Kamis, 28 Februari 2019

# Jasa Logistik # Placement Artikel

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Penyedia Jasa Logistik

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Proses pengiriman barang menjadi kegiatan yang sangat banyak dilakukan sekarang ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi berupa adanya online shop, tingkat konsumerisme seseorang mengalami peningkatan. Proses pengiriman barang yang semakin mudah menjadi salah satu alasan mengapa hal tersebut mengalami pertumbuhan.


Melihat perkembangan tersebut, bukan tidak mungkin penyedia jasa logistik juga bisa mendapat keuntungan yang cukup banyak. Ada beberapa jenis penyedia jasa logistik yang bisa dipilih oleh seseorang atau perusahaan. Biasanya pihak pengirim akan mengirimkan barangnya kepada produsen lain, kepada distributor, ataupun langsung kepada konsumen.

Tarif atau biaya yang harus dibayar pun beragam. Biasanya penyedia jasa logistik menentukan harga yang harus dibayar oleh konsumen tergantung dari jenis barang yang dikirimkan. Jenis barang yang membutuhkan perlakuan khusus akan dikenakan tarif atas perlakuan tersebut. Selain jenis barang yang dikirim, bobot atau berat barang yang akan dikirim menjadi hal lain yang dinilai oleh penyedia jasa logistik. Biasanya penyedia jasa logistik akan mengenakan berat minimal dari barang yang akan dikirim. Bila barang yang dikirim memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan berat minimal, maka tarif yang dikenakan akan berlaku pada berat minimal tersebut.

Pixabay

Selain itu, jarak yang harus ditempuh penyedia jasa logistik untuk mengirimkan barang juga menjadi hal lain yang menentukan biaya pengiriman. Jarak yang lebih jauh tentu saja membutuhkan biaya yang lebih besar. Hal ini berkaitan dengan biaya bahan bakar transportasi yang akan digunakan oleh perusahaan tersebut. Bagi kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan penyedia jasa logistik, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa hal berikut:

1. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang
Perusahaan yang menyediakan jasa logistik biasanya memiliki perkiraan waktu yang dibutuhkan agar sejumlah barang bisa diterima oleh penerima. Perkiraan waktu yang dibutuhkan juga bisa dijadikan salah satu indikator penentuan harga yang harus dibayarkan oleh pengirim. Sekarang ini, sudah ada banyak penyedia jasa logistik yang bisa memberikan layanan pengantaran barang secara kilat. Semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang, semakin tinggi pula biaya yang harus dibayarkan.

2. Berkas pengiriman
Penyedia jasa logistik yang baik memiliki sistem berkas yang baik pula. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai macam berkas yang bisa kamu terima ketika menyelesaikan proses pengiriman barang. Penyedia jasa logistik yang baik akan memberikan resi pengiriman yang berisi berapa total biaya yang dibutuhkan. Selain itu, terdapat juga nomor resi yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan. Pengecekan yang dilakukan bisa dilakukan dengan cara online. Sudah banyak penyedia jasa logistik yang menyediakan layanan ini. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui barangmu sudah sampai mana, apakah sudah diterima ataukah masih dalam perjalanan ke penerima.

3. Memiliki garansi
Garansi diberikan oleh penyedia jasa logistik yang sudah cukup berpengalaman. Perlakuan perusahaan penyedia jasa logistik terhadap barang yang dikirimkan oleh konsumen dijaga sedemikian rupa agar konsumen tetap memiliki kepercayaan terhadap perusahaan tersebut. Dengan memberikan garansi, berarti perusahaan penyedia jasa logistik berani memberikan perlakuan terbaiknya untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Semua hal yang telah disebutkan sangat mungkin ditemukan pada penyedia jasa logistik bernama SERA. Semua informasi yang berkaitan dengan penyedia jasa logistik ini bisa kamu ketahui dengan membuka laman resminya di sera.astra.com. Di sana kamu akan menemukan jenis layanan yang diberikan, awal kemunculan dan masih banyak informasi lainnya. Ada yang sudah coba juga? Share ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

25 komentar:

  1. Seiring makin banyak dan ramai jualan online jasa pengiriman pun makin beragam apalagi kalau reputasinya bagus dan ontime bagus-bagus sama harga yang murah ya. Hehehe

    Semoga dengan hadirnya SERA ini bikin pengiriman makin lancar biar pas lebaran gak ada alasan oberload bisa bagi2 channel logistic ya. Hehehe

    BalasHapus
  2. Salah satu yang harus diperhatikan adalah garansi mba. Dulu saya suka cari jasa pengiriman logistik dan yang ditanyakan asuransi soalnya ngirim laptop. Saya baru kenal SERA, nanti coba aku check and richeck.

    BalasHapus
  3. Yang nomor 3 tuh penting banget ya, secaraaa... kalau hilang gimana?
    Alhamdulillah sih belum pernah dan semoga jangan pernah bermasalah kirim paket trus hilang.
    Dulu tuh pernah kirim Alquran yang harganya sejuta lebih ke mama saya, dan nyampenya hampir 3 minggu dong, ampun deh deg2annya, takut hilang huhuhu

    BalasHapus
  4. Wah ada jasa logistik baru ya.. semoga SERA ini mempunyai kelebihan dari yg sebelum-sebelumnya ya..

