6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Mengenal Library Gunadarma, Perpustakaan Universitas Gunadarma Yang Super Lengkap

Kamu suka membaca? Di mana? Library? Jika kamu Mahasiswa, suka main di perpustakaan kampus juga?

Saat ini tengah masuk tahun ajaran baru. Banyak yang mulai naik kelas dan masuk kuliah. Tak jarang orang tua, bahkan anak akan memilih universitas yang punya fasilitas terbaik entah itu swasta atau negeri. 

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia, Universitas Gunadarma ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut seperti ruang kuliah, laboratorium praktek, library Gunadarma, masjid, ruang konsultasi akademik, koperasi, dan masih banyak lagi lainnya.

library gunadarma

Di antara banyaknya fasilitas Universitas Gunadarma, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah perpustakaan di kampus ini. Dikenal sebagai kampus berkualitas, Universitas Gunadarma punya perpustakaan yang besar dan difasilitasi alat modern untuk mendukung pembelajaran.

Mengenal Library Gunadarma


Library Gunadarma adalah perpustakaan milik Universitas Gunadarma yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka. Hal tersebut terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya.

Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan peralatan video dan TV serta perangkat komputer. Semua alat tersebut digunakan untuk keperluan belajar mandiri. Koleksi perpustakaan ini bersifat satu arah dan dua arah (multimedia interaktif).

Misalnya, jika seorang mahasiswa kesulitan dalam salah satu mata kuliah, mahasiswa bisa mengunjungi perpustakaan audio visual untuk mencari koleksi yang diinginkan. Kemudian mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan berbagai materi audio visual yang sudah disediakan.

Adanya perpustakaan audio visual diharapkan mampu mengurangi keterbatasan ruang dan waktu yang tidak efektif. Untuk memenuhi koleksi video dan multimedia interaktif, perpustakaan audio visual dilengkapi dengan studio produksi.

Rencananya studi ini akan memproduksi video atau VCD dan multimedia interaktif untuk semua mata kuliah yang diberikan di Universitas Gunadarma. Semua mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak lain yang berkepentingan bisa menggunakan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Sebagai wadah ilmu pengetahuan, Library Gunadarma bertujuan untuk menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sejarah Library Gunadarma


library gunadarma


Sejak puluhan tahun lalu Perpustakaan Gunadarma ini sudah berdiri, tepatnya saat Universitas Gunadarma masih bernama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). Pada tahun 1987, berdirilah Perpustakaan STKG di kampus Depok. Pada tahun 1990, STKG berubah nama resmi baru menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Pada tahun 1992, Gunadarma mendirikan perpustakaan STIE di kampus Kelapa Dua. Lalu di tahun 1996, STIE secara resmi berganti nama menjadi Universitas Gunadarma seperti yang kita kenal saat ini.

Di tahun yang sama, Gunadarma kembali mendirikan 4 buah perpustakaan fakultas yaitu Perpustakaan fakultas Teknik Perencanaan, Teknik Industri, Psikologi dan Sastra. Kemudian di tahun 2000, perpustakaan Gunadarma secara keseluruhan disebut sebagai Perpustakaan Universitas.

Layanan Perpustakaan Gunadarma


Agar bisa meminjam koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma, tentunya kita harus menjadi anggota terlebih dahulu. Hal ini karena peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staf, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf.

Keanggotaan Perpustakaan merupakan sebuah layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Selain itu, ada juga layanan administrasi. Layanan administrasi Universitas Gunadarma meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.

Apa itu Surat Bebas Perpustakaan?

Jadi, Bebas Perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan universitas Gunadarma. Bagi mahasiswa yang sudah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).

Sumbangan dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan sidang, baik sidang Penulisan Ilmiah (S1 atau D3) maupun Skripsi atau Non-Skripsi. Proses ini akan menghasilkan surat keterangan sumbangan yang digunakan untuk mengambil sertifikat atau Surat Tanda Lulus Sementara (STLS).

Kunjungan Ruang Referensi bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi bisa mengunjungi ruang referensi. Di ruang ini, ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk belajar mulai dari jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.

Lokasi Perpustakaan Gunadarma


Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk program profesional dan sarjana terletak pada beberapa lokasi kampus yaitu di kampus D di Depok. Kampus E di kelapa dua, dan kampus J di Kalimalang. Kemudian untuk Akademi Kebidanan serta perpustakaan program pascasarjana terletak di kampus C.

Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus Depok. Semua cabang perpustakaan Universitas Gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain. Berbagai fasilitas Library Gunadarma bisa digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Itu dia informasi seputar Library Gunadarma yang mungkin perlu kamu ketahui. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi milik perpustakaan Universitas Gunadarma.

Semoga bermanfaat untuk kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke Universitas ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts

Related Posts

5 komentar

  1. Buat yang ada tugas kampus, pas banget nih cari bahan buat materi biar banyak sumber.
    Ternyata di Library nya ada surat bebas perpustakaan ya, biar tanggung jawab sama buku yang dipinjam

    BalasHapus
  2. Wah keren Gunadarma, menyediakan begitu banyak perpustakaan sehingga memudahkan mahasiswa/i
    Karena bagaimana mahasiswa/i mau menyusun tugasnya kalo gak ada perpustakaan ya?

    BalasHapus
  3. Waaaahhh keren, perpusnya pun dibuat audio visual juga. Kalau perpusnya cakep begini bisa jadi support system mahasiswa saat belajar...

    BalasHapus
  4. Jadi ingat zaman kuliah dulu, perpustakaan tuh jadi tempat favorit saya. Gak sekadar untuk baca buku, tetapi juga jadi tempat mengerjakan tugas. Soalnya di sana bisa lebih konsentrasi, kan tenang tuh..

    BalasHapus
  5. Aku pernah sekali ke Kampus Gunadarma di Depok, memang bagus dan mengasyikkan suasana pembelajaran. Mahasiswa semangat datang dan belajar, salah satunya berkat fasilitas perpustakaan yang lengkap utk memenuhi kebutuhan civitas akademika. Jadi kangen ke kampus ini lagi, kali aja ada kesempatan kuliah atau malah kasih kuliah hehe....

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!