Explore the blog
Jumat, 17 Juni 2022

Review Familyhood Korean Movie

Terpikir untuk punya anak? Apa alasannya?

Annyeong! Meski sekarang banyak yang memilih childfree, saya tetap yakin bahwa masih ada orang-orang yang mau punya anak walaupun bukan darah dagingnya sendiri. Well ini juga yang tengah terjadi pada Joo-Yeon dalam Familyhood Korean Movie, Goodbye Single!

familyhood korean movie

Joo-Yeon merupakan aktris yang penuh sensasi, sukses dengan segalanya, kecuali keluarga. Dia punya pacar yang lebih mudah, tapi suka berselingkuh. Saat menginap di rumah temannya, Joo-Yeon terpikir untuk mempunyai keluarga sendiri dan dia pun mulai melakukan rencana yang luar biasa. Kira-kira, apa yang wanita itu lakukan?

Movie: Familyhood/Goodbye Single
Revised romanization: Goodbye Single
Hangul: 굿바이 싱글
Director: Kim Tae-Gon
Writer: Shin Dong-Sun, Kim Tae-Gon, Jeon Go-Woon
Producer: Lee Jung-Eun, Choi Won-Ki
Cinematographer: Lee Chang-Jae
Release Date: June 29, 2016
Runtime: 119 min.
Genre: Comedy/Drama
Distributor: Showbox
Language: Korean
Country: South Korea
Cast:
Kim Hye-Soo - Joo-Yeon
Ma Dong-Seok - Pyung-Goo
Kim Hyun-Soo - Dan-Ji
Kim Yong-Geon - CEO Kim
Seo Hyun-Jin - Sang-Mi
Kwak Si-Yang - Kang Ji-Hoon
Hwang Mi-Young - Mi-Rae
Ahn Jae-Hong - Han Duk-Soo
Lee Sung-Min - Joo Min-Ho

Review Goodbye Single


Tahu Goodbye Single ini karena waktu itu saya sedang mencari film yang dibintangi oleh Seo Hyun-Jin. Ketika tulisan ini dibuat, Why Her sedang tayang dan saya belum berencana mengulas drama Black Dog: Being A Teacher. Setelah membaca daftar pemainnya, saya memutuskan untuk menonton Familyhood Sub Indo di Bilibili.

review film familyhood movie

Familyhood Sinopsis dan Review dalam bahasa Korea itu Gajokgyehwek yang secara harfiah berarti Family Plan. Seperti yang saya bilang di awal bahwa Joo-Yeon ini aktris, tapi sudah berusia dewasa, 40-an gitu deh. Dia pacaran sama Kang Ji-Hoon, aktor muda yang dia bantu saat debut.

Kang Ji-Hoon ini cuma main-main sama Joo-Yeon dan berselingkuh. Ketika semua terbongkar, Joo-Yeon ini sedih setengah mati. Dia sebatang kara. Kehidupan percintaannya juga tidak pernah mudah. Saat menginap di rumah stylish-nya Pyung-Goo, dia melihat anak-anak begitu dekat dengan Ibu mereka, Sang-Mi (Istri Pyung-Goo). Jadilah Joo-Yeon terpikir untuk punya anak sendiri, seseorang yang tak akan meninggalkannya.


Sebagai teman, Pyung-Goo menolak ide Joo-Yeon dengan alasan tidak mudahnya jadi orang tua dan wanita itu masih sangat egois. Dia datang ke panti asuhan untuk adopsi, tapi memberikan banyak kriteria seperti sedang memilih barang. Pihak panti pun menolak.

Tak kehilangan akal, jika dia tidak bisa adopsi anak, mungkin Joo-Yeon akan memilikinya sendiri. Dia ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan agar bisa inseminasi. Sayangnya kabar buruk datang karena dia dinyatakan mengalami menopause.


Saat berada di lift, Joo-Yeon bertemu Dan-Ji dan membantunya. Dan-Ji adalah gadis remaja yang hamil dan berniat untuk menggugurkan kandungan. Ide pun muncul di mana Joo-Yeon menginginkan anak Dan-Ji. Setelah beberapa pertimbangan karena sebenarnya ini adalah adopsi ilegal, kesepakatan pun dibuat.

Selama masa kehamilan, Dan-Ji akan tinggal di rumah Joo-Yeon demi memerhatikan kebutuhan dan nutrisi janin tetap terjaga. Awalnya semua lancar sampai ide balas dendam muncul di mana Joo-Yeon mengaku pada wartawan bahwa dia hamil yang mungkin adalah anak Kang Ji-Hoon. Setelah keributan terjadi, dua kubu muncul. Karir Ji-Hoon meredup dan Joo-Yeon berada di puncak.


Setelah berita kehamilan, Joo-Yeon menerima banyak tawaran yang berhubungan dengan bayi. Orang-orang juga memujinya yang memutuskan untuk jadi orang tua tunggal. Jadilah ke mana-mana, dia selalu memakai perut palsu agar terlihat seperti orang hamil.

Di lain sisi, karena kesibukan Joo-Yeon ini, Dan-Ji seperti tersisihkan. Mereka yang seharusnya mengurus kehamilan bersama malah membiarkan Dan-Ji sendiri. Sebagai seorang remaja, Dan-Ji stres bahkan terpikir untuk menggugurkan bayinya. Lalu, apakah yang akan terjadi selanjutnya? Temukan sendiri jawabannya dengan nonton Familyhood Korean Movie.

Familyhood, There's Something Thicker Than Blood


familyhood 2016 sub indo

Memutuskan nonton Goodbye Single tanpa membaca sinopsis dan review Familyhood Full Movie itu ternyata menyenangkan. Saya tidak punya ekspektasi apa-apa. Siapa sangka, saya bisa suka dengan film bergenre komedi dan drama ini. Saya ikut tertawa dan juga menangis karenanya. Enggak nyangka Kim Hye-Soo bisa konyol juga.

Hubungan awal Joo-Yeon dan Dan-Ji itu lucu, sering bertengkar tapi kemudian akur. Joo-Yeon bahkan bantu Dan-Ji bertemu pacarnya di bandara dan melakukan pembalasan. Makanya kemudian Joo-Yeon membalas Kang Ji-Hoon yang berselingkuh dan muncul dengan kehamilan palsunya.


Yang tak kalah menarik adalah peran Pyung-Goo, stylish tapi seperti seorang manager yang membereskan kekacauan Joo-Yeon. Dia selalu mengingatkan temannya itu untuk lebih bijak saat ketenaran kembali muncul. Namun sayangnya dia masih egois sehingga 'mengabaikan' Dan-Ji.

Bola panas semakin liar. Masalah muncul bukan hanya soal Dan-Ji yang ingin menggugurkan bayinya, tapi Ji-Hoon juga mencari kebenaran untuk membersihkan namanya. Makin meledak saat Kakak Perempuan Dan-Ji datang dan tahu adiknya hamil. Terjadilah kesalahpahaman antara Dan-Ji dan Joo-Yeon yang menyebabkan remaja itu pergi dari rumah. Kebohongan Joo-Yeon juga mulai terendus dan karirnya hancur.

Memang yang namanya kebohongan pasti akan ketahuan juga. Di sinilah mereka tengah diuji, terutama Joo-Yeon. Dia yang begitu egois, merasa sendiri dan terluka sebenarnya juga melukai orang-orang di sekitarnya termasuk Dan-Ji.

pemain familyhood movie

Dan-Ji hanya seorang gadis remaja tanpa orang tua. Tinggal dengan Joo-Yeon jadi merasa terlindungi, punya orang dewasa untuk diandalkan apalagi keadaannya sedang hamil. Makanya saat kesalahpahaman muncul, dia juga terluka. Kalau ditanya soal Familyhood ending, saya pikir cukup menyenangkan.

Orang bilang, darah lebih kental daripada air. Namun di Familyhood 2016, ada sesuatu yang lebih kental dari darah. Apa itu? Keluarga. Ikatan keluarga akan selalu lebih kuat dari hubungan lainnya, meskipun mereka tidak sedarah. Benar-benar cocok dengan film Goodbye Single ini.


Untuk pemain Familyhood, Kim Hye-Soo di sini jauh berbeda dengan perannya di drama Hyena. Lalu Ma Dong-Seok yang filmnya The Roundup baru tayang, eh kok lawak. Bayangkan orang macho berotot, tapi jahit baju atau bersih-bersih rumah. Ada Kim Hyun-Soo yang masih muda banget. Yang pasti karakternya berbeda dari Bae Ro-Na The Penthouse.

Dan tentu saja Seo Hyun-Jin yang walaupun bukan pemeran utama, dia tetap memainkan bagiannya dengan baik. Samalah kaya di film Because I Love You. Oh iya, ada Kwak Si-Yang juga yang jadi playboy. Padahal di Oh My Ghost dia gemesin. Di sini pengen nabok, hehehe. Di film Familyhood Chani juga muncul sebagai pacar Dan-Ji yang ngeselin.

Secara keseluruhan, saya rasa Goodbye Single ini lumayan juga buat ditonton. Kita akan merasakan bagaimana keluarga terbentuk meski mereka tidak punya hubungan darah. Untuk nonton Familyhood Sub Indo, legalnya ada di Netflix ya.

goodbye single

Hamil saat remaja atau di luar nikah itu memang salah. Namun kita harus lebih menghargai ketika mereka mau bertanggung jawab dengan hal itu. Mereka remaja, hanya karena satu kesalahan, bukan berarti masa depannya akan hilang. Kesalahan bukan hanya dari pihak perempuan, tapi laki-laki juga. Sebagai orang dewasa, harusnya kita lebih bijak dalam bersikap. Jadilah keluarga, seseorang yang bisa diandalkan oleh mereka.

Kurang lebih itu dia ulasan Familyhood Korean Movie dari saya. Kalian ada yang sudah nonton film ini? Coba share pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Andiyani Achmad mengatakan...

jalan ceritanya menarik nih, pasti banyak drama dan kegalauan yang terjadi selama proses ganti status dari single hingga punya anak

Mpo Ratne mengatakan...

