Explore the blog
Kamis, 23 Januari 2020

Review Film Korea Be with You

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah kehilangan orang terkasih? Bagaimana rasanya?

Annyeong hasimnikka! Di awal tahun 2020 ini, saya memilih film Be with You sebelum melangkah ke review lain dari drama Korea. Hitung-hitung buat tabungan internal link karena saya sedang nonton dramanya Mbak Son Ye Jin, Crash Landing On You, hehehe.


Ditinggal orang terkasih memang berat, bikin sedih. Kekacauan hidup juga pastinya. Begitu juga yang dialami oleh Woo Jin. Istrinya Soo A meninggal dunia. Kini tinggallah Woo Jin dan Ji Ho. Bisa dibilang hidup mereka tidak baik-baik saja. Woo Jin harus bekerja keras dan juga mengurus putranya Ji Ho.


Setiap hujan, Ji Ho selalu berharap bahwa Ibunya akan kembali seperti cerita tentang Ibu Pinguin. Ji ho pun pergi ke sebuah stasiun kereta dengan doa bahwa Ibunya akan pulang. Woo Jin tahu bahwa itu tidak mungkin dan mengajak Ji Ho pergi dari sana. Tapi suatu ketika, di terowongan rel kereta tiba-tiba seorang wanita muncul. Dia Soo A, tapi tidak mengingat apa-apa. Ji Ho sangat bahagia tapi ayahnya ketakutan karenanya. Lalu, bagaimana hidup mereka selanjutnya?


Movie: Be with You/Now, I Am Coming to See You
Revised romanization: Jigeum Mannareo Gabmida
Hangul: 지금 만나러 갑니다
Director: Lee Jang-Hoon
Writer: Takuji Ichikawa (novel)
Producer: Yang Soo-Jung, Kim Jae-Joong
Cinematographer: Jo Sang-Yoon
Release Date: March 14, 2018
Runtime: 131 min
Distributor: Lotte Entertainment
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
So Ji-Sub as Woo-Jin
Son Ye-Jin as Soo-A
Kim Ji-Hwan as Ji-Ho
Ko Chang-Seok as Hong-Goo
Lee Joon-Hyuk as Swimming Instructor Choi
Son Yeo-Eun as Hyun-Jung
Lee You-Jin as Woo-Jin (young)
Kim Hyun-Soo as Soo-A (young)
Park Seo-Joon as Ji-Ho (adult)
Kong Hyo-Jin as Han Bok-Nyeo
Bae Yoo-Ram as Hong-Goo (young)
Seo Jung-Yeon as Seo-Bin’s mother
Lee Min-Sung as Seo-Bin
Uhm Seo-Hyun as Na-Eun
Lee Seung-Joon as PE teacher in the past
Shin Woo-Hee as Ji-Ho's homeroom teacher
Gam So-Hyun as Ji-Ho's classmate
Jo Ha-Suk as male relative
Seo Young-Sam as bus driver
Choi Dong-Hwa

Review Korean Movie Now, I Am Coming to See You


Alasan nonton Film Be with You ini sebenarnya tergoda kata orang yang mengatakan bahwa film ini bagus dan memang tahun 2018 sangat populer. Now, I Am Coming to See You didasarkan pada novel Ima, Ai ni Yukimasu karya Takuji Ichikawa yang terbit pada tahun 2003. Tentu saja film ini ada versi Jepangnya dengan judul yang sama.

Ceritanya tentang keluarga kecil. Woo Jin, Soo A dan putranya Ji Ho. Soo A ini meninggal muda, tapi kemudian dia tiba-tiba muncul kembali saat hujan dan tidak mengingat apa pun bahkan suami juga anaknya. Lalu, apakah Soo A ini melakukan perjalanan waktu? Nonton sendiri kalau mau tahu, hahaha.


Meski ini cerita keluarga, tapi banyak kilas balik tentang perjalanan cinta Woo Jin dan Soo A saat remaja. Mereka saling suka saat SMA, tapi tidak saling mengungkapkan sampai mereka berpisah karena beda kampus. Lalu akhirnya jadian juga meski malu-malu. Sempat putus juga karena Woo Jin sakit. Jadi dia tidak ingin Soo A menderita. Klise banget memang sampai Soo A juga punya diary yang menceritakan tentang kisah mereka.


