Kamis, 08 Maret 2018

# Placement Artikel # Tips

Tetap Melek dan Terjaga Ketika Meeting Berlangsung

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kadang ada suatu kondisi di mana kita terjebak dalam meeting yang panjang dan membosankan. Hal itu dikarenakan pemimpin rapat menyampaikan presentasinya dengan bertele-tele dan perdebatan antar peserta seperti tidak ada ujungnya. Sementara kita hanya bisa duduk di kursi meeting dengan mengantuk dan berharap semuanya cepat selesai.

Mengantuk memang wajar adanya jika kondisinya seperti ini. Namun, tidak mungkin kan, kita tertidur di tengah meeting? Karena ini akan mempertaruhkan karier dan harga diri kita. Bagaimana caranya agar tetap melek dan terjaga hingga meeting selesai?

Berikut ada beberapa tips sederhana namun cukup jitu untuk kamu yang mengantuk ketika meeting. Simak berikut ini:

Pixabay

  • Ikut berpartisipasi
Ketika sesi tanya jawab berlangsung, ikutlah berpartisipasi di dalamnya. Hal ini pasti akan membuat kita terjaga dalam meeting. Karena kita akan bertanya dan menunggu respon dari pemberi presentasi. Akan lebih “bangun” lagi jika ternyata pertanyaan kita mengundang reaksi dari peserta lain. Entah itu reaksi tanda setuju, atau bahkan reaksi negatif, Jika sudah muncul perdebatan yang mengikutsertakan kita, pasti tidak mengantuk lagi, kan?

  • Buatlah diri merasa tidak nyaman
Jika kursi meeting tersebut cukup ergonomis dan nyaman, mungkin saja kita akan terlelap dan terbuai. Namun tentu kursi tersebut bukanlah kasur di rumah kita. Caranya agar tidak mengantuk karena kursi ergonomis tadi, adalah dengan mengganti kursi lain yang kurang nyaman. Misalnya stool tanpa sandaran. Kita tidak mungkin tidur dengan kursi ini.

  • Keluar sebentar
Cara ini sebenarnya cukup ampuh untuk membangunkan syaraf di tubuh. Mengantuk sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan butuh tidur. Mengantuk bisa saja disebabkan karena bosan tidak ada aktivitas. Jadi otak perlahan memerintahkan organ-organ di tubuh untuk “tidur”. Nah, dengan keluar sebentar dari ruangan meeting, kita seperti membangunkan organ tubuh karena beraktivitas kembali. Kita bisa pergi sebentar ke kamar kecil untuk cuci muka, mengambil minum ke pantry, atau sekadar mengobrol ringan dengan kolega di kubikel. Tidak usah terlalu lama karena akan membuat meeting terbengkalai.

Begitu deh tipsnya semoga membantu. Atau kalian ada tambahan? Share di sini yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

2 komentar:

  1. mengusir ngantuk saat meeting buatku dengan makan cemilan mba hahaha...itu beneran ampuh atasi boring dan ngantuk :D

    BalasHapus
  2. Bener banget, kalau kursinya nyaman emang bikin ngantuk, haha.

    BalasHapus