Explore the blog
Kamis, 17 Januari 2019

Cara Membuat Website dengan Mudah Dari Nol

Bismillaahirrahmaanirrahiim....


Website merupakan komponen yang cukup penting dalam dunia bisnis saat ini. Hampir setiap kegiatan bisnis wajib memiliki website agar tetap “kekinian” dan mampu bersaing dengan para kompetitornya. Oleh karena itu di postingan ini saya akan bahas cara membuat website dengan mudah dari nol.

Nantinya di masa depan akan berpengaruh terhadap daya tarik customer untuk mengunjungi tokomu. Selain itu dengan kemajuan teknologi di masa kini, cukup banyak orang mencari informasi secara online dengan menggunakan internet.

Dengan adanya website berfungsi sebagai penghubung antara customer dan perusahaanmu di dunia online atau internet. Siapa tahu usahamu akan jadi lebih dikenal publik. Namun apakah hanya perusahaan saja yang butuh website? Tentu saja tidak! Kamu, yang ingin eksis di dunia internet atau yang bekerja di dunia digital, media ataupun creative profesional sekalipun juga harus punya website untuk mempromosikan dirimu sendiri.

Menurut TheMuse, portofolio yang berbentuk website sangat diperlukan sebagai sarana untuk personal branding. Dengan adanya personal website, kamu bisa meletakkan beberapa contoh portofolio dari hasi pekerjaanmu sebelumnya.

Idwebhost

Selain itu, di era kini hampir 40% perusahaan menggunakan sosial media untuk melakukan seleksi terhadap para calon pekerjanya. Jadi, dengan adanya personal website atau situs pribadi ini, kamu bisa “menjual” kemampuan yang kamu miliki tanpa harus susah antri di event Job Fair lagi. Jadi, masih berpikir bahwa belum butuh website? Wah, coba pikir lagi!

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut cara membuat website dengan gampang mulai dari nol.

Cara Membuat Website dengan Mudah dari Nol untuk Pemula


1. Kenali karakteristik website macam apa yang ingin kamu buat
Mengenali karakteristik website seperti apa yang mau kamu buat adalah salah satu hal yang sangat penting karena menjadi alasan mengapa website itu dibuat. Jadi langkah pertama coba tentukan dahulu website apa yang ingin kamu buat. Lalu setelah itu, pastikan kamu tahu nantinya website tersebut digunakan untuk apa, warnanya apa, menu-menu apa saja yang ada di sana dan akan diisi apa aja. Jangan lupa untuk mencantumkan portofolio yang ingin kamu kenalkan kepada publik. Coba lakukan riset di search engine misalnya Google. Coba cari ide dan inspirasi bagaimana website yang ingin kamu buat.

Contoh misalnya, kamu ingin membuat toko online tentang produk pakaian. Jadi di website nanti customer bisa milih produk, memilih warna dan ukuran, melakukan order produk, memasukkan ke keranjang belanja hingga melakukan pembayaran. Intinya coba lakukan riset bagaimana toko online bekerja ya.

Contoh lainnya, kamu sebagai wiraswasta ataupun pemilik usaha UMKM. Agar produk banyak dikenal publik, maka kamu ingin membuat website yang isinya berbagai produk. Nah, kamu bisa mulai membayangkan bagaimana bentuk website. Misalnya, website nanti akan menampilkan produk apa saja, apa yang akan ditonjolkan di website, proses pengerjaan produk dan sebagainya. Jangan lupa untuk menampilkan alamat dan nomor telepon agar customer mudah untuk mencari toko kamu.

2. Menggunakan teknologi lama untuk cara membuat website
Sebelum masuk ke cara membuat website dari nol versi mudah, kamu harus tahu bahwa sejak zaman dulu website terkenal sangat rumit. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang malas untuk membuat website sendiri seperti ribet, tidak tahu cara membuatnya, tidak paham bahasa pemrograman, males belajar, masih awam di dunia internet dan masih banyak lagi.

Namun sebenarnya di dunia ini tidak ada yang susah. Semua mudah asal kita ingin berusaha. Seperti halnya membuat website, ada beragam cara agar bisa terwujud. Tinggal pilih, ingin cara yang mudah atau yang sulit. Pada dasarnya, website dapat terbentuk dari bahasa pemrograman yang disusun sedemikian rupa. Kemudian bahasa pemrograman tersebut di taruh di hosting, lalu kita dapat mengaksesnya lewat domain.

IDwebhost

Sebuah website dibangun dari suatu bahasa pemrograman yang dijalin dan disusun menjadi suatu kesatuan yang kemudian barulah menjadi website. Ada beragam bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat website. Dikutip dari IEEE, terdapat 10 bahasa pemrograman terpopuler. Untuk membuat website terdapat bahasa pemrograman seperti Python, Java, C#, Javascript, PHP ataupun GoLang.

Nah, dari beberapa bahasa pemrograman tersebut lalu mana yang terbaik? Mungkin pertanyaan tersebut susah dijawab. Namun menurut W3Tech, hampir 83,4% website di dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk sisi server. Sedangkan di sisi client, hampir 95,1% menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

Nah, tidak hanya sampai disitu saja. Tapi untuk mempercantik tampilan website, kamu butuh Markup Language dan Site Element. Dikutp dari W3Tech, Markup Language yang paling banyak digunakan adalah HTML singkatan dari Hypertext Markup Languange yang hampir digunakan oleh 81,2% website di dunia. Dan untuk Site Element, hampir 95,9% website di dunia menggunakan CSS untuk mempercantik tampilannya.

Lalu, biasanya para pemula yang ingin membuat website dari nol atau yang ingin membuatnya dari awal, tidak ingin secara langsung berhubungan dengan server. Mereka cenderung memilih menggunakan server lokal atau biasa disebut localhost.

Dan terakhir Untuk Windows, kamu bisa menggunakan XAMPP. Jika Linux, kamu bisa menggunakan LAMPP. Lalu bagi pengguna Mac, kamu bisa memanfaatkan MAMP. Ketiganya akan membantu kamu dalam urusan sisi server sehingga menjadi lebih aman.

3. Gunakan Instant Deploy
Cara Membuat Website dengan mudah selanjutnya adalah gunakan instant deploy. Dengan Instant Deploy, kamu bisa melakukan instalasi CMS (Content Management System) secara otomatis. CMS adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten. Jadi CMS dapat kamu download, install dan lakukan kustomisasi seperti layaknya website biasa. Sekarang ini jaman serba mudah. Kamu tidak perlu mahir dalam membuat website menggunakan bahasa pemrograman. Ada teknologi CMS untuk mempermudah pembuatan website khususnya untuk pemula. Yang perlu kamu persiapkan hanya konten, gambar dan “sesuatu” yang ingin kamu taruh di website.

Hosting domain IDwebhost

4. Menggunakan Domain dan Hosting
Dari awal artikel, kata domain dan hosting sudah sangat banyak disinggung. Lalu sebenarnya apa itu domain dan hosting? Domain adalah alamat dari tempat file website tersebut, sedangkan Hosting adalah tempat menyimpan file website.

Tanpa ada domain dan hosting, website tidak akan bisa ada internet. Oleh karena itu kehadiran domain dan hosting bagi sebuah website itu sangat penting. Di Indonesia, ada banyak domain dan hosting murah berkualitas dengan fitur yang mumpuni kok. Jangan khawatir! Salah satunya adalah Idwebhost di mana kamu bisa mendapatkan domain dan hosting dengan harga sangat murah

Berikut tadi merupakan beberapa cara membuat website dengan mudah dari nol yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Would you like to comment?

Reyne Raea / Rey mengatakan...

wowww... ini berad!
Saya taunya domain dan hosting doang hahaha.
Kalau saya mau bikin website, kayaknya beli aja deh, lebih aman hahaha

Daripada pusing sendiri :D
utak atik kode HMTL blog aja saya pusying, apalagi buat website kayak gini ya hahaha

bundayati.com mengatakan...

Bunda mau tos duku sama Reyne ah. Hadeuh, tadinya baca PEMULA langsung donk si bunda mikur: "Naaah, ini nih bakal masuk dlm target blogging bunda 2019. Bunda blm sanggup bikin Website wlp ada tutorialnya. Biarin bunda tinggal pake aja, karena ruwet dan ribet ribet sam html etcetera. Salut sama Jiah euy. Hebat pengetahuan ITnya. Yang muda yg brilliant. I lv u, Jiah.

Mporatne mengatakan...

Membuat website adanya Hosting dan domain membuat angka penjualan meningkat pesat di online.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Ilmu baru nih buat bikin website aku tahunya pakai coding aja

Keke Naima mengatakan...

Cara membuat website memang semakin mudah. Apalagi sekarang banyak penyedia jasa domain dan hosting. Tinggal konsisten deh mengisinya :)

Nefertite mengatakan...

Cara membuat website memang sebenarnya nggak sulit ya.
Masalahnya karena terlanjur gaptek, aku suka minta tolong aja, hahaha
Padahal.kalau bikin sendiri sambil belajar

cerita sore mengatakan...

sekarang ini semua materi membangun website udah tersedia di google ya mbak, permasalahannya sebenarnya mungkin personal branding dan konsistensi, karena kalua mau menekuni kedua hal ini adalah pegangan Utama dan erat bagi para pelaku industry ini hihi

Yoanna Fayza mengatakan...

Aku taunya cuma domain & hosting aja niih hahahaa.. soal server dll beneran gagap. Nanti kalau mau punya website buat usaha, beli jadi aja kayanya deh :))

Ade anita mengatakan...

Aku gaptek berat jiah..hahaha..nyerah deh kalo buat sendiri. Mending beli yang udah jadi aja

Cari angin mengatakan...

Cara kilat aku bikin website, minta buatin aja ama temen. Hehehe cara cepat

Ida Tahmidah mengatakan...

Suamiku yg suka bikinin website tuh...yg idajourneys aja hostingnya nebeng sama website blio hehe...mau belajar keburu pusing duluan..

Herva Yulyanti mengatakan...

nah masih minim aku soal buat2 website palingan suami yang emang jago bikin website aku hosting masi yg gratisan hehehe

Noorma Noofa Nooha mengatakan...

Keren jiah bikin postingan tutorial. Aku jadi pengen praktik bikin blog baru lagi. Jwhe

lendyagasshi mengatakan...

Pingin berternak blog, Jia..
Tapi mengurusi 1 blog utama dan 3 blog lainnya...huaah~
Lumayan ngos-ngosan.

Lagi ada promo apa di ID webhost, Jia??

Doyan Plesir mengatakan...

Aku ngertinya cuma domain dan hosting. Kalo bikin website dengan coding gitu aku serahkan kepada anak ku yang sulung. Dia yang ngurus semua website baru aku yang Niche nya traveling. Emak cukup nulis ajaah, hahahaa

April Hamsa mengatakan...

Dulu bikin website tu kyknya hanya bisa dilakukan oleh programmer gtu2. Skrng kyknya banyak tutorial dan semua org bisa ya. Sudah banyak pula penyedia jasa yg bantuin bikinin.

duniaeni.com mengatakan...

Wah, penting banget ini infonya. Dulu waktu awal ngeblog aku benar-benar gaptek, ga ngerti gimana itu bikin web dan lain-lain

Tuty Queen mengatakan...

Syukurnya aku termasuk orang yang otodidak alias apa-apa suka belajar dan dikerjain sendiri dan alhasil berhasil buat website sendiri rasanya puas banget.

Lidya Fitrian mengatakan...

Sudah mulai marak ya di Indonesia bisnis domain dan hosting tapi memang sdh dibutuhkan banget sekarang

indah nuria mengatakan...

reference yang √łke bangeeet nih Mba..aku suka baca dan mengingatkan kembali proses membuat blog yang penuh suka duka itu..

Zia mengatakan...

Makasih loh mba Jiah, sekarang kalo ada yg nanya cara bikin blog dari 0, aku bisa share link ini. Hehehe mudah dipahami.

zilqiah angraini mengatakan...

aku kalau mau buat website tuh seringnya pusing di coding nya hahaha
ada kelas coding selalu ga bisa ikut
makaish mbak akhirnya ada postingan ini

Nurul Noe mengatakan...

Website itu lebih rumit dari blog kan ya prpses pembuatannya, heuheu... Aku kadang ngutak atik blog aja minta tolong yg udaj ahlinya

Farida Pane mengatakan...

Berguna sekali artikel organik seperti ini untuk yang akan membangun website ya

Ainhy Edelweiss mengatakan...

untuk sementara ini, masih nyaman di zona blogging personal hihi, tapi makasih banyak sharing tips membuat webnya mba bermanfaat sekali bagi saya yang kudet soal coding hhaa

dunia kecil indi mengatakan...

Hmm, menarik nih. Mungkin gak sekarang, tapi aku memang penasaran dengan cara bikin website. Kayanya buat sarana promo lebih bagus daripada blog ya. Kesannya lebih pro juga ;)

Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!