Explore the blog
Jumat, 28 Oktober 2022

Review Romeo & Juliet Movie

Pernahkah kamu bertemu orang pertama kali dan merasa jatuh cinta?

Hello! Bicara cinta pada pandangan pertama, saya bukan tipe orang seperti itu sih. Jadi ya tidak bisa ngasih testimoni soal hal ini. Namun tenang karena saya akan memberikan gambaran lewat Review Romeo & Juliet Movie.

Dalam sebuah pesta topeng, Romeo yang tadinya ingin bertemu dengan Rosaline malah jatuh hati dengan Juliet. Asmara yang menggebu di malam itu harus kandas karena kedua keluarga mereka saling bermusuhan. Lalu, adakah jalan jika tetap ingin bersatu? Seberapa besar hal yang akan mereka korbankan?

review romeo & juliet movie

Sutradara: Carlo Carlei
Skenario: Julian Fellowes
Berdasarkan: Romeo dan Juliet oleh William Shakespeare
Perusahaan produksi: Echo Lake Entertainment, Swarovski Entertainment
Distributor: Icon Productions, Entertainment Film Distributors (UK), Relativity Media (US
Tanggal rilis: 11 Oktober 2013 (UK)
Durasi: 118 menit
Negara: Inggris, Italia, Amerika Serikat
Bahasa: Bahasa inggris
Pemain:
Hailee Steinfeld sebagai Juliet Capulet
Douglas Booth sebagai Romeo Montague
Damian Lewis sebagai Lord Capulet
Natascha McElhone sebagai Lady Capulet
Ed Westwick sebagai Tybalt
Nathalie Rapti Gomez sebagai Rosaline Capulet
Lesley Manville sebagai Perawat
Tom Wisdom sebagai Count Paris
Tomas Arana sebagai Lord Montague
Laura Morante sebagai Lady Montague
Kodi Smit-McPhee sebagai Benvolio Montague
Christian Cooke sebagai Mercutio
Anton Alexander sebagai Abraham
Paul Giamatti sebagai Friar Lawrence
Stellan Skarsgård sebagai Pangeran Escalus dari Verona
Leon Vitali sebagai Apoteker
Simona Caparrini sebagai tamu wanita

Review Film Romeo & Juliet 2013


Berhubung kemarin gemas sama pasangan di Purple Hearts, jadi saya mau lanjut nonton Film Barat dulu dan akhirnya memilih Meet Romeo's ex-girlfriend. Biar makin menjiwai, saya balik dulu nonton Romeo and Juliet yang sangat terkenal itu. Siapa yang tidak tahu hayo?

film romeo & juliet 2013

Romeo and Juliet diadaptasi dari novel romansa tragedi dengan judul yang sama karya William Shakespeare di tahun 1597. Seingat saya, dulu pernah baca tapi kemungkinan besar tidak tamat. Kenapa? Gara-gara spoiler ending di mana keduanya meninggal. Zaman masih belasan tahun, kan malas ya kalau baca sesuatu yang tidak happy ending, hehehe.

Makanya saya memutuskan nonton filmnya nih. Ada beberapa judul seperti Romeo and Juliet 1968, Romeo + Juliet 1996 yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan akhirnya saya memilih Romeo and Juliet 2013 yang akan saya review sekarang ini. Tidak ada alasan khusus, tak tahu akting pemainnya juga. Saya yakin ceritanya tidak jauh berbeda atau bahkan sama. Saya hanya berpikir logis bahwa pembuatan di tahun 2000-an akan lebih mudah untuk mencarinya.

Karena tidak pernah ada cerita yang lebih menyedihkan, daripada Romeo dan Juliet-nya

Romeo & Juliet 2013 Sinopsis dimulai saat akhir abad pertengahan di Verona, sebuah kota di Sungai Adige di Veneto, Italia. Sejak dulu, ada 2 keluarga kaya yang saling bermusuhan. Mereka adalah Montagues dan Capulet. Agar tetap damai, dibuat kompetisi yang adil. Sayangnya perseteruan tetap terjadi sehingga ketika ada keluarga yang bertikai, maka nyawa jadi hukuman untuk mereka.


Saat malam, Lord Capulet mengadakan pesta untuk pertunangan putrinya Juliet dan Count Paris. Awalnya Romeo enggan datang karena merasa jatuh hati dengan Rosaline. Namun karena bujukan sepupunya Benvolio, dia pun pergi. Siapa sangka, saat pertama melihat Juliet, Romeo jatuh cinta. Fuckboy #Maaf. Lucunya, Juliet juga merasakan hal sama. Akhirnya mereka menyelinap dan berciuman dengan mesra.

Setelah mendapat interupsi dari perawat Juliet, sambil bertanya siapa gadis manis atau pria imut yang barusan dicium, mereka sadar bahwa Juliet adalah Capulet dan Romeo itu Montague. Kedua keluarga mereka saling bermusuhan. Apakah akhirnya mereka membiarkan bunga layu sebelum berkembang? Oh sayangnya tidak. Mereka saling merindukan bahkan Romeo mendatangi balkon Juliet serta mengucapkan janji-janji manis untuk menikahi gadis yang masih bau kencur tersebut keesokan harinya.


Friar Laurence seorang biarawan diminta Romeo untuk menikahkannya dengan Juliet. Meski kaget karena sebelumnya Romeo bilang jatuh cinta setengah mati sama Rosaline, tapi akhirnya pernikahan dengan Juliet tetap terlaksana demi perdamaian dua keluarga. Mulia sekali mereka! Setelah itu, Juliet pulang ke rumahnya sementara Romeo mengejar Mercutio dan Benvolio, tapi malah bertemu Tybalt, sepupu Juliet yang tahu bahwa pasangan kasmaran itu bertemu di pesta topeng serta mengirimkan surat tantangan untuk Romeo.


Tybalt yang sedari awal memang penuh amarah terus memprovokasi sehingga mereka saling mengacungkan senjata. Romeo berusaha melerai pertengkaran yang sayangnya membuat Mercutio mati di tangan Tybalt. Romeo yang marah mengejar Tybalt dan mereka bertarung hingga akhirnya membuat Tybalt tewas. Hal ini langsung terdengar ke penjuru negeri. Setelah pertemuan keluarga di hadapan Raja, Romeo dihukum pengasingan dan tidak boleh terlihat di Verona.

Juliet sedih dan menangis dengan berita meninggalnya Tybalt dan hukuman pengasingan yang diterima Romeo, suami yang belum sehari dinikahi. Sayang, orang tuanya salah paham dan malah mempercepat rencana pernikahan Juliet dan Count Paris. Kalau Kalian lupa, Romeo bertemu Juliet di pesta pertunangan ya. Juliet ini jelas menolak, tapi orang tuanya mengancam tidak mengakuinya sebagai anak jika dia tak menikah dengan Paris.


Menemui Friar Laurence, Juliet ingin meminta saran. Di bawah ancaman Juliet yang ingin bunuh diri, akhirnya dia memberikan gadis itu ramuan yang membuatnya tidur seperti orang mati. Rencananya, Juliet pulang ke rumah dan bilang pada orang tuanya kalau dia mau nikah sama Count Paris. Dia tidur di kamar dan minum ramuan. Paginya, orang-orang mengira dia meninggal dan pernikahan gagal. Friar Laurence akan mengabarkan rencana mereka pada Romeo. Laki-laki itu bisa mendatangi Juliet dan membangunkannya lewat ciuman. Mereka pun bisa kabur untuk hidup bahagia selamanya.

Rencananya sih begitu ya, tapi takdir berkata lain. Saat di tengah jalan, orang yang ditugaskan mengirim surat pada Romeo malah membantu seorang anak yang sakit. Benvolio yang melihat Juliet dibawa menuju persemayaman, langsung mendatangi Romeo dan mengabarkan hal menyedihkan tersebut. Well mereka salah koordinasi gitu. Lalu bagaimana akhir kisah Romeo dan Juliet ini?

romeo & juliet ending

Romeo yang patah hati meminta racun pada apoteker miskin untuk menyusul Juliet yang dianggap sudah meninggal. Saat berada di persemayaman, dia mencium Juliet untuk terakhir kali dan menenggak racun. Juliet terbangun, eh Romeo sekarat. Karena patah hati, Juliet menusuk dirinya sendiri dengan belati milik Romeo. Mereka pun mati berpelukan.

Karena dua kematian ini, akhirnya keluarga Capulet dan Montague berdamai, bersepakat untuk mengakhiri perseteruan. Mereka juga dimakamkan secara bersamaan. Mengharukan banget enggak sih?!

Romeo & Juliet, Ternyata Kisah Cinta Mereka Tidak Sehebat Itu


romeo & juliet 2013 sub indo

Setelah menonton Romeo & Juliet 2013 Sub Indo, yang ada di pikiran saya itu, kisah cinta mereka yang dianggap tragis ternyata tidak sehebat itu. Jujur ketika Romeo dan Juliet ngomongin cinta, otak saya selalu berkata, bullshit. Makan tuh cinta! Apakah saya kecewa?

