Sabtu, 23 Juni 2018

# Masak # Ramadan

Tumis Brokoli Nugget So Good untuk Si Embah

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Manusia itu seperti bulan. Awalnya tak terlihat, lalu menjadi sabit, separuh, purnama, sabit lagi lalu hilang. Manusia dari embrio, janin, bayi, anak, remaja, dewasa, tua lalu kemudian berpulang pada Yang Maha Kuasa.

Katanya, saat usia tua manusia itu sifatnya akan kembali seperti anak-anak. Banyak kan orangtua yang suka ngambek, ini itu dan susah dimengerti. Ini terjadi juga pada Embah saya, Ibu dari Bapak yang tinggal serumah karena Bapak satu-satunya anak yang dimiliki.

Saya itu tidak mengerti Embah. Beliau aslinya strong tapi saya pikir harusnya dia sadar umur. Udah 80 tahunan dan kalau diminta istirahat di rumah atau pergi ngaji aja suka enggak mau. Kerjaannya mbolang ke kebun atau entah ke mana ambil rumput. Kalau diingatkan sering ngambek. Padahal suka ngeluh badannya cape ini itu. Kan saya jadi ikut pusing dengarnya.

Yang paling bikin panas itu soal makan. Apa minta yang aneh-aneh? Tidak, tapi super pilah-pilih makanan. Mau saya ya kalau ada ikan, daging sapi atau kambing, ayam, makanan serba laut itu jangan nolak. Toh masaknya udah dibuat seempuk mungkin. Tapi ya gitu, jatuhnya makan tahu sama tempe.

Sebisa mungkin saya juga masak menu-menu baru dengan berbagai macam bahan dan berbagai jenis sayuran agar gizinya banyak. Jika gizi seimbang dan baik, kesehatan juga akan tetap terjaga. Dan lagi-lagi jengkelin karena kadang Embah tidak habisin makanan yang saya sediakan padahal porsinya sudah paling mini. Lalu saya harus bagaimana?

Akhirnya kemarin beli Brokoli. Lumayan pas itu dapat harga lumayan murah. Saya juga masih ada persediaan So Good Chicken Nugget setelah kemarin bikin resep Lumpia Isi Sayur Nugget So Good.

Kenapa saya pilih So Good Nugget siap masak ini?


Berkaca dari Lumpia kemarin ternyata Embah enggak nolak makan nuggetnya. Padahal kalau dikasih ayam giling atau daging giling lain suka nolak karena alasan gak suka dan amis. So Good ayamnya benar-benar lembut, gurih dan yang penting akhirnya Embah makan makanan selain tahu tempe.

Ini dia bahan yang saya pakai:

  • So Good Chicken Nugget rasa Pizza
  • Brokoli sebatang
  • 1/2 Bawang Bombai
  • 2 Siung Bawang Merah
  • 1 Siung Bawang Putih
  • 3 Cabai Merah
  • Garam
  • Gula Putih
  • Air
Cara masak:

  1. Potong Brokoli kecil-kecil. Gagangnya juga saya masak karena bisa dimakan. Lalu cuci
  2. Potong nugget So Good memanjang (Karena saya pakai yang bentuk animal)
  3. Iris Bawang Bombai, Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabai
  4. Tumis irisan bumbu sampai harum
  5. Masukkan nugget So Good, aduk-aduk
  6. Setelah itu masukkan Brokoli
  7. Tambahkan Garam, Gula Putih dan sedikit air
  8. Tumis sampai Brokoli matang
  9. Tumis Brokoli Nugget So Good siap disajikan

Saya pikir menu ini cocok juga dibuat untuk menu sahur simpel dan cukup bikin melek. Brokoli itu jenis kubis-kubisan yang banyak manfaatnya seperti mencegah dan mengobati penyakit jantung, mempertajam penglihatan, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi dan lainnya (Wikipedia).

Alhamdulillahnya Tumis Brokoli Nugget So Good yang saya kasihkan ke Embah habis dan tanpa protes. Jadinya saya hepi karena apa yang saya masak dimakan tuntas. Kan jadi semangat kalau mau ikutan lagi #MasakanRumahKhasRamadhan #SogoodXbpn #LebihBaikSoGood atau nyobain resep lain.

Kalian kalau punya Embah sepuh suka ribet juga tidak? Suka pilih-pilih makanan juga kah? Atau punya resep tertentu untuk menarik mereka makan? Share cerita kalian yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

1 komentar:

  1. Menu simpel gini memang cocok untuk menu sahur ya.

    BalasHapus