Meski begitu, saya memang paling suka dengan interaksi 3 orang yang jadi keluarga kecil. Sejak Soo A kembali, hidup Woo Jin dan Ji Ho yang berantakan, mulai tertata. Ibu adalah pusat keluarga. Jadi ketika sosok Ibu hilang, mereka goyah. Jadi jangan remehkan Ibu Rumah tangga ya!


Mereka ini juga menghabiskan banyak waktu sebagai keluarga yang bahagia. Tapi saat hujan turun, mereka juga ketakutan akan kehilangan Soo A lagi sampai melakukan berbagai cara agar wanita itu tetap tinggal. Tapi mau bagaimana, hidup harus tetap berjalan meski ditinggalkan, iya kan?


Nonton Film Korea Be with You itu bikin haru. Kisah cinta Woo Jin dan Soo A memang biasa. Tapi saat mereka berkeluarga dan ada Ji Ho, ini yang membuat berbeda. Ibu memang punya peran yang sangat penting. Tapi saya pikir, alangkah baiknya jika masing-masing anggota keluarga bisa belajar untuk bertahan hidup dan mandiri kalau-kalau salah satu anggota tidak ada. Di film ini, Soo A datang dan mengajarkan putranya untuk bertahan hidup dan mandiri. Jadi dia tidak terus-terusan mengandalkan Ibunya.

Saat kita diberi pilihan untuk berumur panjang, tentu kita akan memilihnya. Tapi ada kalanya, kita bisa bahagia walau dengan kehidupan yang singkat asal bersama orang yang kita sayang. Kita harus berdamai dengan keadaan juga kenyataan. Kehilangan tentu menyakitkan. Tapi semua akan sembuh seiring berjalannya waktu.


Akting So Ji Sub di Terius Behind Me itu misterius, tapi di Now, I Am Coming to See You itu kalem, malu-malu. Lalu Son Ye Jin, dia tetap cantik seperti terakhir saya melihat aktingnya di Personal Taste. Oh iya, ada Park Seo Joon dan Gong Hyo Jin juga lho sebagai cameo. Jangan lupa siapin tisu juga kalau mau nonton.


Kalian sendiri sudah nonton Film Korea Be with You? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Hancinema

Whould you like to comment?

  1. Waaaahhhh... aku sedang mencari tontonan baru nih, setelah menanti Crash Landing On You yang tidak tayang weekend ini. Coba ah nanti malam sebelum bobo kita nonton.

    BalasHapus
  2. Wah ketoke sedih ceritanya. Hiks bayangin kalau salah satu dari aku dan suami udah ga ada =(

    BalasHapus
  3. Kemunculan Soo A itu bukan kayak yang di sinetron Indonesia yang tokohnya sudah mati bisa tetiba hidup gitukah, Jiah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak lah Mbak. Sinet Indo mah mati hidup mati hidup mulu

      Hapus
  4. OK. Aku masukin list ah! Sebelum penantian panjang tanggal 1 lagi buat ketemu Ye Ri unnie. Tapi kayaknya kudu banyak-banyak siapin tisu yak

    BalasHapus
  5. Saya belum nonton. Tetapi, baca di sini aja udah bikin baper. Kalau cerita tentang kehilangan anggota keluarga memang suka bikin sedih

    BalasHapus
  6. Belom nontooon hahahhaha, aku jarang nonton korea euy, baru nonton film korea yg pendek2 & itu pun yg horor 😄 pengen nonton tapi takut ketagihan hahah

    BalasHapus
  7. Aku maju mundur nonton film ini mba. Teryata walaupun terkesan klise, film ini menarik untuk jadi pilihan ya mba

    BalasHapus
  8. Jiah ih tanggung jawab aku teracuni nih sama Now, I Am Coming to See You.
    Duh aku gak inget kata2 JIah kemarin sih kalau minggu ini episode drakor libur ya aku habiskan semua yg kemarin

    BalasHapus
  9. Kalau film korea aku termasuk jarang nonton, lebih sering nonton dramanya, noted ah bisa jadi referensi nih film korea yang bagus...btw endingnya apa ya mbak hahaha, aku kadang aneh kalau nonton drama korea yang berseri-seri biasanya nonton episode 1 dan 2 terus bagian terakhir baru lanjut episode lainnya.

