Explore the blog

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya



Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support

Sabtu, 03 Juli 2021

Memotong Rambut Sendiri

Ji, kamu potong rambut? Sejak kapan?

Hai, apa kabar? Semoga kita tetap dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Well kali ini saya mau cerita tentang kehebohan tetangga yang kebetulan masih saudara. Mereka syok waktu melihat rambut saya yang pendek. Padahal dulu saya identik dengan perempuan berambut panjang. Apakah saya ke salon atau tahu cara memotong rambut sendiri?

cara memotong rambut sendiri

Sebenarnya mereka terbilang telat untuk tahu bahwa saya memotong rambut jadi pendek. Mungkin mereka tidak sadar karena selama ini saya suka menggelung rambut. Ribet banget kan kalau harus menggerai rambut panjang. Mana keriting dan mudah kusut lagi.

Setelah sekian lama dan banyak berpikir, saya pertama kali memotong rambut di bulan Muharram. Saya sudah cerita di postingan Ganti Image. Lalu sebelum Idulfitri kemarin, saya pun memotong rambut lagi ke salon yang sama. Kali ini jauh lebih pendek.

Sebenarnya dulu saya lumayan sering memotong rambut sendiri. Biasanya hanya memangkas bagian ujungnya untuk menghilangkan rambut yang bercabang atau merah. Caranya pun mudah. Kita tinggal membagi rambut menjadi dua bagian. Lalu potong masing-masing ujungnya. Selesai deh. Kadang saya memotong bagian depan agar lebih pendek daripada yang belakang.

Oh iya, karena rambut saya tidak lurus, pasti ada bagian yang lebih panjang daripada lainnya. Namun saat kering, mereka akan terlihat sama. Ya not too bad lah wong kalau bepergian saya pakai kerudung. Jadi enggak bakal ada komentar nyinyir.

Kenapa harus ke salon jika memotong rambut sendiri itu mudah?


Alasan saya ke salon itu supaya betulan potong rambut, tidak mundur di jalan. Kalau memotong sendiri, nanti saya akan bimbang apalagi ada orangtua di rumah. Saat ke salon, pasrah saja sama yang memotong. Mereka jauh lebih profesional dalam hal ini. Dua kali potong rambut, saya pun tidak menyesal sama sekali. Malah lebih bahagia dengan gaya baru.

Nah karena sekarang lagi pandemi dan sedang ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mulai dari hari ini sampai tanggal 20 Juli 2021, rasanya agak tidak memungkinkan untuk pergi ke salon. Maka dari itu, ada baiknya kita mengetahui tips memotong rambut sendiri di rumah saja. Ini dia:

tips cara memotong rambut sendiri

  • Siapkan gunting yang tajam. Kalau bisa gunting khusus untuk memotong rambut
  • Siapkan karet rambut, sisir gigi rapat, dan pelindung pakaian agar bekas rambut tidak ke badan
  • Pilih potongan rambut. Karena saya sendiri bukan yang pro dalam memangkas rambut, jadi di sini saya hanya mencontohkan memendekkan rambut
  • Buat rambut agak lembab agar mudah memotongnya. Biasanya dengan disemprot air, atau kita bisa menggunakan kondisioner
  • Belah rambut menjadi dua bagian lalu ikat dengan karet rambut untuk pembatas
  • Potong rambut tepat di bawah batasan karet atau di atas karet. Sesuaikan dengan kemauan kita
  • Setelah itu, rapikan rambut
  • Kita juga bisa menggunakan cara ikat rambut satu bagian lalu tarik ke depan dan potong
  • Selesai. Begitu saja

Itu dia sih tips simpel dan cara memotong rambut sendiri. Tidak terlalu sulit sebenarnya jika hanya ingin memendekkan rambut. Kalau gaya model lain, pastinya butuh cara lain juga dan sayangnya saya belum coba. Ada yang bilang bisa dengan cara menguncir rambut jadi beberapa bagian. Mungkin lain waktu bisa saya coba saat rambut sudah agak panjang.

Ji, rindu punya rambut panjang?

Kalau mau jujur, untuk sekarang saya tidak terlalu rindu. Saya suka rambut pendek karena tidak ribet dengan perawatannya. Apalagi ada Keponakan bayi yang hobi narik rambut. Jadi lebih aman punya rambut pendek. Tidak tahu ya kalau tahun depan atau entah kapan ingin punya rambut panjang lagi. Sepertinya sih saya malah tertarik untuk mewarnai rambut daripada memanjangkannya, hehehe.

Kalian sendiri bagaimana? Ada yang sudah sering memotong rambut sendiri? Share tips lainnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy Blogging!

Whould you like to comment?

  1. Bener nih, kalo bisa dipotong sendiri kenapa harus ke salon yekan! hitung-hitung berhemat mengurangi pengeluaran gitu.Bicarain soal potong rambut sendiri, jadi inget dengan video tik tok soal potong rambut DIY yang sempet viral kemaren-kemarennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak main Tiktok, jadi gak tahu videonya yang mana. Potong rambut sendiri memang lebih hemat sih

      Hapus
  2. Kalau suami saya suka sekali motong rambut anaknya mbak, pernah sih nawarin motong rambut saya, tapi cuma sekali

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman