Explore the blog

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya



Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support

Selasa, 20 Juli 2021

Mengenal UPS System Beserta Fungsinya

Geoman Electrical DNY provides products such as UPS Systems (uninterruptible power supply) in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support


Ya listrik mati! Dan semua drama serta kehebohan pun dimulai....

Siapa sih yang paling suka drama saat listrik tiba-tiba mati? Pasti kamu, kamu dan kita semua. Rasanya saat ini, listrik memang jadi kebutuhan wajib apalagi yang bekerja menggunakan dayanya. Ketika mati dan kita sedang bekerja, haduh! Rusak ini rusak!

Sudah banyak cerita yang muncul soal kerusakan elektronik akibat matinya listrik atau tersambar petir. Kalau kasus saya ya telepon rumah. Beberapa orang lain bercerita tentang laptop dan komputernya. Yang paling parah itu kalau kita mengerjakan sesuatu tapi belum tersimpan. Atau sedang install software dan semua gagal gara-gara listrik mati.

ups system

Kegagalan listrik bisa memengaruhi kinerja perangkat elektronik kaya komputer baik pada hardware maupun softwarenya. Gangguan perangkat keras mengakibatkan motherboard cepat rusak, berkurangnya performa sistem, dan turunnya performa hardware. Lalu gangguan sistem perangkat lunak bisa berupa kemungkinan operating system corrupt, data hilang, dan lainnya. Makanya ketika nanti saya punya kantor sendiri, hal yang tak boleh saya lupakan adalah keberadaan UPS System.

Apasih UPS System dan bagaimana fungsinya?

Mengenal UPS System, Fungsi dan Cara Perawatannya


Uninterruptible Power Supply (UPS) atau Suplai daya bebas gangguan merupakan perangkat yang bisa ngasih suplai daya atau membackup ketika listrik atau daya mati secara tiba-tiba. UPS System berbeda dengan generator set atau genset yang dihidupkan ketika listrik mati. Ini lebih ke pengaman karena UPS memakai baterai. Ibarat kata, UPS System itu alat yang membantu kita memberikan jeda sebelum perangkat elektronik yang kita gunakan mati karena listrik padam. Jadi bisa mencegah kerusakan pada sistem dan hardware.

Fungsi UPS System


Saya tadi sudah menyebut bahwa Uninterruptible Power Supply System berfungsi untuk ngasih energi listrik sementara sehingga kita ada jeda untuk menghidupkan genset. Data-data atau pekerjaan juga bisa kita simpan dan backup sebelum mematikan komputer dan lainnya. Jadi software dan hardware akan aman.

UPS System juga bisa menstabilkan tegangan ketika terjadi perubahan. Sejauh ini, UPS juga mudah diinstall bahkan untuk kita yang awam sekalipun. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan cara perawatannya agar awet dan tahan lama.

ups system fungsi dan perawatannya

Perawatan UPS System

  • Charge UPS baru untuk meningkatkan performa baterai
  • Cabut sumber listrik jika sudah tidak digunakan. Misalnya hanya dicolokkan saat bekerja saja. Setelahnya dimatikan
  • Gunakan daya UPS sesuai spesifikasi. Misalnya hanya untuk komputer atau modem WiFi. Jangan gunakan pada perangkat yang melebihi dayanya
  • Seperti smartphone, hindari kehabisan daya baterai
  • Tempatkan UPS pada ruang terbuka
  • Restart jika perlu

Geoman Electrical DNY menyediakan produk seperti UPS System (catu daya tak terputus) di Singapura, dengan komunikasi pra-penjualan dengan pengiriman tepat waktu dan dukungan purna jual yang cepat. Karena ada Layanan purna jual, konsumen yang mempunyai keluhan atau klaim lain setelah penjualan berakhir bisa lebih tenang. Kemungkinan besarnya, mereka akan lebih setia dengan perusahaan ini karena pelayanannya memang baik.

UPS System memang hanya membantu sebentar dalam mencadangkan daya, tapi fungsinya sangat penting. Perusahaan seperti jasa telekomunikasi, penyedia jasa internet, jasa informasi, bahkan yang bekerja dari rumah pun sebaiknya memiliki ini agar aman dari kerusakan alat elektronik dan lainnya jika listrik padam.

Kalau begini, sudah tahu UPS System dan fungsinya kan? Jadi jangan lupa untuk memilikinya. Coba share tentang UPS di rumah atau kantor Kalian juga ya!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

Whould you like to comment?

  1. Saya punya nih UPS. Ngebantu banget nih. Apalagi kalau listriknya gampang ngejepret. Kalau ga ada UPS komputer PC kita mudah banget rusak.

    BalasHapus
  2. Baru tahu, kalau melihat manfaatnya penting banget ini UPS System karena akan memberi energi listrik sementara sehingga kita ada jeda untuk menghidupkan genset.

    BalasHapus
  3. baru tahu nih aku tentang UPS. ternyata fungsinya oke juga ya. bisa buat rawat elektronik loh kalo gini ya.
    berarti untuk pembelian ups tuh udah bisa bebas gt ya mba?

    BalasHapus
  4. Zaman sekarang yang semua kegiatan serba digital, memiliki UPS System memang sudah keharusan ya. Memudahkan dan manfaatnya tentu banyak terutama di sektor telekomunikasi, jasa internet, informasi dan sebagainya. Baru ngeh aku ternyata UPS ini berbeda dengan generator. Jadi ada jeda sebelum listrik mati untuk back up data2 penting. Keren ini. Jadi kepengen punya juga hehehe :)

    BalasHapus
  5. I see... sebelumnya sih gak tahu fungsinya..sekarang jadi tahu deh hehhehe... Jadi aku belum punya alat ini..mungkin karena jarang mati lampu jadi berasa gak butuh wkwkwk...padahal penting ya ...biar peralatan gak rusak kalo tiba2 mati lampu dadakan

    BalasHapus
  6. UPS system ini bagus ya untuk rumah mau pun perusahaan. Mati listrik pun aman ya dengan adanya UPS system ini.

    BalasHapus
  7. Untuk mereka (khususnya perusahaan ya) yang tinggal di daerah dengan listrik tidak stabil, UPS System ini penting banget menurutku. Tapi bukan berarti mereka yang tinggal di kota dengan listrik selalu stabil ga perlu, tetep perlu ya. Karena kejadian mati listrik bisa saja mendadak datang karena suatu dan lain hal yang tak terduga.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat waktu kerja di Inaweb, IT support management waktu itu

    Yang penting banget emang UPS - kalo ga ada UPS wadaaaw... satu kantor bsia menjerit bareng pas mati lampu!

    BalasHapus
  9. YTerakhir punya UPS jaman masih pakai PC. sekarang udah pakai laptop, jadi ngga perlu lagi, kecuali kalau baterai laptop udah drop ya. Aku pengen beli UPS buat keyboard belum jadi. nunggu PPKM selsai dulu, hehe

    BalasHapus
  10. Untuk yang di rumahnya sering terkena giliran pemadaman listrik, memiliki UPS System itu penting sekali ya. Supaya semua kerjaan gak terganggu apabila tiba-tiba ada gangguan listrik.

    BalasHapus
  11. Dulu waktu masih tinggal di Bekasi pernah lumayan sering mati listrik. Memang ngeselin dan sedihnya bikin perangkat rusak. Kayaknya punya juga, deh, alat ini di rumah. Suami saya yang sebetulnya lebih mengerti

    BalasHapus
  12. zaman ngantor dulu wajib hukumnya tiap PC dilengkapi UPS karena tempat kami sering banget mati listrik. UPS jadi penolong di kala belum sempat simpan pekerjaan eh udah keburu listrik padam duluan.

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu lho alat yang namanya UPS ini memang dibutuhkan untuk kantor atau rumah yang tegangan listrik nggak stabil ya biar peralatan elektronik tidak mudah rusak..

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu namanya nih mba. Tau gitu harus punya juga di rumah. Kesal banget soalnya kalau listrik tiba-tiba mati. Apalagi sempat sampai perabotan yang listrik rusak mba :(

    BalasHapus
  15. wah ini penting ya mbak, buat yg listriknya sering padam
    kira kira harganya berapa ya mbak? kepikiran kali aja bisa beli buat di rumah

    BalasHapus
  16. Penting banget ya UPS System untuk menstablkan tegangan jadi gak tiba-riba mati gitu. Dulu sih pernah pakai waktu kecil di rumah soalnya kadang tiba-tiba turun dayanay gitu gak mati sih listriknya, nah itu khawatir peralatan elektronik rusak.

    BalasHapus
  17. baru tahu UPS mbak, aku kira tadi membincang tentang pengiriman, ternyata penyimpanan daya ya. membantu banget ini ya untuk memback up listrik di rumah kalau tiba tiba mati lampu

    BalasHapus
  18. Wah, ada ya alat begini. Asyik kayaknya kalo punya. Huhuhu mati lampu emang nyebelin. Apalagi iya, kalo lagi ngerjain apa gitu. Kalo ada alat ini kan enak ya, kita bisa save buru2 sebelom beneran mati lampunya lama. Cari ah, kepengen tahu info lengkap dan juga harganya.

    BalasHapus
  19. Wah kami dulu pernah tivi dan PC rusak gara-gara listrik mati mendadak karena apa ya.. lupa. Pokoknya parah deh. Mungkin sekarang udah ada UPS juga nih di rumah, aku kurang paham. Hehe.
    Belajar lagi deh ini. Makasih sharingnya, ya :)

    BalasHapus
  20. Ups taunya buat komputer aja..buat jaga2 kalo listrik mati. Ternyata bisa buat yang lain juga ya..

    BalasHapus
  21. Kalau dulu andalannya pakek genset ya. Jadi begitu listrik mati langsung jeglekin genset. Tapi meskipun udah pakai genset juga alat-alat listrik cepet rusak, mungkin karena efek mati mendadak. Jadi emang amannya ada UPS ini. Ibarat kata, peralatan itu gak "kaget" karena dipaksa mati mendadak, kemudian nyala lagi.

    BalasHapus
  22. Wah bisa menyelamatkan barang barang elektronik juga ya mba. Tiap rumah harusnya punya nih karena kan kita ga pernah tahu kapan mati listrik.

    BalasHapus
  23. Jadi inget waktu sekolah dulu pasti ada kejadian beberapa kali listrik mati pas lagi praktek di lab komputer. Tapi untungnya komputer sekolah pake UPS semua jadi data yang baru kita kerjain bisa terselamatkan :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman