Explore the blog
Selasa, 21 Januari 2020

Potensi Solar Panel

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Energi baru yang ramah lingkungan menjadi kebutuhan di era modern seperti sekarang ini. Salah satunya adalah dengan pengembangan energi listrik tenaga surya atau solar panel. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop (atap) kini sudah mulai menjadi bagian dari penyuplaian kebutuhan listrik. Sebab lewat panel surya sinar matahari yang ditangkap dapat diubah menjadi tenaga listrik.


Solar panel ini bisa diaplikasikan di atap, kaca, jalan, hingga carport. Prinsipnya setiap ada atap, di situ ada potensi listrik. Oleh sebab itu dunia industri dan bangunan komersial (High rise building) di perkotaan harus menyadari konsep bangunan pintar dengan energi bersih yang dapat diaplikaskan terintergrasi dengan atap solar, kaca solar atau solar pedestrian.

Freepik

Secara ekonomis PLTS Rooftop dapat menghemat biaya listrik hingga 15-30% per bulan, dengan biaya investasi yang akan tertutupi di tahun ke-6 hingga ke-9 setelah PLTS dioperasikan. Terlebih solar panel ini bisa bertahan hingga 30 tahun dengan perawatan yang minim. Sekarang ini konsumen solar panel mencakup pada bidang industri, komersial dan infrastruktur. Seperti mall, pabrik hingga LRT dan MRT. Pada saat ini ada beberapa perusahaan yang menyewakan dan menyediakan jasa pasang solar panel salah satunya adalah Sewatama.

Solar panel ada beberapa macam, misalnya solar PV (fotovoltaik/panel surya) jenis solar panel ini akan minim perawatan dengan masa penggunaan alat 25 tahun hingga 30 tahun. Permintaan untuk solar panel juga terus meningkat pasca terbitnya Peraturan Pemerintah (Permen) nomor 49 tahun 2018 terbit, yang mengizinkan listrik dari panel surya bisa disambung ke listrik PLN. Untuk mengakomodir kebutuhan itu banyak perusahaan penyedia solar panel yang bekerja sama dengan produsen luar negeri sehingga jika ada permintaan desain termasuk permintaan integrasi solar surya mereka tetap dapat mensupport dan ada juga dari mereka yang bekerja sama dengan aplikator-aplikator sehingga pemasangan solar panel tidak hanya dilakukan pada atap bangunan tetapi tempat-tempat lain yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Jadi, sudahkah kalian mencoba solar panel? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?