Kebayang dong kalau ketahuan selingkuh, mpo cakar cakar kaya cake hancur deh. Sebel

Lintang mengatakan...

Wah kayanya lucu nih, bisa banget ditonton buat refreshing. Tapi di Korea emang banyak sih ya remaja hamil terus aborsi gitu. Kemaren yang our blues juga gitu kan hamil ama temennya, yah untungnya mereka mau tanggng jawab.

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Aku juga kalo nonton suka gak baca sinopsisnya dulu buat menghindari spoiler dan biar dapet aja gitu sensasinya hehe. Kayaknya filmnya asyik juga nih, aku juga lagi ngikutin Seo Hyun Jin di drama Why Her nih

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Aaaa....sepertinya seru. Jadi pengen nonton drakornyaa nih....dah lama banget gak nonton drakor soalnya

Tian lustiana mengatakan...

Menarik banget reviewnya bikin saya penasaran buat nonton full nih, seruuuu

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

Sineas dan para kreator/ penulis skenario di KorSel ini kok pd kreatiiff ya

Apa gegara rajin makan kimchi

Keren bgt ini plotnyaaaaa

Eri Udiyawati mengatakan...

Film yang menarik dan perlu ditonton. Tentang kehamilan, keluarga dan lainnya. Dan aku penasaran gimana endingnya. Gimana Dan-ji yang masih remaja harus melewati masa kehamilan, sendirian dan juga sakit hati.

Andy Hardiyanti mengatakan...

Duh berat sih ini topiknya. Tapi ya pada kenyataannya, emang kondisi married by accident gini tuh banyak terjadi. Kita pun tak bisa tutup mata. Salahnya siapa? Entahlah. Kita gak bisa ngejudge.

Gusti yeni mengatakan...

Penasaran dengan kelanjutannya, bagus jalan ceritanya. Samaan kita mak suka nonton tapi sebelumnya belum survey isinya ala.

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Ahh penasaran gimana akhirnya, apakah Joo-Yeon jadi adopsi anak Dan-Jii? Kasihan sih kalo adopsi anak demi memenuhi ambisinya saja, apalagi sifat nya masih egois gitu

Dee_Arif mengatakan...

Wah saya belum pernah nonton film ini mbak
Ceritanya menarik ya, jadi pengen nonton juga aku

Ugik Madyo mengatakan...

Kayaknya seru nih film. Jadi penasaran pengen lihat Mbak. Penaran dengan akting mereka tentunya. Para pemain punya karakter yang berbeda di film ini. Beda sama drama atau film mereka sebelumnya.

April Hamsa mengatakan...

Wah film lawas nih tapi kyknya menghibur sekali, walaupun kyknya punya makna yang dalam ya, ttg keinginan jd ibu, di satu sisi ada yg gak mau jd ibu krn terpaksa hamil aja. Penasaran gmn akhirnya endingnya? Apakah semua akan jd ibu yg baik? :D

Eni Martini mengatakan...

Setuju banget aku, tanpa ikatan darah akan tetap hubungan kental dan indah selama membentuk dan menjaganya bagai saudara sediri

lendyagassi mengatakan...

Wah, pemainnya bintang veteran ternama semua..
Aku suka film keluarga begini. Membuat kita membuka mata ada kehidupan seperti ini juga di luar sana. Kok jadi mirip 2 garis biru yaah..
hehhe..

Ma Dong Seok seonbae-niiim..
Ku menantikan akting dalam mellow movie, ternyata ada di Familyhood Korean Movie.

umimami mengatakan...

jadi penasaran ingin lihat kekonyolan Kim Hye-Soo, auto cari filmnya nih ingin nonton juga, hiburan malam mamak

Nyi Penengah mengatakan...

Ngomongin soal film ini jadi bikin diriku ingat HPL Mba Jiah heheheh. Degdegan nih hampir dua bulan lagi mohon doanyanya. Aku belom nonton ini ter yata film lawas ya tapi bagus. Pengen nonton juga diriku

Keina Rahardjo mengatakan...

Wah jadi rekomendasi tontonan yang ringan buat weekend biar haha hihi karena ringan.

Sri Widiyastuti mengatakan...

Samaan mbak, saya juga suka banget cari-cari drama lain yang pernah dimainkan sama seo hyun jin, gara gara nonton why her. makasih rekomendasinya, jadi pengen lihat peran seo hyu jin di drama lain.

Wahyuindah mengatakan...

Ide drama Korea itu selalu ada aja ya. Hamil palsu, perut hamil palsu, banyak tawaran saat hamil, dll. Referensi banget nih buat penulis Indonesia agar dapat ide cerita yang di luar dugaan. Ceritanya keren dan unik. Jadi penasaran sama filmnya saya

Faradila Putri mengatakan...

Pengen nontooon hehehe. Aku penasaran karena kaget kok ada Roona Penthouse hihi, Ternyata benar. Nanti deh aku mulai nonton setelah ngeberesin drakor lainnya yang menumpuk wkwk

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!