagi bagi para pengrajin barang handmade yang rata-rata hanya memiliki modal kecil. Keberadaan internet untuk pemasaran produk mereka, bak sebuah anugerah terindah.

Salah satu mall online kekinian tempat pengrajin memasarkan produk terbaiknya adalah Qlapa. Berawal dari niat untuk mengangkat industri kreatif Indonesia, marketplace ini hadir sebagai jembatan penghubung antara peminat kerajinan lokal dan sang pengrajin dapat bertransaksi secara langsung.

Di sana, pembeli akan dimanjakan dengan berbagai macam barang kerajinan, mulai dari pakaian, hiasan ruangan, aksesoris unik, perabotan rumah tangga, serta tak lupa pula rok panjang dengan model terbaru dan limited edition. Beberapa model rok panjang yang dapat ditemukan di Qlapa ialah:

  • Rok batik dari Daradara. Rok ini memiliki model maxi dengan bahan kain batik Garutan berwarna hijau lembut. Item ini memiliki panjang sekitar 95cm dengan bagian pinggang berkaret. Tidak ribet sehingga nyaman digunakan ketika santai ataupun dipadukan dengan hijab berwarna senada.
  • Rok maroon mix batik dari Kainkoe. Pada bagian depan rok terdapat dua floi/lipit dengan sentuhan klasik batik cap Garutan. Sementara bagian lainnya terbuat dari bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik. Bagian batik juga dilapisi tricot serta dipermanis dengan list/bisben motif garis-garis hitam putih. Sangat unik nan elegan ketika dikenakan.
  • Rok tenun antik dari Tenun Bang Koko. Kesan etnik dari model rok panjang ini benar-benar sangat kental. Kain yang digunakan ialah kain tenun khas Jepara, di mana untuk membuat satu lembar kain dibutuhkan waktu cukup lama. Sehingga kualitasnya pun tak main-main.

Nah, kalian sendiri suka rok model apa? Sudah coba lihat di Qlapa belum? Dijamin kamu makin gaya deh apalagi produknya lokal punya. Share pengalaman kalian yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

26 komentar:

  1. saya termasuk yang berpikir dari pada beli produk merek terkenal tapi kawe lebih bagus beli yang lokal tapi asli :)

    BalasHapus
  2. Hidup produk lokal. Produk lokal dluaran Indonesia diakui kn yah mbk.

    BalasHapus
  3. Rok tenun suka tapi yang ringan sih kalo bahannya berat takut gerah

    BalasHapus
  4. Aku sukaaa rok etnik (*istilah keren utk rok bercita rasa lokal).

    BalasHapus
  5. Sekarang akupun lebih suka produk lokal, menurutku unikkk

    BalasHapus
  6. Produk lokal emang asik dipake daripada produk imitasi. Kalau aku lebih suka beli outfit buatan bandung sih. Oh iya, bahkan aksesoris macam bros atau gelang, aku suka yang handmade. Lokal selalu punya gaya unik.

    BalasHapus
  7. saya suka pakai rok loh Ji, ini roknya bikin mupeng deh ih.
    produk lokal emang lebih keren yah.

    BalasHapus
  8. Jujur, saya pribadi memang ada gitu rasa senang sama cewek yang suka pake rok panjang. Bikin hati tentram aja gitu liatnya. Sama terluhat lebih sopan juga. Cocok deh dijadiin hadiah kalo kelak sudah berkeluarga. Heheheh.

    Betewe, contoh rok batik dan tenun yang ada disediakan jadi produk lokal itu gimana ya? Ga ada fotonya sih soalnya.

    BalasHapus
  9. aku mending beli barang yang lebih murah tapi merk asli daripada yang harganya mahal tapi barang KW. Untunglah sekarang produk lokal banyak yang berkualitas, soal harga pun bermacam-macam, tinggal kita pilih yang mana yang sesuai kemampuan...

    BalasHapus
  10. Aku punya rok batik kesayangan mbak. Sayangnya agak sobek krn dulu pernah kena rantai motor hehe.
    Rok2 yg menunjukkan kekhasan lokalitas/ daerah emang oke ya, khususnya buat menunjukkan identitas drmn :D

    BalasHapus
  11. Aku suka beli yang sekiranya bisa bikin nyaman aja. Kawe atau ori bukan hal yang penting, asal kuat bayar aja. Haha

    Aku udah lama ga pake rok, jadi kepikiran beli beberapa buat stok.

    BalasHapus
  12. Aku malah suka produk lokal, murmer. Kalo dr luar biasanya ga kuat nanya harganya. .Wkwkwk

    BalasHapus
  13. Kueecekk banget..lucu parah roknya. Ingin beli buat lebaran. Etapi, ada ukuran besarnya enggak ya?

    BalasHapus
  14. Lepas smk malah lepas pakai rok huhu rasanya kurang bebas gitu sih, tapi sebenernya belum nemu yang nyaman aja kaya gimana. Tapi rok bercorak batik gitu bagus deh ya mba hihinapalagi kalo tinggi

    BalasHapus
  15. Tapi masalah produk lokal pun mahal mbak dibandingkan yang kw gitu, apa lagi yang sudah di ekspor ke luar negri. Untuk yang ekonominya pas-pasan tapi mau tampil gaya terpaksa membeli produk kw sih

    BalasHapus
  16. Aku juga suka pakai rok. Yang pasti karena terlihat feminin dan juga syar'i asal longgar dan gak nerawang.
    Btw itu rok batiknya keren banget ya kayaknya.

    BalasHapus
  17. Waah...ini style aku banget.
    Two-pieces.
    Jadi bisa mix-match.

    Syuukkaa...

    BalasHapus
  18. Wah saya baru tahu tentang ISMEA begitu membantu pihak UKM ya untuk mengglobal.fashion memang gaungnya masih kencang terus sih. Peluangnya besar jika mau go internasional.

    BalasHapus
  19. Ga pernah beli rok internasyenel. Yang jahitan tetangga atau saudara saja. Wkwkwk.

    Qlapa ini memang ecommerce yang asyik. Produknya bagus-bagus dan semua lokal. Produk lokal juga bagus banget kualitasnya.

    BalasHapus
  20. Produk lokal dg citarasa internasional mmg sedang booming akhir2 ini. Kelebihannya tentu saja ada pd eksklusivitasnya. Namun biasanya harganya cenderung mahal.

    BalasHapus
  21. Senangnya produk anak bangsa bisa diminati oleh orang-orang dari luar negeri.
    Karena memang hasil karya mereka, berkualitas dan bagus-bagus.

    BalasHapus
  22. Ah iya bener, drpd beli produk merek luar tapi KW, mending beli produk lokal aja deh hehe.

    BalasHapus
  23. Sangat bangga sekali produk anak bangsa bisa bersaing di kancah internasional. Meskipun saya bukan pengguna rok, tapi saya suka sekali sama wanita yang pakai rok terutama rok yang mengembang. Anggun

    BalasHapus
  24. Rok panjang pasti bikin nyaman yg pakai juga ya. Yang lihatnya juga seneng.

    BalasHapus