Kamis, 14 Juni 2018

# Buka Bersama # Ramadan

Safari Ramadan, Buka Puasa Keliling Desa

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebulan puasa ini terhitung, em saya belum pernah buka puasa di luar bersama dengan teman. Apa saya sudah gila?!

Enthlah. Kemarin niatnya sih buka puasa bareng sebelum dia mudik. Tapi ya itu hanya niat karena faktanya dari awal sampai akhir ramadan saya sibuk. Alhamdulillah....

Lalu saya ngendon aja di rumah?

Tentu saja tidak. Jadi di kampung saya tiap puasa ada Safari Ramadan, Buka Puasa Keliling Desa. Bukan berarti kita makan sambil jalan keliling kampung ya.


Tiap tanggal genap, kami akan buka puasa bersama. Dari tanggal 2 sampai 26 ramadan. Di kampung saya ada 13 RT dengan beberapa musola dan masjid. Tiap tempat ibadah dapat giliran satu kali. Nanti acaranya dimulai dengan pembukaan, tahlil, ceramah keagamaan, doa dan buka bersama. Acara dimulai pukul 16.30 sampai magrib tentunya.

Tahun ini saya hanya beberap kali ikut buka bersama keliling kampung. Itu keponakan saya si Sinta kadang tidak mau pergi. Paling yang dekat-dekat RT tempatku saja.


Oh iya, untuk menu buka puasanya disediakan oleh warga daerah situ. Kadang ada yang iuran lalu masak jadi satu biar seragam. Tapi ada juga yang masak sendiri hanya dikasih tempat/wadahnya saja.

Kalau sudah masak masing-masing, menu buka puasanya jadi banyak dan beda-beda. Yang jelas kita tidak bisa pilih dan hanya menerima yang diberi. Dilarang banget buat protes jika dapat yang tidak sesuai di lidah. Tiap orang kan punya selera sendiri dalam memasak.

Lauknya sendiri apa sih?

Ayam, Telur, Sayur, Mie, Tahu, Tempe kadang daging. Suka-suka yang ngasih. Namanya juga sedekah. Sepunya kita. Jangan sampai memaksakan yang wah tapi untuk besok tidak bisa makan. Itu kurang baik lho!

Apa yang dibahas untuk ceramahnya?


Macam-macam. Standarnya tentang puasa dan pahalanya. Atau tentang amal ibadah baik yang bisa bikin kita masuk surga. Penceramahnya dari kampung sendiri dan beda-beda orang. Gayanya ada yang serius, pakai bercanda, ada juga yang dengan solawatan.

Nah kalau di tempat kalian ada Safari Ramadan, Buka Puasa Keliling Desa juga tidak? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar