Explore the blog
Kamis, 29 Oktober 2020

Belajar Tentang Gigi Dewasa

"Nduk, ayo giginya digoyang-goyang!"
Aku mengangguk lalu menggoyangkan kepala, bukan giginya 

Siapa hayo yang punya kelakuan seperti itu? Saya dong waktu kecil, hahaha. Parahnya, Ibu saya cerita sama Keponakan dan berakhir dia mengikuti jejak saya yang kalau diminta goyangin gigi, eh malah kepalanya yang digoyang. Dia sudah berusia 8 tahun dan gigi susunya sudah mulai berganti. Kini saatnya kami belajar tentang jumlah gigi dewasa.

jumlah gigi dewasa

Gigi merupakan bagian dalam tubuh manusia yang cukup rumit dan memiliki banyak fungsi. Bagian gigi sendiri terbentuk di trisemester kedua kehamilan tepatnya mahkota gigi. Baru deh akar terus berkembang sampai gigi terlihat di usia 6-10 bulan. Gigi pada anak disebut gigi susu dan jumlahnya ada 20 buah. 

Saat anak berusia 6-7 tahun, satu persatu gigi susu akan goyang dan digantikan dengan gigi dewasa yang akhirnya akan berjumlah 32. Di usia saya sekarang jumlah gigi saya ada 28. Tinggal nunggu 4 gigi dewasa bungsu yang semoga bisa tumbuh dengan baik tanpa ada masalah. Soalnya ada banyak kasus kan Gigi Bungsu posisi tumbuhnya kurang bagus hingga harus dicabut. 

Untuk Keponakan saya, sebenarnya saat giginya goyang itu termasuk hal normal. Namun sepupunya yang lain itu sudah berganti gigi bahkan di usia 5 tahun. Saya kurang paham apa itu baik atau tidak. Waktu itu mereka memang punya masalah gigi yang menghitam. Jadilah Keponakan agak ngambek karena dia paling akhir berganti gigi. 

Belajar Tentang Gigi Dewasa dengan Keponakan itu masih di tahap rajin gosok gigi. Waktunya ya setelah sarapan dan sebelum tidur. Jujur kadang masih sulit untuk tepat waktu. Paling gampang ya saat mandi. Lalu perihal cara gosok Gigi yang bulat-bulat. Untungnya waktu itu di kartun Upin Ipin ada cerita tentang Kesehatan Gigi. Jadi bisa dapat contohlah. 

Oh iya, saat gigi mulai goyang, saya tidak pernah bercerita tentang Peri Gigi. Saya jarang mengambil contoh cerita fantasi karena anak sekarang kan kritis. Daripada nanti banyak pertanyaan, lebih baik dihindari, ckckck. Cuma dulu di awal-awal saat pertama kali cabut gigi susu, Kakak saya ngasih hadiah Es krim. Sekarang eh masih nagih #Duh. 

Sebenarnya ketika belajar gigi dewasa seperti sekarang, saya ingin ngasih tahu fungsi dari masing-masing gigi, seperti:
  • Gigi Seri berjumlah 8 (4 atas dan 4 bawah) untuk menggigit, memotong, menyobek, juga menahan makanan
  • Gigi Taring berjumlah 4 (2 atas dan 2 bawah) untuk menyobek makanan
  • Gigi Geraham Depan atau Premolar berjumlah 8 (4 atas dan 4 bawah) untuk menghancurkan dan mengunyah makanan
  • Gigi Geraham Belakang atau Molar untuk mengunyah dan menggiling makanan jadi lebih halus 

Kalau mau, sebenarnya masih banyak hal yang bisa kami pelajari dari gigi seperti Enamel, Dentin, Pulpa atau Rongga Gigi, Sementum, Akar Gigi dan lainnya. Namun belajar fungsi gigi saja masih banyak PR-nya. Jadinya ya secukupnya saja. Yang penting itu, rajin sikat gigi dan lebih peduli dengan kesehatan gigi dan mulut. Semoga nanti di sekolah sudah sampai pada materi Gigi, Keponakan akan lebih paham. 

Saya berharap Keponakan bisa menjaga kesehatan giginya dengan baik. Soalnya saat saya kecil terbilang gagal dan akhirnya punya gigi yang berlubang. Maunya dicabut saja sih, tapi paling nanti disuruh nambal dulu. Sejauh ini meski berlubang, alhamdulilah jarang sakit. Kuncinya sih tidak makan permen atau tidak keseringan makan manis. 

Sekian dulu cerita saya Belajar tentang Gigi Dewasa. Jika kalian punya tips menjaga kesehatan gigi dan mulut atau terhindar dari sakitnya gigi berlubang, tolong beritahu saya di kolom komentar ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman