Selasa, 05 Juni 2018

# Masak # Ramadan

Waktu Memasak Saat Ramadan

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa kabar ramadan ke-20 kalian? Masih semangat kan karena sudah mau liburan?! Yah, tapi harus bersiap untuk mengatakan selamat tinggal!

Cooking ketika puasa itu bagi saya bisa jadi belajar dan juga bereksperimen. Saya lumayan sering buka resep lama atau bahkan browsing di Google atau Cookpad. Belanja? Jangan ditanya. Kulkas penuh sama sayuran yang kadang sampai beberapa hari. Yah mungkin biar saya siap berumahtangga kali ya!

Nah, Kapan Sih Waktu Memasak yang Tepat Saat Ramadan?

waktu memasak
Pixabay

Sebenarnya itu tergantung siapa dan memasak untuk apa. Bisa jadi:

  • Kita sendirian, 30 menit sebelum adzan magrib juga bisa. Itu karena buatnya hanya seporsi jadi tak butuh waktu lama.
  • Berdua, ini bisa termasuk porsi sedikit. Jadi tetap 30 menit sampai satu jam sebelum buka masih oke.
  • Untuk dijual (Bukan resto/tempat makan besar), lihat berapa banyak yang dijual. Ketika dzuhur cukup oke untuk memulai dengan catatan hanya memasak saja. Jadi pukul 14.30 sudah bisa dagang.
  • Masak untuk ngaji. Biasanya saya mulai setelah solat dzuhur. Persiapkan bahan dan lain-lain lalu mulai masak. Kurang lebih 25 porsi dengan 2 jenis lauk sudah oke. Jam 15.30 sudah siap diantar ke tempat pengumpulan.

Cooking, Saat Kita Menyatu dengan Bumbu


Bagaimana dengan waktu memasak saya?

Seringnya saya mulai di jam 14.00 atau 14.30. Mempersiapkan bahan, bumbu, dan mulai memasak. Saya paling nyaman ketika maksimal jam 16.00 sudah selesai. Iya makanannya jadi kurang hangat, tapi lebih enak gitu dan tidak buru-buru.

Waktu sebelum magribnya bisa dipakai untuk hal lain seperti ngaji, ngetwit atau malah nonton Drama Korea, apalagi bisa halu dimasakin Cowok Manis, hahaha. Walaupun kadang-kadang saya ambil waktu untuk buat gorengan di jam 17.00. Paling 15 menit sudah oke. Intinya saya menghindari bau asap ketika sudah mandi. Masak dulu baru bersih-bersih dan bisa tetap wangi.

Itu aja sih waktu memasak saya saat ramadan ini khususnya untuk berbuka puasa. Kalau untuk sahur, sejauh ini Ibu saya yang bertindak dengan masakan sederhana atau menghangatkan apa yang masih ada.

Kalau kalian bagaimana? Share yuk kapan kalian memasaknya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

2 komentar:

  1. wah tadi saya jam 14 juga udah sibuk di dapur

    BalasHapus
  2. saya yang hobi memasak agak bingung kalo masak lagi lapar2nya.. nanti keasinan.. :)

    BalasHapus