Explore the blog
Sabtu, 26 Maret 2022

Jualan Online Lewat Facebook Marketplace

Masih ingat sosial media pertama yang kamu buat? Masihkah kamu menggunakannya sampai sekarang? Atau malah jadi akun dagang? Sudah coba Jualan Online Lewat Facebook Marketplace?

Halo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya. Bicara sosial media, pertama kali itu saya bikin akun Facebook setelah lupa akun pertama yang dibuat secara ngawur. Si FB ini sampai sekarang saya gunakan dan belum berubah. Berbeda dengan beberapa teman yang akunnya mendadak jadi jualan setelah menikah.

jualan online lewat facebook marketplace

Awalnya memang agak kaget. Maksudnya, saya itu mau berteman dengan mereka untuk say hai dan tanya kabar, apalagi sudah jarang bertemu ini. Kalau mereka jualan, rasanya seperti diprospek, hahaha. Oh tapi itu dulu, sekarang sih sudah biasa. Mau beli dagangan mereka ya oke. Kalau pun tidak, pantang buat ngatain. Mereka kan cari rezeki halal.

Kenapa sih orang-orang suka jualan di Facebook?

Menjawab hal ini, saya jadi teringat acara Pelatihan Pemasaran Lewat Online yang pernah saya ikuti setahun yang lalu di balai desa. Hitungannya hampir setahun pandemi dan akhirnya orang-orang pada beralih ke daring termasuk mulai usaha jualan demi menambah pendapatan keluarga. Makanya diadakan pelatihan tipis-tipis karena online itu sistemnya dinamis.

pelatihan pemasaran lewat online

Alasan kenapa jualan online di Facebook adalah media daring ini mudah, simpel, dan bisa dilakukan semua kalangan. Ya karena hampir semua orang pasti punya FB berapa pun usia serta status sosialnya. Beda dengan website yang membutuhkan domain serta hosting. Blogger pasti paham soal ini. Jika dulu orang-orang berjualan dengan akun pribadinya, maka sekarang sudah ada Facebook Marketplace.

Jualan Online Lewat Facebook Marketplace sebenarnya mudah-mudah susah. Begini, kita sudah dikasih tempat nih, tapi harus pintar-pintar memasukkan kata kunci agar menarik pembeli. Mirip-mirip postingan blog untuk mencapai page one gitu.

Oh iya, menurut Pelatih yang ngajarin Jualan Online Lewat Facebook Marketplace, sebaiknya kita menggunakan akun berbeda, bukan akun pribadi. Bahasanya pun lebih enak soft selling daripada hard selling. FB sendiri menyarankan apa yang kita sukai. Bisa jadi ketertarikan yang muncul di tiap akun akan mempunyai hasil yang berbeda.


Facebook Marketplace itu agak mirip dengan OLX di mana hanya untuk orang terdekat. Sesuai dengan algoritma FB di mana lebih dekat, maka akan lebih cepat. Lalu, bisakah kita menjual ke lokasi yang lebih luas?

Oh tentu saja bisa. Pelatih memberi tahu kami cara untuk riset lokasi agar menjangkau ke masyarakat luas. Jadi lokasinya memang diatur. Karena jualannya versi soft selling, maka judul pun harus mengandung kata kunci dan promosi. Harga pun ditulis dengan angka tunggal. Lalu kategori, makanan sebenarnya tidak bisa masuk maka pilih kategori lain seperti peralatan rumah tangga. Narkoba, benda cair, obat kuat, semacam itu tidak bisa dijual di Facebook Marketplace.

Selanjutnya adalah soal keterangan yang harus ditulis serta memberikan hastag untuk perayapan kata kunci. Jangan lupa untuk menawarkan pengiriman entah COD atau menggunakan jasa ekspedisi lain yang terpercaya. Memang tidak mudah Jualan Online Lewat Facebook Marketplace. Kuncinya istiqomah dan jangan pernah bosan untuk mencoba.

JNE Raih Penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” Kategori Ekspedisi Logistik


penghargaan brand pemberdaya ukm

Bicara ekspedisi logistik, pasti tidak asing dengan yang namanya JNE. Perusahaan nasional yang berkonsentrasi di bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian ini berdiri sejak tahun 1990. Sekarang ini JNE punya lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa JNE memang berpengalaman di bidangnya.

Ternyata, bukan hanya memberikan jasa logistik terbaik, JNE juga mau berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa dan Negara. Hal ini dilakukan dengan dukung aktivitas UKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional secara konsisten. Bagaimana caranya?

Ada beberapa program yang JNE lakukan seperti edukasi digital marketing dalam roadshow webinar JNE Ngajak Online di seluruh Indonesia. Terus ada kolaborasi bersama UKM lokal dan brand artisan ternam yang tujuannya buat ningkatin daya saing dan daya jual agar UKM naik kelas. Ada juga pengembangan UKM Fulfillment Center yang harapannya bisa dorong kemajuan bisnis pelaku usaha terutama UKM.

Karena program dan dukungan tersebut, akhirnya JNE mendapat penghargaan “Brand Pemberdaya UKM” kategori Ekspedisi Logistik dari Briefer – IGICO Advisory dan Rumah Perubahan. FYI, “Brand Pemberdaya UKM” merupakan penghargaan yang didedikasikan khusus buat perusahaan dari berbagai kategori sampai pemerintah daerah yang aktif dalam berkontribusi, dukung dan memberdayakan UKM agar bisa menopang langsung ekosistem UKM demi kebangkitan ekonomi Indonesia.

Emang sesuatu sih JNE ini. Banyak program yang oke termasuk JLC Lucky Draw buat pelanggannya. Jadi memang sesuai dengan tagline-nya 'Connecting Happiness' yang bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi, selamat ya buat JNE. Terus berinovasi dan memberikan yang terbaik.

Well, itu dia sedikit tips Jualan Online Lewat Facebook Marketplace. Ada yang sudah coba? Atau lebih nyaman berjualan di Marketplace atau sosial media lainnya? Coba share cerita Kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

nurul rahma mengatakan...

Kontribusi JNE memang bukan main.
Apalagi di era digital seperti sekarang, betul2 dibutuhkan jasa ekspedisi yg ciamik.
keren banget JNE!

andyhardiyanti mengatakan...

Ngomongin belanja online ya emang langsung ingat sama yang namanya JNE. Apalagi saya nih udah pernah berada di dua sisi, sebagai seller yang heboh ngurusin produknya buyer, juga sebagai buyer. Jadi kangen masa-masa jualan online dulu, yang mana belum ada marketplace. Pelanggan pesannya benar-benar dari kontak langsung di website kami. Bener-bener ngerasain setiap tahapannya, termasuk bawa barang-barang yang dijual dan mau dikirimkan di malam hari, untuk dikirim via JNE.

Nanik nara mengatakan...

Aku pernah jualan di FB marketplace mbak, tapi masih pakai akun pribadi, bukan akun khusus jualan.

wah JNE meraih penghargaan Brand Pemberdaya UKM kategori Ekspedisi Logistik, emang layak lah ya. Soalnya kan JNE emang mitranya pelaku UKM untuk pengiriman produknya setelah transaksi jual beli terjadi

Eni Rahayu mengatakan...

Nggak perlu diragukan lagi sih JNE ini karna selain memberikan jasa logistik terbaik JNE juga sangat mendukung aktivitas para pelau UKM untuk mengembangkan bisnisnya. JAdi nggak heran kalau HNE bisa meraih penghargaan brand pemberdaya UKM kategori ekspedisi logistik.

Mia Yunita mengatakan...

Belum pernah aku belanja di facebook marketplace. Jadi penjual juga belum. Pengalaman pelatihan marketing yg ditulis pada blog ini jadi nambah wawasan saya ttg facebook marketplace.

Dennise Sihombing mengatakan...

Jualan online melalui FB memang sebaiknya tidak memakai akun pribadi.Karena memang tidak nyaman banget ya kalau dalam pertemanan FB isinya jualan semua.Selamat ya untuk JNE yang mendapat penghargaan brand pemberdaya UKM

Bibi Titi Teliti mengatakan...