    BalasHapus
  5. Oh ada garansinya ya? Dlu jaman ku masih bisnis online kayanya jasa logistik yg ada ga terang2an bilang ada garansi ya.apa aku lupa atau mmg bru sera ini yg ada garansi nya?

    BalasHapus
  6. Ketiganya penting ya mba.. secara jasa logistik banyak banget, jadi kejelasan waktu sampai hingga garansi ini penting dalam memilih jasa logistik, agar kita kirim-kirim barang jadi lebih aman

    BalasHapus
  7. Yang penting ada garansi sih kalau menurut aku. Garansi penting banget buat para konsumen

    BalasHapus
  8. Baru tahu saya jasa logistik Sera ini, ya betul mba jasa logistik yang baik memang harusnya ada garansinya ya dan bukan sekedar bukti barang saja yang dicantumkan, karena sekarang logistik pun bisa dipermainkan oleh orang dalam

    BalasHapus
  9. Garansi dan kepastian kapan tibanya barang itu paling penting menurutku, Ji. Pernah daya kirim barang, barangnya gak nyampe dan gak diganti pula, hiks :(

    BalasHapus
  10. hal pertama yang saya perhatikan saat kirim barang/paket itu adalah garansinya. Soalnya saya pernah punya pengalaman buruk terkait garansi ini :(

    BalasHapus
  11. mau kepoin ah Sera :D saya masih suka kirim-kirim barang siapa tau cocok, eh tapi ini ada gak ya di Bandung?

    BalasHapus
  12. Dengan maraknya online shop membuka peluang bisnis baru juga yaitu penyedia jasa logistik, ya. Tiga faktor itu penting ya bagi penyedia jasa logistik terutama masalah garansi, moga hadirnya sera bisa memenuhi kebutuhan penyediaan logistik

    BalasHapus
  13. Kadang kirim barang ringan cuma diukur volume karena besar ya. Jasa logistik Sera ini dari Astra ya? aku belum lihat di sekitar rumah nih.
    Penting banget garansi buat jaga2 kalau barang yg dikirim kenapa-napa.

    BalasHapus
  14. Baru aja nih pada curhat tentang barang yang hilang saat pengiriman, mungkin banyak yang belum faham garansi ini... Kadang pasrah aja kalo barang ilang

    BalasHapus
  15. Pemyedia jasa logistik harus mempunyai fasilitas garansi, kalo enggak males aja menggunakannya. Karena kalo barang yang kita kirimkan hilang kan bisa minta ganti rugi

    BalasHapus
  16. Aku beberapa kali sih minta pake garansi pas ngirim barang. Alhamdulillah belum ada keluhan soal logistik

    BalasHapus
  17. Kalau udah ada garansi mah insya Allah kita lebih tenang ya kak, beberapa kali kehilangan barang pada saat pengiriman bikin aku agak mikirin soal garansi pengiriman barang ini

    BalasHapus
  18. Aku sampai pastikan poto profil blognyam, ternyata beneran Mbak Jiah hahah, biasanya kan ulasan drakor isi blognya :D
    BTW Jasa logistik ini maksudnya jasa pengiriman barang kan ya mbak? Aku baru tau ada yang namanya SERA ini :D TFS

    BalasHapus
  19. Aku kalo pengiriman barang untuk konsumen gitu juga, kadang ada yang mau make asuransi kadang nggak hehhe. Garansi juga beberapa ada yang minta gitu. Beragam permintaan konsumen hahah

    BalasHapus
  20. ini logistic baru ya Ji? Baru dengar deh rasanya *eitsss tapi sayanya yg kudet sih kayaknya, hihih.
    benar banget tuh Ji, klo ada garansi kita juga setidaknya lebih lega apalagi bisa sambil tracking barang kita udah dimana posisinya :)

    BalasHapus
  21. sekarang jasa pengiriman logistik banyak banget, harus benar-benar eksra milihnya. Aku sendiri suka yang tepat waktu, paket aman mulus ngga penyok apalagi remuk, trackingnya juga gampang :)

    BalasHapus
  22. aku baru tau mba astra ekspansi ke pengiriman logistik. Harus dicoba nih. Saya tahunya astra hanya untuk transportasi saja.

    BalasHapus
  23. Nah, soal garansi barang nih, masih banyak lho yang tidak bisa memberikan jaminan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Padahal kan konsumen ngirim barang gitu pasti ada urgensinya ya.

    BalasHapus
  24. Baru tau nih ada jasa logistik baru lagi namanya Sera. Siap2 ya Serta bersaing dengan para senior2nya. 😁

    BalasHapus
  25. Oh menarik ini jasa logistik baru ya mbak? Jadi pengen nyoba buat kirim2 barang ke ibuku.

    BalasHapus