Explore the blog
Senin, 15 Maret 2021

Memilih Kelas Online Bersertifikat

Lolos jadi peserta Kartu Prakerja tapi bingung cari Kelas Online Bersertifikat di mana?

Hai, apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Tahu enggak sih? Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 baru saja ditutup pada 14 Maret 2021 kemarin. Sebenarnya gelombang sebelumnya saya belum berhasil. Ya coba saja siapa tahu lolos, hehehe.

kelas online bersertifikat skill academy

Ngapain daftar Kartu Prakerja segala? Awalnya saya juga mikir, buat apa? Namun saya tertarik dengan biaya pelatihan yang nanti kita dapat. Lumayankan buat asah ketrampilan. Bayar sendiri tuh duitnya buat kebutuhan lain. Toh sebenarnya siapa pun boleh daftar baik yang sudah bekerja atau belum bahkan UMKM. Asal sesuai syarat Penerima Kartu Prakerja karena tujuannya untuk meningkatkan kompetensi.

Waktu daftar ini saya tidak sendiri. Saya woro-woro sama Kakak agar dia daftarin Kakak Ipar buat ikut seleksi Peserta Kartu Prakerja Jawa Tengah. Mbak sudah menjahit. Kalau berkesempatan ikut pelatihan lain, bukankah lebih bagus? Jadi karirnya tetap jalan meski jadi Ibu Rumah Tangga dan bekerja di rumah.

Setelah daftar meski belum ada kabar diterima atau tidak, Kakak jelas bertanya dong. Apa sih yang didapatkan dari Kartu Prakerja?

Saya bilang bahwa nanti akan ada 3 jenis intensif yang didapatkan dengan total Rp 3.550.000. Uang pelatihan Rp 1.000.000. Uang intensif setelah pelatihan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan. Dan uang survei evaluasi Rp 50.000 selama 3 kali.

Untuk intensif pelatihan tidak bisa diuangkan. Harus dibelanjakan habis untuk pelatihan. Pertanyaannya, Pelatihan seperti apa? Bagaimana dan di mana?

Kelas Online Bersertifikat Untuk Prakerja


Memang saya belum sama sekali lolos sebagai Peserta Kartu Prakerja, tapi enggak masalah dong jika saat nyari info apa yang akan dilakukan jika nanti lolos. Pertama memang soal pelatihan apa, bagaimana dan di mana kita mendapatkannya.

Pelatihannya macam-macam sesuai kebutuhan juga minat kita. Entah itu hobi, soft skill, atau technical skill. Semua itu dilakukan secara daring. Makanya butuh Kelas Online Bersertifikat. Kenapa begitu?

Pelatihan pertama adalah kunci kita bisa mencairkan insentif Rp 600.000. Kelas pertama yang kita ikuti ini harus dilakukan maksimal 30 hari setelah dinyatakan lolos. Jika dalam kurun waktu tersebut belum juga dibelanjakan, maka kepesertaan Kartu Prakerja bisa dicabut. Kan sayang banget tuh.

Tips agar intensif cepat cair, pastinya harus mengerjakan semua materi kelas sampai selesai. Lalu lulus post-exam sehingga bisa mendapat sertifikat. Itulah kenapa kita butuh Kursus Online Bersertifikat. Untuk pencari kerja, adanya sertifikat itu cukup membantu menghias CV kita.

Cari Kelas Online Bersertifikat itu di mana? Ruangguru?

Begitu pertanyaan Kakak saya. Saya maklum sih kalau dia bertanya seperti itu. Tahunya Ruangguru kan memang buat belajar. Namun jika mau belajar untuk ketrampilan, maka kita bisa memilih Skill Academy yang merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru.

kelas online bersertifikat untuk prakerja

Sebenarnya Kelas Online Bersertifikat yang jadi mitra Kartu Prakerja itu banyak banget pilihannya. Namun kemarin saya sudah cari-cari info apalagi saat ingin Belajar Fashion Designer, Skill Academy by Ruangguru lah yang paling cocok.

