Selasa, 24 September 2019

# Investasi # Investasi Emas

3 Produk Investasi Paling Cocok Untuk Millenial. Tertarik Mencoba?

Bismillaahirrahmaanirrahiim.....

Hai kalian! Sudah mulai investasi apa nih?

Saat ini, mengatur keuangan sudah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara. Khususnya bagi kaum millenial, perlu untuk mengetahui betapa pentingnya mengatur keuangan sejak dini untuk kelancaran finansial di masa yang akan datang. Dengan mengatur keuangan sejak dini, tidak hanya dapat menjamin kondisi keuangan kita di masa yang akan datang, melainkan juga sebagai bentuk dari antisipasi.


Kita semua tidak ada yang dapat memperkirakan atau menduga akan suatu hal yang terjadi, terlebih lagi mengenai hal-hal yang terjadi di masa depan. Namun, dengan melakukan pengaturan keuangan sejak dini, setidaknya kita sudah berantisipasi apabila di masa yang akan datang justru mengalami permasalahan tak terduga yang berhubungan dengan kondisi finansial dan ekonomi. 

Banyak sekali strategi atau cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan, terlebih bahwa perkembangan digital dan teknologi juga dapat turut kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Diantara begitu banyak cara mengatur keuangan, investasi merupakan salah satu cara yang dapat dikatakan paling mudah, instan dan efisien. 

Bagi kamu yang saat ini masih berada di rentang usia 20-an, tak ada salahnya untuk mulai berinvestasi, meskipun kamu belum memiliki penghasilan yang stabil. Penasaran instrumen investasi seperti apa saja kah yang bisa kamu lakukan? Yuk kita simak bersama-sama mengenai produk investasi bagi millenial yang bisa dijadikan pilihan.

Produk Investasi Paling Cocok untuk Millenial


freepik.com

1. Investasi Reksa Dana
Bagi pemula yang baru belajar untuk terjun di dunia investasi, reksa dana bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Selain karena risiko yang cenderung rendah, reksa dana juga merupakan pilihan investasi paling tepat bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang. Cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang masih disibukan dengan studi serta kehidupan pribadinya namun ingin mulai mempersiapkan masa depan. 

Melalui investasi reksa dana, kaum millenial dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelola investasi yang sudah kamu lakukan di berbagai portfolio produk investasi, seperti obligasi, deposito dan saham. Yang membuat investasi reksa dana cocok untuk dijadikan investasi bagi millenial, memulai investasi ini tidak perlu membutuhkan dana awal yang besar lho.

Bahkan apabila kamu hanya memiliki dana dibawah 1 juta saja, kamu sudah bisa melakukan investasi reksa dana ini. Selain itu, saat ini juga sudah semakin banyak platform e-commerce yang memungkinkan masyarakat dari berbagai lapisan untuk membeli produk reksa dana dengan sangat mudah dan cepat, antara lain seperti tokopedia. 

2. Investasi Emas Digital
Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi paling mudah dan rendah risiko. Karena hal inilah, tak jarang banyak anak-anak muda yang memilih untuk mulai terjun di dunia investasi dengan berinvestasi emas. Ditambah lagi bahwa emas diketahui selalu memiliki harga yang tidak pernah turun secara drastis, namun justru naik secara konsisten. Harga emas yang terus melambung tinggi membuat instrumen investasi ini bisa dijadikan sebagai salah satu jenis investasi paling menguntungkan. 

Selain itu, banyak sekali kelebihan dari berinvestasi emas yang sering kali dijadikan sebagai bahan pertimbangan, seperti kebal akan inflasi, tidak mudah rusak, minim risiko, dan harga yang relatif selalu naik dari waktu ke waktu. 

3. Investasi Saham
Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling popular di kalangan masyarakat. Pada intinya, membeli saham dalam arti ialah kamu membeli sebagian lahan dari sebuah perusahaan. Ketika seseorang telah membeli saham dari suatu perusahaan, maka orang tersebut telah memiliki hak aset dan pendapatan perusahaan dengan porsi sebesar saham yang ia beli. 

Hanya saja, bagi kaum millenial yang baru akan terjun ke dunia investasi, investasi saham sering kali tidak disarankan karena memiliki risiko yang relatif tinggi, walaupun pastinya akan mendapatkan timbal balik yang setimpal. Tetapi bagi kamu yang senang berhadapan dengan tantangan, tak ada salahnya juga mencoba investasi saham ini. 

Tetapi sebelum memutuskan untuk mencoba, ketahui dan pelajari dulu berbagai hal mengenai investasi saham ini, agar kamu tidak mengambil langkah yang salah.

Jadi, sudah siap milih investasi yang mana nih? Share pendapat kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

11 komentar:

  1. Aku lg pengin belajar investasi emas digital nih.. Tp sblm memutuskan inves bener bgt tuh kudu nyari info smpe paham biar invesnya bisa goals

    BalasHapus
  2. Aku lagi mau baca-baca info soal investasi reksa dana atau emas digital, nih. Tapi, ya itu, perlu banget membaca info-info yang ada. Apalagi, emas kan akhir-akhir ini sering melambung tinggi, kan. Pastinya, bermanfaat juga kelak.

    BalasHapus
  3. Menurutku investasi paling mudah untuk milenial adalah investasi emas, baik secara fisik atau pun digital. Mengapa mudah? Karena tidak perlu khawatir dengan naik turun nilainya. Penyimpanannya juga mudah.

    BalasHapus
  4. dua duanya dong mbak, Investasi Emas yg sangat dipuja sepanjang masa nih, cuman belum beli lagi karena masih belum stabil juga nilai pembeliannya huuu. Tapi Investasi reksadana yg baru2 ini aku juga suka buat keep keuangan hee.

    BalasHapus
  5. Semua pilihannya memang lagi hits banget... Tapi Eny paling kepo sama emas digital dong hhe

    BalasHapus
  6. Huwaaa.. aku belum milih investasi satu pun dari instrumen-instrumen yang disebut di atas. Belum berani aja, sih. Takut risikonya. Hihihi.

    BalasHapus
  7. aku sedang belajar emas nih kak tapi belum sampai 1gram hahahaha, paling semangat kalau pas harga lagi naik beuh, ingin langsung nabung banyak di sana

    BalasHapus
  8. Kalau aku selalu lebih suka dengan emas fisik sih. dan aku lebih suka investasi itu fisiknya real. Serasa memiliki. Tapi kalau saham mungkin memang harus sering memantau via internet ya

    BalasHapus
  9. Jiaa...udah tau yang namanya emas mini belum?
    Ini kayaknya cucok buat investasi emak-emak yang selama ini uang teh hanya lewaaatt, aja...

    BalasHapus
  10. Kalau kata temen sih, investasi reksadana lebih aman ketimbang saham. Karena kalau saham lebih tidak bisa terprediksi dan nilai sahamnya mudah berubah. Bener gak sih Kak?

    BalasHapus