    BalasHapus
  10. Aku udah nonton film ini. Ihiks... aku banyak meweknya. Tapinya, untungnya Son Ye Jin bisa balik ya ke keadaan dulu. Jadinya, anaknya bisa mandiri. Ihiks... Bang Ji Sub sama aku aja sini. :))))

    BalasHapus
  11. wah, sepertinya filmnya bagus ya Jiah, jadi pengen nonton juga deh. Karena lagi nonton CLOY juga seh sebenarnya, hahaha

    BalasHapus
  12. yap ketika anggota keluarga ada yg 'pergi', rasanya nyesek. rasanya dunia ini berakhir.tp sesungguhnya ini cobaan untuk melihat kuatnya semangat kita untuk hidup

    BalasHapus
  13. Waahh ada versi Jepangnya juga ya tapi kyknya aku blm pernah nonton. Penasaran sama endingnya bgmn.
    Ini kyknya sarat nilai2 kekeluargaan ya mbak. Tapi moga gak sehalu film holiwud yg pernah aku tonton. Soalnya klo di film yg aku maksud masa keluarganya yg meninggal dihidupkan lagi sama ilmuwan 😆

    BalasHapus
  14. Pengen nonton tapi takut dramanya sedih huhu aku jarang nonton yang sedih, ngga ku ku

    BalasHapus
  15. Belum nonton nih drakor ini tapi suka liat ditimeline dan beberapa review sudah saya baca juga, bagus yah dan bikin penasaran ingin nonton juga.

    BalasHapus
  16. Oh My God. Aku nangis nonton film ini. Ya pantas lah kalau ni film populer banget, aktingnya bagus, dan sampai pertengahan film aku tuh masih mikir jangan2 ada dua Soo A atau gimana gitu. Ternyata oh ternyata. Setidaknya endingnya para tokoh bisa menghadapi perpisahan dengan lebih kuat mental ya.

    BalasHapus
  17. Baru kali ini benar-benar ngikutin drama Korea dan menanti-nanti kelanjutannya. Apalagi kalau bukan "Crash, Landing On You." Masih nunggu eposide 11 tayang 1 Februari nanti. Sambil nunggu, saya nonton film dan drakor lainnya, tapi tetap saja nggak bisa move on dari "Crash, Landing On You" ini. Dan baru tau juga nama asli Yun Se-ri ternyata Son Ye Jin. OOh dia main di Film Be with You juga ya. Nggak mau nonton takut konsentrasi terpecah haha.

    BalasHapus
  18. Mbaaaa aku kudet drama Korea. Eh tapi pernah nonton Oh My Venus . Itu yang main cowoknya yang main di My Venus bukan ya. Kayak mirip

    BalasHapus
  19. Belum nonton, sepertinya harus siapin banyak tissue nih kalau mau nonton, saya tuh gampang nangis kalau lihat tontonan sedih gitu, apalagi berkaitan dengan orang terkasih

    BalasHapus
  20. Kok aneh bin misterius to Ji kisahnya. Bisa gitu ya Soo A muncul saat hujan dan ada kemungkinan menghilang ketika datang hujan lagi. Bikin penasaran aja ih.
    Kisah cinta yang luar biasa dalam keluarga kecil mereka ya, dimana sang anak juga amat mencintai ibunya.

    BalasHapus
  21. Awalnya aku pikir cerita film ini ada unsur fantasi gitu. Kok bisa muncul dan hilang saat hujan. Ternyata mimpi Soo A yang koma setelah kecelakaan. Bagus dan mengharukan banget kisahnya. Apa lagi yg akting So ji Sub dan Son Ye Jin.

    BalasHapus
  22. pernah nonton sekilas drakor ini tapi gak lanjut karena entah apa (lupa). tapi karena reviewnya bagus kayaknya aku bakalan nonton deh karena aku suka drama yang mellow gini, hehe

    BalasHapus
  23. Baca review-nya saja sudah bikin pengen mewek. Belum pernah nonton drama ini. Penasaran jadi pengen nonton. Penasaran gimana Soo A yang lupa suami dan anaknya harus tinggal bersama mereka.

    BalasHapus
  24. Belum nonton yang ini. Kalau aku jadi Woo Jin tentu aku bakal ketakutan juga. Lah orang yang udah meninggal kok hidup lagi hehe. Tapi bener sih, kita emang harus siap di segal kondisi. Kita ga tau ke depannya akan seperti apa

    BalasHapus