Pertama karena famous. Saat memilih apa pun termasuk sekolah dan kursus online, terkenal adalah kunci. Skill Academy sendiri sudah digunakan lebih dari 4 juta Pengguna dengan rating yang bagus. Jadi bagi yang awam, ini semacam jaminan. Enggak perlu pusing cari wong sudah ada dan terbukti.

Yang kedua, harga pelatihan online di Skill Academy terjangkau dan banyak diskonnya. Meski nantinya dibayarin, tetap kita memilih yang harganya enggak mahal. Di sini kisaran harga 200-300 ribuan. Jadi uang 1 juta bisa buat 3 sampai 4 kelas pelatihan. Itu lumayan banget lho!

Yang ketiga, Situs Kelas Online Bersertifikat ini mudah diakses dan tidak banyak errornya. Skill Academy juga sekarang tersedia dalam bentuk aplikasi. Jadi bisa tetap belajar secara nyaman di mana saja dan kapan saja meski modalnya hanya ponsel. Enggak nyusahin lah jika tidak punya laptop.

Sebagai Pengguna, ketemu Kelas Online Bersertifikat dengan kemudahan seperti ini, ya jelas saya gembira dan pasti pilih ini bukan lainnya. Jadi mau belajar pun nyaman, enggak perlu pusing. Fokus saja pada kelas dan dapat sertifikat untuk menunjang kerja kita ke depannya.

Ji, dengar-dengar, Skill Academy sudah tidak bermitra dengan Kartu Prakerja. Apa bisa kita tetap beli Kelas Online Bersertifikat di sana?

Saya sudah tahu kok bahwa Skill Academy bukan lagi mitra platform resmi Kartu Prakerja. Namun kita tetap bisa membeli kursus online yang ada di sana. Mau tahu caranya?

Cara Beli Kelas Prakerja Skill Academy


cara beli kelas prakerja skill academy

Kita bisa membeli Kelas Online Bersertifikat Skill Academy melalui Tokopedia yang merupakan salah satu mitra Kartu Prakerja. Caranya:
  • Buka akun Tokopedia
  • Search Kartu Prakerja dan klik Skill Academy
  • Pilih kelas online yang ingin kita pelajari
  • Lakukan pembayaran dengan Kartu Prakerja. Caranya dengan memasukkan nomor kartu lalu bayar
  • Jika transaksi sudah berhasil, kita akan mendapatkan kode voucher yang akan ditukarkan di Skill Academy
  • Buka https://skillacademy.com/prakerja
  • Pilih Tukarkan kode voucher
  • Masukkan kode lalu klik gunakan
  • Selesai. Kita bisa langsung mulai kelas dengan klik lihat kelas

Bagaimana? Memilih Kelas Online Bersertifikat di Skill Academy mudah kan?

Bagi kamu yang benar-benar baru, enggak perlu bingung. Nanti kelasnya pakai sistem micro-learning dengan video pendek yang mudah diterima dan dipahami. Materi pun bisa diakses selamanya tanpa membeli lagi kelas yang sama. Instrukturnya juga berpengalaman. Jadi materi yang diberikan bisa dipercaya dan teruji. Kelas online di Skill Academy juga banyak, tinggal pilih mau belajar apa. Bisa bisnis, pemasaran, pengembangan diri, teknologi dan sebagainya.

Bagi yang belum mendapatkan pekerjaan, tenang saja karena ada kelas bimbingan karir secara gratis. Yang terpenting dari semua, pusat bantuan pelanggan aktif setiap hari. Jadi kita bisa chatting jika mengalami kendala saat akses Skill Academy.

Doakan saya ya semoga bisa lulus seleksi Kartu Prakerja. Nanti saya bahas lagi keseruan Kelas Online Bersertifikat di Skill Academy. Kalau pun tidak, semoga ada rezeki biar bisa beli kelas sendiri, hehehe.

