6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Ilmu Geografi, Travel Guide Kehidupan Sehari-Hari

Pernah terpikir kenapa di Indonesia cuacanya panas sedangkan di belahan bumi lain bisa sangat dingin? Kenapa kita tinggal di daerah pesisir sementara yang lain ada yang di gunung?

    Pada dasarnya, hidup adalah perjalanan. Mulai dari tak ada, ada, lalu kembali pada Sang Pencipta. Kita, manusia ini di tempatkan di Bumi sebagai Pemimpin untuk makhluk hidup lainnya. Betapa lucunya jika Penguasa tidak tahu wilayah. Makanya kita kudu banyak belajar. Salah satunya dengan Ilmu Geografi, Travel Guide Kehidupan Sehari-Hari.

ilmu geografi travel guide kehidupan sehari-hari

    Geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo (Bumi) dan Graphein (lukisan, tulisan, atau deskripsi). Secara mudahnya, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi dan apa yang ada di dalamnya termasuk batuan, air, iklim, cuaca, flora, fauna dan manusia dan mempelajari interaksi antara unsur-unsurnya. Ilmu ini muncul sekitar 2200 tahun lalu saat Eratosthenes, seorang Astronom dan Penulis dari Yunani menghitung keliling Bumi dengan cara membandingkan sudut matahari saat tengah hari di 2 tempat yang jarak terpisahnya diketahui.

Objek Studi dan Prospek Kerja yang Cocok untuk Jurusan Geografi


    Di awal perkembangannya, Ilmu Geografi hanya mencatat fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Namun lama kelamaan makin luas hingga mempelajari fenomena fisik dan hubungannya dengan manusia. Saat ini, Objek Studi Geografi terdiri dari 2 jenis yaitu material dan formal.

Objek Studi Material Geografi

objek studi geografi

    Studi material Geografi merupakan sesuatu yang berkaitan dengan Geosfer yang adalah fenomena atau kejadian dan peristiwa yang terjadi di permukaan bumi. Ini meliputi:
  • Litosfer atau Lapisan Kulit Bumi yang terdiri dari batuan, sedimen, dan tanah seperti gunung, lembah, dan daratan
  • Hidrosfer atau Lapisan Air baik yang terdapat di permukaan dan bagian dalam bumi, serta di udara meliputi: laut, sungai, danau, rawa, dan air tanah. Btw, air ini komponen alami penting untuk makluk dan kehidupan di Bumi
  • Atmosfer atau Lapisan Udara yang menyelimuti Bumi yang mana dibagi jadi 4 lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. Seperti awan dan cuaca
  • Biosfer atau Lapisan Hewan dan Tumbuhan yang merupakan gabungan dari berbagai ekosistem 
  • Antroposfer atau Lapisan Manusia serta semua kehidupan yang ada di permukaan Bumi

Objek Studi Formal Geografi

    Objek Studi Formal Geografi merupakan cara pandang dan berpikir terhadap objek material Geografi di Bumi dengan 3 pendekatan yaitu Keruangan, Kelingkungan dan Kompleks Wilayah. Adanya cara pandang inilah yang membedakan ilmu Geografi dan ilmu yang lainnya.

    Dari sini, jadi tahu kan bahwa Ilmu Geografi bisa jadi Pemandu Wisata kita selama di Bumi. Banyak yang diterapkan dan bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari seperti pemanfaatan tanah untuk pertanian, iklim cuaca, pemanfaatan data sensus penduduk, bahkan sampai mengetahui daerah rawan gempa sehingga bisa memitigasi hal-hal yang akan terjadi. Google Maps juga termasuk pemanfaatan Geografi lho!

    Dulu saya pikir Ilmu Geografi hanya pelajaran sekolah yang mungkin tidak akan terlalu digunakan dalam kehidupan dewasa. Nyatanya saya salah besar. Ketika mulai memahami Bumi dan apa yang ada di dalamnya, ilmu Geografi ini sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari. Makanya, kalau kalian mau serius untuk mempelajarinya, bisa banget lho. Ada banyak Prospek Kerja yang Cocok untuk Sarjana Geografi seperti:

prospek kerja jurusan geografi

  • Perencanaan tata kota
  • Perencana transportasi
  • Kartografer atau Ahli Pemetaan. Ini cita-citanya Rosaline, mantan pacarnya Romeo
  • Environmental Consultant
  • Sustainability Consultant
  • Staf BMKG seperti di drama Forecasting Love and Weather
  • Staf Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
  • Travel agent
  • Surveyor atau Petugas Survei Tanah
  • GIS (Geographical Information Systems) Officer
  • Ahli Tambang dan Geologi
  • Dan Banyak lainnya

    Tertarik dengan pekerjaan yang saya sebut? Adalah pilihan yang tepat untuk kalian buat belajar Geografi. Kenapa? Karena ilmu ini memang sepenting itu. Dengan pekerjaan yang berbau Geografi sangat memungkinkan kalian untuk melakukan traveling bahkan keliling dunia. Makanya, tidak terlambat jika kalian memilih Les Privat Geografi Khusus UTBK.

    Les privat UTBK-SNBT merupakan program bimbingan khusus yang membantu siswa mempersiapkan diri secara efektif untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Memilih les di Ruangguru Privat adalah satu satu pilihan yang tepat karena Pengajarnya berkualitas. Bebas atur kebutuhan belajar seperti hari dan jamnya. Tersedia semua jenjang dan kurikulum, harga lebih murah serta jaminan puas karena bisa ganti pengajar juga.

les privat geografi khusus utbk ruangguru

    Belajar di Ruangguru Privat pun mudah dengan:
  • Melengkapi formulir pemesanan
  • Pemesanan diproses Tim
  • Tim mencari pengajar terbaik 
  • Konfirmasi pengajar jika cocok melalui Whatsapp
  • Lakukan pembayaran sesuai tagihan dari tim Ruangguru 
  • Privat Sesi belajar dimulai

    Bagaimana? Mudah bukan? Selain Geografi, kalian bisa memilih mata pelajaran lain seperti Bahasa, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, dan masih banyak lainnya. Yuk sukseskan ujianmu dengan les privat di Ruangguru sekarang juga.

    Jadi, manfaat apa yang sudah kalian rasakan dari Ilmu Geografi dalam kehidupan sehari-hari? Coba share pendapat kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

5 komentar

  1. Sedih banget sama cuaca panas sekarang,, bahkan mulai musim hujan aja masih panas, gak sejuk kayak dulu lagi

    BalasHapus
  2. iya juga ya kalau ada ilmu beginian menarik didalami, anakku apa mau ya. Nah, kalau bisa les dulu biar makin mateng nih bisa lolos

    BalasHapus
  3. betul sekali banyak banget kesempatan kerja untuk lulusan Geografi, beberapa teman yang lulusan Geografi kerjanya beraneka ragam (dalam konteks masih linier pekerjaan dan jurusannya) jadi memang banyak banget posisi untuk lulusan ini, tinggal semangat berjuang untuk masuknya saja

    BalasHapus
  4. Aku penasaran ya srlama ini sama Ruanh Guru, jadi apps ini tuh bisa dipake buat zoom sama gurunya ya? Aku masih ubek-ubek ini gimana ya teknisnya

    BalasHapus
  5. jurusan geografi itu banyak kok prospek kerjanya ke depan, dan gajinya juga tinggi lho itu apalagi kalau udah spesialist.

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!