JNE emang selalu terdepan dengan berbagai programnya yang inovatif.
Aku juga kalo kirim2 barang udah fix pakenya JNE aja

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku pernah lihat2 jualan orang di market place FB. Ternyata banyak bangetd an menarik ya, kepengen ngeborong hahaha :) Oh ya selamat buat JNE atas pencapaiannya yang meraih penghargaan. Semoga semakin suksen mendampingi UKM agar lebih naik kelas dan meningkatkan produktivitas UKM di Indonesia.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Samaa..temanku juga beberapa jadi akun jualan akun FB nya huhuhu...Senangnya kini ada solusi FB marketplace ya. Apalagi kalau kirimnya lewat JNE..wuss dijamin aman dan sampai!

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Edukasi digital marketing ini emang penting sekali mba. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. JNE selalu banyak mendukung UMKM dan memberikan yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM

Aswinda Utari mengatakan...

Suamiku tim Facebook marketplace kalo beli macem2 mba. Krn emg dia suka buka FB. Kalo aku tim market place. Kalo buka FB jarang jenguk yg lain selain beranda. Tyt emg asik ya jualan di Facebook aplg kalo apa2 pake JNE jd dipermudah. Hehe

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Di saat pandemi seperti sekarang, salah satu cara penjualan online menjadi pilihan begitu juga dengan kita yanh mau belanja online. Biasanya pun aku kalau di market place pilih ekspedisinya JNE, senang sekali pas tau JNE mendapatkan awarding.

Lidya Fitrian mengatakan...

Kalau friendster Jiah sempat punya ga dulu? Nah aku awalnya di sana sayang udah tutup.
Punya FB dari awal lumayan seru juga ya, malah skr ada marketplacenya ya makin berkembang aja.
Buat ibu2 rumah tangga yang suka jualan banyak yg masarin produknya di FB sampai skr, tapi haru smulai dikembangkan ya lewat faecook marketplace. Untuk pengiriman pilih kurir yag terpercaya

Dee_Arif mengatakan...

Wah iya, sekarang ini emang pas banget KLO jualan pake teknik digital marketing
Apalagi pakai Facebook ini ya mbak

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak mengatakan...

Aku malah beli standing cooker itu belinya lewat Facebook lo hahaha. Malah bisa ketemu yang sekota lo. Dan harganya lebih murah karena langsung ketemu langsung

gustiyeni mengatakan...

Facebook aku masih ada sampai sekarang suka update tulisan panjang juga..

Semoga JNE makin jaya dan makin banyak hasil UMKM sampai kakak pembeli dengan selamta

nchie hanie mengatakan...

Facebook pun masih ada penggemarnya, setiap brand punya pangsa pasarnya masing2, salah satunya ya Facebook Marketplace ini, temen2 aku banyak yg jualan di sana.
Btw, aku salut nih sama JNE dan makijln bangga karena mendapatkan penghargaan. Sukses selalu pokonya, makin kolaborasi sama para pelaku UMkm yaaa

Naqiyyah Syam mengatakan...

Awal pandemi aku udah nyobain belanja di facebook dan alhamdulillah berhasil mendapat pelanggan

lendyagassi mengatakan...

Aku dulu juga merasa amazing karena tinggal posting di laman FB, alhamdulillah menjaring banyak orang, padahal gak kenal yaa..
Algoritma yang bagus ini semoga bisa menghasilkan cuan yang diharapkan.
Bersama JNE, kerjasama yang baik antara pebisnis online dan pihak ekspedisi.

Andiyani Achmad mengatakan...

btw, aku baru aja bikin member JNE loh karena cukup sering kirim dokumen dan barang menggunakan jasa JNE jadi pengen juga lho merasakan rewardsnya

Eri Udiyawati mengatakan...

Sekarang FB memang bisa dimanfaatkan untuk jualan. Tapi aku belum pernah coba FB Marketplace nih.

Kudu pinter-pinter jugaa ya bikin soft sellingnya. Sama keyword, biar nongol gitu.

Damar Aisyah mengatakan...

JNE ini ekspedisi andalanku Kak. Suka sekali dengan pelayanannya yang cepat dan pengiriman yg selalu on time. Pokoknya kalau urusan kirim paket, JNE selalu dapat diandalkan.

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Mantap, selamat ya JNE untuk penghargaan yang telah diterima. Pantas deh untuk mendapatkannya karena sudah support dengan maksimal selama ini kepada para pemilik UMKM.

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!