Sampai jumpa. Happy blogging!

Whould you like to comment?

  1. Aku mau nyoba daftar deh nanti kalo ada dibuka lagi peluang ke 15. Pengen upgrade skill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mau coba juga sampai lolos, hehehe

      Hapus
  2. sejujurnya saya ga pernah berhenti bersyukur pandemi ini datang di aat teknologi semakin canggih, jadi walau di paksa di rumah aja, kita tetap bisa beraktifitas dengan cara online ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul banget. Semua hal jadi bisa dilakukan secara virtual. Ya tetap tatap muka juga penting

      Hapus
  3. Jujur, aku tuh tahu tentang Skill Academy dan segala fasilitasnya itu pas pandemi. Tertarik banget karena banyak banget pilihan kelas buat upgrade skill kita walaupun kita di rumah aja.

    BalasHapus
  4. Coba gitu ya, saya baca ini beberapa bulan yang lalu, mungkin nggak kebingungan, pas udah terdaftar kartu prakerja, trus bingung mau ikutan kelas apa dan di mana?

    Ternyata di Skill Academy bagus-bagus ya kelasnya, mentornya juga banyakan kece-kece :)

    BalasHapus
  5. step stepnya detail banget mba jadi kebayang pas ikutan pelatihan prakerja banyak banget pilihan beli pelatihannya dimana. Di Skill academy ada kelas apa aja mba?

    BalasHapus
  6. Mantuull banget SKILL Academy ini ya Mba
    Pilihan kelasnya beragam banget
    aku sampai yg WOW WOW takjub gitu
    pematerinya juga keren bin mantab!

    BalasHapus
  7. Makasih banyak mba infonya kebetulan banget nih suamiku lagi baru terAcc yang prakerja dan bingung caranya

    BalasHapus
  8. Ada batasan umur gak sih hehehe, aku pingin nyobaibn jadinya nih Jiah. Semanat Jiah semoga lolos ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada batasan, Mbak. Batasan minimal tapi. Boleh daftar di usia 18 tahun ke atas, hehehe

      Hapus
  9. memang rekomen banget sih skill academy, aku pernah tuh ikutan kelasnya, banyak pilihannya sesuai minat kita mau develop skill apa

    BalasHapus
  10. Kelas online di Skill Academy membantu banget mbak. Saya udah ciba tahum kemarin 3 kelas tentang seo 101 dan apalagi ya lupa hihi ilmunya daging semua dan diakhir ada ujiannya juga finally dapat sertifikat.

    BalasHapus
  11. Semoga kali ini lulus yaa, Jia.
    Aku jadi tahu niih...kalau kerjasama pemerintah dengan Skill Academy yang beneran bisa meningkatkan skill masyarakat terutama generasi usia produktif.

    BalasHapus
  12. kalau begini sekarang ngga perlu bingung - bingung lagi ya mba.. karena skill academy memang highly recommended banget

    BalasHapus
  13. Senengnya yang lolos kartu prakerja. Bisa dapat modal buat melamar kerja, termasuk ikutan kursus keterampilan ya.

    BalasHapus
  14. aku jadi pengen ambil salah satu kelas di Skill Academy mba khususnya untuk memperdalam SEO, ternyata mudah juga ya bayarnya bisa pakai Tokopedia :)

    BalasHapus
  15. pas banget, aku lagi pilih-pilih kelas online mba, kemarin menemukan kelas yang bagus di Skill Academy tapi belum open.

    BalasHapus
  16. Wah.. thanks mba informasinya. Saya sudah coba beberapa kali tapi sayangnya belum lolos juga nih.

    BalasHapus
  17. baru tahu ini merupakan dari ruang guru mba kirain bukan harganya juga masih masuk akal yah buat pelatihan online ini

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu di sini, Teman