Kecewa sih tidak. Hanya memang tidak sesuai ekspektasi. Eh, itu kecewa juga enggak sih? Hahaha. Well, saya pikir mereka ini memperjuangkan sesuatu yang lebih, entah kemerdekaan, anak dan wanita, isu lingkungan, adat istiadat, apa pun yang lebih hebat. Eh ini memperjuangkan cinta mereka saja. Katanya mau damai, tapi perjuangannya nanggung, putus asa dan milih mati lagi! 

Romeo yang digambarkan cinta damai, seniman, puitis, secepat itu pindah hati dari Rosaline ke Juliet. Dia juga tersulut emosi dan sampai berhasil bunuh 2 orang lagi. Eh, 3 ding. Tybalt, Count Paris, ditambah dirinya sendiri. Padahal tidak ada tanda-tanda dia bisa main pedang. Senang sekali saat Romeo kena tampar Friar Laurence.


Juliet pun begitu. Baru ketemu sekali dengan Romeo, eh langsung jatuh cinta. Mau saja diajak nikah diam-diam padahal tahu keluarga mereka saling bermusuhan. Bisanya nangis-nangis setelah tragedi, mengancam bunuh diri bila tidak bersama Romeo.

Kalau ditanya, apa isi dari drama Romeo dan Juliet? Untuk film Romeo and Juliet 2013 ini, saya berani bilang bahwa, isinya adalah kisah dua orang yang dimabuk cinta, bodoh, egois, belum dewasa sehingga pikirannya sangat dangkal. Juliet disebut belum cukup umur untuk menikah. Kalau saya baca, usia Juliet itu 13 tahun sementara Romeo 15 tahun. Lalu, Romeo and Juliet mati karena apa? Racun? Belati? Kata saya, karena ego mereka yang ingin bersama.

Apakah kisah Romeo dan Juliet asli?

 


Cerita hanya rekaan ya, tapi harus kita akui bahwa ada banyak cerita seperti Romeo & Juliet di dunia ini. Tidak ada yang salah dengan cinta, tapi jangan sampai bikin kita mati konyol karena bucin. Iya akhirnya keluarga berdamai, tapi mereka mati gara-gara kurang koordinasi. Mana baru nikah juga.

Hikmah dari Romeo & Juliet Full Movie ini apa coba?

Kya, bahas hikmah segala. Pertama tentunya kita tidak boleh memelihara dendam dan permusuhan karena hanya bikin kita rugi seperti pepatah, Menang jadi arang, kalah jadi abu. Yang kedua, jangan terburu-buru untuk menikah karena jatuh cinta apalagi masih terlalu muda. Ini sesuai sama nasihat dari Friar Laurence untuk Romeo sebelum menikahkannya dengan Juliet.

Suka cita yang berlebihan akan membuatmu jatuh pada kesengsaraan. Dan cinta yang berapi-api, akan merambat seperti mesiu dan melahap diri mereka sendiri serta orang di sekitarnya. Bahkan madu yang manis, terasa memuakkan bila kau makan terlalu banyak mengalahkan kesenangannya sendiri. Oleh karena itu, bersabarlah maka cinta akan abadi. Cinta yang terlalu terburu-buru juga akan cepat hilang

 

sinopsis romeo & juliet 2013

Karena gemas sekali dengan kisah film ini, rasanya saya ingin bikin dekonstruksi ceritanya. Dan karena suka komedi romantis, saya tidak perlu susah sebab ada alternatif Romeo & Juliet Ending. Di mana? Lewat Rosaline, sudut pandang dari mantannya Romeo. Tunggu di postingan selanjutnya ya!

Oh iya, ini hanya pendapat saya setelah nonton Romeo & Juliet 2013 Movie. Saya belum tahu versi novelnya seperti apa. Mungkin lebih detail dan menunjukkan kelebihan Romeo dan Juliet. Ya siapa tahu kan? Kalau di film ini, jelas saya hanya melihat mereka yang bulol dan mati konyol. Maaf!

Sekian Romeo & Juliet Review kali ini. Kayanya lebih ke mengupas karena dibahas sampai endingnya. Tak masalah, buat catatan pribadi saya juga. Kalian sendiri bagaimana? Suka dengan cerita legendaris ini? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Sri Widiyastuti mengatakan...

Hahaha samaan mbak, aku juga enggak terlalu suka baca novel yang gak happy ending mbak. makanya aku kalau baca buku tuh selalu dari belakang dulu, terus maju ke depan baca halaman isi, kalau menarik aku baca dari awal sampai tuntas. Nonton drakor yang sudah komplit juga gitu, aku liat belakangnya dulu. kalau menarik terusin dari depan hihihi aneh yaa

Anonim mengatakan...

Usia belasan sampai 20an lazimnya mundur teratur saat tahu sad ending. Seakan kalau cinta harus diperjuangkan sampai dapat dan harus dapat.
Tapi.... kan seperti yang kamu bilang kalau kisah ini tentang remaja bodo, mabuk cinta dkk.... yang selalu disukai remaja. Hihihi.

Reyne Raea / Rey mengatakan...

Saya nonton Romeo Juliet ini yang dibintangi Leonardo Dicaprio, dan suka banget sih, terlepas dengan ending yang kurang happy malah tragis.
Kalau saya nonton suka jalan ceritanya sih, kalau ngga happy ending, biasanya nggak ditonton berulang kalau dibikin remake nya hehehe

winda - dajourneys.com mengatakan...

kalau aku pernah baca bukunya mba, buat aku buku tuh selalu lebih menarik daripada filmnya wkwkwk kenapa ya? mungkin karena lebih bisa memainkan imajinasi?

Lusi mengatakan...

Ini mungkin kisah romantis yg paling banyak diadaptasi ke film ya. Gak pernah bosen. Dulu sih tiap ketemu cowok ganteng pasti suka wkwkwk. Tapi cepet nyadar sih kalau mukaku biasa2 aja. Skrg enggak dong, ini pemainnya aja paling seusia anakku. Jadi aku dah tobat hehehee

Ida mengatakan...

Di setiap masa kisah ini terus dikenal dan dijadikan film yang menarik, banyak yang suka karena memang meski ditonton berulang tetap ga bosenin ya

April Hamsa mengatakan...

Ah ini kisah klasik yang udah terkenal ya novelnya, skenarionya, filmnya, bahkan banyak negara kenal. Bahkan ada aja yang mengadaptasi jadi serial2 khas negara masing2 yaa. AKu inget pertama kali nonton Cinderella tuh pilem barat juga sama kartun Disney-nya yang khas mbak2 pakai baju bitu dengan celemek putih itu :D

Jeanette Agatha mengatakan...

Kisah romansa klasik yang selalu menjadi favorit. Ga pernah bosen dengan ceritanya walaupun dalam versi apapun. 😍

Indah Nuria Savitri mengatakan...

Kalau bicara Romeo and Juliet memang harus siap - siap sad ending yaaa mba. Banyak versi nih kisah Shakespeare yang satu ini

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Terus terang aku juga ga suka dengan kisah seperti ini, mati konyol seperti yang kaubilang tadi, Ji. Tapi waktu karya ini dibuat dalam bentuk tulisan, tentu romantisme lah yang ingin ditonjolkan, bukan hikmah ceritanya. Bagaimanapun, akhir kisah dengan bunuh diri tidak akan meninggalkan hikmah apa-apa selain kesedihan yang mendalam.

Inda Chakim mengatakan...

abis namatin little women, kebetulan lagi butuh tontonan yang seger2 dulu alias beda. Makasih udah direviewin ya mbak, paling nggak yg ini berakhir manis, nggak kayak yg onoh tu, masa perpisahannya cuma di kalimat mari kita berjumpa lagi, cemana lah itu mbak in joo. hahayy

Eni Martini mengatakan...

Romeo Juliet semacam legenda kehidupan dalam percintaan ya, dan semua generasi suka, mereka membuatnya dalam berbagai versi, asli pengarangnya luarbiasa ya

Nabilla - bundabiya.com mengatakan...

Aku belum pernah nonton film ini Mba. Tapi pernah baca cerita romeo juliet.. yg katanya sering jadi panutan ya haha dan cerita ini udah banyak diremake juga

Monica Anggen mengatakan...

Penasaran sama lanjutan tulisan ini... hahaha. But, ini kisah Romeo and Juliet emang kisah cinta paling fenomenal sih dan paling banyak juga diadaptasi ke berbagai film dan drama. Aku dulu banget baca novelnya dan suka berburu berbagai versi kisah Rome dan Juliet ini, dan nggak pernah bosan

Zahra Rabbiradlia mengatakan...

Aku suka sm suamiku sejak pertama kali melihatnya. Ihiwww :p tapi menurutku romeo Juliet ini malah kasian, sisi romantisnya mgkn ada, tp kok aku malah merasa gak ya...

Annesya mengatakan...

bagus mana sama versi leonardo ayang akuh?

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!